Publik

Cek Gaji Sales Force Rata-Rata Perusahaan Besar di Indonesia 

Pasti kamu sering mendengar lowongan pekerjaan sales force. Seperti apa pekerjaan yang dilakukan dan profesi ini? Berapa gaji sales force yang bisa didapatkan? 

Pertanyaan ini wajar kamu miliki ketika tertarik untuk bergabung atau melamar pada lowongan tersebut. Apalagi kamu yang notabene adalah lulusan baru dan membutuhkan pekerjaan sesegera mungkin. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa sales force ini merupakan profesi yang berbeda dengan marketing. Supaya tidak salah kaprah kenali pengertian hingga estimasi gajinya ini. 

Mengenal Profesi Sales Force 

Profesi Sales Force 

Sales force adalah profesi yang tugas utamanya adalah melakukan penjualan demi meningkatkan penghasilan dari perusahaan. 

Apa yang dijual tentu saja tergantung dengan produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Misalnya kamu yang bekerja sebagai sales di perusahaan sabun. 

Maka kamu harus bisa melakukan penjualan produk sabun dari perusahaan tersebut. Penjualannya sendiri bisa dilakukan secara langsung tergantung dengan strategi marketing yang ditetapkan. 

Nah, disinilah kamu harus memahami apa bedanya sales force dengan marketing. Sales akan bekerja langsung berhadapan dengan konsumen. 

Kamu harus bisa membujuk konsumen melakukan pembelian. Sedangkan marketing akan bekerja menyusun strategi pemasaran sesuai yang dimiliki oleh perusahaan. 

Jadi marketing tidak selalu berhadapan dengan konsumen langsung karena target utamanya bukan hanya hasil penjualan atau sales saja. 

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Force 

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Force 

Ada begitu banyak perusahaan di Indonesia yang sudah berskala besar selalu melakukan rekrutmen sales. 

Bahkan lowongan ini akan terus tersedia setiap bulannya, karena memang profesi ini begitu banyak dibutuhkan. 

Contohnya saja Bank Syariah Indonesia yang operasionalnya tidak terlepas dari sales force yang berada di lapangan. 

Tugas dan tanggung jawab sales adalah memperkenalkan produk-produk yang dimiliki oleh BSI. Baik itu pinjaman sampai dengan pembukaan rekening. 

Begitu juga dengan sales force lainnya, jika kamu tertarik di bidang ini maka cek terlebih dahulu apa saja tugas dan tanggung jawabnya berikut ini. 

1. Mengutamakan Penjualan Produk 

Sales harus berorientasi pada penjualan produk setiap harinya. Orientasi ini harus dipenuhi setiap hari, minggu dan bulanan. 

Tugas utama ini yang akan melahirkan berbagai strategi untuk setiap sales bisa menjalankan misinya. Sehingga target penjualan pun dapat terpenuhi. 

Tidak sekedar menjual, sales juga harus bisa memastikan bahwa kualitas produk sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang baik. 

Konsumen juga diharapkan puas dengan produk yang dibeli sehingga menciptakan repeat order di masa yang akan datang. 

2. Memenuhi KPI 

Setiap profesi khususnya sales memiliki KPI (Key Performance Indicator) yang harus dipenuhi. Bisa memenuhi target penjualan biasanya merupakan salah satu KPI yang harus dipenuhi. 

Masih ada KPI lain yang harus dipenuhi seperti kehadiran, skor penjualan secara keseluruhan, keaktifan dan lainnya. 

KPI ini berfungsi sebagai penilaian dari kinerja sales sehingga perusahaan bisa mengapresiasi pekerjaannya. 

Apalagi jika sistem sales menggunakan kontrak, biasanya KPI inilah yang jadi pertimbangan untuk memperpanjang kontrak atau tidak. 

3. Menciptakan Hubungan Baik dengan Konsumen 

Supaya tercipta transaksi atau penjualan dengan konsumen yang berkelanjutan, sales force harus bisa menciptakan hubungan yang baik. 

Begitu juga dengan calon konsumen, sales harus bisa memberikan banyak kelebihan dan penjelasan mengenai produk yang memuaskan konsumen. 

Bahkan tidak jarang sales force juga memberikan pelayanan purna jual yang harus memuaskan. Setidaknya konsumen tidak kecewa dengan pelayanan yang diberikan tersebut. 

Tidak sedikit saat ini konsumen yang mau membeli karena sikap sales yang baik sehingga mereka tidak ragu untuk melakukan pembelian bahkan berlangganan. 

Menariknya lagi, jika kamu berhasil menjalankan tugas saat masih menjadi sales di perusahaan maka saat pensiun kamu masih bisa menjadi karyawan yang diperbantukan. 

Contoh paling banyak ada di perusahaan BSI, ada beberapa tugas sales force pensiunan BSI yang berhubungan dengan konsumen langganan. 

Dengan begitu kamu yang sudah pensiun tidak perlu bingung lagi menganggur dan masih memiliki kegiatan. Tentunya kamu masih mendapatkan gaji juga. 

Estimasi Penghasilan Sales Force

Memahami apa saja tugas dan tanggung jawab pentingnya, lalu berapa gaji yang bisa didapatkan? Baik itu gaji ketika bekerja sampai dengan pensiunan. 

Perlu diketahui bahwa biaya pensiunan kini ditanggung melalui BPJS, jadi kamu hanya akan mendapatkannya jika sudah mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan. 

Biasanya gaji bulanan akan dipotong sekitar 3% untuk membayar iuran BPJS tersebut. Oleh karena itulah estimasi gaji ini adalah perkiraan gaji yang kamu dapatkan setelah dipotong biaya BPJS tersebut. 

Bisa dikatakan bahwa gaji dari sales force termasuk yang terendah, bahkan beberapa diantaranya ada yang di bawah UMR. Misalnya saja untuk gaji sales force baru atau pemula. 

Di beberapa daerah dengan UMR rendah maka gaji yang didapatkan untuk sales force baru adalah sekitar Rp1.345.000 per bulannya. 

Maka jika ditotal per tahun akan mendapatkan sekitar Rp16.100.000. Gaji ini akan meningkat sesuai dengan performa yang dimiliki. 

Khusus untuk sales yang sudah mendapatkan kontrak maka gaji akan meningkat menjadi Rp1.800.000 atau sesuai dengan UMR kota tersebut. 

Oleh karena itu gaji yang akan didapatkan untuk sales force tetap adalah sekitar Rp21.600.000 per tahunnya. 

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa estimasi gaji sales force di beberapa perusahaan besar di Indonesia. 

  • Sales Support Force Shelter Nusantara, Gresik: Rp 1.500.000 / bulan.
  • Sales Force Indihome: Rp 1.550.000 – 8.000.000 / bulan.
  • Sales Force PT. Sejahtera Mitra Solusi, Balikpapan: Rp 2.914.301 / bulan.
  • Sales Force CV Bahagia Jaya Raya, Yogyakarta: Rp 2.500.000 – 5.000.000 / bulan.
  • Sales Force PT Rutan, Jakarta: Rp 3.800.000 – 5.400.000 / bulan.
  • Sales Force PT Sarwa Manggala Raya, Bandung: Rp 4.000.000 – 4.400.000 / bulan.
  • Sales Force Immanuel Global Santosa, DKI Jakarta: Rp 4.750.000 / bulan.
  • Sales Force United Motors Centre/UMC, Surabaya: Rp 4.500.000 / bulan.
  • Sales Force PT Rumah Sunatan Indonesia, Jakarta: Rp 5.000.000 – 5.400.000 / bulan.
  • Koordinator SF Rajawali Anugrah Resources, Tangerang: Rp 7.000.000 / bulan.
  • Salesforce Developer PT Aku Pasti Bisa, Jakarta: Rp 16.000.000 – 21.000.000 / bulan.

Tunjangan-Tunjangan yang Didapatkan Sales Force 

Tunjangan-Tunjangan yang Didapatkan Sales Force 

Jika melihat besaran gaji khususnya untuk sales force baru, kamu mungkin berpikir bahwa pendapatan yang diperoleh sangatlah kecil. 

Jangan khawatir, karena sales force akan mendapatkan tunjangan, baik itu waktu masa kerja begitu juga memperoleh pensiunan. 

Contohnya saja gaji sales force pensiun BSI yang besarannya bisa sampai ratusan juta rupiah jika berhasil memenuhi masa jabatannya dengan baik. 

Kamu bisa pensiun sekitar usia 55 tahun, jika beruntung kamu bisa mendapatkan pensiun dini dengan tunjangan atau uang pensiunan yang sama besarnya. 

Berikut ini beberapa jenis kompensasi yang bisa didapatkan. 

1. Kompensasi Tetap 

Kamu yang berhasil mendapatkan kontrak atau menjadi pegawai tetap akan mendapatkan gaji pokok sekaligus tunjangan tetap. 

Ada dua jenis tunjangan tetap yang diperoleh yaitu tunjangan jabatan atau kesehatan. Biasanya nilai kompensasi ini diperoleh dari perhitungan 50% sampai dengan 70% dari gaji. 

Banyak tidaknya juga akan dipengaruhi besar kecilnya skala perusahaan. Kompensasi tetap ini harus dibayarkan oleh perusahaan baik itu setiap bulan sesuai dengan tanggal gajian. 

Perlu diketahui bahwa kompensasi ini didapatkan sesuai dengan Undang Undang yang berlaku jadi jika kamu tidak memperolehnya padahal sudah tertera dalam kontrak maka bisa mengajukan komplain ke ketenagakerjaan. 

2. Kompensasi Penjualan 

Disebut juga dengan tunjangan penjualan di mana kamu akan mendapatkan bonus atau komisi berdasarkan dengan jumlah penjualan atau target yang berhasil dipenuhi. 

Ini adalah salah satu cara dari perusahaan untuk memotivasi karyawannya di bidang sales force. Kamu yang ingin mendapatkan penghasilan lebih tentu akan termotivasi dengan penawaran ini. 

Apalagi jika komisi yang diperoleh nilainya cukup tinggi, bahkan bukan tidak mungkin jika kamu akan mendapat komisi yang jauh lebih besar dari penghasilan. 

Jenis komisi ini juga ada banyak seperti tiered commission yaitu komisi dengan tingkatan tertentu sesuai dengan target penjualan. 

Ada juga straight commission yaitu komisi 100% jika kamu bisa menjual dengan benar. Masing-masing perusahaan biasanya menerapkan salah satu komisi ini. 

Supaya tidak salah kamu bisa mencari tahu seperti apa peraturan untuk mendapatkan komisi ini. Jadi kamu bisa menjalankan tugas dengan lebih baik. 

Sudah tahu berapa gaji sales force di Indonesia? Kamu yang tertarik untuk mendaftar bisa mulai mencari lowongannya sekarang juga. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button