12 Manfaat Alpukat Mentega dan Cara Menanamnya

Manfaat Alpukat Mentega – Siapa yang nggak tahu dengan buah Alpukat? Buah yang satu ini sering dinikmati oleh banyak orang. Sudah banyak olaha-olahan makanan atau minuman yang terbuat dari Alpukat.

Selain memiliki rasa yang enak, alpukat juga memiliki kandungan vitamin yang berguna untuk kesehatan anda. Salah satu jenis alpukat yang paling banyak dan bisa kita temukan dengan mudah adalah alpukat mentega.

Selain alpukat biasa, terdapat jenis alpukat lain yang bisa anda makan loh, yaitu alpukat mentega. Alpukat mentega juga sering menjadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi. Alpukat mentega sering dipakai untuk bahan makanan, minuman, bahkan kosmetik. Lalu, apa sih manfaat alpukat mentega bagi kita?

Segudang Manfaat Alpukat Mentega Bagi Kesehatan

manfaat alpukat mentega
Alpukat mentega merupakan varietas buah alpukat yang diunggulkan daripada buah alpukat biasa. Alpukat mentega memiliki perbedaan warna dengan alpukat biasa, yaitu alpukat mentega memiliki warna lebih kuning seperti warna mentega, oleh sebab itu jenis alpukat ini diberi nama alpukat mentega.

Banyak orang yang takut untuk makan buah alpukat karena memiliki kalori yang tinggi, namun untuk alpukat mentega ternyata memiliki kandungan kalori yang lebih rendah loh daripada alpukat biasa.

Alpukat mentega juga mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, tembaga, mangan, fosfor dan seng, serta vitamin seperti vitamin C, B6, B-12, A, D, K, E, thiamin, riboflavin, dan niasin.

Alpukat mentega memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari alpukat mentega bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui.

1. Mencegah Kanker

Alpukat mentega dinilai dapat mencegah terjadinya kanker, karena memiliki antioksidan seperti vitamin E dan glutathione yang mampu mencegah radikal bebas di tubuh anda. Maka dari itu, alpukat mentega sering dikonsumsi karena efektif untuk resiko kanker di tubuh anda.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat alpukat mentega berikutnya adalah untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, anda bisa mengkonsumsi buah alpukat mentega agar terhindar dari berbagai macam masalah penyakit jantung.

Walaupun memiliki kadar lemak yang tinggi, namun kandungan lemak di alpukat mentega adalah lemak baik sehingga dapat mengurangi kolesterol dalam darah.

Dengan banyaknya kandungan lemak baik pada alpukat mentega tentu saja dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Alpukat mentega juga banyak mengandung asam folat dan magnesium yang dapat menjaga kesehatan jantung anda.

Baca Juga  13 Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Kecantikan

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam alpukat mentega dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda dari radikal bebas. Selain itu, dengan kandungan zinc di alpukat mentega dapat meningkatkan imunitas tubuh anda, sehingga anda tidak dapat mudah terserang penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut penelitian, alpukat mentega memiliki kandungan senyawa lutein yang dapat menjaga kesehatan mata anda.

Senyawa lutein yang terkandung pada buah ini juga bisa membuat mata anda terhindar dari penyakit seperti katarak dan age macular degeneration. Dengan mengkonsumsi alpukat mentega secara rutin dapat membuat mata anda lebih sehat dan segar.

5. Melancarkan Pencernaan

bibit alpukat mentega

Alpukat mentega yang kaya akan serat yang alami tentu saja dapat membuat sistem pencernaan kita menjadi lebih lancar.

Selain itu, alpukat mentega juga bisa mengurangi luka di lambung karena teksturnya yang halus. Karena teksturnya yang halus, alpukat mentega juga bisa melindungi permukaan lambung dari pengaruh makanan dan asam lambung.

6. Sebagai Detox Alami

Karena buah alpukat mentega memiliki kandungan serat yang banyak. Tentu saja buah ini bisa mengoptimalkan kinerja dan juga gerakan peristaltik dari usus tubuh kita.

Dengan pergerakan usus yang baik tentu saja bisa membuang segala racun yang ada pada tubuh kita. Selain itu manfaat serat yang ada pada alpukat mentega juga sangat efektif untuk mencegah inflamasi dan juga radang.

7. Mencegah Osteoporosis

Memiliki tulang yang kuat di usia tua tentu saja menjadi dambaan setiap orang. Nah bagi Anda yang ingin terhindar dari gangguan dan penyakit tulang lainnya, Anda bisa mengonsumsi alpukat mentega.
Buah ini memiliki vitamin k yang sangat tinggi sehingga bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Meskipun kita semua juga tahu jika vitamin d dan kalsium adalah kandungan yang memiliki peran penting terkait kesehatan pada tulang.

Namun, dengan adanya vitamin k yang tinggi tentu bisa membuat tulang tubuh kita menjadi lebih kuat lagi. Inilah manfaat alpukat mentega untuk membuat tulang kita menjadi lebih kuat dan terhindar dari osteoporosis.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena mengandung banyak vitamin, antioksidan dan mineral yang tinggi tentu saja menjadikan buah alpukat mentega ini layak untuk anda konsumsi agar sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih meningkat dan juga terhindar dari segala radikal bebas. Buah alpukat mentega juga memiliki banyak kandungan gizi yang bisa mengoptimalkan fungsi dari sistem kekebalan tubuh.

Di tengah pandemi covid-19 yang sangat berbahaya bagi kita yang memiliki sistem imun tubuh lemah, tentu saja alpukat mentega menjadi pilihan utama kita untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan agar terhindar dari Covid-19.

9. Meredakan Nyeri Lambung

Salah satu penyebab rasa nyeri pada lambung adalah lambung yang terluka. Lambung yang terluka tentu saja bisa menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Untuk mengatasi masalah ini kita bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi alpukat mentega secara rutin.

khasiat dari alpukat mentega untuk mengatasi rasa nyeri pada lambung ini karena tekstur buah yang lembut dan halus sehingga bisa melindungi dinding-dinding lambung dari masalah asam lambung yang bisa memperparah rasa nyeri.

Baca Juga  Jaring Jaring Makanan: Pengertian, dan 4 Contohnya

10.Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat alpukat mentega yang satu ini tentu saja sangat disukai bagi wanita. Hal ini karena buah ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Alpukat mentega memiliki kandungan serat dan juga asam oleat yang tinggi sehingga bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama. Dengan begitu kita akan mengurangi porsi makan harian karena merasa kenyang seharian.

Meskipun buah alpukat mentega ini memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun anda jangan berpikiran jika buah ini tidak baik untuk menu diet. Sebab kandungan lemak yang ada pada alpukat mentega ini adalah lemak baik yang sama sekali tidak berbahaya dan tidak bisa menaikkan berat badan.

11.Mencegah Penuaan Dini

Bagi wanita penuaan dini adalah masalah yang serius dan harus segera diatasi. Untuk mengatasi dan mencegah penuaan dini pada kulit bisa kita lakukan dengan mengkonsumsi buah alpukat mentega secara rutin setiap hari.

Manfaat buah alpukat mentega untuk mencegah penuaan dini ini karena di dalam buah ini terdapat banyak kandungan vitamin E yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu, alpukat mentega juga berguna untuk mengatasi munculnya flek hitam dan juga keriput yang menjadi tanda akan terjadinya penuaan dini pada kulit tubuh.

Inilah salah satu alasan kenapa alpukat mentega juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah. Tidak lain dan tidak bukan adalah karena manfaat dari buah ini yang bisa merawat kulit dan mencegah penuaan dini.

12.Menyuburkan Rambut

Memiliki rambut yang sehat dan lebat tentu saja adalah harapan semua orang. Namun karena faktor usia terkadang rambut mengalami kerontokan.

Nah untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengandalkan alpukat mentega untuk menyuburkan rambut di kepala kita. Hal ini karena alpukat mentega memiliki kandungan nutrisi dan juga vitamin yang sangat berguna bagi kesuburan rambut.

Cara penggunaan alpukat mentega untuk menyuburkan rambut juga sangat mudah, anda hanya tinggal menghaluskan daging alpukat hingga menjadi pasta untuk kemudian Anda oleskan secara merata di area sekitar rambut Anda.

Terakhir Anda biarkan selama 30 menit kemudian Anda bilas rambut hingga bersih. Lakukan metode ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

13.Mengatasi Masalah Bau Mulut

Bau mulut adalah masalah yang tidak bisa kita anggap enteng. Hal ini karena bau mulut bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri kita di tempat umum. Bau mulut bukan hanya mengganggu kita tapi juga mengganggu orang lain di sekitar kita

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengandalkan alpukat mentega yang memiliki kandungan antibakteri tinggi sehingga bisa efektif untuk membasmi semua bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.

Agar lebih maksimal Anda bisa mengkonsumsi alpukat mentega ini dengan dibuat jus kemudian tambahkan daun mint pada jus alpukat mentega yang anda buat tersebut. Terakhir anda minum secara rutin jus alpukat mentega ini untuk mengatasi masalah bau mulut.

Update Harga Alpukat Mentega Bulan Mei

harga alpukat mentega

Setelah mengetahui segudang manfaat dari alpukat mentega tentu saja anda ingin membeli alpukat mentega kan? nah lalu kira-kira berapa sih harga alpukat mentega saat ini?

Alpukat mentega adalah salah satu varietas unggul dari jenis alpukat lainnya.Hal ini karena alpukat mentega memiliki banyak kandungan manfaat yang lebih tinggi dan juga tidak disukai oleh hama, sehingga sudah pasti kualitas diri alpukat mentega ini selalu terjaga. Karena kualitas dan juga kandungan gizi yang lebih tinggi ini tentu saja harga alpukat mentega juga akan lebih mahal.

Untuk harga alpukat mentega di tiap-tiap daerah tentu saja berbeda. Faktor yang mempengaruhi perbedaan harga di setiap daerah tentu saja adalah tempat dan juga distribusi buah alpukat mentega itu sendiri. Namun yang pasti perbedaan dari harga buah alpukat mentega ini tidak jauh kok antara tempat satu dengan tempat lainnya.

Baca Juga  Tak Disangka, Ternyata Ini Ciri & Manfaat Pohon Kelapa

Setidaknya untuk harga dari buah alpukat mentega ini pada bulan Mei adalah kisaran Rp.17.000 sampai Rp28.500 / kg. Lalu kira-kira berapa isi buah alpukat mentega setiap 1 kg nya?

Rata-rata alpukat mentega memiliki berat 750 gram, oleh sebab itu kemungkinan besar jika Anda membeli alpukat mentega 1 kg, maka anda akan mendapatkan 2 hingga 3 buah alpukat mentega dengan kualitas super.

Harga yang saya jelaskan diatas hanya perkiraan ya, namun tentu saja tidak jauh berbeda dengan harga buah alpukat di pasaran kok. Untuk itu harga alpukat mentega di atas bisa kalian jadikan sebagai rujukan bagi Anda yang ingin membeli buah alpukat mentega di supermarket atau pasar tradisional terdekat di daerah anda.

Harga buah alpukat mentega di atas juga bisa berubah sewaktu-waktu karena faktor-faktor lain seperti ketersediaan stok di daerah anda.

Namun bagi anda yang ingin mengkonsumsi secara rutin buah alpukat mentega tanpa harus membelinya, anda bisa kok menanam bibit alpukat mentega ini di sekitar rumah.

Cara Menanam Bibit Alpukat Mentega Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Bibit Alpukat

Karena memiliki banyak manfaat tentu saja Anda ingin mengkonsumsi buah alpukat mentega ini secara rutin setiap hari. Namun masalahnya adalah ketersediaan uang atau dana yang tentu saja menjadi masalah. Untuk itu, kenapa kita tidak mencoba untuk menanam bibit alpukat mentega sendiri di sekitar rumah kita?

Menanam bibit alpukat mentega sebenarnya bisa kita lakukan dengan mudah. Bagi Anda yang berniat untuk menanam bibit alpukat mentega di sekitar rumah silakan anda simak ulasan saya di bawah ini.

1. Memilih Bibit Alpukat Mentega Yang Unggul

Langkah pertama dalam menanam bibit alpukat mentega tentu saja kita harus memiliki bibit dari buah tersebut. Sebenarnya anda bisa dengan mudah mendapatkan bibit alpukat mentega melalui online shop atau dengan mencari orang yang memiliki buah alpukat mentega di sekitar Anda untuk dimintai bibit atau bijinya.

2. Menumbuhkan Tunas Dalam Air

Jika anda sudah memiliki bibit alpukat mentega, selanjutnya Anda bersihkan dulu bibit tersebut. Setelah itu Anda rendam pada air agar tunas bibit alpukat tersebut bisa tumbuh dengan sempurna. Anda bisa menggunakan botol air mineral bekas kemudian Anda isi dengan air bersih dan masukan bibit alpukat mentega pada wadah tersebut.

Pastikan dalam menanam bibit alpukat mentega tersebut, bibit terendam paling tidak sisakan setengah bagian atas agar tidak terendam air. Anda juga harus meletakkan bibit tersebut di tempat yang bersih misalnya di dekat jendela atau tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Nantinya air yang terdapat pada wabah tersebut tentu saja akan menyusut dari hari ke hari, Nah Anda bisa menambahkan air sedikit demi sedikit setidaknya di usia minggu ketiga atau Minggu keempat. Jika sudah mulai nampak Batang dari buah alpukat mentega ini baru Anda bisa memindahkan bibit tersebut ke dalam tanah.

Baca Juga  Tanaman Pucuk Merah, Tanaman Pagar Kaya Akan Manfaat

3. Menanam Bibit Alpukat Mentega Ke Tanah

Sebelum kita menanam bibit alpukat mentega ke tanah, usahakan lokasi dari tanah tersebut memenuhi syarat seperti mendapatkan sinar matahari yang cukup. Anda bisa menggali tanah terlebih dahulu sesuai dengan ukuran dari bibit alpukat yang akan anda tanam.

Saat menanam buah alpukat mentega ini usahakan bagian yang sempit berada di atas menyembul sedikit keluar dari tanah. Pastikan juga jika tempat yang akan anda tanami bibit alpukat mentega ini memiliki sistem drainase yang baik. Hal ini karena itu alpukat tidak bisa tumbuh dengan baik jika terendam genangan air dan juga kekurangan air.

Anda harus menyirami bibit alpukat mentega ini secara teratur dan juga hindari pemberian air yang berlebihan supaya akar alpukat mentega nantinya tidak cepat membusuk.

Nah itulah bagaimana cara menanam bibit alpukat mentega dengan baik dan benar. Jika pohon alpukat sudah tumbuh 15 sampai 20 cm maka anda bisa memangkas bagian daun dan juga rantingnya agar bisa memacu pertumbuhan tunas yang baru pada pohon alpukat mentega tersebut.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *