Ayo Mengenal Seni Rupa Beserta Unsur-Unsurnya

Seni merupakan segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan mengandung unsur keindahan yang mampu membangkitkan perasaan pembuatnya maupun orang lain.

Bentuk seni sangat beragam baik seni yang memanfaatkan media 2 dimensi maupun 3 dimensi. Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang telah dikenal sejak dahulu.

Untuk menghasilkan suatu karya seni dengan keindahan yang maksimal, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Selain itu, karya seni yang bagus juga hanya dapat dihasilkan dengan ketekunan serta ketelatenan dari pembuatnya. Artinya, proses yang panjang sangat dibutuhkan untuk menghasilkan suatu karya seni. 

Seni rupa juga memiliki nilai estetika atau keindahan yang tinggi serta memiliki arti atau makna tertentu sehingga keindahan seni rupa serta pesan yang terkandung di dalamnya dapat membuat penikmatnya merasa tersentuh karena keindahannya. 

Pengertian Seni Rupa

Pengertian seni rupa bermacam-macam berdasarkan pendapat ahli. Secara umum, seni rupa dapat diartikan sebagai karya seni yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum, dapat dilihat serta dirasakan dengan indera peraba. 

Seni rupa terbentuk dari gabungan kata ‘seni’ dan ‘rupa’. Kata ‘seni’ menurut bahasa berarti suatu cara menampilkan keindahan dalam bentuk karya, gerakan serta beberapa metode lainnya.

Sedangkan kata ‘rupa’ berarti wujud atau sesuatu yang dapat dilihat, dirasa, diraba serta dinikmati. 

unsur seni rupa

Artinya, seni rupa menurut bahasa adalah karya yang mengandung keindahan dan dapat dirasakan, dilihat, diraba serta dinikmati.

Selain pengertian seni rupa secara umum dari segi bahasa, seni rupa juga memiliki pengertian lain berdasarkan pendapat beberapa ahli sebagai berikut.

Kamala Devi Chattopadhayaya

Sebagai ahli seni rupa yang berasal dari India, Kamala Devi Chattopadhayaya memilki pendapatnya sendiri tentang seni rupa.

Menurutnya, seni rupa adalah luapan ekspresi dari seorang seniman yang disampaikan untuk penikmat seni. Artinya, seni rupa ibarat jembatan yang dapat menghubungkan perasaan seniman dengan penikmat seni. 

Haukin

Menurut Haukin, seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan serta diterapkan ke dalam sebuah benda.

Haukin juga berpendapat bahwa seni rupa merupakan bentuk seni untuk dipamerkan atau ditunjukkan kepada orang banyak. 

Coorig Hartong

Seni rupa menurut ahli seni dari Belanda, Coorig Hartong adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri serta emosi sehingga orang lain dapat ikut merasakannya. Menurut Coorig Hartong, seni rupa adalah suatu pesan keindahan yang wajib disampaikan kepada penikmatnya. 

La Mery

La Mery merupakan ahli seni asal Perancis yang sangat terkenal. Menurut Mery, seni rupa adalah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan lebih indah. Mery menegaskan bahwa keindahan adalah sesuatu yang ditekankan dalam seni rupa. 

seni rupa terapan

Susanne K Langer

Susanne K Langer sebenarnya merupakan seorang filsuf, namun sebagai seorang ahli Sussane K Langer berpendapat bahwa seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki nilai keindahan dan dapat dinikmati oleh orang lain.

Gambaran yang diberikan Sussane tentang seni rupa yaitu proses penciptaan keindahan yang memiliki tujuan untuk dinikmati. 

Ragam Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni rupa memang diciptakan sebagai objek untuk dinikmati keindahannya. Namun, ada juga jenis seni rupa yang diciptakan sebagai objek yang memiliki nilai fungsi selain keindahannya. 

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibagi menjadi dua kelompok yaitu seni rupa murni dan terapan. Berikut uraian singkat tentang dua kelompok seni rupa berdasarkan dengan fungsinya.

Seni rupa murni 

Seni rupa murni merupakan salah satu dari ragam seni rupa yang jika ditinjau dari fungsinya, kelompok seni rupa ini hanya mengutamakan keindahan dan cenderung mengesampingkan fungsinya.

Artinya, karya seni yang termasuk dalam kelompok seni rupa ini adalah jenis seni rupa yang dibuat untuk dinikmati keindahannya. 

Selain keindahan, hal lain pada seni rupa jenis ini hanya dijadikan pelengkap. Salah satu contoh karya seni yang termasuk seni rupa murni adalah lukisan.

Lukisan tidak memiliki nilai guna atau fungsi dalam kehidupan sehari-hari selain sebagai pajangan yang dinikmati keindahannya. 

Selain lukisan, masih banyak jenis seni rupa lain yang bersifat murni untuk dinikmati keindahannya seperti relief, patung, seni grafis, kaligrafi, topeng, seni fotografi, ukiran dan kerajinan dari bahan keramik.

Patung adalah suatu karya seni yang mewakili jiwa manusia. Tujuan utama pembuatan patung adalah untuk menampakkan keindahan serta keunikan dari patung sebagai karya seni.

Sebagai karya seni, patung umumnya berbentuk hewan, manusia dan lain-lain. Seni rupa yang berbentuk patung dapat ditemukan di tempat ibadah  seperti pura, candi atau tempat bersejarah lainnya.

seni rupa murni

Relief adalah suatu bentuk karya seni yang berupa lukisan atau gambar yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi yang berada di atas bidang dua dimensi.

Relief dapat diartikan sebagai lukisan yang timbul dan umumnya terdapat pada tempat-tempat dengan nilai sejarah tinggi seperti tugu dan candi.

Seni grafis dapat dikelompokkan ke dalam seni rupa yang murni maupun terapan karena seni grafis tergantung pada pemakainya.

Seni grafis yang digunakan sebagai hiasan semata termasuk dalam seni murni. Sebaliknya, jika digunakan sebagai sarana ilustrasi maka termasuk dalam seni rupa yang bersifat terapan. 

Kaligrafi adalah jenis seni rupa yang murni difungsikan sebagai hiasan. Kaligrafi yang tampak seperti lukisan yang terbentuk dari susunan huruf hijaiyyah ini umumnya dijadikan hiasan atau pajangan pada dinding rumah-rumah atau tempat ibadah umat muslim.

Seni fotografi merupakan salah satu jenis seni rupa yang bersifat murni. Seni fotografi berkembang karena adanya kemajuan serta perkembangan dalam bidang teknologi kamera.

Seni fotografi kini disukai oleh banyak kalangan karena jenis seni yang satu ini akan membuat objek yang difoto semakin indah. 

Mozaik merupakan salah satu seni rupa yang bersifat murni karena lebih mengutamakan fungsi keindahannya dibanding kegunaan lainnya.

Mozaik adalah sebuah seni merangkai potongan atau pecahan kecil dari bahan-bahan seperti batu, kaca atau keramik menjadi karya baru yang memiliki nilai estetika atau keindahan. 

Mozaik dapat diartikan sebagai seni melukis menggunakan pecahan atau potongan bahan-bahan lain yang tidak terpakai menjadi suatu lukisan yang unik dan indah.

Untuk membuat mozaik, dibutuhkan banyak waktu, usaha serta kesabaran dari seorang seniman sama halnya seperti membuat karya seni yang lain.

Mozaik yang dirangkai atau dikerjakan dengan baik dan telaten akan menjadi suatu karya dengan nilai estetika yang tinggi sehingga mozaik termasuk ke dalam kelompok seni rupa yang bersifat murni untuk memanjakan mata penikmatnya dengan keindahan. 

Topeng sama halnya seperti kerajinan dari keramik juga dapat dikategorikan sebagai karya seni rupa yang bersifat murni atau terapan tergantung dari penggunaannya.

Jika digunakan sebagai hiasan dinding semata, maka karya seni yang berupa topeng termasuk salah satu karya seni dari kelompok seni rupa yang murni.

Sebaliknya, jika karya seni yang berupa topeng tersebut digunakan dalam suatu acara adat atau tarian tradisional, maka karya seni yang berupa topeng tersebut termasuk dalam kelompok seni rupa yang bersifat terapan karena lebih mengutamakan fungsinya dibandingkan keindahannya. 

Ukiran adalah seni memahat pada media batu atau kayu menggunakan alat hingga menghasilkan pola tertentu.

Pola pada suatu karya ukir umumnya memperlihatkan keindahan karena memang karya yang berupa ukiran biasanya dijadikan sebagai pajangan atau hiasan. Pada umumnya, karya seni ukir menampilkan keindahan ukiran yang berbentuk makhluk hidup.

seni keramik

Kerajinan dari keramik dapat dikategorikan sebagai seni rupa yang bersifat murni maupun terapan tergantung dari penggunaannya. Namun, umumnya kerajinan dari keramik termasuk dalam kelompok seni rupa yang murni karena hanya digunakan sebagai hiasan.

Contoh kerajinan keramik yang termasuk seni rupa yang murni adalah guci yang hanya dinikmati keindahannya.

Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah kelompok karya seni yang bertolak belakang dengan seni murni yang lebih menonjolkan keindahan. Artinya, seni rupa dalam kelompok seni terapan justru lebih mengutamakan fungsi dari suatu karya seni.

Keindahan pada hasil karya seni terapan bukanlah hal yang diprioritaskan karena prioritas utama seni rupa jenis ini adalah nilai gunanya. 

Salah satu contoh karya seni rupa terapan adalah pakaian yang diciptakan untuk menutupi tubuh manusia. Hal yang diutamakan dari pakaian adalah nilai gunanya sekalipun pakaian sebagai karya seni juga memiliki keindahan. 

Arsitektur adalah contoh lain dari seni rupa yang bersifat terapan. Karya seni yang berbentuk arsitektur adalah karya seni yang berbentuk bangunan baik bangunan bergaya tradisional maupun bangunan yang berkonsep modern. 

Keramik yang terbuat dari tanah liat yang dibakar juga termasuk salah satu contoh karya seni yang sifatnya terapan.

Keramik yang dimaksud adalah suatu karya seni yang berbentuk gerabah, porselin, genteng dan sebagainya.

Plakat atau poster adalah suatu karya seni yang dibuat untuk menarik perhatian seperti sebagai sarana iklan, propaganda, pendidikan dan dekorasi. Artinya, poster atau plakat yang lebih diutamakan kegunaan dibanding keindahannya termasuk dalam kelompok seni terapan. 

Ragam Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Selain dibedakan berdasarkan fungsinya, seni rupa juga dibedakan berdasarkan wujudnya. Berdasarkan wujudnya, seni rupa dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. 

Seni rupa dua dimensi

Baca Juga  Mengenal Listrik Dinamis dan Contoh Dalam Kehidupan

Seni rupa dua dimensi merupakan seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar. Artinya, karya seni yang termasuk dalam kelompok seni rupa dua dimensi hanya dapat dilihat dan diraba.

Beberapa contoh karya seni yang termasuk dalam kelompok seni rupa dua dimensi adalah foto, lukisan dan gambar. 

Seni rupa tiga dimensi

Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki tiga dimensi yaitu panjang, lebar dan tinggi. Artinya, karya seni yang termasuk dalam kelompok seni rupa tiga dimensi juga memiliki ruang.

Karya seni yang termasuk seni rupa tiga dimensi diantaranya guci, patung dan karya lain yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi. 

Unsur Unsur Seni Rupa

Suatu karya seni tidak akan terbentuk tanpa adanya unsur-unsur yang membentuknya. Unsur unsur seni rupa merujuk pada hal-hal yang membentuk serta memberi keindahan pada suatu karya seni.

Secara umum, seni rupa memiliki beberapa unsur yaitu titik, garis, bidang, warna, ruang, tekstur, bentuk dan gelap terang. 

1. Titik

Unsur seni rupa yang paling kecil namun sangat penting adalah titik. Sebagai salah satu dari unsur unsur seni rupa yang ada, titik adalah unsur seni rupa yang menjadi awal dari pembuatan suatu karya seni.

Titik juga merupakan dasar dari sebuah ide yang akan dituangkan menjadi suatu karya seni yang memiliki nilai keindahan dan daya tarik. 

Tanpa adanya titik, unsur unsur seni rupa yang lain pun tidak akan terbentuk. Artinya, titik adalah unsur seni rupa yang sangat penting meskipun ukurannya yang kecil dan tampak sepele. 

2. Garis

Garis adalah unsur seni  rupa yang terbentuk dari sekumpulan titik dengan cara menghubungkan satu titik dengan titik yang lain.

Garis dapat dibuat dengan mudah hanya dengan menghubungkan satu titik dengan titik yang lain. Namun, garis memiliki ragam dan variasi tersendiri yang dapat menggambarkan watak atau ciri khas dari suatu karya seni. 

Selain memberikan ciri khas pada suatu karya seni, garis sebagai salah satu bagian dari unsur unsur seni rupa juga dapat menggambarkan sifat seperti kaku, keras atau lentur. 

bebatuan

3. Bidang

Baca Juga  Passing Grade IPB: Mulai Dari Tertinggi Hingga Terendah

Jika garis terbentuk dari titik-titik yang dihubungkan menjadi satu, maka bidang merupakan unsur seni rupa yang terbentuk dari kumpulan garis-garis yang telah dituangkan dalam suatu media.

Garis-garis yang digabungkan membentuk bidang akan memiliki keindahannya tersendiri sehingga seorang seniman harus terampil serta teliti dalam menyatukan unsur-unsur tersebut.

4. Ruang

Ruang dalam unsur unsur seni rupa memiliki dua sifat yaitu sifat nyata dan semu. Ruang dengan sifat semu pada suatu karya seni hanya dapat dilihat, sedangkan ruang yang bersifat nyata dalam suatu karya seni dapat dilihat dan diraba.

Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh bentuk karya seni apakah karya seni tersebut merupakan seni rupa 2 dimensi atau seni rupa 3 dimensi.

5. Warna

Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang tidak kalah penting. Sama seperti bentuk yang dapat membuat suatu karya seni menjadi lebih hidup, warna juga mampu memberikan kesan yang berbeda terhadap suatu karya seni terutama seni rupa seperti lukisan. 

Agar karya seni yang dihasilkan menjadi karya seni dengan nilai keindahan maksimal, seorang seniman harus memiliki kemampuan dalam memadupadankan warna.

Perpaduan warna yang tepat akan memberikan kesan serta nuansa yang berbeda terhadap karya seni baik suasana senang maupun sedih. 

6. Tekstur

Tekstur dalam seni rupa memiliki dua kelompok yaitu tekstur semu dan tekstur nyata. Salah satu unsur seni rupa yang penting ini dapat diartikan sebagai sifat maupun keadaan dari suatu karya seni.

Tekstur semu adalah tekstur yang memberikan kesan bahwa tidak ada kesamaan antara penglihatan dan indera peraba.

Sebaliknya, tekstur yang nyata dalam pandangan karya seni adalah tekstur yang memberikan kesan yang sama atau tidak ada perbedaan yang dirasakan saat melihat dan menyentuh atau meraba suatu karya seni.

Penikmat seni umumnya sangat memperhatikan aspek tekstur sebagai salah satu unsur unsur seni rupa.

karya seni

7. Bentuk

Baca Juga  Perbedaan Variabel Bebas dan Terikat Berikut Contohnya

Bentuk adalah salah satu unsur unsur seni rupa yang dapat memberikan kesan hidup pada suatu karya seni. Bentuk yang dilengkapi dengan sentuhan seniman serta detail yang sempurna akan semakin membuat suatu karya seni menjadi lebih indah. 

8. Gelap terang

Tak hanya warna yang mampu memberikan kesan hidup kepada suatu karya seni. Gelap terang juga bertanggung jawab dalam memberikan suatu kesan yang lebih hidup serta nyata kepada suatu karya seni.

Seniman yang hebat adalah seniman yang mampu memperhatikan intensitas cahaya secara detail kemudian mengaplikasikannya kepada suatu karya seni. 

Ragam Seni Rupa

Seni rupa memiliki banyak sekali ragam atau jenisnya. Secara umum, ragam atau variasi seni rupa dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu seni rupa berdasarkan fungsinya, berdasarkan bentuknya, dan berdasarkan masanya. 

Seni rupa berdasarkan fungsinya telah dibahas sebelumnya yang terdiri dari seni rupa murni dan seni rupa terapan. Sama halnya seperti ragam seni rupa berdasarkan fungsinya, seni rupa berdasarkan bentuknya juga telah dibahas yang terdiri dari seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. 

Seni rupa berdasarkan masanya dikelompokkan menjadi tiga yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer. Ketiga kelompok seni rupa tersebut memiliki karakter serta ciri khas masing-masing.

Misalnya seni rupa tradisional yang bersifat statis. Artinya, bentuk dan pola seni rupa tradisional tidak pernah berubah sejak dahulu hingga sekarang.

Bertolak belakang dengan seni rupa tradisional, seni rupa modern justru bersifat individualis yang menyebabkan karya-karya seni rupa individualis diberi sentuhan berbagai kreativitas. 

Sebaliknya, seni rupa kontemporer merupakan suatu karya seni yang tercipta pada waktu tertentu namun sifatnya tidak statis seperti halnya seni rupa tradisional.

Seni rupa kontemporer sifatnya mengikuti perkembangan zaman. 

Fungsi Seni Rupa

Seni rupa secara umum memiliki dua fungsi yaitu fungsi individu dan fungsi sosial yang akan diuraikan sebagai berikut.

Fungsi individu

Fungsi individu dari seni rupa atau karya seni merujuk pada kepuasan diri sendiri. Maksudnya, seni rupa atau karya seni dibuat atau diciptakan dengan tujuan untuk memberikan kepuasan diri kepada seniman atau pembuatnya. Seorang seniman yang menciptakan karya seni umumnya adalah caranya mengekspresikan diri. 

Suatu karya seni yang tercipta umumnya adalah cerminan atau gambaran dari suasana hati pembuatnya baik rasa senang maupun rasa sedih. Akibatnya, rasa puas dan bangga atau kepuasan batin akan timbul setelah suatu karya seni tercipta. 

Fungsi sosial

Selain memiliki fungsi individu yaitu untuk memberikan kepuasan bagi pembuatnya, seni rupa atau karya seni juga memiliki fungsi sosial. Maksudnya, suatu karya seni memiliki keindahan yang tujuannya untuk memberi kepuasan kepada banyak orang termasuk memberikan nilai guna kepada orang banyak. Misalnya karya seni yang berupa bangunan rekreasi atau gedung.

Selain karya seni yang berupa bangunan, karya seni lain seperti patung dengan segala keunikan dan keindahannya juga dapat memberikan kepuasan kepada banyak orang, terutama orang-orang dari kalangan penikmat seni. 

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *