Catat, Ini 3 Langkah Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Cara Mengirim Barang Lewat JNE – Bagi Anda yang sering belanja online pasti pernah menerima kiriman paket melalui jasa pengiriman JNE. Salah satu perusahaan logistik terbesar di Indonesia ini memang sudah memiliki agen yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Cara mengirim barang lewat JNE menjadi alternatif yang paling banyak digunakan terutama untuk kegiatan belanja online. JNE menjadi partner di hampir semua toko online atau marketplace. Opsi jasa pengiriman yang paling banyak disediakan adalah JNE ini.

Tren belanja online yang berkembang pesat membuat JNE semakin sibuk. Perusahaan ekspedisi ini hampir setiap hari menerima layanan pengiriman paket atau barang ke seluruh kota dan daerah-daerah di indonesia. Jika Anda datang ke agen JNE, Anda mungkin bertemu banyak orang yang akan mengirim paket.

3 Langkah Cara Mengirim Barang Lewat JNE Secara Benar

cara mengirim barang

Paket atau barang yang akan dikirim biasanya sudah dikemas dari rumah. Jadi saat di agen atau kantor JNE, bisa langsung diserahkan ke petugas untuk dicatat data pengirimannya. Namun untuk beberapa orang masih bingung bagaimana cara mengirim barang lewat JNE yang benar.

1. Packing barang di JNE

Barang yang akan dikirim tentu saja harus dikemas atau packing terlebih dahulu. Cara packing yang benar adalah sesuai dengan jenis atau sifat dari barang terkait yang akan dikirim. Hal tersebut adalah untuk keamanan agar barang tidak rusak hingga sampai ke tujuan.

Cara pengemasan barang yang akan dikirim melalui JNE ini kita perlu diperhatikan dengan benar. Packing barang harus hati-hati terlebih untuk barang elektronik atau barang lain yang memiliki nilai tinggi dan barang-barang yang mudah rusak.

Baca Juga  Lebih Mengenal ASMR, Temukan 3 Manfaatnya Sekarang

Biasanya untuk barang elektronik seperti handphone dan kamera perlu dikemas dengan tambahan bubble wrap agar lebih aman. Selain itu, packing kayu juga bisa menjadi alternatif untuk barang-barang yang perlu penanganan dengan sangat hati-hati.

Cara mengirim barang lewat JNE yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah untuk barang yang tidak boleh dibolak-balik. Anda bisa memberi catatan mana bagian atas dan bawah. Apabila packing terlihat kurang meyakinkan, biasanya petugas akan membungkus ulang.

Memastikan barang dikemas dengan baik dan benar perlu dilakukan sebelumnya dikirim biasanya akan dilakukan oleh petugas. Biasanya petugas akan menanyakan isi dari paket yang akan dikirim dan apa saja yang hal penting untuk penanganan paket tersebut.

2. Menulis alamat tujuan pengiriman

langkah mengirim barang lewat jne
Selain masalah packing, menuliskan alamat pengiriman yang akan dituju juga perlu diperhatikan. Alamat tujuan merupakan hal yang penting agar paket tidak nyasar. Sebaiknya alamat pengiriman barang atau paket ditulis sesuai kartu identitas penerima yang lebih lengkap dan jelas.

Pada umumnya alamat atau tujuan pengiriman mencantumkan nama penerima, alamat mulai dari RT, RW, nomor rumah, kecamatan, dan kabupaten. Cara mengirim barang lewat JNE yang benar sebaiknya mencantumkan nomor hp penerima, kode pos penerima, dan jika perlu catat instruksi khusus untuk kurir.

Alamat pengiriman bisa diketik dan kemudian ditempel dengan isolasi bening sehingga tidak mudah terhapus. Beberapa orang juga sering menulis alamat pengiriman menggunakan spidol biasa. Hal yang paling penting adalah alamat tidak mudah terhapus karena pengiriman tidak selalu langsung sampai.

3. Mengirim barang lewat kantor JNE

mengirim barang lewat jne

 

Images By: JNE

Langkah terakhir yang dibutuhkan untuk cara mengirim barang lewat JNE adalah datang langsung ke agen atau kantor JNE terdekat. Setelah paket dan semuanya siap, Anda bisa segera datang ke kantor JNE dengan membawa paket yang akan dikirim.

Temui petugas yang ada di kantor dan sampaikan keperluan Anda untuk mengirimkan paket. Selanjutnya petugas akan memeriksa barang atau paket Anda dan ditimbang. Kemudian berat dari paket tersebut akan dihitung  besarnya biaya atau ongkos kirim layanan JNE.

Selain berat dari barang, jauh dekatnya alamat tujuan juga menentukan tarif atau biaya pengiriman. Perusahaan ekspedisi ini sendiri memiliki beberapa jenis layanan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Cara mengirim barang lewat JNE untuk masing-masing jenis layanan memiliki peraturan yang berbeda.

Baca Juga  Sarana dan Prasarana: Pengertian, Contoh dan Perbedaan

Anda bisa menanyakan ke petugas terkait jenis layanan yang disediakan dan opsi apa yang paling tepat untuk Anda. Jenis layanan pengiriman dari JNE pada umumnya menawarkan waktu pengiriman, mulai dari yang kilat hingga reguler. Ada yang cepat dan lebih lama, antara 1-7 hari untuk barang sampai di tujuan.

Setelah memilih jenis pengiriman dan membayar biaya kirim, petugas JNE akan memberi struk yang berisi detail pengiriman seperti alamat tujuan, biaya pengiriman, jenis layanan pengiriman, dan yang paling utama adalah nomor resi pengiriman.

Nomor resi JNE yang tercantum pada struk pengiriman dapat digunakan untuk melacak paket. Jadi Anda bisa mengecek apakah barang sudah sampai atau belum. Untuk mengecek paket, bisa menggunakan website JNE dengan menuliskan nomor resi terkait.

Demikian beberapa langkah yang diperlukan untuk cara mengirim barang lewat JNE di agen atau kantor-kantor terdekat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *