9 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Terbaik Di Android

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Saat ini kita bisa melakukan apa saja dengan mudah hanya lewat smartphone yang kita miliki. Kita bisa bekerja, belajar, mengirim pesan lewat smartphone di genggaman tangan.

Tentunya hal ini berkat perkembangan teknologi yang semakin cepat setiap harinya. Salah satunya adalah adanya android yang merupakan sistem operasi smartphone terbaik saat ini.

Kenapa android menjadi sistem operasi yang terbaik? Sebab ada banyak aplikasi gratis yang bisa kita dapatkan, termasuk aplikasi belajar bahasa Inggris gratis.

Mempunyai skill berbahasa Inggris yang lancar di zaman sekarang, merupakan suatu skill yang harus kita punya. Pasalnya, sudah banyak sekali perusahaan yang mengharuskan kepada pegawainya lancar berbahasa Inggris, atau paling tidak harus bisa bahasa Inggris pasif. Mempunyai skill bahasa Inggris yang bagus di zaman sekarang tentunya akan sangat penting untuk urusan pekerjaan dan bisnis Anda.

Asah Kemampuan Bahasa Inggris Dengan Manfaatkan Aplikasi

aplikasi bahasa inggris

Namun, keterbatasan waktu dan juga biaya seringkali menjadi hambatan bagi orang yang ingin belajar bahasa Inggris. Tapi jangan khawatir dengan hambatan itu. Kini sudah banyak tempat untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris secara gratis.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, membuat kita bisa belajar dengan lebih mudah. Karena sudah banyak sekali aplikasi bahasa Inggris yang tentunya bisa membantu kita dalam belajar bahasa Inggris.

Kini Anda bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris Anda dengan Smartphone. Sudah banyak sekali aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yang bisa digunakan dengan mudah dan juga gratis. Ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris namun memiliki kendala dalam biaya maupun waktu.

9 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Image; Busuu

Tanpa perlu mengikuti kursus bahasa Inggris, Anda sudah bisa belajar sendiri loh. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi di Android. Dengan beberapa aplikasi kamus bahasa Inggris ini tentu saja bisa membantu Anda dalam belajar lebih efektif dan efisien.

Anda pun juga bisa belajar kapanpun dan dimanapun Anda mau. Selain itu, banyak pula aplikasi yang tersedia secara gratis. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal biaya. Dengan ketekunan untuk belajar bahasa Inggris, tidak membutuhkan waktu lama untuk Anda belajar bahasa Inggris.

Saat ini sudah banyak aplikasi belajar bahasa Inggris di Android yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan.

1.     Learn Languages : Rosetta Stone

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang pertama adalah Learn Languages : Rosetta Stone. Aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan dari Platinum Award for Best Educational App 2018.

Jadi bisa dibilang aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Inggris yang bisa Anda Andalkan dalam proses belajar bahasa Inggris sendiri di rumah.

Dengan fitur terbaru true accent yang bisa membuat Anda mendengarkan kata atau kalimat dengan jelas serta jernih. Aplikasi ini juga memiliki 24 bahasa yang bisa Anda pelajari. Di di aplikasi ini Anda akan belajar bahasa Inggris dari mulai dasar sampai ke tingkat mahir sehingga Anda bisa berbahasa Inggris dengan lancar.

2.     Busuu: Learn Languages

Aplikasi ini cocok digunakan untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda, karena di aplikasi ini tersedia metode pembelajaran dari tingkat pemula sampai ke tingkat akhir. 

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini juga merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang populer karena sudah diunduh lebih dari 90 juta orang di playstore.

Banyak sekali fitur yang tersedia di Busuu: Learn Languages yang bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris. Saat pertama kali mencoba aplikasi ini, Anda akan dihadapkan dengan semacam tes yang bertujuan untuk mengetahui seberapa sih kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris. Jadi aplikasi akan menentukan akan mulai dari mana proses belajarnya berdasarkan hasil tes yang Anda ikuti tersebut.

3.     Learn English – 6000 words

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa belajar sambil bermain sehingga Anda tidak akan gampang bosan. Aplikasi ini memiliki tiga tingkatan, yaitu pemula, menengah, dan lanjutan. Kosakata yang terdapat di aplikasi ini sangatlah banyak dan bisa mencakup dalam segala aspek kehidupan sehari-hari.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini di playstore Anda secara gratis. Bahkan, kelebihan utama dari aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini adalah Anda bisa menggunakannya secara offline. Jadi Anda tidak usah khawatir jika ingin belajar bahasa Inggris namun tidak memiliki kuota internet pada smartphone.

Aplikasi ini juga sangat cocok bagi anak-anak yang ingin belajar bahasa Inggris, sebab di dalam aplikasi ini menggunakan metode belajar sambil bermain. Dalam aplikasi ini juga terdapat gambar-gambar lucu yang bisa membantu anak dalam memahami bahasa Inggris dari gambar tersebut.

Baca Juga  2 Menit Beres, Ini 4 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

4.     Vocabulary Builder

Aplikasi ini wajib ada di smartphone bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat, karena aplikasi ini bisa membantu memperkaya kosakata bahasa Inggris Anda. Vocabulary yang terdapat di aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini diambil dari GRE (Graduate Record Examination) yaitu suatu tes yang digunakan untuk masuk ke ke sekolah di Amerika Serikat.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk intermediate. Bagi Anda yang ingin mengikuti tes TOEFL. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu lolos atau mendapatkan nilai yang tinggi pada tes TOEFL.

Pada aplikasi ini juga terdapat beberapa tingkatan belajar mulai dari Basic hingga Advance, jadi juga cocok bagi Anda yang masih baru sekali ingin belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan Anda. Aplikasi ini mendapat bintang 4,7 loh di Playstore.

5.     Hello English

Aplikasi ini cocok bagi Anda yang baru memulai belajar belajar bahasa Inggris. Aplikasi belajar bahasa Inggris ini memiliki pelajaran yang interaktif dan juga bisa bermain sambil belajar melalui game yang bisa Anda nikmati disini. Selain itu, pada aplikasi ini Anda juga bisa berdiskusi langsung dengan guru di aplikasi ini.

Aplikasi ini juga memiliki kamus 10.000 kata yang bisa Anda gunakan untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris Anda. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Android maupun iOS Anda.

Sebenarnya aplikasi ini juga bukan hanya untuk belajar bahasa Inggris saja, sebab masih ada 100 lebih bahasa di dunia yang bisa Anda pelajari dengan gratis dan mudah. Selain itu terdapat juga pembicara asli dari berbagai penjuru dunia yang bisa membantu Anda dalam belajar suatu bahasa tertentu.

Aplikasi ini juga menawarkan metode pembelajaran yang sangat unik seperti pertukaran bahasa, dan kita bisa menulis teks hingga sepanjang 500 karakter atau juga bisa berbicara selama 5 menit.

Ya meskipun aplikasi ini bukan spesifik untuk pembelajaran bahasa Inggris, sebab masih ada bahasa lainnya yang bisa Anda pelajari pada aplikasi ini. Tapi aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan kok untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris.

Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

6.     Duolingo

aplikasi kamus bahasa inggris
Image; Duolingo

Kemudian ada juga aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yaitu Duolingo yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Playstore.

Duolingo merupakan salah satu aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yang paling populer saat ini, apalagi di Indonesia yang banyak menggunakan Duolingo ini.

Hal ini karena pada duolingo menggunakan metode pembelajaran yang lebih mirip seperti permainan. Jadi di Duolingo ini kita belajar sambil bermain.

Pada aplikasi belajar bahasa Inggris ini juga terdapat penilaian dalam proses kita belajar. Jadi kita bisa tahu seberapa jauh kita sudah belajar bahasa Inggris dan juga seberapa tinggi sih kemampuan kita sendiri dalam berbahasa Inggris.

Karena konsep dari aplikasi ini adalah belajar sambil bermain, tentu saja sangat cocok bagi anak-anak maupun orang dewasa yang ingin belajar bahasa Inggris lewat smartphone.

Pada aplikasi Duolingo ini juga terdapat tes berbicara dan mendengarkan, jadi selain bisa belajar bahasa Inggris pasif kita juga bisa belajar bahasa Inggris aktif dengan aplikasi duolingo ini. Di aplikasi ini juga terdapat berbagai macam animasi dan juga gambar yang bisa membuat Anda menjadi tidak bosan dalam proses belajar.

7.     Speak English Fluently

Sesuai dengan nama aplikasi Speak English Fluently ini bisa membantu Anda dalam berbicara bahasa Inggris secara fasih dan benar.

Hal ini karena pada aplikasi belajar bahasa Inggris ini terdapat berbagai macam bacaan dan juga percakapan dialog yang bisa langsung kita praktikkan. Yang istimewa adalah topik pembicaraan yang tersedia pada Speak English Fluently ini selalu berganti setiap hari sehingga kita bisa belajar hal baru setiap hari.

Selain bisa belajar mengucapkan bahasa Inggris, kita juga bisa belajar listening atau mendengarkan percakapan bahasa Inggris dari aplikasi ini loh. Jadi pada aplikasi Speak English Fluently ini nanti kita akan berbicara dengan bot yang ada pada aplikasi ini seolah-olah kita berbicara dengan orang sungguhan.

Aplikasi ini dibuat oleh developernya dengan aksen Amerika ya, jadi bagi Anda yang ingin mempelajari aksen Amerika aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini sangat cocok. Dan yang pasti aplikasi ini gratis bisa Anda gunakan dan install pada smartphone.

8.     English Conversation Practice

Kemudian aplikasi untuk belajar bahasa Inggris berikutnya adalah English Conversation Practice. Aplikasi ini bisa membantu Anda yang ingin belajar bahasa Inggris muri dari dasar hingga tingkat mahir.

Pada English Conversation Practice terdapat berbagai macam percakapan umum yang sering terjadi dalam bahasa Inggris jadi aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang sedang tahap belajar.

Fitur unggulan dari English Conversation Practice ini adalah terdapat fitur yang memungkinkan kita bisa merekam hasil percakapan di aplikasi. Dengan fitur ini tentu saja kita bisa menilai sendiri pengucapan atau pronunciation kita sendiri saat berbicara apakah ada yang salah atau sudah sempurna.

Selain itu juga terdapat fitur kuis yang bisa Anda gunakan untuk mengetes kemampuan teoritis kita dalam berbahasa Inggris. English Conversation Practice adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik saat ini, kenapa demikian?

Sebab terdapat fitur yang bisa merekam dan mencatat progres kita belajar dari hari ke hari sehingga kita bisa lebih tahu sejauh mana kita belajar bahasa Inggris dengan aplikasi ini.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

9.     Beelinguapp

Aplikasi belajar bahasa Inggris terakhir adalah Beelinguapp. Beelinguapp sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi membaca artikel berbahasa Inggris karena di dalam aplikasi Beelinguapp ini terdapat berbagai macam kutipan dari buku atau novel yang pastinya bisa membuat Anda semangat dalam belajar bahasa Inggris.

Pada aplikasi ini terdapat dua opsi belajar yaitu speaking dan juga listening. Jika Anda memilih speaking berarti Anda harus membaca kutipan yang ada pada Beelinguapp. Jika Anda salah dalam pengucapannya otomatis aplikasi akan mengoreksi pengucapan yang benar dari setiap kata pada kutipan tersebut.

Oiya berbeda dengan aplikasi lainnya yang menggunakan bot, pada aplikasi Beelinguapp ini menggunakan native speakers sehingga yang berbicara pada aplikasi Beelinguapp ini adalah orang asli.

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini tidak terasa kita bisa melakukan apa saja dengan mudah ya, termasuk juga dalam proses belajar. Berbeda dengan jaman dulu dimana kita harus bersusah payah jika ingin belajar suatu hal yang baru, sekarang kita sudah bisa belajar melalui smartphone yang kita miliki.

Nah itulah beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan untuk menambah wawasan dan juga meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris. Cukup dengan menginstall aplikasi-aplikasi diatas pada smartphone android kita, kita sudah bisa belajar bahasa Inggris dengan tanpa biaya alias gratis. 

 

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *