Ebook: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Kelebihannya

Ebook Adalah – Buku adalah sumber ilmu, tapi sekarang ini tren ebook mulai menggantikan buku yang tercetak secara fisik. Walaupun sama-sama disebut dengan buku namun keduanya memiliki dampak yang berbeda.

Ebook adalah buku yang dikemas dalam bentuk digital yang kini sudah sangat familiar bagi masyarakat modern. Ebook mudah didapatkan karena bisa dibeli melalui app store saja.

Bagi kamu yang belum paham apa itu ebook sampai pada kelebihan dan kekurangannya bisa menyimaknya di sini.

Apa Itu Ebook?

Bertambahnya kecanggihan teknologi membuat berbagai jenis informasi yang tadinya dicetak menggunakan kertas berubah menjadi elektronik. Contohnya saja iklan kini banyak sekali yang memanfaatkan sosial media.

Bahkan buku yang tadinya dicetak menggunakan kertas kini sudah beralih dalam bentuk elektronik. Bentuknya adalah softcopy yang bisa dibaca menggunakan teknologi komputer seperti laptop, notebook, pc atau smartphone.

Pengertian ebook juga dijelaskan secara detail menurut beberapa ahli serta sumber lainnya. Berikut ini macam-macam pengertiannya.

Pengertian menurut kamus OXford

Pengertian pertama ebook adalah sebuah buku cetak yang telah dikonversi ke bentuk elektronik. ebook bisa dibaca melalui peralatan genggam serta komputer.

Pengertian menurut Whalts

Menurut Whalst yang mendirikan Whalst.com ebook merupakan versi dari buku yang bentuknya adalah elektronik. Versi ini diambil dari buku cetak yang tradisional dan bisa dibaca dengan mudah dengan smartphone serta komputer.

ebook adalah

Pengertian menurut Putu Laxman Pendit

Pendapat lainnya yang juga tidak jauh berbeda adalah dari Putu Lexman Pendit. Ia mengartikan bahwa ebook adalah cetak yang telah diubah sebagai elektronik jadi bisa dibaca menggunakan layar monitor.

Pengertian menurut Wikipedia

Ebook merupakan terbitan buku yang bentuknya digital, di dalamnya terdapat teks, hambar atau keduanya. Ebook dapat dibaca pada layar komputer atau perangkat elektronik lainnya. Banyak juga yang mengatakan sebagai versi elektronik buku cetak.

Pengertian menurut Danang

Dalam bukunya, Danang (2009) menyebutkan bahwa ebook adalah versi elektronik dari buku cetak yang bisa dibaca menggunakan alat. Alat yang digunakan adalah ponsel atau alat elektronik lain yang bisa digunakan membaca dokumen ebook.

Dilihat dari kelima macam-macam pengertian ini bisa diambil kesimpulan bahwa baik itu buku cetak dan ebook itu isinya sama hanya kemasan yang berbeda. Jika buku cetak menggunakan media kertas, ebook memanfaatkan alat elektronik dan bentuknya adalah softcopy.

Berbagai Macam Fungsi Ebook dan Manfaatnya

Sama halnya dengan buku ada banyak sekali fungsi dan manfaat yang dihadirkan oleh ebook. Mengingat sifatnya yang praktis untuk digunakan masyarakat urban. Banyak yang membeli ebook dengan tujuan pembelajaran. Secara umum fungsi ebook dan manfaatnya adalah sebagai berikut ini:

Media untuk pembelajaran

Fungsi yang pertama ini pasti sudah banyak disadari bahwa sebuah ebook akan menjadi media untuk belajar. Bagi kalangan manapun yang mengakses ebook pasti ingin belajar mendapatkan materi baru untuk dipelajari di dalamnya.

Karena pembahasan yang dikemukakan dalam ebook sangat luas mulai dari bidang ilmu sains, matematika, sastra dan masih banyak lainnya. Topik yang luas membuat banyak orang yang haus akan pengetahuan bisa memanfaatkan ebook.

Selain itu ada juga ebook yang berisi tutorial yang memudahkan pembaca untuk melakukan sesuatu. Di Bidang pendidikan ebook memiliki peranan yang sangat besar karena sifatnya yang praktis bisa dibuka dimana saja.

Media mendapatkan informasi

Sebuah ebook terkandung berbagai macam jenis informasi. Bukan hanya sebagai sarana belajar tetapi juga informasi apapun yang dibutuhkan. Tidak sedikit yang membagikan ebook gratis untuk menyebarkan informasi penting.

Apalagi dengan mudahnya proses distribusi yang tidak memakan banyak biaya seperti buku cetak. Pembuatannya tidak terlalu sulit dan lama sehingga informasi apapun yang disampaikan bisa didapat dengan lebih cepat.

Apalagi di dalam ebook baik teks dan gambar bisa diproduksi dengan lebih sempurna. BIaya produksi tensi tidak semahal seperti buku cetak.

Media untuk mengemukakan ide

Ebook adalah ruang yang tak hanya digunakan untuk belajar dan informasi tetapi juga bagi penulis atau penciptanya ebook menjadi ruang untuk mengemukakan ide. Ada banyak ide atau gagasan baru yang selalu diciptakan oleh manusia.

Gagasan yang sifatnya positif tentu akan lebih baik untuk dibagikan kepada banyak orang karena akan sangat membantu. Misalnya saja ide mengenai cara mengembangkan sebuah bisnis.

Apabila ada ide khusus yang bisa dituangkan dalam tulisan bisa membantu orang dalam mengembangkan bisnis mereka. Manfaatnya tentu tak hanya dirasakan oleh penulis tetapi juga membaca.

Media marketing atau promosi

Satu lagi yang tidak ketinggalan adalah ebook yang berfungsi sebagai media pemasaran digital. Ebook gratis bisa didapatkan di mana-mana oleh karena itulah bentuk buku digital ini menjadi sarana terbaik dalam promosi.

Cukup dengan membuat ebook dan menyebarkannya melalui sosial media atau aplikasi chat semua orang bisa langsung membacanya. Bisa dibilang ebook menjadi proposal yang sangat penting dalam menawarkan sebuah bisnis.

Tujuan Dibuatnya Ebook

Munculnya teknologi tentu bukan serta merta karena keisengan semata tetapi ada tujuan tertentu. Sama halnya dengan ebook yang memiliki tujuan khusus sehingga saat ini membantu banyak orang.

Ide dari ebook sendiri disebabkan oleh teknologi dan buku cetak. Begitu banyak buku cetak yang membuat penyebaran sebuah ilmu jadi lama. Proses menciptakan buku cetak sendiri tidaklah sebentar dan itu yang jadi bahan pertimbangan.

Belum lagi bentuk fisik dari buku yang besar dan tebal menyulitkan untuk dibawa kemanapun. Berbeda sekali dengan ebook yang bisa dibuka hanya dalam satu genggaman baik smartphone atau laptop. Adapun tujuan dari pembuatan ebook adalah sebagai berikut ini.

Hemat biaya cetak

Bentuk ebook yang bisa digunakan dalam smartphone sangat sederhana. Tidak ada lagi kertas yang digunakan dan tentu saja menghemat biaya cetak secara keseluruhan. Walaupun tidak mengurangi isi yang hendak disampaikan baik teks dan gambar.

Bahkan bukan hanya biaya cetak saja yang disederhanakan tetapi juga distributor. Kini setiap orang yang membuat ebook bisa menyebarkan buku mereka sendiri. Melalui media sosial, aplikasi chat hingga app store. Semuanya gratis.

pengertian ebook

Memudahkan penyebaran informasi

Kecepatan informasi untuk didapatkan satu orang ke yang lainnya semakin cepat berkat adanya teknologi. Ebook yang mengandung konten berupa informasi adalah salah satunya. Kesadaran akan literasi masyarakat di dunia ini pun semakin meningkat berkat ebook.

Hanya dengan terhubung ke internet, berbagai macam topik yang dikemas dalam bentuk ebook kini bisa didapatkan. Mulai dari buku karangan penulis terkenal, dari harga mahal sampai murah. Semuanya tersedia lengkap.

Mudah untuk dibuat

Proses pembuatan ebook tidak terlalu sulit mengingat tidak ada lagi distributor yang mengurus soal biaya cetak dan lainnya. Buku digital bisa dibuat semenarik mungkin dan tak kalah dengan buku cetak.

Semakin menarik maka ebook jadi lebih banyak disukai baik dari segi topik, isi hingga tambahan soal desain. Siapa saja bisa menyalurkan ide dan gagasannya dengan bebas.

Proses belajar mengajar jadi lebih praktis

Saat ini pembelajaran jarak jauh sudah dipraktekkan dan buktinya sangat membantu dan salah satu faktor yang berperan besar adalah ebook. Tujuan dari dibuatnya ebook adalah memudahkan kegiatan belajar dan mengajar.

Murid bisa mengunduh materi dalam bentuk ebook kapan saja dan di mana saja. Guru juga bisa menyebarkan materi ebook secara lengkap dan dapat dipastikan bahwa materinya sama semua.

Melindungi konten yang berkualitas

Banyak yang masih mengira bahwa isi dari sebuah buku tidak terlindungi. Kini dengan hadirnya ebook tujuan soal perlindungan akan tercapai. Karena tidak semua orang bisa mengakses ebook dengan sembarangan.

Hanya mereka yang sudah memiliki akses dengan password bisa mendapatkan ebook untuk dipelajari. Jadi tujuannya adalah agar tidak pada duplikasi dan konten yang disampaikan tepat sasaran.

Kelebihan dan Manfaat Menggunakan Ebook

Menyimak dari semua fungsi dan tujuan diciptakannya ebook tentu ada begitu banyak kelebihan yang bisa dirangkum. Apalagi jika dibandingkan dengan buku cetak yang selama ini telah digunakan manusia selama berabad-abad. Berikut ini rangkuman mengenai kelebihan penggunaan ebook.

Bebas kertas jadi ramah lingkungan

Kelebihan yang tampak sangat nyata adalah ebook tidak lagi menggunakan kertas. Sehingga tidak ada lagi penebangan pohon yang digunakan untuk memproduksi kertas. Apalagi sampah buku yang sudah tidak digunakan di mana pengelolaannya belum maksimal.

Ebook menjadi produk ramah lingkungan yang saat ini banyak digunakan. Berbeda dengan buku cetak yang membutuhkan kertas dari kayu terus menerus.

Sifatnya praktis bisa dibuka di mana saja

Sesuai dengan fungsinya, ebook bisa dibuka di mana saja karena alat elektronik yang praktis. Tidak ada lagi membawa buku yang berat kemanapun pergi karena cukup dengan koneksi internet, laptop, smartphone saja ebook sudah bisa diakses.

Lebih tahan lama tak perlu takut rusak

Soal ketahanan tak perlu dipertanyakan lagi karena ebook adalah bentuk digital. Tidak membutuhkan ruang besar secara fisik dan tak takut lembab atau rayap. Ketahanannya inilah yang membuat banyak orang kini menggunakan ebook.

Mudah didapatkan dan banyak yang gratis

Manfaat ebook bagi kehidupan manusia sangat besar, ditambah untuk mendapatkannya tidak perlu membayar mahal. Ada banyak ebook gratis yang bisa diakses dengan mudah.

Kekurangan Penggunaan Ebook

Ada kelebihan ada juga kelemahan. Inilah yang masih jarang diketahui, karena ebook juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

* Untuk mengaksesnya dibutuhkan alat elektronik yang belum tentu semua orang di Indonesia memilikinya.

* Karena menggunakan layar monitor maka bisa mempengaruhi kesehatan mata.

* Dibutuhkan aplikasi tertentu untuk bisa mengakses ebook yang dibutuhkan.

* Belum semua buku cetak beralih ke ebook.

Ebook adalah adalah bukti dari peradaban manusia dan akan terus berkembang. Kira-kira seperti apalagi ya bentuk buku di masa depan setelah ebook?

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.