Yuk Mengenal Fungsi Saklar dan Jenis-Jenisnya

Fungsi Saklar – Saat berhubungan dengan listrik pastilah itu akan menjadi suatu hal yang cukup berbahaya jika tidak terdapat sebuah media yang dapat mengontrol energi tersebut, maka dari itu dengan dibuatnya saklar tentu akan menjadi sebuah komponen yang cukup penting dalam bidang elektronik yang bersumber daya listrik.

Dapat kalian bayangkan seberapa besar mesin yang beroperasi untuk mengatur daya hanya dibutuhkan saklar dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan dapat mudah dioperasikan oleh orang awam sekalipun.

Hal itu juga berpengaruh pada safety pada setiap pemakai, karena pada dasarnya listrik menjadi sebuah energi yang cukup berbahaya, dengan adanya saklar akan dapat mudah untuk mengatur daya listrik agar sesuai apa yang kita inginkan, sebuah penemuan berharga dengan hanya mengandalkan logika yang sederhana pula.

Dalam elektronik kalian akan disajikan sebuah logic function, hal ini berperan sebagai pengatur jalannya logika yang terdapat pada komponen yang hanya berisi angka 1 dan 0, dalam saklar posisi 0 sama dengan off sedangkan posisi 1 sama dengan turn on.

Pengertian Saklar

Pengertian Saklar

Agar membantu kalian lebih mengerti tentang apa itu saklar, maka sebuah pengertian singkat yang akan mudah kalian pahami perlu disajikan, hal ini digunakan untuk melihat sebuah komponen dari 2 aspek yang berbeda, dapat dilihat dari tampilan fisik, atau komponen teori yang tersimpan didalamnya.

Nyatanya tanpa sadar saklar berada pada semua bidang dan sering dijumpai oleh manusia pada setiap aktivitas yang mereka jalankan.

Baca Juga  Pengertian Lingkungan: Manfaat, Jenis dan Cara Menjaganya

Pengertian dari saklar adalah suatu komponen atau suatu perangkat yang dipakai untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik.

Saklar sendiri dalam bahasa inggris disebut dengan Switch, saklar adalah alat kelistrikan yang paling sering dipakai. Hampir semua peralatan elektronika dan listrik tentu saja membutuhkan saklar untuk menghidupkan atau mematikan listrik.

Apakah Fungsi Saklar?

Apakah Fungsi Saklar

Sebuah alat yang digunakan seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, tetapi lebih singkatnya hal itu berguna untuk memutuskan atau sebagai media penyambung arus listrik, dengan memiliki fungsi tersebut maka terdapat 2 keadaan sesuai jenis saklar yang terpasang.

Yaitu, saat keadaan membuka, hal ini dapat diambil kesimpulan sebagai lawan balik kata-kata sebab saat saklar membuka maka arus listrik yang mengalir tidak akan dapat tersambung.

Sedangkan jika saklar dalam keadaan menutup, maka arus listrik akan segera mengalir sesuai arahan yang disalurkan untuk mesin maupun perangkat yang akan dialiri arus listrik.

Hanya dengan 2 fungsi tadi saja sudah dapat menjaga dan mengontrol arus listrik secara aman dan baik. Akan tetapi terdapat suatu kondisi yang akan terjadi jika rangkaian bersifat terbuka maka listrik tidak akan dapat mengalir ke rangkaian sedikitpun, dan juga berlaku untuk sebaliknya.

Contoh Penggunaan Saklar

Contoh Penggunaan Saklar

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa fungsi saklar adalah untuk menghubungkan dan memutuskan aliran arus listrik suatu komponen kelistrikan. Dalam penerapannya berikut adalah contoh penggunaan saklar :

* Tombol on dan off yang ada pada ponsel.

* Tombol on dan off yang ada pada tombol-tombol remote TV.

* Saklar dinding yang digunakan untuk mematikan dan menghidupkan lampu di rumah.

* Tombol on dan off yang ada di komputer atau laptop.

* Tombol-tombol yang ada pada keyboard laptop dan komputer.

Baca Juga  5 Fakta Terkait Teknologi Informasi yang Wajib Kamu Tahu

* Tombol on dan off yang ada kipas angin.

Perubahan Pada Saklar

Tentu saklar disesuaikan dengan kebutuhan industri jika hal tersebut berhubungan dengan suatu bisnis yang berjalan, maka dari itu untuk mencapai tujuan lain, saklar dapat kalian modifikasi sesuai kebutuhan pengguna maupun produsen.

Hal tersebut harus serta merta teruji dan dijamin aman tanpa menimbulkan resiko sedikit pun, karena energi listrik adalah sebuah komponen yang pada dasarnya hanya dapat dikontrol dengan saklar.

Jenis-Jenis Saklar Listrik

Jenis-Jenis Saklar Listrik

Saklar listrik ini bisa dikategorikan dalam berapa banyak jumlah kontak dan juga kondisi yang dimilikinya. Jumlah kontak dan juga kondisi yang dimiliki oleh saklar tersebut biasanya disebut dengan istilah “Pole” dan “Throw”.

Pole merupakan banyaknya kontak yang dimiliki oleh suatu saklar, sementara Throw adalah banyaknya kondisi yang dimiliki oleh saklar. Berikut adalah beberapa jenis saklar berdasarkan Pole dan Throw:

1. SPST

jenis jenis saklar
Image: learningaboutelectronics.com

SPST adalah SIngle Pole SIngle Throw yang merupakan jenis saklar paling sederhana diantara jenis saklar lainnya. Saklar ini hanya memiliki 2 terminal di dalamnya, contoh saklar ini adalah saklar listrik pada lampu.

2. SPDT

SPDT adalah SIngle Pole Double Throw dimana jenis saklar ini adalah saklar yang memiliki 3 terminal di dalamnya. Jenis saklar ini biasa digunakan untuk saklar pemilih seperti saklar pemilih tegangan input adaptor.

3. DPST

DPST adalah Double Pole Single Throw atau suatu saklar yang mempunyai 4 terminal di dalamnya. DPST juga bisa diartikan sebagai 2 saklar SPST yang dikendalikan dalam satu mekanisme.

4. DPDT

DPDT atau Double Pole Double Throw yang memiliki 6 terminal dalam 1 saklar. DPDT bisa diartikan sebagai 2 saklar SPDT yang bisa dikendalikan dalam satu mekanisme.

Baca Juga  13 Sejarah Televisi, Penemu dan Perkembangan Di Indonesia

5. SP6T

SP6T atau Single Pole Six Throw adalah jenis saklar yang mempunyai 7 terminal di dalamnya. Umumnya saklar ini digunakan untuk saklar pemilih. Jenis saklar ini banyak kita temukan pada rangkaian adaptor yang bisa memilih berbagai tegangan output.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.