Perbedaan Variabel Bebas dan Terikat Berikut Contohnya

Variabel Bebas – Tahukah Sahabat Tedas.id bahwa suatu penelitian sangat terikat dengan adanya variabel? Karena dengan variabel penelitian dibidang sains akan sangat mudah untuk menganalisis suatu permasalahan dan ada banyak jenis dari variabel akan tetapi pada umumnya variabel bebas dan variabel terikat lah yang banyak digunakan.

Kedua jenis variabel ini biasanya digunakan oleh para peneliti untuk berhipotensis dan bisa digunakan untuk mengembangkan sebuah teori baru dan menjelaskan fenomena baru yang nantinya akan sangat mudah untuk Kita pahami.

Perlu Kamu ketahui varibel merupakan sebuah penelitian atas beberapa komponen yaitu komponen perlakuan, faktor dan atribut yang dipelajari yang nantinya pada hasil akhirnya akan didapatkan sebuah kesimpulan dari hasil penelitian tersebut.

Pengertian Variabel Menurut 5 Ahli

variabel bebas dan terikat

Berikut di bawah ini adalah beberapa pengertian variable dari 5 ahli yang Saya rangkum dari laman Thegorbasla, diantaranya:

1. Sugiyono

Variabel adalah salah satu bentk yang dibuat seorang peneliti sehingga menghasilkan sebuah informasi yang dapat ditentukan kesimpulannya.

2. Feddy Rankuti

Variabel adalah sebuah konsep yang mempunyai nilay dan di dalamnya terdiri atas 4 data yang meliputi: rasio, skla, ordinal, nominal dan internal.

3. F.N. Kerlinger

Variabel adalah sebuah konsep yang mempunyai nilai dan sudah diubah.

Baca Juga  Ilmu Psikologi: Arti, Pengertian, dan Sejarah

4. Kidder

Variabel adalah sebuah kualitas yang dipelajari dan diambil kesimpulannya oleh seorang peneliti.

5. Eddy Soeryanto

Variabel adalah suatu obyek yang memiliki nilai penting dalam sebuah riset.

Definisi Variabel Dalam Berbagai Macam Bidang

variabel bebas adalah

Selain itu perlu Kamu ketahui bahwa variabel juga memiliki pengertian yang berbeda pada berbagai macam bidang selain bidang, diantaranya:

1. Dalam Bidang Matematika

Dalam bidang matematika variabel didefinisikan berupa sebuah nilai-nilai dan hal ini tentunya data mempermudah dalam proses perhitungan sebuah soal matematika dan salah satu contohnya adalah tentang aljabar.

2. Dalam Bidang Sains

Dalam bidang sains variabel didefinisikan menjadi sebuah obyek yang nantinya untuk diteliti yang didalamnya terdapat nama dan nilai.

3. Dalam Bidang Ilmu Komputer

Dalam bidang ilmu komputer variabel didefinisikan sebuah karakter, abjad, atau kata yang dapat mewakili nilai-nilai pada memori komputer.

4. Dalam Bidang Logika Matematika

Dalam bidang logika matematika didefinisikan sebagai simbol “S”.

Perbedaan Variabel Bebas Vs Variabel Terikat dan Contohnya

variabel bebas dan variabel terikat

Jika sahabat Tedas.id masih kebingungan mengenai variabel bebas dan variabel terikat berikut di bawah ini Saya akan menjelaskan perbedaan antara kedua jenis variabel tersebut:

1. Pengertian Variabel Bebas Atau Independent

Variabel bebas adalah salah satu jenis variabel yang memiliki pengaruh besar terhadap variabel-variabel dependen.

Salah satu contoh variabel bebas adalah pengaruh jumlah volume pemberian air terhadap hasil produksi buah jambu dan dalam penelitian tersebut maka yang palin berperan sebagai variabel bebas adalah jumlah air.

Baca Juga  Penasaran Dengan 3 Daur Hidup Belalang? Ini Penjelasannya

Sebuah perbedaan yang paling mencolok anatar variabel bebas dan variabel terikat adalah pada variabel bebas dapat sangat berpengaruh terhadap perubahan variabel terikat.

Sedangkan berbeda pada variabel terikat karena merupakan variabel output atau keluaran yang dipengaruhi oleh variabel bebas.

2. Variabel Terikat

Perlu Sahabat Tedas.id ketahui bahwa variabel terikat ternyata tidak bisa dimanupulasi, dan hal ini dikarenakan seseorang harus mengamati berbagai variasisnya dan lain halnya dengan variabel bebas yang dapat dimanupulasi.

Contoh Variabel Terikat

– Eksperimen Bidang Pendidikan

Contohnya saja Kita dapat melihat pada penelitian eksperimen di bidang pendidikan, karena seorang guru dapat menggunakan metode mengajar sebagai variabel bebas.

Akan tetapi pada penelitian yang non ekperimental maka variabel bebasnya merupakan suatu yang bersifat logis yang dapat berpengaruh terhadap variabel terikat.

– Minuman Beralkohol

Contoh variabel terikat lainnya adalah minuman beralkohol, dimana seseorang yang rutin mengkonsumsinya dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada kesehatan dan dalam kasusk ini maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebasnya adalah minuman beralkohol.

Dan variabel terikatnya adalah bahaya kerusakan jantung, ginjal dan kerusakan lainnya pada organ tubuh dan itulah contoh sebagian kecil dari contoh variabel terikat.

Selain Varibel Bebas Ini Jenis Variabel Lainnya Dan Fungsinya

fungsi variabel bebas

Ternyata selain variabel bebas atau variabel independen dan variabel terikat, diluar sana masih terdapat jenis-jenis variabel lainnya dan berikut di bawah ini adalah ulasannya:

1. Variabel Moderator

Jenis variabel moderator umumnya sangat berpengaruh untuk memperkuat atau bisa juga untuk melemahkan hubungan antara variabel bebas dan juga variabel terikat dan Kamu dapat menemukannya dalam bentuk kualitatif ataupun kuantitatif.

2. Variabel Kontrol

Jenis variabel kontrol umumnya bersifat konstan dan dapat dikendalikan dan dalam sebuah penelitian jenis variabel ini berperan sebagai pembanding.

Contoh sederhananya saja seperti pengaruh jumlah volume pemberian air terhadap hasil produksi buah jambu dan dalam hasil penelitian tersebut maka yang sangat berperan terhadap variabel kontrolnya adalah tanah, cahaya dan juga sinar matahari.

3. Varibel Intervening

Jenis variabel intervening umumnya sangat berpengaruh terhadap jenis variabel bebas dan varibel terikat, akan tetapi sayangnya jenis variabel ini tidak bisa diukur.

Karena letak variabel intervening berada diantara jenis variabel bebas dan terikat yang demikian variabel bebas pada penelitian tidak berpengaruh langsung terhadap sejumlah perubahan pada variabel jenis terikat.

Baca Juga  Mengingat Kembali 3 Fungsi Sentriol Dan Strukturnya

4. Variabel Ordinal

Jenis variabel ordinal umumnya adalah variabel yang berdasarkan urutan atau rangking dan contoh sederhananya adalah dalam mengurutkan ranking para murid sekolah.

5. Variabel Nominal

Jenis variabel nominal umumnya digunakan sebagai pembeda dari data individu yang kemudian akan dikemas kembali menjadi bentuk kategori dan contoh sederhannaya adalah pekerjaan, status pernikahan, jenis kelamin, dan lain-lain.

6. Variabel Ratio

Jenis variabel ratio umumnya berfungsi sebagai mengurutka suatu data-data dan disajikan dalam bentuk sebuah data internal, akan tetapi variabel ratio memiliki data nol yang mutlak.

Manfaat Variabel Dalam Sebuah Penelitian Dan Ciri Variabel yang Baik

ciri variabel bebas

Ada banyak sekali manfaat variabel dalam sebuah penelitian salah satunya adalah untuk menyiapkan baik alat atau metode yang nantinya akan digunakan untuk mengumpulkan data-data.

Selain itu ada manfaat lainnya yaitu untuk mencari metode yang akan Kita gunakan untuk menganalisi sebuah data penelitian dan juga variabel sangat bermanfaat saat dilakukan hipotesis.

Selain itu perlu Sahabat Tedas.id ketahui bahwa ada beberapa ciri-ciri yang menunjukan bahwa variabel penelitian baik adalah sesuai dengan tujuan penelirian yang Kamu lakukan, karena sebuah variabel dapat dilihat dan dilakukan pengukuran.

Dan ternyata ciri variabel penelitian yang baik harus diidentifikasi, diklasifikasi dan didefinisikan secara jelas sehingga nantinya bisa meminimalisir dan mencegah munculnya kesalahan-kesalahan saat mengumpulkan dan mengolah data-data dalam sebuah penelitian.

Sekianlah pembahasan mengenai variabel bebas dan terikat, semoga saja informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *