Kuantitatif dan Kualitatif: Pengertian, Metode dan Perbedaan

Perbedaan Kuantitatif Dan Kualitatif – Bagi mahasiswa metode kuantitatif dan kualitatif sangat tidak asing dalam mengerjakan tugas kuliah maupun tugas akhir kuliah. Keduanya merupakan metode penelitian dalam dunia pendidikan.

Kedua penelitian ini memiliki metode yang saling bertolak belakang. Untuk itu kedua metode tersebut harus dipahami sebelum dipilih sebagai pengolah sebuah penelitian.

Pengertian Metode Kualitatif Menurut Para Ahli

kuantitatif adalah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kualitatif memiliki arti berdasarkan mutu. Itu artinya kualitatf addalah metode penelitian yang berfokus pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah.

Metode penelitian berdasarkan mutu artinya adalah metode penelitian ini menganaisis berdasarkan mutu dari objek yang dianalisis. Berikut merupakan pengertian kualitatif menurut para ahli.

1. Pengertian Kualitatif Menurut Lexy J. Moloeng

Metode penelitian Kualitatif adalah suatu riset yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Contoh dari metode kualitatif adalah penelitian terhadap perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan yang dideskripsikan dengan kata-kata dan bahasa, dalam konteks alamiah.

Baca Juga  Efektif dan Efisien: Arti, Maksud dan Perbedaan

2. Pengertian Kualitatif Menurut Sugiyono

Metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan, diukur, atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif.

Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik analisis yang mendalam dengan cara mengkaji satu persatu masalah yang ada dalam kasus. Tujuan dari metode kualitatif bukan generalisasi tetapi pemahaman yang secara mendalam terhadap suatu masalah.

Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di masyarakat secara mendalam dengan cara mengumpulkan data secara dalam dan lengkap. Dalam penelitian ini kelengkapan dan kedalaman data yang diteliti merupakan suatu yang sangat penting.

Dalam penelitian kualitatif, apabila dalam penelitian yang dilakukan semakin dalam dan teliti, maka akan semakin baik. Pada umumnya penelitian kualitatif memiliki objek yang lebih sedikit, sehingga dalam penelitiannya lebih fokus pada kedalaman data.

Pengertian Metode Kuantitatif

pengertian kualitatif

Penelitian Kuantitatif adalah metode penilitian yang berfokus pada aspek pengukuran dengan cara objektif terhadap fenomena sosial. Berikut pengertian kuantitatif menurut para ahli.

1. Kasiram

Penelitian metode kuantitatif adalah metode penelitian yang mengunakan proses data-data yang berupa angka sebagai alat menganalisis dan melakukan kajian penelitian, terutama mengenai apa yang sudah diteliti.

2. Nana Sudjana dan Ibrahim

Penelitian Kuantitatif adalah penelitian yang didasari pada asumsi, kemudian ditentukan variabel, dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode-metode penelitian yang valid, terutama dalam penelitian kuantitatif.

3. Suriasumantri

Menurut Suriasumantri, metode penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan dengan kajian pemikiran yang sifatnya ilmiah. Kajian ini menggunakan proses logico-hypothetico-verikatif pada langkah-langkah penelitian yang dilakukan.

Metode Penelitian Kuantitatif

Untuk bisa melakukan pengukuran pada objek penelitian, metode kuantitatif memerlukan beberapa pemetaan, yaitu masalah, variable, dan indikator.

Setiap variabel yang akan diukur menghasilkan simbol-simbol serta angka yang berbeda-beda sesuai dengan kategeri dan informasi yang berkaitan dengan variabel tersebut. Dengan menggunakan simbol-simbol serta angka-angka yang telah diolah sesuai metode kuantitatif, dapat ditemukan sebuah kesimpulan dari masalah yang terjadi pada kasus penelitian.

Tujuan penelitian kuantitatif adalah untuk mengembangkan dan menggunakan cara-cara matematis, teori-teori serta hipotesis yang berkaitan dengan sebuah peristiwa atau kasus. Proses pengukuran adalah bagian penting dalam metode penelitian kuantitatif, karena hal tersebut memberikan hubungan yang kuat dari pengamatan yang empiris dengan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.

8 Perbedaan Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Metode

perbedaan kuantitatif dan kualitatif
Metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif memiliki beberapa perbedaan yang sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian. Berikut adalah perbedaan antara metode penelitian perbedaan kualitatif dan kuantitatif dalam metode penelitian.

1. Desain Peneitian

Pada metode penelitian kualitatif, penelitian bersifat umum, fleksibel, dan dinamis. Oleh karena itu peneitian kualitatif dapat berkembang sendiri selama prosesnya. Sedangkan pada metode penelitian kuantitatif, penelitian bersifat khusus, terperinci, dan statis. Proses dalam penelitian kuantitatif sudah direncanakan sebelum penelitian, oleh karena itu tidak dapat diubah lagi.

2. Analisis data

Dalam penelitian kualitatif, analisis data dilakukan selama proses penelitian berlangsung, sedangkan dalam penelitian kuantitatif, analisis data dilakukan pada tahap akhir akan tetapi sebelum laporan penelitian dibuat.

3. Istilah Subjek Penelitian

Subjek penelitian adalah pihak yang memiliki pengaru terhadap peneitian. Dari subjek penelitian, peneliti akan mendapatkan data yang akan diolah. Pada penelitian kualitatif, subjek penelitian biasa disebut dengan narasumber. Pada penelitian kuantitatif, subjek penelitian disebut dengan istilah responden.

Baca Juga  Contoh, Penyebab dan 7 Tips Mencegah Pergaulan Bebas

4. Cara Memandang Fakta

Penelitian kualitatif memandang fakta tergantung pada cara peneliti menginterprestasikan data. Penelitian kualitatif ada karena tidak semua hal bisa dijelaskan dengan angka, seperti perasaan manusia misalnya. Penelitian kuantitatif memandang fakta pada objek penelitian berdasarkan data. Peneliti harus netral dan tidak memihak dalam hal ini.

5. Pengumpulan Data

Pengumpulan data pada penelitian kualitatif berfokus pada atu data yang dikorek sedalam-dalamnya. Hal ini membuat penelitian kualitatif tidak membutuhkan banyak narasumber, namun hanya berfokus kepada informasi dari narasumber. Pengumpulan data pada penelitian kuantitatif adalah menggunakan tes atau kuesioner. Kualitas penelitian bergantung pada jumlah data.

6. Representasi Data

Interprestasi penelitian pada metode kualitatif berfokus pada sebuah fenomena, oleh karena itu laporan penelitian lebih banyak berupa deskripsi. Hasil penelitian kuantitatif dipresentasikan dalam perhitungan matematis. Hasil hitungan merupakan hasil penelitian yang dapat dijadikan laporan.

7. Implikasi Hasil Riset

Implikasi pada penelitian kualitatif terbatas pada situasi-situasi tertentu. Sehingga, hasil penelitian kualitatif tidak dapat digeneralisasi dalam setting yang berbeda. Dalam penelitian kuantitatif, fakta dalam penelitian bersifat umum, sehingga berlaku dimanapun.

8. Tujuan Penelitian

Tujuan dalam metode penilitian kualitatif adalah memperoleh pemahaman mendalam, mengembangkan teori, medeskripsikan realitas, dan kompleksifitas sosial. Sedangkan tujuan metode penelitian kuantitatif adalah menjelaskan hubungan antar variabel, menguji teori, melakukan generalisasi fenomena sosial yang diteliti.

9. Jenis Data

Jenis data yang digunakan pada metode kualitatif adalah deskriptif dan eksploratif. Sedangkan dalam metode kuantitatif jenis data yang digunakan adalah numerik dan statistik.

Macam Macam Metode Kualitatif

macam macam metode kuantitatif

Dalam metode penelitian kualitatif terdapat beberapa metode, diantaranya

1. Fenomenologi

Fenomenologi adalah suatu bentuk penelitian di mana peneliti berusaha untuk memahami bagaimana satu atau lebih individu mengalami suatu fenomena.

2. Etnografi

Etnografi adalah bentuk penelitian yang berfokus pada menggambarkan budaya sekelompok orang.

3. Studi kasus

Studi kasus adalah bentuk penelitian yang berfokus pada penyediaan akun terperinci satu atau lebih kasus.

Baca Juga  Cara Hitung Passing Grade yang Benar Dengan Rumus

4. Metode teori dasar

Metode teori dasar adalah pendekatan kualitatif untuk menghasilkan dan mengembangkan data berbentuk teori yang dikumpulkan oleh peneliti.

5. Metode Historis

Metode historis adalah penelitian tentang peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. Fokus dari peristiwa ini adalah berbagai peristiwa yang sudah berlalu dan membuat rekonstruksinya dengan berbagai sumbr data yang masih ada saat ini.

Macam Macam Metode Kuantitatif

macam macam metode kualitatif
Dalam metode kuantitatif, metode yang digunakan adalah

1. Metode Eksperimen

Dalam metode eksperimen, sesuai denan namanya, metode jenis ini memungkinkan peneliti mengontrol semua variabel yang ada.

2. Metode Survey

Menurut Bailey (1982), metode survei adalah metode penelitian yang mempunyai teknik pengambilan keputusan berupa data pertanyaan secara tertulis maupun lisan.

3. Metode Korelasi,

Metode korelasi dalam penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang bertujuanuntuk menggambarkan dua atau lebih fakta dan juga sifat-sifat objek yang sedang diteliti.

4. Expost Facto

Metode Expost Facto adalah metode yang sering digunakan untuk penelitian yang sedang meneliti hubungan antara sebab dan akibat yang kemudian akan dimanipulasi oleh peneliti.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *