Ilmu Psikologi: Arti, Pengertian, dan Sejarah

Psikologi Adalah – Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan juga ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.

Para praktisi di dalam bidang psikologi yang berperan di dalamnya disebut dengan psikolog. Para psikolog juga berusaha untuk memahami peran fungsi mental dan juga perilaku individu atau kelompok.

Memahami Pengertian Psikologi Adalah Sebagai Berikut

pengertian psikologi

Psikologi  adalah berasal dari Bahasa latin yaitu psyche dan logos. Di mana psyche memiliki arti jiwa dan logos memiliki arti pengetahuan. Jadi, pengertian dari psikologi ini sendiri adalah ilmu yang akan mempelajari tentang kejiwaan. Ada beberapa pengertian psikologi yang diterangkan oleh beberapa ahli psikolog yaitu:

• Menurut Plato dan Aristoteles

Psikologi ini sendiri adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

• Menurut Wilhem Wundt

Psikologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari sejumlah pengalaman yang timbul pada diri manusia. Seperti contohnya perasaan panca indera, fikiran, feeling dan juga kehendak.

Baca Juga  Kuantitatif dan Kualitatif: Pengertian, Metode dan Perbedaan

• Menurut Woodworth dan Marquis

Psikologi adalah sebagai ilmu yang akan mempelajari aktivitas individu sejak masih berada di dalam kandungan sampai dengan meninggal dunia. Aktivitas psikologi juga akan berkaitan dengan alam sekitar.

Itulah sebagian pengertian tentang apa itu psikologi dari beberapa ahli psikolog yang ada di dunia. Di dalam mempelajari psikologi, bukan hanya hakikat jiwa, aktivitas manusia dan lainnya, melainkan ada juga berbagai ilmu yang hadir secara khusus bahkan untuk mempelajari tentang psikologi.

apa itu psikologi

Mengenal Apa Itu Ilmu Psikologi

Banyak orang yang bertanya, apa saja yang dipelajari dalam dunia psikologi? Tentu jawabannya akan sangat banyak. Apalagi jika melihat dari pandangan ilmu psikologi ini sendiri adalah sebuah ilmu yang akan mempelajari perilaku. Di mana semua perilaku yang akan ditunjukkan oleh manusia adalah ruang lingkung yang semuanya juga bisa dipelajari dan bisa dijelaskan.

Sebagai contohnya saja bahwa mengapa seseorang menjadi mudah marah, atau mengapa ada orang yang senang berbohong dan berbuat jahat? Kedua hal ini bahkan bisa dijelaskan menggunakan sebuah ilmu dalam psikologi. Jadi, jika Anda ingin memahami mengapa seseorang bisa menunjukkan perilaku tertentu, maka psikologi adalah sebuah ilmu yang tepat untuk menjelaskannya.

Bukan hanya mempelajari tentang sejumlah perilaku manusia, di dalam psikologi juga akan mempelajari segala gal yang berhubungan dengan manusia. Pada dasarnya, segala macam kegiatan maupun aktivitas yang melibatkan manusia di dalamnya juga merupakan ruang lingkup dari ilmu dalam psikologi.

Maka dari itulah sampai saat ini, muncul beberapa disiplin ilmu terapan dari psikologi sendiri. Beberapa contohnya adalah:

• Psikologi forensic.

• Psikologi criminal.
• Psikologi social.

• Psikologi agama.

• Parapsikologi, dan lain sebagainya.

Bidang yang Mempelajari Psikologi

ilmu psikologi

Selama Anda tertarik untuk belajar psikologi, maka Anda juga harus memahami beberapa bidang yang ada di dalamnya. Bukan hal mudah untuk mempelajarinya, akan tetapi lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu apa saja bidang yang ada di dalamnya. Nah, beberapa diantaranya adalah:

• Psikologi Perkembangan. Mempelajari tentang proses perkembangan manusia pada seluruh kehidupannya yang dimulai dari bayi sampai dengan lansia.

• Psikologi Klinis. Anda akan dituntut untuk dengan mendalam tentang perilaku manusia dari sisi fisiologis dan keadaan mentalnya. Sebagai contohnya adalah gangguan skizofrenia, gangguan bipolar, dan sebagainya.

• Psikologi Pendidikan. Memiliki focus tersendiri pada bidang pendidikan seperti penanganan murid bermasalah, sampai dengan merancang strategi yang tepat agar kegiatan belajar efektif.

• Psikologi Sosial. Memiliki focus pada interaksi sosial pada masyarakat. Seperti melakukan intervensi sosial kepada kelompok masyarakat tertentu.

• Psikologi Industri dan Organisasi. Bidang ini juga mempelajari psikologi dibalik proses manajemen di perusahaan atau dalam sebuah organisasi.

sejarah psikologi

Mengenali Sejarah Psikologi

Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan yang sangat panjang. Bahkan untuk konsep psikologi bisa ditelusuri sangat jauh sampai pada masa Yunani Kuno. Psikologi ini sendiri memiliki akar dari bidang ilmu filosofi yang sudah ada bahkan sejak zaman Aristoteles sebagai sebuah ilmu jiwa.

Aristoteles memandang bahwa ilmu jiwa sebagai salah sati ilmu yang akan mempelajari seluruh gejala kehidupan. Jiwa adalah unsur kehidupan atau Anima karena setiap makhluk hidup memiliki jiwa. Bisa juga dikatakan bahwa sejarah psikologi ini sendiri akan sejalan dengan perkembangan intelektual di Eropa serta mendapatkan bentuk pragmatisnya pada benua Amerika.

belajar psikologiMetode Pembelajaran dalam Psikologi

Di dalam psikologi, ada beberapa metode pembelajaran yang diantaranya sebagai berikut ini:

• Metode Eksperimental

Cara ini dilakukan biasanya dalam sebuah laboraturium dengan mengadakan beberapa eksperimen. Para peneliti bahkan memiliki control sepenuhnya terhadap jalannya sebuah eksperimen dengan menentukan apa saja pada sesuatu yang akan mereka teliti nantinya.

Di dalam sebuah metode eksperimental ini maka subjektivitas dari metode introspeksi bisa diatasi. Pada metode introspeksi murni hanya diri peneliti yang nantinya akan menjadi objek. Hanya saja pada introspeksi eksperimental jumlah subjek yang banyak yaitu beberapa orang yang akan dieksperimentasi tersebut.

• Observasi Ilmiah

Di dalam melakukan metode pengamatan ilmiah, suatu hal pada beberapa situasi yang akan ditimbulkan dengan sengaja melainkan dengan beberapa proses ilmiah secara spontan. Observasi ilmiah ini juga bisa dilakukan dengan spontan. Beberapa contohnya adalah:

• Tingkah laku beberapa orang yang ada di toko serba ada.

• Tingkah laku beberapa pengendara motor di jalan raya.

• Tingkah laku anak-anak yang sedang bermain, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Contoh, Penyebab dan 7 Tips Mencegah Pergaulan Bebas

• Metode Biografi

Sejarah kehidupan seseorang atau yang biasa disebut dengan biografi ini sendiri adalah sebuah sumber data yang begitu penting untuk lebih memahami jiwa orang-orang yang bersangkutan. Anda harus mampu untuk menguraikan tentang keadaan, kemudian sikap maupun sifat lain tentang orang yang bersangkutan.

Pada metode ini juga seringkali memberikan banyak keuntungan namun juga kelemahan. Karena tidak jarang bahwa metode ini juga memiliki sifat yang subjektif. Sejarah kehidupan juga bisa disusun menggunakan 2 cara baik pembuatan buku harian dan rekonstruksi biografi.

• Metode Wawancara

Wawancara merupakan Tanya jawab dari si pemeriksa dan juga orang-orang yang diperiksa. Agar nantinya orang yang Anda periksa ini bisa mengungkapkan isi hatinya. Seperti beberapa pandangan, pendapat dan lain sebagainya bisa diterima dengan mudah oleh semua orang yang sedang ingin mencari informasi dari orang tersebut.

Dari sekian banyaknya teknik wawancara yang tersedia dalam sebuah ilmu psikologi, maka inilah teknik pendekatan yang nantinya bisa Anda gunakan diantaranya sebagai berikut ini:

• Wawancara bebas.

• Wawancara terarah.

• Wawancara terbuka.

• Wawancara tertutup.

• Angket

Angket merupakan wawancara dalam bentuk tertulis dalam catatan. Semua pertantaan yang sudah disusun secara tertulis pada sejumlah lembar pertanyaan itu. Orang yang diwawancarai tinggal membaca sejumlah pertanyaan yang diajukan, lalu menjawabnya secara tertulis juga. Jawaban yang akan dianalisis untuk mengetahui sejumlah hal yang diselidiki.

universitas jurusan psikologi

Images By: Tribunnews

Rekomendasi Universitas Jurusan Psikologi

Apabila nantinya Anda pada akhirnya mulai tertarik untuk mempelajari ilmu psikologi, sejarahnya dan lain sebagainya, maka Anda bisa belajar tentang ilmu psikologi pada beberapa Universitas yang diantaranya adalah:

• Universitas Gadjah Mada (UGM)

• Universitas Indonesia (UI)

• Universitas Airlangga (UNAIR)

• Universitas Padjadjaran (UNPAD)

• Universitas Sanata Dharma (USD)

• Universitas Muhammadiyah Malang

• Universitas Islam Indonesia (UII)

• Universitas Gunadarma

• Universitas Persada YAI

Jadi, itulah sebagian informasi yang bisa Anda ketahui khususnya dalam bidang psikologi. Anda bisa mengetahuinya mulai dari sejarahnya, kemudian apa saja ilmu yang mempelajari di dalamnya, ada juga contohnya bahkan sampai dengan rekomendasi Universitas jurusan psikologi terbaik yang ada di Indonesia.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *