Mengenal Alat Musik Ritmis: Pengertian, Jenis & Fungsi

Alat musik ritmis sendiri memiliki beberapa ciri tersendiri dari beberapa alat musik yang lainnya sehingga mampu menciptakan karakter yang unik.

Untuk sejumlah penggunaan manfaat bahkan fungsinya juga akan sangat berbeda-beda. Hal inilah yang membuat mengapa begitu penting untuk mempelajari jenis alat musik ini sendiri agar Anda bisa menjadi jauh lebih paham. 

Mengenal Alat Musik Ritmis 

Mungkin ada cukup banyak orang yang ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah salah satu alat yang tidak akan bisa membunyikan sejumlah nada-nada tertentu.

Nantinya alat ini hanya akan dijadikan sebagai salah satu pengiring irama yang akan berguna baik itu untuk mengatur tempo lagu pada sebuah musik. 

Nada-nada yang nantinya akan dihasilkan bukanlah sebuah nada-nada yang tetap. Sebab, tetap akan disesuaikan dengan nama ritmis yang akan dimilikinya. Alat ini hanyalah alat yang bisa digunakan untuk mengiringi sebuah lagu. Bahkan beberapa pendapat mengatakan apabila alat ini juga memiliki nada. 

Bahkan alat musik ini juga digunakan untuk mengatur berbagai irama lagu, ada juga beberapa cara untuk memainkan alat musik ini dengan dipukul maupun dikocok.

Alat musik ini akan dilihat berdasarkan jenis serta cara untuk memainkannya. Sebab, setiap alat musik ritmis ini juga memiliki fungsi yang sama. Akan tetapi, untuk jenis bunyi serta cara memainkannya berbeda-beda. 

fungsi alat musik ritmis

Mengenal Fungsi Alat Musik Ritmis 

Untuk sejumlah alat musik yang ada di Indonesia ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dari masing-masing alat musik yang bermunculan, muncul juga fungsinya yang tentunya sangat berbeda-beda. Nah, untuk beberapa fungsi dari alat musik ritmis ini sendiri diantaranya adalah:

  • Koreografi

Tidak disadari apabila alat musik ini memiliki fungsi yang terbilang cukup banyak. Untuk salah satu fungsinya bisa digunakan sebagai alat koreografi.

Ketika nantinya digunakan, maka mampu menghasilkan koreografi yang cukup sempurna bahkan dalam alunan musik dan juga lagu. Alat ini juga memiliki peranan yang terbilang cukup penting. 

  • Mengiringi Lagu yang Memiliki Melodi

Alat musik ini sendiri juga memiliki peranan yang baik bahkan untuk mengiringi sebuah lagu. Sering juga alat musik ini digunakan untuk beberapa pementasan drama musikal.

Beberapa alat musik tradisional juga seringkali digunakan untuk menjadi alat musik ini. Sebagai contohnya digunakan untuk mengiringi sebuah musik. 

  • Harmonisasi yang Indah 
Baca Juga  Perubahan Sosial: Pengertian, Teori, dan Bentuknya

Ada banyak orang yang mengetahui apabila alat musik ini sendiri menjadi alat yang akan memberikan harmonisasi terbaik pada sebuah musik.

Bahkan pada saat digunakan, maka akan dituntut untuk selalu ada pada alat musik yang akan dimainkan. Apabila tidak ada alat musik ini sendiri, maka tidak akan ada suara yang sempurna untuk diciptakan.

  • Patokan Masuk pada Lagu Tertentu 

Seluruh lagu akan dibagi kembali menjadi beberapa bagian. Di dalamnya akan tersedia baik itu intro, verse, reff dan juga sejumlah lagu yang lainnya.

Nantinya ketika dipisahkan, harus mampu menghasilkan beberapa nada-nada yang harmoni. Akan tetapi, biasanya dapat dipisahkan dengan alat musik jenis ritmis ini sendiri. Beberapa orang akan menggunakan alat ini untuk patokan nada. 

apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis

  • Mengatur Jalannya Irama

Sebuah musik tentunya harus memiliki irama yang baik dan indah ketika akan disajikan. Sehingga nantinya harus berhasil untuk menghasilkan musik yang enak serta nyaman untuk didengar. Bahkan seluruhnya akan dibedakan berdasarkan dengan genrenya. Menggunakan alat musik ini sendiri juga bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

Bahkan alat ini sendiri memiliki fungsi untuk mengatur sejumlah irama yang nyaman untuk didengarkan khususnya sebagai salah satu aransemen lagu yang terbaik. 

  • Mengatur Tempo

Tempo di dalam musik adalah salah satu hal yang cukup penting kemudian akan sangat berguna untuk mengatur cepat maupun lambatnya musik ketika akan dimainkan. Mengaturnya akan menjadi hal yang lebih mudah dengan alat ritmis ini sendiri biasanya akan digunakan untuk mengatur ketukannya. 

  • Pengarah Irama Lagu

Alat musik ini memiliki peranan yang cukup penting selama mengatur sejumlah irama pada lagu. Sehingga nantinya bisa cukup nyaman untuk dibuat serta bisa dinikmati.

Pengarahan nada dalam setiap lagu nantinya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Untuk itulah seluruh alat musik tentunya harus memiliki intonasi bunyi yang diajukan sesuai dengan alat ritmisnya sendiri. 

Setelah nantinya mempelajari apa itu alat musik ritmis, maka akan menjadi lebih paham tentang fungsi atau kegunaannya sendiri.

Beberapa jenis alat musik yang sudah disebutkan di atas juga bisa menjadi salah satu penolong ketika memang akan dibutuhkan sesuai dengan fungsinya. 

tamborin

Mengenal Contoh dan Jenis Alat Musik Ritmis 

Baca Juga  Intervensi : Pengertian, Jenis dan Tujuannya

Untuk lebih mengenal tentang alat musik ritmis selain dari pengertian alat musik ritmis serta fungsi alat musik ritmis, maka Anda juga disarankan untuk paham beberapa jenis alat musik ritmis yang diantaranya adalah:

  • Kendhang 

Alat ini adalah alat musik yang terbuat dari kayu, kemudian nantinya akan diberikan lubang yang ada pada bagian tengah. Pada akhirnya, alat musik ini akan memunculkan rongga yang akan ditutup menggunakan kulit sapi. Alat ini yang juga akan disebut dengan nama kendhang. 

  • Tifa

Alat ini adalah alat musik tradisional khas timur, Maluku dan juga Papua yang memiliki jenis serta berirama. Pembuatan alat musik ini sendiri tidak akan jauh berbeda dengan drum yang ada di Jawa. Hanya saja nantinya akan dibedakan pada bentuk tabungnya yang memanjang dan juga tipis. 

  • Tamborin

Sebagai salah satu alat musik ritmis tradisional, maka akan menghasilkan 2 suara yang muncul pada saat sedang dimainkan. Bunyinya yang pertama muncul dari tabrakan logam yang dihasilkan dari samping. Untuk bunyi yang kedua adalah tawon yang memang berasal dari membanenya. 

  • Rebana 

Alat ini adalah salah satu tradisi bermain musik yang sering diturunkan dari budaya melayu. Dengan permukaannya yang bentuknya bulat seperti drum, namun memang bentuknya jauh lebih tipis dan juga lebih rata. Cara memainkannya adalah dengan dipukul secara langsung menggunakan tangan. 

  • Kastanyet

Alat musik ini memiliki bentuk yang sederhana. Akan tetapi, alat musik ini memiliki cukup banyak kegunaan. Cara memainkannya bisa dilakukan dengan squash maupun bertarung pada bagian sisi satu dengan tangan Anda.

Dilihat dari bentuknya terlihat seperti kerang, sehingga nantinya membuat banyak orang salah mengartikan alat musik ini serta menjadikannya sebagai mainan.

conga

  • Conga

Alat musik ini adalah alat musik yang berasal dari luar Indonesia dengan nada khas yang nyaman untuk dinikmati. Alat musik ini memang berasal dari Afrika, beberapa daerah disana juga sering digunakan dengan tumbadora. 

  • Marakas

Marakas sendiri adalah alat musik yang terkenal dengan cara yang jarang digunakan pada saat dimainkan. Bahkan sama halnya seperti beberapa alat musik lainnya yang memang seringkali dijadikan sebagai pengiring. Alat ini seringkali dimainkan oleh anak kecil bahkan banyak yang juga menambahkan nasi ke dalam botol kosong/ 

  • Simbal 
Baca Juga  Yuk Mengenal Fungsi Saklar dan Jenis-Jenisnya

Simbal memiliki bentuk yang datar dengan cakram. Sehingga diameter yang berbeda bisa menghasilkan suara yang jauh lebih keras. Terlebih lagi ketika saling mengeluh antara yang satu dengan yang lainnya. Maka biasanya akan memiliki beberapa jenis baik itu simbal tangan dan baterai. 

 

  • Triangle 

 

Ada banyak orang yang menganggap jika sebelumnya segitiga ini sendiri bukan sebuah alat musik. Akan tetapi, penggunaannya memang cukup berirama bahkan banyak orang yang juga tertarik serta menyukainya. 

bermain musik

Mengenal Perbedaan Alat Musik Ritmis dan Melodis

Nantinya Anda bisa mengetahui alat musik ritmis dari ciri khasnya seperti suara yang akan dihasilkan oleh alat musik ini sendiri. Sehingga perbedaan dari kedua jenis alat musik ini cukup jelas mulai dari suara dan juga fungsinya. 

Alat musik ritmis sendiri hanya memiliki satu jenis suara maupun bunyi serta tidak memiliki nada dasar yang bervariasi antara satu jenis alat musik.

Sedangkan alat musik melodis memiliki beberapa suara mulai dari nada rendah sampai dengan tinggi. Bahkan keberadaannya juga dijadikan penghasil nada dasar dan juga nada utama. 

Alat musik ritmis juga hanya akan memiliki satu jenis suara maupun bunyi serta tidak memiliki nada dasar yang sama seperti halnya alat musik melodis.

Ritmis sendiri juga terdiri dari beberapa jenis dengan cara permainan yang bervariasi. Mulai dari alat musik yang akan dimainkan dengan dipukul, digoyangkan, dikocok, digesek, ditabuh, dan tidak ada alat musik yang akan ditiup. 

Jadi, itulah sebagian informasi tentang salah satu alat musik yaitu alat musik ritmis. Anda bisa memulai untuk mempelajarinya mulai dari pengertiannya, fungsinya, jenis-jenisnya, dan lain sebagainya.

Untuk membeli berbagai alat musik yang ada di atas, Anda bisa membelinya dengan mudah baik secara offline mendatangi sejumlah toko musik. 

Ataupun Anda bisa membeli sejumlah alat musik ini dengan praktis yaitu secara online. Terlebih lagi bahwa cukup banyak alat-alat musik yang asalnya bukan dari Indonesia.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *