Alat Transportasi: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Alat Transportasi – Pengertian transportasi secara sederhana dapat diartikan sebagai pemindahan manusia, hewan, atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain menggunakan alat tertentu. Sedangkan alat yang digunakan dalam kegiatan ini disebut sebagai alat transportasi.

Jenis transportasi sendiri dapat terbagi menjadi dua, yang secara umum terdiri dari transportasi modern dan tradisional. Artikel ini akan membahas secara mendalam apa itu pengertian transportasi, jenis alatnya, berapa jenis transportasi, dan apa saja manfaatnya. Berikut ulasannya

Pengertian Alat Transportasi

Pengertian Alat Transportasi

Seperti yang telah terlihat bahwa kegiatan yang dilakukan orang-orang setiap hari selalu berhubungan dengan transportasi. Dengan adanya alat angkut ini, manusia semakin mudah untuk berpindah tempat atau memindahkan barang dari suatu lokasi ke lokasi yang lainnya meski jauh sekalipun.

Secara singkat, pengertian dari alat transportasi ini adalah alat yang dapat digunakan untuk melakukan transportasi. Versinya sendiri dapat berupa mobil, motor, kapal laut, pesawat, becak, sepeda, kereta api dan masih banyak lagi

Transportasi merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yaitu transportare. Trans sendiri memiliki arti membawa atau mengangkat, sehingga transportasi adalah membawa sesuatu dari satu tempat ke tempat lainnya

Baca Juga  Teknik Pengumpulan Data: Pengertian, Proses dan Metodenya

Menurut bahasa, transportasi dicerna dari kata bahasa Inggris yaitu transportation yang memiliki arti angkutan atau biasa disebut dengan alat untuk melakukan pemindahan. Transportasi sebenarnya dibuat untuk memudahkan manusia melakukan kegiatan sehari-hari

Transportasi dapat diartikan sebagai pemindahan barang maupun manusia dari tempat satu ke tempat lainnya dengan menggunakan alat bantu. Alat bantunya bisa berupa kendaraan darat, udara, laut maupun dengan kendaraan pribadi yang menggunakan mesin atau tidak.

Pengertian Transportasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Transportasi

Selain pengertian secara umum tersebut, ada banyak pengertian transportasi laut menurut para ahli. Para ahli banyak menyebutkan bahwa alat pendukung yang bisa dipakai untuk melakukan proses pemindahan, gerak, dan angkut.

Hal ini tergantung pada bentuk objek yang dipindahkan, jarak antara satu tempat ke tempat lain, dan maksud objek yang akan dipindahkan. Berikut beberapa tentang pengertian transportasi yang dikemukakan menurut para ahli

1. Menurut Steenbrink

Menurut steenbrink, pada tahun 1974 transportasi diartikan dengan perpindahan orang atau barang yang menggunakan alat. Atau bisa juga menggunakan kendaraan dari dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis.

2. Menurut Morlok

Morlok pada tahun 1981 mengemukakan bahwa transportasi adalah memindahkan atau mengangkut sesuatu barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

3. Menurut Bowersox

Menurut bowersox pada tahun 1881, pengertian transportasi ialah pemindahan barang dan penumpang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana terdapat produk yang dipindahkan ke tempat tujuan.

4. Menurut Papacostas

Papacostas, pada tahun 1987, mengatakan bahwa transportasi didefinisikan sebagai sistem yang terdiri dari beberapa fasilitas dengan arus dan sistem kontrol. Ini memungkinkan manusia atau barang untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya secara efisien dalam setiap waktu.

5. Menurut Hasim purba

Menurut hasim purba, transportasi merupakan kegiatan pemindahan manusia maupun barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Hal ini dapat dilakukan baik melalui darat, air, maupun udara yang menggunakan alat berupa angkutan tertentu.

6. Menurut Miro

Ahli yang satu ini mengemukakan bahwa transportasi merupakan usaha untuk memindahkan, menggerakkan, mengalihkan atau mengangkat suatu objek dari satu tempat ke tempat lain. Objek yang dipindahkan di tempat tersebut lebih bermanfaat atau bermanfaat bagi tujuan tertentu.

7. Menurut Salim

Salim, pada tahun 2000, menyatakan bahwa transportasi adalah pemindahan muatan yang menumpang dari suatu tempat ke tempat lainnya.

8. Menurut Soegijatna Tjakranegara

Menurut ahli yang satu ini, transportasi merupakan pemindahan barang dan penumpang dari suatu tempat ke tempat lain. Dengan ini pengangkut dapat menghasilkan jasa angkutan bagi masyarakat yang membutuhkan untuk memindahkan atau mengirim barang.

Setelah mengetahui pengertian transportasi menurut para ahli, bisa diambil kesimpulannya. Berdasarkan pengetahuan para ahli, intinya transportasi diartikan sebagai alat perpindahan manusia atau perpindahan barang dari suatu tempat ke tempat yang lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan.

Kendaraan yang digunakan berupa manusia atau mesin yang biasanya digunakan oleh manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini dapat memudahkan manusia untuk melaksanakan perjalanan dari suatu tempat ke tempat yang akan dituju dengan kendaraan, baik darat, laut, maupun udara.

Jenis-jenis Alat Dalam Dunia Transportasi

Jenis-jenis Alat Dalam Dunia Transportasi

Jenis alat pengangkut berbeda-beda, sesuai dengan apa yang diperlukan. Berdasarkan tempatnya hal ini dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu transportasi di darat, laut, dan udara. Dari keseluruhan alat kendaraan ini ada banyak contoh kendaraan yang fungsinya pun berbeda berdasarkan tempatnya.

Terdapat banyak alat yang digunakan dalam dunia transportasi diseluruh dunia yang memudahkan manusia untuk melakaukan kegiatan sehari-hari. Berikut beberapa jenis transportasi yang biasanya digunakan oleh manusia untuk melakukan perpindahan tempat atau pengangkutan barang.

Baca Juga  Etika Bisnis: Pengertian, Prinsip dan Contoh

1. Alat Transportasi Darat

Alat transportasi darat merupakan alat yang hanya bisa digunakan di darat saja. Alat ini dipilih berdasarkan beberapa faktor seperti jarak perjalanan, ukuran dan kerapatan pemukiman, jenis dan spesifik kendaraan, tujuan perjalanan, serta faktor sosial ekonomi.

Transportasi ini terbagi menjadi 2 yaitu transportasi jalan raya, dan kereta api/listrik. Transportasi jalan raya merupakan kendaraan yang beroperasi di jalan aspal. Prasarana yang dibutuhkan untuk alat ini seperti jalan raya, halte, jembatan, lalu lintas dll.

Contoh dari transportasi di jalan raya diantaranya seperti mobil penumpang, mobil angkutan, kendaraan roda dua, sepeda motor, dan sebagainya. Sedangkan untuk kereta api/listrik bergerak menggunakan bahan bakar berupa batu bara dan arah lajunya menggunakan rel.

2. Alat Transportasi Udara

Alat transportasi udara adalah alat kendaraan yang beroperasi di udara. Transportasi udara ini dapat mengangkut manusia, barang maupun mengangkut hewan. Prasarana yang dibutuhkan oleh transportasi udara ini berupa bandara, penerbangan, operator, dan sebagainya.

Transportasi umum ini dapat menjadi jenis transportasi yang banyak dipakai. Transportasi udara merupakan moda transportasi yang paling banyak digunakan. Disini ada banyak contoh dari transportasi udara yang diantaranya seperti pesawat penumpang, helikopter, balon udara, roket, dan pesawat tempur.

Transportasi udara yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia adalah pesawat penumpang. Pesawat penumpang merupakan pesawat terbang yang dapat mengangkut penumpang beserta bagasi dan kargo. Syarat dalam pengangkutannya sendiri telah diatur berdasarkan undang-undang.

3. Alat Transportasi Laut

Alat transportasi laut merupakan kendaraan yang melakukan proses perpindahan yang melewati jalur air laut. Transportasi laut juga terbagi menjadi dua, ada yang modern dan tradisional. Transportasi modern contohnya yaitu kapal feri, kapal pesiar, dan lain sebagainya.

Transportasi laut modern yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah kapal pesiar. Kapal pesiar merupakan alat transportasi air yang tujuannya untuk mengantarkan banyak orang. Kapal pesiar biasa digunakan ketika orang tersebut ingin bepergian yang cukup jauh dengan fasilitas lengkap di kapal.

Transportasi laut yang masih dikatakan tradisional salah satunya adalah sampan. Sampan merupakan alat pengangkut di air yang masih menggunakan tenaga manusia. Biasanya sampan terbuat dari bambu yang telah diikat dan dijadikan satu. Ukuran sampan dapat disesuaikan dengan keinginan si pembuat.

Berdasarkan ulasan diatas, kini Anda dapat mengetahui berbagai jenis transportasi dan alatnya, baik itu transportasi yang ada di darat, udara dan laut masih terbagi lagi menjadi dua bagian. Kedua jenis transportasi secara umum tersebut yaitu transportasi modern dan tradisional.

Alat yang sudah modern adalah alat yang sudah menggunakan tenaga mesin dan tidak bekerja secara manual. Contohnya seperti mobil, pesawat, dan kapal feri. Sedangkan yang tradisional adalah alat yang bekerja secara manual menggunakan tenaga manusia dan hewan, seperti becak, dan delman.

Manfaat Alat Transportasi

Manfaat Alat Transportasi

Transportasi memiliki peran yang penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan merupakan sebuah urat nadi untuk pembangunan ekonomi suatu Negara. Oleh karena itu,keberhasilan ekonomi harus ditunjang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan zaman.

Setelah memahami pengertian transportasi, tentunya hal tersebut membuat Anda lebih mudah untuk mengetahui manfaatnya lebih jauh. Secara umum manfaat alat transportasi dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu manfaat bagi ekonomi, sosial, kewilayahan, dan politis.

1. Manfaat bagi ekonomi

Telah kita ketahui bahwa sebagian besar kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia sangat memerlukan adanya transportasi untuk proses pengangkutan. Setiap manusia yang melakukan transaksi ekonomi perlu melibatkan bisnis jasa angkutan.

Jika tidak menggunakan jasa transportasi, artinya kegiatan ekonomi akan berjalan dengan lambat. Bahkan bisa saja kegiatan ekonomi menjadi lumpuh.

Baca Juga  Sistem Informasi Manajemen: Manfaat, Jenis dan Fungsinya

2. Manfaat Sosial

Manfaat transportasi selanjutnya yaitu dalam aspek sosial. Alasannya karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dalam hal ini, adanya transportasi dapat memudahkan manusia dalam melakukan interaksi dengan orang lain.

Beberapa manfaat sosial secara spesifik dalam hal ini diantaranya yaitu dapat mempercepat proses perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya. Adanya transportasi juga dapat memudahkan proses pertukaran informasi maupun barang tertentu di setiap daerah.

Kemudian manfaat transportasi dalam aspek sosial juga dapat menjadikan sarana pelayanan bagi masyarakat, baik itu melalui perorangan maupun kelompok. Selain itu, transportasi juga dapat membuka peluang bisnis di bidang jasa angkutan atau perjalanan.

3. Manfaat untuk Kewilayahan

Selanjutnya, ada juga manfaat transportasi untuk kewilayahan. Indonesia terdiri dari banyak pulau sehingga butuh transportasi untuk menjangkau setiap wilayahnya. Dalam hal ini, pembangunan sarana transportasi sangat penting supaya daerah pedalaman bisa dijangkau dengan baik.

4. Manfaat Secara Politis

Terakhir yaitu manfaat transportasi secara politis. Manfaat transportasi secara politis adalah dapat mempersatukan wilayah di Indonesia. Karena indonesia sangat luas, adanya transportasi akan dapat meningkatkan keamanan Negara.

Secara politis, keberadaan transportasi dapat memudahkan dalam perluasan pelayanan bagi masyarakat. Selain itu, ini juga dapat memudahkan untuk mengakses tempat-tempat tertentu termasuk ketika suatu daerah dilanda bencana.

Fungsi Transportasi

Fungsi Transportasi

Peran transportasi bukan hanya untuk melancarkan barang atau mobilitas manusia. Adanya transportasi juga dapat mempermudah tercapainya pengalokasian sumber ekonomi secara optimal. Transportasi memiliki fungsi sebagai sektor pendukung pembangunan bagi perkembangan ekonomi.

Transportasi memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan pengembangan ekonomi dalam suatu Negara. Tujuan pengembangan ekonomi telah diperkenankan oleh jasa transportasi yaitu meliputi beberapa aspek berikut.

* Fungsi transportasi yang juga dapat meningkatkan pendapatan nasional melalui distribusi yang merata antara penduduk, daerah maupun bidang usaha

* Transportasi dapat meningkatkan jenis serta jumlah barang jadi dan jasa yang dihasilkan oleh para konsumen, pemerintah dan juga industry

* Keberadaan transportasi dapat meningkatkan peranan industrial nasional yang menyuplai pasaran dalam negeri maupun dapat meningkatkan devisa Negara

* Transportasi dapat membuat dan meningkatkan standar kehidupan masyarakat secara menyeluruh. Dapat meningkatkan dan memelihara tingkat kesempatan kerja untuk masyarakat. Selain itu transportasi dapat meningkatkan ketahanan nasional bangsa indonesia untuk pembangunan nasional.

Baca Juga  Macam Macam Hak Asasi Manusia dan Contohnya

Dengan adanya sarana transportasi yang memadai ekonomi masyarakat dapat semakin berkembang baik di perkotaan dan juga pedesaan. Keberadaan transportasi mempunyai banyak fungsi bagi kehidupan manusia.

Fungsi transportasi yang pertama adalah sebagai sarana bagi masyarakat untuk saling berinteraksi. Di samping itu, transportasi dapat meningkatkan pelayanan dan sumber daya yang lain untuk mendukung sosial masyarakat serta perkembangan dan pertumbuhan ekonomi

Kegiatan transportasi juga membantu meningkatkan perkembangan ekonomi dan pembangunan suatu Negara maupun suatu daerah. Transportasi juga dapat mencegah terisolasinya daerah dan dapat memacu perkembangan dalam bidang kehidupan, baik perdagangan, pertanian, maupun industri.

Selain yang telah dijelaskan di atas, ada juga fungsi lain dari transportasi yang menguntungkan bagi manusia. Fungsi transportasi tersebut adalah melancarkan arus barang dan kebutuhan manusia.

Unsur-Unsur Dasar Transportasi

transportasi adalah

Secara umum terdapat unsur dasar dari transportasi. Unsur tersebut terbagi menjadi lima aspek yang saling berkaitan sehingga transportasi dapat terlaksana dan dapat terjaminnya penumpang serta barang yang diangkut. Sedangkan unsur-unsur transportasi berikut adalah sebagai berikut.

* Manusia selaku objek yang membutuhkan transportasi

* Barang, merupakan benda yang dibutuhkan oleh manusia

* Kendaraan sebagai sarana transportasi yang digunakan

* Jalan sebagai prasarana yang dibutuhkan

* Organisasi yang berperan sebagai pengelola transportasi.

Demikian ulasan mengenai apa itu transportasi, jenis transportasi, fungsi dan manfaat serta unsur-unsurnya. Semoga dapat membantu menambah wawasan Sahabat Tedas.id tentang dunia transportasi secara umum.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *