arti signifikan
Publik

Apa Arti Signifikan dalam Berbagai Konteks? Ini Ulasannya

Artikel terakhir diperbaharui 23-04-2021 oleh Aldy Amrillah

Arti Signifikan – Kata signifikan pasti sudah sering kita dengar dalam kehidupan yang sehari-hari. Meski istilah ini sudah sangat sering digunakan, namun masih banyak orang yang belum mengetahui artinya secara pasti.

Lantas apa arti signifikan yang sebenarnya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Signifikan

Tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan kata yang satu ini. Signifikan sudah sering sekali diucapkan oleh banyak orang di berbagai jenis pembahasan.

Tetapi memang masih banyak yang belum terlalu mengetahui apa sebenarnya arti dari kata signifikan ini.

Perlu Anda ketahui bahwa signifikan itu berasal dari bahasa Inggris significant, dan memiliki arti sesuatu yang tidak sama atau berbeda.

Kata ini biasanya banyak dilontarkan ketika menjelang hari raya besar misalnya Idul Fitri. Momen Idul Fitri adalah kesempatan bagi pedagang daging untuk melakukan kenaikan harga.

Dalam hal ini, akan ada orang yang mengatakan bahwa kenaikan daging saat Idul Fitri sangatlah signifikan.

Selain itu, kata signifikan juga umum dipakai di dunia pendidikan. Misalnya nilai peserta didik kelas 3 mengalami peningkatan yang signifikan dari semester sebelumnya.

Dan tentu saja masih banyak orang yang menggunakan kata ini untuk berbagai macam konteks dan situasi.

signifikan artinya

Signifikan dalam Penelitian

Selain dalam kehidupan sehari-hari, kata yang satu ini juga digunakan sebagai istilah dalam penelitian. Namun demikian, maknanya bisa dikatakan cukup berbeda.

Dalam konteks penelitian, perlu dipahami kahwa kata signifikan berarti seberapa besar hipotesis yang didapat dari sebuah research tersebut diterima atau ditolak. Disini, signifikan memiliki arti tingkat kepercayaan.

Menelisik lebih lanjut, ternyata signifikan memiliki maksud yang berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dalam penggunaan kata tersebut.

Jadi Anda harus tahu bagaimana cara menempatkan atau menggunakan kata signifikan agar bisa sesuai konteks dan maksud yang dituju.

Contoh Pengaplikasian Kata Signifikan

Setelah mengetahui apa itu signifikan, selanjutnya adalah Anda harus memahami bagaimana kata tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Simak contoh di bawah ini untuk penjelasan selanjutnya.

  • Sejak Gubernur Bali tersebut dilantik, perkembangan ekonomi mengalami peningkatan yang signifikan.
  • Nilai pelajaran Bahasa Inggris di SD Y mengalami peningkatan yang signifikan setelah ada pergantian guru.
  • Angka kekerasan dalam rumah tangga saat ini mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Harga daging sapi melonjak secara signifikan di hari Raya Idul Fitri

Jika Anda amati contoh-contoh yang tertera di atas, bisa dipahami bahwa arti kata signifikan di sini maksudnya adalah adanya perbedaan dari sebelumnya dalam hal ini berkaitan dengan kuantitas.

Namun dalam KBBI dijelaskan bahwa pengertian dari signifikan adalah penting atau berarti.

Pengertian Signifikan dalam Statistika

Selain beberapa makna sebelumnya, arti signifikan dalam dunia statistika adalah benar ada atau nyata. Sama halnya dengan konteks dalam penelitian, statistika juga ada kaitannya dengan hal tersebut.

Statistika sendiri adalah ilmu yang mempelajari sesuatu terkait hipotesis tersebut diterima atau tidak.

Jika hasil hitungan tersebut menghasilkan kesimpulan yang signifikan, berarti kemungkinan besar hipotesis tersebut diterima.

Sebaliknya, jika hasilnya tidak menunjukan hal yang terlalu signifikan berarti kemungkinan besar hipotesis tersebut ditolak.

Statistika sendiri adalah ilmu yang bisa digunakan dalam berbagai bidang. Oleh sebab itu, jika Anda mempelajari ilmu yang satu ini, tentu akan sering menemukan kata signifikan.

Disini signifikan artinya pun berbeda dengan konteks yang sudah dicontohkan sebelumnya.

Nah, dalam dunia statistika ini juga ada simbol tertentu yang melambangkan signifikansi yakni (α). Anda harus mengingat simbol tersebut jika sedang melakukan sebuah uji hipotesis dalam penelitian. Biasanya dalam statistika akan dituliskan signifikansi ini.

apa itu signifikan

Pengertian Signifikansi Menurut Ahli

Menurut ahli yang bernama Cramer dan Howitt signifikansi adalah sesuatu hal kurang masuk akal apabila ada peneliti yang menemukan sebuah penemuan baru tanpa disertai dengan uji hipotesis.

Sedangkan menurut surveysystem.com, signifikansi tidak berkaitan dengan kesempatan apapun.

Perbedaan Antara Signifikansi Praktis dan Statistik

Ada dua hal yang perlu Anda perhatikan terkait signifikansi. Signifikansi ini dibagi menjadi dua, yakni signifikansi praktis dan statistik.

Kedua hal ini tentu memiliki makna yang berbeda sehingga Anda perlu memahaminya secara benar.

Untuk statistik, artinya adalah bisa dihitung dengan rumus tertentu dan hasil yang didapat tentu objektif, sehingga bisa ditunjukan kepada orang lain.

Namun dalam sisi praktis, artinya adalah signifikansi harus berkaitan dengan hal-hal yang masuk akal.

Hal ini juga sesuai dengan pendapat Hays yang menyebutkan bahwa signifikansi dalam dunia statistik, hasil tersebut hanyalah sebuah kemungkinan dan bukan hal pasti.

Hays juga menambahkan bahwa kemungkinan yang telah ditemukan oleh peneliti tersebut belum tentu sesuatu hal bermakna.

Oleh sebab itu, dari penjelasan tersebut dalam signifikansi artinya harus tetap dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar kemungkinan yang telah didapatkan dinilai cukup kuat dan meyakinkan masyarakat terkait temuan tersebut.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *