Syarat Perpanjangan SIM : Cara Perpanjang Hingga Biayanya

Syarat Perpanjangan SIM – Setiap pengemudi kendaraan bermotor memiliki kewajiban yang harus dipenuhi, salah satunya memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi. Tidak memiliki SIM artinya pengendara melanggar hukum karena tidak memiliki kelayakan mengendarai.

Untuk mendapatkan SIM setiap orang harus melalui proses yang tidak sulit. Cukup membayar 100 ribu dan mengikuti rangkaian tes tertulis hingga praktek. Jika gagal bisa mengulang proses dari awal sampai berhasil.

SIM memiliki peraturan harus diperpanjang setiap lima tahun sekali.Untungnya syarat perpanjangan SIM lebih mudah. Pengendara tidak harus memulai dari tes tertulis dan praktek. Kecuali jika lupa memperpanjang SIM maka proses harus diulang dari awal.

Maka dari itu jangan sampai lupa untuk memperpanjang SIM, karena telat satu hari saja harus memulai dari awal lagi yang prosesnya cukup panjang. Coba tengok, apakah SIM kamu sudah hampir masa berlakunya? Jika iya, segera lengkapi persyaratannya.

9 Syarat Perpanjangan SIM yang Harus Disiapkan

syarat syarat perpanjangan sim
Image: Tribunnewsbogor.com

Kira-kira apa saja sih persyaratan yang harus disiapkan pengendara untuk memperpanjang SIM? Informasi lengkap mengenai syarat memperpanjang SIM biasanya tertera di Polres terdekat. Tapi tentunya tidak banyak waktu bukan untuk jauh-jauh pergi ke sana.

Untuk itu, berikut ini informasi lengkap mengenai syarat syarat perpanjangan SIM apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memperpanjang SIM.

1. SIM lama asli yang sudah hampir habis masa berlakunya.

2. Fotokopi SIM sebanyak 2 lembar.

3. Fotokopi KTP pemilik SIM sebanyak 2 lembar.

4. Jika warga asing KTP bisa diganti dengan dokumen dari keimigrasian.

5. Surat keterangan sehat dari Puskesmas atau dokter.

6. Surat keterangan kesehatan mata dari dokter.

7. Surat lulus uji keterampilan simulator.

8. Mengisi formulir permohonan perpanjangan SIM

9. Membawa uang untuk biaya perpanjangan

Baca Juga  Ini Syarat Bayar Pajak Mobil Tahunan, Yuk Segera Lengkapi

Syarat perpanjangan SIM ini harus dipersiapkan baik itu untuk proses yang dilakukan secara langsung atau online.

Untuk bisa memperpanjang SIM ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Ketahui apa saja tempatnya setelah semua syarat terkumpul.

Tempat yang Bisa Dituju untuk Perpanjangan SIM

cara perpanjang sim
Image: regional.kompas.com

Pemerintah telah menyediakan banyak sekali fasilitas yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan perpanjangan SIM.

Melalui banyak fasilitas inilah masyarakat tak perlu berlama-lama mengantri. Berikut ini beberapa tempat yang bisa menjadi pilihan.

1. SIM Satpas

SIM Satpas atau Satuan Penyelenggara Administrasi SIM yang biasanya terdapat di Polres. Lokasi Satpas SIM tak hanya digunakan untuk memperpanjang tetapi juga pembuatan SIM. Jadi dapat dibayangkan betapa banyak antriannya jika memilih untuk memperpanjang di sini.

Karena berada di Polres maka jam pelayanannya pun mengikuti jam kantor. Pada hari Senin sampai Kamis dari pukul 09.30 – 15.00. Pada hari Jumat pukul 09.30 – 15.00 dan hari Sabtu pukul 09.30 – 12.00 sedangkan hari Minggu tutup.

Apabila ingin melakukan perpanjangan SIM di Satpas pastikan datang pagi hari bahkan sebelum jam pelayanan di buka. Karena biasanya sudah banyak masyarakat yang mengantri. Pelayanan yang diberikan adalah perpanjangan SIM apapun.

2. SIM Corner/ Gerai SIM

Tempat yang sering menjadi alternatif adalah gerai SIM atau SIM corner. Lokasinya biasanya berada di pusat perbelanjaan seperti mall. Tapi layanan yang diberikan hanya untuk perpanjangan SIM A dan C saja.

Walaupun hanya melayani dua perpanjangan SIM saja namun gerai SIM juga termasuk ramai setiap harinya. Jam buka mengikuti waktu buka mall yaitu pukul 10.00 namun hanya sampai pukul 15.00 saja dan pada hari Minggu tutup.

Baca Juga  Biar Ga Nyasar, Coba Instal 7 Aplikasi Petunjuk Jalan Ini

3. SIM keliling

SIM keliling adalah inovasi yang diberikan untuk menjangkau masyarakat yang jauh dari Satpas dan juga gerai SIM. Wujudnya adalah mobil khusus yang dilengkapi dengan petugas pelayanan perpanjangan SIM.

Karena dinamakan SIM keliling artinya mobil ini tidak menetap dan selalu melakukan rotasi setiap harinya. Untuk mengetahui kapan mobil SIM keliling ini melakukan pemberhentian biasanya diinformasikan melalui media sosial atau koran.

Sama seperti gerai SIM, SIM keliling hanya melayani perpanjangan SIM dan and C saja.

4. SIM Online

Cara perpanjang SIM terbaru yang merupakan inovasi untuk mengurangi antrian yaitu SIM online. Apa yang dimaksud online bukan berarti semua prosedur hingga SIM dicetak sendiri. Tujuannya adalah mempersingkat waktu dalam pengisian formulir dan pembayaran.

Jadi setelah pendaftaran SIM secara online dilakukan, masyarakat bisa menukarkan bukti pendaftaran, pembayaran serta syarat sisanya dengan SIM yang baru. Jadi tak perlu lagi mengantri di awal.

Kemanakah dokumen tersebut dibawa? Kamu bisa membawanya langsung ke Satgas, SIM keliling atau SIM corner.

Cara Perpanjangan SIM Secara Langsung

Cara Perpanjangan SIM Secara Langsung
Image: edorusyanto

Kini tidak bingung lagi bukan dengan syarat apa saja yang harus disiapkan dan di mana bisa dilakukan perpanjangan SIM? Selanjutnya adalah bagaimana cara perpanjang SIM dilakukan. Karena ada beberapa tempat maka prosesnya juga berbeda.

Satgas, SIM keliling dan juga gerai SIM adalah perpanjangan SIM yang dilakukan secara langsung. Semua syarat dikumpulkan kemudian proses dilakukan secara manual. Untuk lebih lengkapnya berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

1. Mengisi formulir perpanjangan SIM

Sesampainya di lokasi pastikan kamu sudah memiliki syarat yang dibutuhkan dari KTP asli dan fotokopinya, SIM asli dan fotokopinya, surat kesehatan dari puskesmas atau dokter. Nah setelah itu bisa mengambil formulir untuk perpanjangan SIM.

Jangan lupa untuk membawa pulpen sendiri untuk mempercepat pengisian formulir. Isilah formulir sesuai data asli dari KTP dan keperluan. Selesai mengisi formulir bisa ditumpuk di loket dan menunggu antrian sampai dipanggil. Formulir ditumpuk atau diberikan ke petugas bersama dengan syarat dokumen lainnya.

2. Melakukan tes mata

Jika sudah tiba giliranmu maka akan langsung dipanggil untuk melanjutkan ke proses tes mata. Karena sudah memiliki surat keterangan sehat maka hanya perlu dilanjutkan dengan tes mata.

Kamu akan melihat gambar dan harus menjawab dengan benar. Selesai menjawab akan dikenakan biaya sebesar Rp. 55.000 dan langsung mendapatkan surat tes kesehatan mata. Setelah itu kamu akan mendapat arahan untuk melanjutkan ke sesi foto.

3. Foto dan Pembayaran

Tanpa menunggu lagi kamu bisa langsung melakukan foto setelah tes kesehatan mata. Biasanya jika ramai kamu perlu menunggu satu atau dua orang saja. Tapi jika tidak bisa langsung dilakukan, jangan lupa berpakaianlah rapi agar hasil foto menarik.

Selesai foto petugas akan mengarahkanmu untuk langsung melakukan pembayaran. Nah uang yang sudah disiapkan sesuai dengan biaya perpanjangan SIM A atau C bisa dibayarkan di loket ini.

4. Pengambilan SIM

Selesai membayar biasanya SIM akan langsung jadi karena setelah foto SIM kamu biasanya akan langsung dicetak. Jadi tak perlu menunggu lama untuk proses pencetakannya.

Akhirnya SIM yang baru selesai dan bisa dipergunakan selama lima tahun ke depan.

Cara Perpanjangan SIM Online

cara perpanjang sim secara online
Image: Garasi.id

Apabila tidak sempat untuk melakukan pengisian formulir dan waktu lama untuk proses perpanjangan SIM secara langsung, kamu juga bisa memilih perpanjang SIM online. Langkah ini akan mempersingkat waktu pada saat pengambilan SIM.

Ada beberapa proses yang bisa dilakukan tanpa melalui gerai yaitu pendaftaran dan pengisian formulir, dan juga pembayaran. Langkah yang dilakukan di gerai SIM atau SIM keliling adalah foto, pengambilan sidik jari serta pengambilan SIM baru.

Nah bagi kamu yang lebih memilih melalui cara online bisa mengikuti langkah berikut ini.

1. Mendaftar melalui website

Hal pertama dilakukan adalah mengakses website sim.korlantas.polri.go.id Setelah masuk halaman depan cari meni pendaftaran SIM online. Selanjutnya akan diarahkan ke beberapa opsi.

Pilih menu perpanjangan SIM dan pilih jenis SIM yang ingin diperpanjang. Untuk layanan online hanya bisa memperpanjang SIM A dan C saja. Baru masukan nomor SIM yang saat ini masih berlaku dan hendak diperpanjang.

Isi juga dimanakah lokasi Satpas, Polda atau lokasi kedatangan yang nantinya dipilih untuk pengambilan SIM tercetak. Sebaiknya sebelum memilih perhatikan di manakah kamu hendak mengambil karena pengambilan selain tempat yang dipilih akan ditolak.

Apabila semua permohonan pendaftaran ini selesai di isi bisa lanjutkan dengan klik lanjutkan.

2. Mengisi formulir data pribadi

Selanjutnya akan muncul data formulir pribadi dari pemohon atau pemilik sim yang mengajukan perpanjangan. Isi data dengan valid dan sesuai KTP dan SIM lama.

Data yang dibutuhkan adalah nama lengkap, alamat, tinggi badan, golongan darah, dll. Data pribadi ini sudah tertera di KTP jadi cukup menyalin nya saja.

3. Mengisi data keadaan darurat

Maksud dari laman ini adalah untuk memberikan kontak dari keluarga atau teman terdekat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu kamu tak bisa dihubungi terkait permohonan perpanjangan SIM.

Akan muncul tiga informasi mengenai kontak orang yang bisa dihubungi untuk mengetahui keberadaan kamu. Informasi yang disampaikan adalah nama, hubungan dilengkapi dengan alamat serta nomor telepon, terakhir data sertifikasi.

Baca Juga  Berapa Denda Telat Bayar Pajak Motor ? Simak Cara Hitungnya

4. Konfirmasi dan menunggu email

Selesai mengisi semua data, maka akan muncul lokasi Satgas, gerai SIM, atau SIM keliling yang tadi telah dipilih di awal. Jika data sudah benar maka bisa klik lanjutkan. Kemudian tinggal menunggu email konfirmasi bahwa pendaftaran sudah selesai.

Email konfirmasi ini akan diterima maka akan muncul berapa biaya yang harus dibayarkan. Melalui email juga akan dijelaskan dimanakah dan bagaimana pembayaran bisa dilakukan. Kemudian lakukan pembayaran sesuai aturan yang telah diberikan, jangan lupa simpan bukti pembayaran.

5. Siapkan dokumen untuk pengambilan SIM

Pembayaran sudah selesai, artinya kamu tinggal melanjutkan perpanjang sim online dengan datang langsung ke lokasi. Dokumen yang harus disiapkan adalah e-KTP pemohon, SIM lama dan fotokopinya, surat keterangan sehat mata dari dokter, bukti registrasi online.

Siapkan juga bukti dari transfer pembayaran. Semua dokumen ini nantinya akan diserahkan ke lokasi pengambilan.

6. Pengambilan SIM

Proses pengambilan SIM ini dilakukan di lokasi yang telah dipilih saat mendaftar online. Untuk prosesnya, tinggal mengisi formulir dan menyerahkan semua berkas yang sudah disiapkan.

Tunggu giliran untuk dipanggil kemudian proses foto dan pengambilan sidik jari. Setelah itu SIM akan dicetak dan bisa dibawa pulang.

Biaya Perpanjang SIM yang Harus Dipersiapkan

biaya perpanjang sim

Selain menyiapkan syarat dalam bentuk dokumen, kamu juga harus mempersiapkan biaya untuk perpanjangan. Jumlahnya biasanya terus naik dari tahun ke tahun namun tidak banyak jadi jangan khawatir.

Biaya perpanjang SIM juga akan berbeda tergantung jenis SIM yang dimiliki. Berikut ini daftar biaya perpanjangan sekaligus biaya pembuatannya.

1. SIM A

SIM A adalah surat ijin mengemudi bagi pengendara mobil. Pembuatan baru SIM A dikenakan biaya sebesar Rp. 120.000. Biaya ini nantinya ditambah asuransi sebesar 30 ribu rupiah.

Sedangkan biaya perpanjangan SIM A adalah Rp. 80.000 dan masih ditambah biaya cek kesehatan mata Rp. 55.000 ketika melakukan perpanjangan di gerai SIM.

2. SIM B

SIM B adalah surat ijin mengemudi untuk pengendara mobil penumpang atau barang (B1). Ada juga SIM B2 untuk mengendarai alat berat seperti truk gandeng.

Pembuatan SIM B1 dan B2 ini sama yaitu Rp. 120.000. Perpanjangan SIM B akan dikenakan biaya 80.000.

3. SIM C

SIM C ini adalah yang paling banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia yaitu untuk mengendarai sepeda motor roda dua. Biaya pembuatan SIM C adalah Rp. 100.000 sedangkan biaya perpanjangan SIM C adalah Rp. 75.000.

4. SIM D

SIM D adalah surat ijin mengemudi bagi penyandang disabilitas. Untuk biaya pembuatannya dibutuhkan biaya Rp. 50.000, sedangkan biaya perpanjangannya Rp. 30.000.

Apabila ingin memperpanjang melalui SIM online maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000 untuk semua jenis SIM.

Kini sudah tahu bukan apa saja syarat perpanjangan SIM sampai pada biaya dan cara melakukannya? Tak perlu lagi bingung untuk melakukan perpanjangan SIM yang hanya dilakukan lima tahun sekali ini.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *