Sering Tertukar? Ini Beda Am dan PM Untuk Menunjukan Waktu

Beda Am dan PM – Perbedaan waktu sudah hampir terjadi diseluruh penjuru dunia, hal tersebut terjadi karena adanya rotasi atau perputaran Bumi pada orbitnya yang terjadi setiap harinya, sehingga menyebabkan perbedaan waktu dari Negara satu ke Negara lainnya.

Sehingga bisa dikatakan juga bahwa akibat adanya rotasi Bumi atau gerakan berputar planet Bumi, maka Bumi akan berputar menuju ke arah timur, atau jika dilihat dari utara maka perputaranya akan melawan arah dari jarum jam.

Akibat adanya pergerakan pada sumbunya maka setiap Negara di Bumi akan mengalami perubahan waktu siang dan malam, walaupun dengan panjang siang dan malam yang bisa berbeda-beda pada masing-masing Negara.

Dengan adanya perbedaan waktu dimana pada bagian Bumi wilayah timur akan mengalami matahari yang akan terbit terlebih dahulu dibandingkan dengan wilayah barat. Dan dengan adanya perbedaan waktu inilah yang menjadi penyebab adanya perbedaan zona waktu di seluruh penjuru dunia, sehingga

zona wakttu indonesia
3 Zona Waktu di Indonesia

Perlu Kamu ketahui bahwa GMT (Greenwich Mean Time) merupakan waktu matahari di garis atau titik meridian Greenwich, Inggris, yang dianggap sebagai bujur geografis 0 derajat.

Dan pastinya Kamu sudah mengetahui bukan, bahwa perbedaan waktu di Indonesia terbagi menjadi 3 zona waktu, yaitu WIB, WITA dan WIT dan berikut di bawah ini adalah ulasannya:

1. WIB

WIB adalah kepanjangan dari waktu Indonesia Barat dimana wilayah WIB ini mencakup wilayah pulau Jawa, pulau Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dan pulau Sumatra dengan GMT+07:00.

Baca Juga  10 Gurun Terluas di Dunia, Salah Satunya di Kutub Selatan

2. WITA

WITA adalah kepanjangan dari waktu Indonesia tenggah Barat dimana wilayah WITA ini mencakup wilayah Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, serta Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur dengan GMT+08:00.

3. WIT

Sedangkan zona waktu Indonesia yang terakhir adalah WIT atau kepanjangan dari waktu Indonesia timur dan wilayah yang termasuk WIT adalah wilayah Maluku dan Papua dengan GMT+09:00.

Sehingga dengan adanya zona waktu masing-masing dari ketiga zona waktu tersebut akan memiliki perbedaan waktu yang sangat beragam dari 1 jam hingga 3 jam perbedaan waktunya.

Apakah Am dan PM Itu?

Jika diatas tadi Kita sudah menjelaskan bahwa di Indonesia ada 3 zona waktu yaitu WIB, WITA dsan WIT, akan tetapi apakah Kamu pernah mendengar istilah AM dan PM untuk menunjukan waktu? Jika belum berikut ini adalah ulasannya.

Perlu Kamu ketahui bahwa konsep waktu AM dan PM itu lebih dikenal di Negara-Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari dan seiring dengan berkembangnya waktu konsep ini mulai diketahui oleh orang Indonesia, lalu apakah AM dan PM Itu?

1. AM

Ternyata sama halnya dengan pembagian zona waktu AM adalah kepanjangan dari Ante meridiem.

2. PM

Ternyata sama halnya dengan pembagian zona waktu AM adalah Post meridiem.

Konsep pembagian waktu AM dan PM ini semakin lebih sering ditemukan saat pengunana jam digital mulai digunakan oleh manusia dan jam digital ini bisa sangat mudah Kita temukan pada perangkat laptop, komputer maupun pada gandget. Lalu apakah beda AM dan PM?

perbedaan am dan pm
Jangan Tertukar, Ini Beda Am dan PM

Mungkin kebanyakan dari Kita seringkali merasa kebingunagan atau masih salah karena adanya perbedaan Am dan PM, perlu Kamu ketahui bahwa AM dan PM itu berasal dari bahasa latin.

– AM atau kepanjangan Ante meridiem

AM dalam bahasa Inggris memiliki arti before noon atau zona waktu sebelum tengah siang dan jangka waktu yang menujukan kedalam zona AM adalah tengah malam (0:00) hingga waktu tengah siang yaitu pukul (12:00)

Baca Juga  4 Jenis dan Contoh Majas Metafora Berikut Artinya

– PM atau kepanjangan Post meridiem

Sedangkan PM dalam bahasa Inggris memiliki arti after noon atau zona waktu setelah tengah siang dan jangka waktu yang termasuk menunjukan zona PM antara tengah siang pukul (12:00) hingga tengah malam (0:00).

beda pm dan am
Contoh Konsep Waktu PM dan Am

Bagaimana apakah Kamu sudah mengerti akan konsep pembagian waktu AM dan PM? Jika Kamu masih bingung maka Saya akan memberikan contoh konsep waktu PM dan AM mudah agar Kamu tidak kebingungan lagi.

Misalkan saja pada hari Minggu Kamu harus menjemput keluarga Kamu di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada tanggal 17 November 2019 pada waktu tengah malam, lalu kapan Kamu harus menjemputnya?

Jika waktu Indonesia tengah malam yaitu pukul 00:00 dan Kamu perlu menjemputnya dari rumah pada hari Sabtu pukul 23:00 karena Kamu jarak perjalanannya kurang lebih adalah 1 jam.

Sedangkan jika menggunakan konsep Am atau PM maka kapan Kamu harus menjemputnya apakah menjemputnya pada tengah malam awal tanggal 17 November 2019 atau tengah malam pada akhir 17 November 2019?

Jika Kita terbiasa menggunakan konsep jam yang ada di Indonesia pastinya Kita sangat merasa kesulitan bukan? Padahal sebenarnya hal ini adalah hal yang sangat mudah jika Kamu memahami konsep beda AM dan PM.

Baca Juga  Mengenal Listrik Dinamis dan Contoh Dalam Kehidupan

Bisa dikatakan bahwa tengah malam adalah waktu dimana tanggal telah berganti ke tanggal yang selanjutnya dan salah satu cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan cara menyembutkan waktu tersebut sebagai tanggal.

Misalkan saja 17 November 2019 12:01 AM atau tangal 17 November 2019 11:59 dan tergantung pada waktu yang mana yang ingin Kamu gunakan untuk menjemput keluargamu

Sebagai contoh, jika ternyata keluargamu meminta dijemput tepat pada pukul 00:00 pada tanggal 17 November 2019 maka Kamu harus tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada awal 16 November 2019.

Sedangkan jika keluargamu meminta dijemput tepat pada pukul 00:00 pada tanggal 16 November 2019, maka Kamu harus tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada awal 15 November 2019 yaitu sekitar jam 23:00.

Bagaimana apakah Kamu sekarang sudah mengerti perbedaan waktu Am dan PM? Jika Kamu sudah mengerti berarti Kamu sudah membaca artikel ini dengan cerdas, dan semoga saja artikel ini dapat mebambah wawasan Kamu.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *