Lebih Mengenal ASMR, Temukan 3 Manfaatnya Sekarang

ASMR Adalah – ASMR merupakan salah satu istilah yang semakin dikenal dan bahkan sempat menjadi viral di internet karena dapat menarik perhatian banyak orang. Sebenarnya apa itu ASMR? ASMR merupakan istilah yang merupakan singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response.

ASMR dipopulerkan pertama kali pada tahun 2010 oleh seorang pakar keamanan siber yang bernama Jennifer Allen.

ASMR Adalah Kepanjangan Dari Autonomous Sensory Meridian Response

apa itu asmr

Autonomous Sensory Meridian Response atau ASMR adalah suatu sensasi yang dirasakan seperti kesemutan, menyenangkan dan hangat yang timbul saat mendengar dan melihat suatu rangsangan yang menyenangkan. ASMR juga dapat disebut sebagai head tingles karena efeknya yang memberikan sensasi tertentu seperti kepala yang tergelitik atau kesemutan.

Sensasi yang muncul akan menyebar ke seluruh tubuh yang dimulai dari bagian puncak kepala, lalu menjalar ke pundak serta tulang belakang dengan disertai perasaan rileks dan tenang. ASMR adalah suatu respon yang terjadi secara tidak sadar yang disebabkan oleh pemicu eksternal atau yang berasal dari luar yang meliputi beberapa hal.

Pemicu eksternal yang dapat menimbulkan sensasi ASMR adalah suara lembut, berbisik, menggaruk, mengetuk sampai gerakan tangan yang lambat. Meskipun ASMR yang diketahui sebagian besar berkaitan dengan suara, namun sebenarnya ASMR juga dapat berkaitan dengan pemandangan.

Misalnya saat melihat pemandangan yang menurut Anda sangat indah. Sensasi menggelitik atau kesemutan tersebut dapat Anda rasakan saat Anda melihat pemandangan yang indah sama halnya seperti saat Anda mendengarkan berbagai suara yang dapat menimbulkan sensasi ASMR. Sensasi ASMR juga dapat timbul karena pemicu lain seperti bau serta tekstur suatu benda.

Sensasi yang timbul akibat ASMR selain dapat memberikan perasaan senang dan rileks juga bermanfaat bagi tubuh yaitu dapat menurunkan detak jantung. Pengaruh efek ASMR terhadap detak jantung ini didapatkan melalui penelitian dan percobaan sehingga hasilnya tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga  Warna Pelangi: Pengertian, dan Arti Pelangi dalam Kehidupan

Berdasarkan penelitian tersebut, efek ASMR adalah dapat menyebabkan penurunan detak jantung serta peningkatan emosi positif. Respon tersebut hampir sama seperti respon yang timbul saat otak mengalami relaksasi serta perasaan hubungan sosial. Dengan kata lain, ASMR memberikan efek psikologis yang sama seperti teknik pengurangan stres.

Respon ASMR berhubungan dengan bagian otak yang disebut amigdala. Amigdala merupakan bagian dari otak yang tugasnya mengolah emosi. Aktivitas amigdala dapat dipengaruhi oleh suara termasuk suara yang keras atau berteriak.

Saat itu terjadi, hormon stres di dalam aliran darah akan ditingkatkan oleh amigdala dan ketegangan otot juga akan meningkat. Karena itulah mendengarkan suara dari video ASMR dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan rileks.

Video ASMR memiliki banyak jenis di antaranya adalah suara seseorang saat memakan sesuatu yang renyah, suara membalik halaman buku, suara seseorang memainkan slime, suara berbisik saat bercerita atau berbicara, bahkan video memotong-motong sabun atau pasir kinetik.

Apakah Manfaat ASMR?

manfaat asmr
Video ASMR diklaim dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mental. Ini karena video ASMR dapat memberikan perasaan tenang, rileks serta mengurangi stres. Setelah mendengarkan suara pada video ASMR, umumnya tubuh akan merasakan sensasi euforia kecil. Sensasi ini ditandai dengan hadirnya sensasi menggelitik pada kulit yang dikombinasikan dengan perasaan positif.

Meski begitu, efek yang ditimbulkan saat mendengar atau menonton video rekaman ASMR tidak sama bagi setiap pendengarnya. Efek yang ditimbulkan oleh video ASMR bagi sebagian orang merupakan pengalaman mental atau fisiologis yang dapat memicu memori serta pengetahuan kognitif.

Meskipun telah lama dipopulerkan, penelitian terhadap fenomena ASMR belum banyak. Pada tahun 2015, penelitian untuk menguak fenomena ASMR dilakukan oleh dua orang peneliti psikologi dari Swansea University di Inggris.

Pada penelitian ini, peneliti menyimpulkan dari 475 responden yang merasakan sensasi menggelitik setelah mendengarkan atau melihat video ASMR bahwa video dan rekaman suara ASMR membuat mayoritas responden merasa tenang dan lebih baik.Pengaruh tersebut juga dialami responden yang menderita depresi dan penyakit kronis yang dikabarkan membaik dan gejala penyakitnya menurun.

Baca Juga  4 Daur Hidup Lalat yang Sempurna dan Mengagumkan

Karena itulah ASMR diklaim memiliki efek terapi bagi penderita depresi. Meski begitu, beberapa ahli berbeda pendapat tentang ASMR. Ada ahli yang berpendapat bahwa fenomena ASMR mungkin menyebabkan ketergantungan dan ada pula ahli yang berpendapat bahwa suara maupun visual ASMR dapat memberikan kesempatan pada otak untuk relaksasi dan beristirahat.

Beberapa manfaat yang diklaim bisa didapatkan dengan mendengarkan atau menonton video ASMR di antaranya adalah meredakan stres dan mengatasi insomnia, memberikan sensasi positif serta memberikan jeda pada otak agar otak mengalami relaksasi.

1. Meredakan stres dan mengatasi insomnia

arti asmr

Menonton atau mendengarkan video ASMR diklaim dapat meredakan stres dan mengatasi insomnia atau susah tidur dan dapat membuat seseorang dapat tidur dengan nyenyak. Bagi Anda yang sering mengalami susah tidur atau memiliki insomnia, Anda dapat mencoba mendengarkan atau menonton video ASMR.

2. Memberikan sensasi positif

apakah asmr itu

Rangsangan atau respon yang diterima saat sesorang melihat atau mendengarkan video ASMR diklaim dapat menimbulkan efek positif yang berupa euforia tertentu dan perasaan menyenangkan.

kepanjangan asmr

3. Memberikan jeda pada otak agar otak rileks

Membuat otak bekerja terlalu keras bukanlah hal yang baik karena pada dasarnya otak juga membutuhkan istirahat dan tidak seharusnya digunakan untuk berpikir secara terus-menerus. Berkaitan dengan hal ini, menonton atau mendengarkan video ASMR dipercaya dapat membantu untuk relaksasi dan bermeditasi bahkan mengembalikan kestabilan emosional.

Meskipun diklaim memiliki manfaat yang berhubungan dengan kondisi mental serta emosional seseorang, namun pada kenyataannya efek yang ditimbulkan akibat video ASMR adalah sesuatu yang sifatnya sangat pribadi. Dengan kata lain, efek yang timbul pada setiap orang dapat berbeda-beda.

Karena itulah ada kelompok orang yang dapat merasakan manfaat positif saat melihat atau mendengarkan video ASMR dan ada pula kelompok orang yang tidak merasakan apapun saat mendengar rekaman suara atau melihat video ASMR. Ada pula ahli yang berpendapan bahwa efek yang ditimbulkan saat seseorang menonton video ASMR sifatnya sementara.

Meskipun diklaim memberikan efek menenangkan karena dapat memicu otak untuk relaksasi dan meditasi, namun beberapa pemicu ASMR mungkin dapat memberikan efek negatif pada kelompok orang tertentu.

Misalnya suara garukan kuku pada pada papan tulis atau suara kunyahan yang mungkin dapat memberikan efek negatif pada kelompok orang yang sensitif maupun membenci bunyi-bunyian tertentu.

Karena efek yang ditimbulkan oleh berbagai pemicu ASMR bersifat pengalaman pribadi dan dapat memberikan pengaruh yang berbeda pada masing-masing individu, maka sangat disarankan bagi Anda untuk mencoba mendengarkan atau melihat video ASMR terlebih dahulu agar dapat merasakan efeknya.

Jika Anda dapat merasakan efek positif seperti yang telah dijelaskan, maka Anda dapat menggunakan suara atau video ASMR tersebut sebagai sarana terapi untuk relaksasi, mengatur emosi, mengurangi stres dan menenangkan diri.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *