Daur Hidup Kupu Kupu: Ciri-ciri dan Makanannya

Daur hidup kupu kupu – Jika disuruh memilih hewan apa yang memiliki perjalanan hidup dengan fase yang sempurna, kupu-kupu bisa menjadi sebuah jawaban terbaik. Tentu kita tak bisa mengelak bahwa kupu-kupu mengajarkan tentang cara menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Bahwa saat kita ingin menuju hidup seperti yang diinginkan, maka butuh waktu yang tak sebentar, juga butuh perjuangan yang tak main-main.

Daur hidup kupu-kupu memang menyimpan banyak pelajaran. Mempelajari daur hidup hewan cantik ini tak hanya soal memperkaya diri tentang pengetahuan biologi.

Baca Juga  Lucu, Ini 3 Jenis Kelinci Anggora Berikut Kisaran Harganya

Namun juga bagaimana kita belajar memaknai hidup dan bagaimana cara memperjuangkan hidup yang kita inginkan. Tahukah sahabat kalau kupu-kupu dewasa dengan sayap yang indah itu hidupnya tak lama? Hanya beberapa minggu saja. Namun perjuangan seekor kupu-kupu menuju bentuk indah tersebut sangat panjang.

Bahkan meski kita hanya sekejap saja merasakan kesuksesan hidup, jika itu dimulai dari perjuangan yang tak sebentar, pasti hanya rasa puas dan bahagia yang tertinggal bukan? Mungkin seperti itulah kebahagiaan kupu-kupu dewasa. Meski sekejap saja hidupnya, ia merasa sangat bahagia bisa meraih hidup seperti yang diinginkannya.

Agar sahabat lebih memahami bagaimana fase hidup kupu-kupu, tim Tedas.id telah mengumpulkan sejumlah informasi yang bisa menambah wawasan terkait hewan dengan sayap cantik ini. Selamat membaca.

Metamorfosis Kupu kupu

metamorfosis kupu kupu

Membicarakan siklus hidup kupu-kupu memang selalu menarik. Jika ditulis dalam kalimat-kalimat singkat, seperti inilah fase hidup hewan cantik bersayap ini:

1. Kupu-kupu jantan dan kupu-kupu betina melakukan perkawinan.

2. Perkawinan tersebut melahirkan telur.

3. Telur berkembang menjadi ulat.

4. Ulat tumbuh menjadi kepompong.

5. Kepompong berkembang menjadi kupu-kupu muda.

6. Kupu-kupu muda lalu bertumbuh menjadi kupu-kupu dewasa dengan sayap yang cantik dan mempesona.

4 Daur Hidup Kupu Kupu yang Mengesankan

4 Daur Hidup Kupu Kupu

Berikut ini penjabaran yang lebih lengkap dari poin-poin di atas terkait daur hidup kupu kupu atau metamorfosis kupu-kupu:

1. Telur

Telur adalah fase pertama dalam siklus hidup kupu-kupu. Induk kupu-kupu akan meninggalkan telurnya di bagian bawah sebuah daun. Agar telur tersebut tidak jatuh, sang induk akan menggunakan zat semacam lem agar telur menempel kuat pada daun tempat ia menempel.

Lem ini sangat kuat dan bisa melindungi telur dari serangan predator yang ingin memangsanya. Telur kupu-kupu dilindungi dengan kulit yang keras agar ia mampu berkembang secara baik dalam segala musim. Fase telur ini terjadi selama beberapa minggu, bahkan ada beberapa jenis kupu-kupu yang menjalani fase ini hingga beberapa bulan.

2. Ulat

Fase kedua dalam kehidupan kupu-kupu bisa dibilang adalah fase yang paling banyak membuat manusia jengkel. Yaitu fase sebagai ulat. Hampir sebagian besar orang tak menyukai saat telur kupu-kupu pada akhirnya menetas menjadi ulat.

Ulat yang satu dengan lainnya memiliki ukuran dan warna yang berbeda-beda, tergantung sang induk. Sebagai bahan bakar berkembang biak, ulat harus memakan daun-daun hijau yang segar. Sementara untuk perlindungan dirinya, ulat memiliki racun dan bentuk tubuh yang mengerikan.

Racun di dalam diri ulat yang membuat kulit kita terasa gatal ketika tanpa sengaja menyentuhnya. Selain itu, ulat juga bisa berubah bentuk untuk melindungi dirinya dari predator. Yaitu dengan cara membuat kepalanya menggelembung.

Ulat berkembang dengan memiliki kaki sebanyak 3 pasang yang berfungsi untuk memberikannya keseimbangan. Ketika mencapai panjang kurang lebih 5 cm, ulat telah siap untuk menjalani fase berikutnya. Apa hayo fase ketiga dari daur hidup kupu kupu?

Baca Juga  Pencinta Kucing Masuk, Ini 7 Cara Merawat Kucing Persia

2. Pupa atau Kepompong

Betul sekali, sahabat tedas.id! Fase ketiga dalam kehidupan kupu-kupu yaitu menjadi kepompong. Untuk menuju fase ketiga ini, ulat harus membuat cangkang menggunakan daun. Cangkang ini terlilit pada tubuhnya memakai bahan semacam benang yang spesial tumbuh dari dirinya sendiri. Benang ini mengandung sutera.

Fase ketiga ini berjalan kurang lebih selama 12 hari. Selama menjadi kepompong, ulat akan menjalani puasa. Ia akan tidur selama itu. Sementara untuk bertahan hidup, kepompong akan mencerna enzim yang ada di dalam tubuhnya sendiri. Hingga pada akhirnya setelah 12 hari terlalui, kepompong akan keluar dalam bentuk baru yag sangat menawan.

4. Kupu-Kupu Dewasa

Setelah 12 hari yang terasa panjang berakhir, saatnya kepompong keluar menjadi imago (kupu-kupu dewasa). Proses keluarnya kupu-kupu dewasa dari cangkang kepompong adalah waktu krusial dalam fase hidupnya.

Pada fase ini bisa saja predator memangsanya. Namun kupu-kupu tak gentar, ia siap dengan segala resikonya demi kehidupan baru yang menawan. Untuk bisa keluar dari cangkang kepompong, kupu-kupu melunakkan cangkang menggunakan cairan dari dalam tubuhnya sendiri.

Setelah cangkang itu lunak, kupu-kupu akan lebih mudah merobeknya. Langkah selanjutnya yaitu kupu-kupu harus mengeringkan tubuhnya dan melakukan perkembangan.

Fase ini tak panjang, hanya sekitar beberapa jam saja. Setelah merasa siap, kupu-kupu akan mengepakkan sayapnya untuk pertama kali. Ia pun siap melakukan perjalanan menjadi hewan baru dengan sayap cantik nan menawan.

Ciri Ciri Kupu-kupu

ciri ciri kupu kupuKupu-kupu dengan segala fase hidup yang telah dilaluinya memang salah satu hewan paling menarik. Baik menarik untuk dilihat, ataupun menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Setelah sahabat tedas.id memahami daur hidup kupu-kupu, sekarang saatnya kita kenali ciri ciri kupu kupu yang cantik ini. Yuk, cari tahu apa saja ciri ciri dan fakta terkait kupu-kupu!

1. Kupu-kupu merupakan hewan yang dikategorikan masuk ke dalam ordo Lepidoptera karena termasuk dalam jenis serangga dengan sayap yang bersisik.

2. Hewan yang menjalani siklus hidup unik; dari telur menjadi larva (ulat), lalu berkembang menjadi kepompong, hingga akhirnya menjadi kupu-kupu dewasa dengan sayap yang cantik.

3. Hewan cantik ini termasuk dalam jenis hewan diurnal, alias hewan yang lebih aktif pada siang hari dan istirahat di malam hari.

4. Saat kupu-kupu beristirahat, sayapnya akan ditegakkan.

makanan kupu kupu

5. Sayap kupu-kupu memiliki corak warna yang beragam dan tampilan menarik.

6. Memiliki tiga pasang kaki yang telapak kakinya sangat halus. Hal ini membuat bunga yang dihinggapi tidak akan rusak.

7. Kupu-kupu memiliki mata yang unik. Disebut dengan mata majemuk. Kurang lebih ada 12ribu mata membentuk semacam belahan bola yang membesar di kepala bagian atas.

Baca Juga  Selain Orangutan, Ini 16 Hewan Langka di Indonesia Lainnya

8. Kupu-kupu memiliki kulit yang khas, berasal dari kitin.

9. Alat pernapasan pada kupu-kupu disebut trakea.

10. Ukuran sayapnya lebih lebar daripada ukuran tubuh. Hal itu yang membuat kupu-kupu bisa terbang dengan lebih mudah.

11. Memiliki probosis alias belalai di bagian mulutnya. Fungsinya yaitu untuk menghisap nektar bunga.

12. Kupu-kupu meneruskan kembang biaknya melalui proses bertelur.

13. Untuk bertahan hidup, kupu-kupu tidak mengkonsumsi makanan padat. Jadi apa yang dimakan oleh kupu-kupu?

Sabar dulu, sahabat. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai makanan kupu-kupu di sub bab berikutnya.

Makanan Kupu kupu

siklus hidup kupu kupuPastinya sahabat Tedas.id penasaran ya apa yang dimakan oleh kupu-kupu agar bisa bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik? Melalui informasi yang dikumpulkan oleh tim Tedas.id, ada sekurang-kurangnya lima jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh kupu-kupu, yaitu:

1. Nektar dan Serbuk Sari

Kupu-kupu sangat menyukai bunga yang dengan warna cerah dan beragam. Semakin bunga itu memiliki banyak warna yang mencolok, semakin sering kupu-kupu akan mendekat pada bunga tersebut.

Bisa jadi karena kupu-kupu merasa bahagia telah melewati perjalanan hidup yang panjang, bunga-bunga dengan aneka warna menyempurnakan rasa bahagianya. Di dalam bunga beraneka warna itulah, kupu-kupu akan menemukan makanan utamanya, nektar.

Ada banyak nutrisi penting di dalam nektar. Yang tak kalah penting nektar juga memberikan tenaga instan kepada kupu-kupu lewat gula yang dikandungnya.

2. Buah yang Telah Membusuk

Manusia ketika menemui buah busuk tentu akan membuangnya. Hal tersebut berbeda dengan kupu-kupu. Buah busuk justru menjadi salah satu makanan favoritnya. Di dalam buah busuk masih terdapat sari-sari penting bagi kehidupan kupu-kupu.

Untuk mendapatkan sari tersebut, kupu-kupu menggunakan proboscis alias belalai untuk menghisapnya. Buah busuk tidak berarti di mata manusia, namun bagi kupu-kupu buah busuk adalah sumber tenaga dan cairan karena mengandung banyak gula dan air.

Baca Juga  Mengenal 5 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

3. Kotoran Hewan

Selain nektar dan buah busuk, kupu-kupu juga menyukai kotoran hewan sebagai makanan sehari-harinya lo. Tentunya bukan sekedar kotoran hewan, sahabat. Hanya kotoran hewan yang di dalamnya terdapat mineral.

Mineral ini sangat berguna dalam keberlangsungan daur hidup kupu-kupu. Kotoran hewan yang bisa dikonsumsi kupu-kupu hanyalah kotoran segar. Karena hanya kotoran segar yang mudah dihisap oleh kupu-kupu.

4. Getah dari Pohon

Getah pohon juga salah satu makanan favorit bagi kupu-kupu. Sebagaimana manusia yang memiliki makanan favorit.

Kupu-kupu juga memiliki getah favoritnya masing-masing. Bisa jadi kupu-kupu A menyukai getah pohon B, sementara kupu-kupu C lebih menyukai getah pohon D, dan sebagainya.

5. Keringat dan Garam

Apakah sahabat Tedas.id pernah melihat kupu-kupu tiba-tiba menghinggapi tubuh manusia? Tahukah kalau pada saat seperti itu ternyata kupu-kupu tertarik pada natrium yang ada dalam garam dan keringat tubuh kita? Saat hinggap di tubuh manusia, kupu-kupu menghisap natrium dari kulit manusia dalam jumlah yang sangat sedikit.

Demikianlah catatan yang tim Tedas.id bisa rangkum terkait daur hidup kupu-kupu beserta ciri-ciri dan makanan favoritnya. Semoga bermanfaat untuk para sahabat tercinta. Sampai jumpa lagi!

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *