Efektif dan Efisien: Arti, Maksud dan Perbedaan

Perbedaan Efektif dan Efisien – Apakah Anda sering dengar istilah efektif dan efisien? Dua kata yang sering digunakan ini ternyata masih menjadi pertanyaan bagi banyak orang, apa efektif dan efisien itu sama? Tidak sedikit orang yang ternyata masih sering menyamakan kata efisien dan efektif.

Sebenarnya antara kata efektif dan efisien memiliki perbedaan. Nah, yang masih membingungkan untuk beberapa orang adalah apa perbedaan efektif dan efisien itu sendiri. Sebelum ke perbedaannya, lebih baik memahami terlebih dulu pengertian dari masing-masing kata tersebut.

Antara kata efektif dan efisien sebenarnya berkaitan erat dengan manajemen dan produktivitas dari waktu yang akan digunakan. Jika masih bingung, berikut ini adalah penjelasan mengenai arti kata efektif dan efisien serta perbedaan dari dua kata itu sendiri.

Pengertian Efektif

efektif dan efisien

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, efektif merupakan kata yang memiliki arti efek atau akibat, kesan, pengaruh. Sedangkan para ahli mendefinisikan efektif sebagai kata yang memiliki arti seperti berikut.

1. Efektif adalah pencapaian target pada periode waktu yang sudah ditetapkan dan tanpa memperdulikan biaya yang dikeluarkan.

2. Efektif merupakan kemampuan menghasilkan output. Sesuatu dapat dipandang efektif, jika hal tersebut dilihat dapat memberikan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

3. Efektif berarti suatu hal yang dipandang mampu berhasil atau dapat mencapai hal yang dikehendaki.

Pengertian Efisien

Kata efisien memiliki arti tepat atau sesuai untuk mengerjakan dan menghasilkan sesuatu tanpa membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya. Efisien berarti dapat menjalankan tugas secara tepat dan cermat, berdaya guna, bertepat guna, dan sangkil. Sementara itu, definisi efisien menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Efisien adalah usaha untuk membuat suatu pengorbanan yang paling tepat supaya bisa mendapat hasil yang dikehendaki.

2. Efisien merupakan suatu pencapaian target menggunakan hasil yang sama tetapi untuk memberikan hasil yang lebih besar.

3. Efisien merupakan aktivitas menghasilkan sesuatu dengan mengupayakan tingkat pemborosan atau kerugian sumber daya seminimal mungkin.

Perbedaan Efektif dan Efisien

efisien adalah

Kata efektif sendiri berarti sebuah cara untuk mendapatkan suatu tujuan dengan cara yang dianggap paling benar dan tepat dari berbagai macam alternatif lain yang sudah disiapkan. Kemudian pekerjaan atau suatu tujuan tersebut dapat diimplementasikan secara tepat dan dapat mencapai tujuan yang maksimal.

Pada dasarnya kata efektif sendiri berkaitan erat dengan perencanaan, jadwal, dan eksekusi yang harus dilakukan. Apabila tujuan yang sudah ditetapkan tersebut berhasil dan sesuai dengan apa yang diharapkan, maka pekerjaan tersebut sudah bisa dikatakan efektif.

Lalu apa itu efisien dan apa perbedaannya dengan efektif? Sebuah alternatif atau cara untuk mendapatkan sesuatu menggunakan sumber daya yang sedikit namun dengan hasil maksimal dan memuaskan, hal tersebut berarti efisien.

Baca Juga  Contoh, Penyebab dan 7 Tips Mencegah Pergaulan Bebas

Kunci dalam mengerjakan pekerjaan yang efisien itu sendiri adalah dengan menggunakan sumber daya secara bijak dan hemat agar waktu, biaya, dan tenaga tidak terbuang sia-sia.

Melakukan evaluasi dengan cara membuat perbandingan antara masukan dan pengeluaran merupakan pekerjaan efisien yang bisa direncanakan terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar suatu pekerjaan dapat dilakukan dengan cara yang efisien.

Efisien adalah cara yang dianggap terbaik agar tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya dapat tercapai. Setelah mengetahui pengertian dari efektif dan efisien, akan lebih jelas lagi dengan memahami perbedaan antara dua kata tersebut.

1. Perbedaan Dari Segi Biaya

Perbedaan kata efektif dan efisien dapat dilihat dari segi biaya. Pekerjaan yang efektif adalah pekerjaan menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan tujuan tetapi tanpa memikirkan biaya.

Sedangkan efisien sendiri sangat memperhitungkan biaya sehingga pekerjaan dilakukan dengan tidak membutuhkan atau mengeluarkan biaya dan pemborosan sama sekali.

2. Perbedaan Dari Segi Sumber Daya

Selain dari segi biaya, perbedaan kata efektif dan efisien juga bisa dilihat dari segi sumber dayanya. Pekerjaan dikatakan efektif jika dapat menghasilkan sesuai dengan tujuan apa yang harus dicapai tanpa memikirkan sumber daya apa yang harus disediakan.

Berbeda dengan pekerjaan yang efisien. Sebaliknya, pekerjaan yang dilakukan dengan memikirkan sumber daya untuk membantu proses yang akan dikerjakan agar mencapai tujuan yang sudah direncanakan merupakan pekerjaan yang efisien.

3. Dilihat Dari Segi Prosesnya

Perbedaan lain dari kata efektif dan efisien juga bisa dilihat dari segi prosesnya itu sendiri. Proses pekerjaan yang dilakukan secara efektif belum tentu akan efisien. Namun proses pekerjaan yang dilakukan secara efisien sudah pasti akan efektif.

Akan diperlukan juga usaha yang sangat efektif dan usaha yang maksimal sehingga hasilnya baik dan sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Dilihat Dari Segi Tujuan

Efektif dan efisien bisa dibedakan dari segi tujuannya. Tujuan utama dari pekerjaan yang dilakukan secara efektif adalah untuk mendapatkan hasil secara maksimal dan sesuai dengan apa yang sudah diharapkan tanpa memikirkan biaya dan tenaga yang harus dikeluarkan.

Apa itu efisien dan apa perbedaannya dengan efektif dari segi tujuan? Tujuan pekerjaan dilakukan efisien adalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal tetapi juga dengan cara atau usaha yang sangat hemat waktu, tenaga, dan biaya.

5. Perbedaan Berdasarkan Dari Segi Waktunya

Dilihat dari segi wawasannya sendiri, antara efektif dan efisien memiliki perbedaan. Efektif adalah pekerjaan atau usaha yang hanya memerlukan waktu yang sedikit atau bahkan sangat singkat.

Berbeda dengan efisien sendiri yang cenderung memerlukan waktu yang sangat lama. Hal tersebut karena tidak tersedianya sumber daya atau alat pendukung sehingga kinerja dari efisien menjadi relatif lama.

6. Perbedaan Ditinjau Dari Segi Upaya

Perbedaan selanjutnya antara efektif dan efisien adalah dari segi upayanya. Jika dilihat dari segi upayanya sendiri, pekerjaan efektif tidak menekankan cara yang hemat asalkan hasil dari pekerjaan tersebut sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan sudah direncanakan.

Sedangkan efisien adalah sebuah usaha yang sudah diinginkan sebelumnya untuk menekankan pemborosan. Seseorang yang menjalankan pekerjaan tersebut harus dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya sehingga sumber daya yang digunakan seminim mungkin.

7. Perbedaan Jika Dilihat Dari Segi Hasilnya

Perbedaan antara kata efektif dan efisien adalah pada hasil akhirnya. Pekerjaan efektif memiliki tujuan yang sama-sama mendapatkan hasil yang baik. Namun hasil kerja yang efektif belum tentu efisien. Pekerjaan yang efisien sudah pasti efektif dan dengan hasil yang sesuai target atau rencana.

Jadi, pekerjaan yang lebih mengutamakan efisiensinya akan lebih efektif dan tentunya jadi lebih cepat. Penerapan sesuai dengan definisi apa itu efisien dan efektif serta perbedaan masing-masing kata tersebut akan lebih mudah untuk dimengerti.

Contoh Penerapan Kata Efektif dan Efisien

efektif adalah

Pada akhir-akhir ini banyak sekali orang yang berjualan dan berbelanja di situs jual beli online. Para penjual maupun pembeli sebenarnya sudah melakukan pekerjaan yang efektif dan efisien.

Hal ini karena bagi penjual tidak perlu repot-repot untuk menyewa kios atau ruko. Sedangkan bagi si pembeli sendiri tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah dan tidak perlu terkena macet yang lama seperti saat hendak pergi ke mall atau pusat perbelanjaan lainnya.

Sisi Efektif adalah pada waktu untuk jual beli antara pedagang dan pembeli yang lebih singkat melalui smartphone. Efisien karena masing-masing pedagang dan pembeli dapat menghemat waktu karena hanya dari gadget dan tidak perlu keluar rumah. Penjual dan pembeli juga efisien karena sudah menghemat biaya.

Pedagang atau penjual lebih hemat karena tidak perlu menyewa toko dan pembelinya juga hemat karena tidak perlu ongkos transportasi ke toko.

Contoh Penerapan Kata Efektif

Jika Budi pergi ke Jakarta dengan naik pesawat, maka dia harus mengeluarkan biaya tiket Rp.1.700.000 dengan waktu perjalanan selama 2 jam.

Apabila cara tersebut dipilih, maka Budi melakukan cara yang paling efektif, namun tidak efisien. Hal tersebut disebabkan Budi mengeluarkan biaya yang terbilang besar.

Contoh Penerapan Kata Efisien

Apabila Budi pergi ke Jakarta dengan menggunakan bus ekonomi, Budi perlu mengeluarkan biaya tiket Rp.120.000 untuk waktu tempuh 17 jam.

Dari pilihan Budi ini, Budi memilih cara yang efisien, tetapi kurang efektif. Hal tersebut karena Budi akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa sampai di Jakarta.

Itulah beberapa penjelasan mengenai arti, maksud, serta perbedaan efektif dan efisien dalam penggunaannya yang benar.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *