5 Fakta Menarik Gurun Gobi, Gurun Terluas di Asia

Gurun Terluas di Asia – Gurun adalah sebuah kawasan di daratan yang didominasi oleh padang pasir. Gurun berada dalam kawasan yang cukup luas.

Umumnya juga beriklim kering. Kebanyakan gurun di dunia berada di benua Afrika dengan kawasan yang cukup luas. Namun, benua Asia juga memiliki gurun yang cukup luas yaitu Gurun Gobi.

Gurun Gobi berada sebagian di Mongolia dan sebagian di negeri Tiongkok. Luas area gurun ini mencapai 1.295.000km². Nama Gurun Gobi berasal dari bahasa Mongolia yang berarti sangat besar dan kering. Gurun terluas di Asia ini berbatasan dengan pegunungan Altai dan padang rumput Mongolia di bagian utara.

5 Fakta Gurun Gobi, Gurun Terluas di Asia

gurun gobi

Gurun ini juga terdiri dari beberapa topografi yang unik dan beragam. Selain itu, di gurun ini terdapat salah satu spesies cacing yang berbahaya dan mematikan di seluruh dunia.

Spesies yang diyakini keberadaannya di gurun ini adalah Cacing Maut. Saat ini para peneliti sedang meneliti hewan ini guna mengumpulkan lebih banyak informasi.

1. Warisan Budaya

Gurun Gobi merupakan kawasan yang termasuk ke dalam situs warisan budaya. Gurun ini memiliki pesona yang luar biasa. Terdapat danau berbentuk bulan sabit yang bernama Danau Bulan Sabit. Selain itu, terdapat pula Gua Magao yang dikenal sebagai gua yang sangat indah. Tak heran, Gurun Gobi menjadi tempat wisata yang diminati banyak wisatawan.

Meskipun disebut gurun, gurun ini tidak terlalu berpasir sehingga tidak sekering gurun lain di Afrika. Oleh karena itu, gurun ini juga terdiri dari bukit pasir yang bersuhu tidak terlalu panas. Bukit ini berkerikil, berbatu, serta terdapat semak-semak. Selain itu, di danau ini juga terdapat sungai yang menjadi sumber air di gurun ini yaitu Sungai Kerulen.

Baca Juga  Sering Tertukar? Ini Beda Am dan PM Untuk Menunjukan Waktu

2. Kaya Fosil

Gurun terluas di Asia ini memiliki daerah yang cukup terkenal bernama Bayanghongor. Daerah ini termasuk daerah penelitian yang banyak dilirik oleh para peneliti. Hal ini dikarenakan adanya temuan fosil yang beragam serta menjadi situs peninggalan yang sangat beharga. Salah satu temuan yang menggemparkan adalah jejak kaki Dinosaurus.

Jejak kaki Dinosaurus ini memiliki panjang 106cm dan lebar 77cm. Jejak kaki Dinosaurus ini berusia 70tahun. Temuan ini banyak dilirik oleh para ilmuwan karena dapat menjadi tolok ukur kekayaan fauna yang ada di kawasan Gurun Gobi di masa lalunya. Selain itu, gurun ini juga memiliki fosil-fosil lainnya yang mengandung nilai sejarah yang tinggi.

3. Flora dan Fauna

Meskipun Gurun Gobi merupakan kawasan gurun yang kering, gurun ini juga memiliki flora dan fauna yang beragam. Flora yang penting di gurun ini adalah tanaman Saxaul. Saxaul merupakan tanaman berkayu dan berbentuk semak. Flora ini sangat penting bagi penduduk yang tinggal di kawasan ini karena menjadi bahan bakar, material membangun rumah, serta bahan makanan.

Selain tumbuhan Saxaul yang menjadi sumber kehidupan di kawasan gurun terluas di Asia ini, terdapat pula fauna khas Gurun Gobi. Terdapat rusa, kuskus, serigala, lembu musk, kuda, keledai, dll. Hewan-hewan ini berasal dari daerah lain di Mongolia dan Tiongkok yang kemudian beradaptasi untuk tinggal di gurun. Uniknya, terdapat spesies Beruang Gobi.

4. Suhu Ekstrem

fakta gurun terluas di asia
Kekayaan flora dan fauna di Gurun Gobi tak terlepas dari keadaan suhu dan cuaca di Gurun Gobi. Suhu di gurun ini terbilang cukup ekstrem sekaligus unik. Gurun kering ini dapat menjadi sangat kering pada musim kemarau. Uniknya, pada musim dingin sebagian wilayah gurun ini tertutup oleh salju dan dapat menjadi sangat dingin.

Terdapat salju yang meliputi tanah gurun ini dikarenakan Gurun Gobi terdapat di belahan bumi utara. Wilayahnya juga terdapat di kawasan beriklim dingin sehingga tak heran gurun ini bersalju pada musim dingin. Selain itu keberadaan Beruang Gobi yang telah beradaptasi dengan area gurun menjadi bukti keunikan suhu gurun yang satu ini.

Baca Juga  13 Tempat Rekreasi di Jakarta, Salah Satunya Isinya Emas

5. Wisata Unik

Gurun tidak hanya menjadi objek penelitian yang berguna untuk dunia ilmu pengetahuan, Gurun Gobi yang memiliki topografi dan flora fauna beragam ini juga cocok menjadi pilihan tempat wisata anti mainstream bagi Anda yang senang berpetualang di alam. Anda dapat menikmati keindahan Gurun Gobi yang membuat pikiran tenang dari hiruk pikuk kota.

Salah satu wisata yang dapat Anda nikmati adalah Erdene Camps. Di Erdene Camps ini terdapat tenda khas bangsa Mongolia yang dapat Anda jadikan tempat menginap selama berwisata di gurun ini. Anda dapat menikmati panorama langit malam yang sangat indah. Bintang-bintang terlihat jelas di atas langit yang bebas dari polusi cahaya seperti di kota.

Jika Anda ingin berwisata ke gurun ini, Anda akan menikmati keindahan dari ketinggian 5 kawasan yang ada di gurun terluas di Asia ini. Kawasan tersebut adalah Gobi Timur, Plato Alashan, Lembah Junggar, dan Lembah Danau Gobi. Kelima kawasan ini memiliki pesonanya masing-masing yang sungguh mempesona.

Demikianlah fakta-fakta menarik tentang gurun terluas di Asia yaitu, Gurun Gobi. Gurun yang unik ini sangat bermanfaat bagi dunia ilmu pengetahuan dan juga dunia pariwisata. Saat ini telah banyak wisata unik yang dikembangkan di gurun ini. Tentunya kawasan wisata ini bersifat edukatif dan estetik. Anda dapat mempelajari flora dan fauna yang unik.

Gurun Gobi merupakan situs sejarah yang diakui dunia sehingga tidak perlu diragukan lagi pesona dari gurun yang satu ini. Oleh karena itu, gurun ini wajib dimasukkan ke dalam wishlist perjalanan wisata.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *