Ini Syarat Bayar Pajak Mobil Tahunan, Yuk Segera Lengkapi

Syarat Bayar Pajak Mobil – Membayar pajak tahunan bagi pemilik kendaraan bermotor seperti mobil adalah sebuah kewajiban. Tapi walaupun hal ini wajib, masih saja banyak yang mengabaikan peraturannya.

Contohnya tidak membayar pajak tepat waktu atau bahkan membiarkan saja hingga bertahun-tahun. Padahal kenyamanan berkendara juga ditentukan dengan surat-surat lengkap yang masih aktif.

Jika surat kendaraan mati, otomatis denda yang didapatkan ketika mendapat tilang akan semakin tinggi. Pemilik kendaraan juga harus membayarkan denda karena sudah lama tidak membayarkan pajak kendaraan.

Sebenarnya apa saja syarat bayar pajak mobil yang harus dilengkapi? Apakah proses pembayaran sulit seperti yang banyak diperkirakan? Daripada hanya berangan-angan tanpa informasi yang jelas, yuk simak syarat lengkapnya di sini.

Syarat Bayar Pajak Mobil yang Harus Dilengkapi

Syarat Bayar Pajak Mobil

Selain merasa kesulitan untuk membayar pajak kendaraan sendiri, kebanyakan pemilik mobil akhirnya menggunakan biro jasa perpanjangan surat tanda nomor kendaraan (STNK). Beberapa kesulitan tersebut dirasakan karena tidak lengkapnya surat-surat kendaraan.

Misalnya tidak ada KTP asli sesuai dengan nama dari pemilik kendaraan atau sudah terlalu lama dalam membiarkan pajak hingga dendanya membengkak. Padahal jika menggunakan biro jasa tentu biaya yang dikeluarkan juga akan lebih banyak.

Jika syarat-syarat lengkap tentu Anda bisa melakukan pembayaran sendiri tanpa harus ribet. Nah syarat-syarat yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

1. STNK asli mobil yang hendak diperpanjang dan difotokopi sebanyak 2 kali.

2. BPKB asli yang nantinya hanya ditunjukkan kepada petugas saat pendaftaran.

3. KTP asli dari pemilik kendaraan sesuai nama yang tertera pada BPKB mobil beserta fotokopinya.

4. Memberikan surat kuasa apabila orang yang memperpanjang bukanlah si pemilik kendaraan.

5. Mengisi formulir perpanjangan STNK yang bisa didapatkan di kantor samsat khusus untuk pembayaran pajak 5 tahun untuk melakukan cek fisik.

Mudah bukan syarat-syarat yang seharusnya dipenuhi? Apabila dilihat dari syarat tersebut, kebanyakan kendaraan paling sering bermasalah pada KTP. Dengan banyaknya jual beli mobil bekas maka KTP asli masih dari pemilik sebelumnya.

Supaya tidak merasa kesulitan saat perpanjangan STNK selanjutnya akan lebih baik jika Anda membeli mobil langsung melakukan balik nama. Sehingga nama asli dari pemilik kendaraan menggunakan KTP sendiri bukan orang lain.

Mengapa Bayar Pajak Kendaraan Harus Dilakukan?

bayar pajak mobil online

Walaupun sudah melihat bahwa syarat bayar pajak mobil tidaklah sulit untuk dikumpulkan namun kurangnya kesadaran masyarakat soal membayar pajak ini masih sangat kurang. Masih banyak yang beranggapan bahwa membayar pajak mobil bukan suatu keharusan.

Tidak banyak yang tahu bahwa rutin membayar pajak itu penting, bukan hanya untuk kenyamanan berkendara saja. Dasar tentang adanya pajak kendaraan bermotor telah diatur dalam Pasal 1 Undang-Undang nomor 20 tahun 2009.

Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa pajak yang dimaksudkan merupakan pajak atas kepemilikan dan atau penguasaan kendaraan bermotor. Subjek yang dimaksud sebagai kepemilikan bisa pribadi atau sebuah badan berupa organisasi atau perusahaan.

Nah jika soal acuan jumlah pajak juga telah diatur dalam UU yang sama pasal 5 yaitu disesuaikan dengan nilai jual kendaraan bermotor atau harga pasaran umumnya. Yang kedua adalah berat kendaraan itu sendiri yang bisa mengakibatkan kerusakan jalan atau pencemaran lingkungan.

Dilihat dari pasal 5 inilah mengapa jumlah pajak untuk setiap kendaraan baik itu jenis mobil, truk, motor bisa berbeda-beda biayanya. Jika memang sudah ada aturannya mengapa masih saja banyak yang tidak membayar pajak?

Kesadaran adalah hal yang paling penting dimiliki oleh seorang pemilik kendaraan bermotor seperti mobil. Jumlah pajak yang dimaksud telah tertera pada masing-masing STNK mobil yang bertuliskan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Coba buka lagi STNK mobil milik Anda, berapa besaran PKB yang dimaksudkan? Jumlah pajak berbeda-beda dan nantinya pajak ini akan digunakan kembali. PKB sendiri termasuk dari kelima jenis pajak di tingkat provinsi dan menjadi pendapatan daerah.

Total dari pajak yang dibayarkan nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan daerah. Misalnya saja digunakan untuk membangun jalan di setiap daerah, jadi pemilik kendaraan pun bisa tetap nyaman menggunakan jalan.

Dana pajak juga digunakan untuk meningkatkan sarana transportasi umum seperti bus atau angkot hingga kereta. Jadi bagi masyarakat yang tidak memiliki mobil, mereka tetap bisa pulang pergi dengan transportasi umum dengan nyaman.

Tidak memungkiri juga jika sewaktu-waktu Anda pergi dengan transportasi umum dan merasakan kenyamanan bukan? Jika semua pemilik kendaraan sadar dan rutin membayar pajak, tentunya pembangunan di setiap daerah tidak akan terhambat.

Jenis Pajak dan Tarif yang Harus Dibayarkan

Jenis Pajak

Berbicara soal membayar pajak, berapa sih sebenarnya jumlah pajak yang dibayarkan? Walaupun PKB adalah jumlah pajak, bukan berarti hanya itu saja yang dibayarkan karena masih ada administrasi dan biaya lainnya.

Sebelum masuk ke tarif, kenali dulu jenis pajak yang harus dibayarkan. Ada dua jenis pajak yang harus dibayar setiap rutin yaitu pajak tahunan yang dibayarkan setiap satu tahun sekali. Kedua adalah pajak lima tahunan yang dibayar lima tahun sekali.

Jenis pajak yang pertama yaitu pajak tahunan caranya lebih mudah, Anda bisa bayar pajak mobil online tidak harus langsung ke samsat. Tetapi untuk pajak lima tahunan mobil harus dibawa ke samsat untuk dilakukan cek fisik dan ganti plat nomor.

Baca Juga  Fungsi Alternator Pada Mobil dan Indikasi Terjadinya Masalah

Kedua jenis pajak ini juga bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan biro jasa atau calo yang memakan banyak uang. Syarat yang perlu dikumpulkan keduanya sama, yang berbeda hanyalah saat bayar pajak lima tahunan BPKB asli harus dibawa dan mengisi formulir cek fisik.

Kini soal tarif, berapa biaya pajak tahunan? Apakah berbeda dengan pajak lima tahunan? Tentu saja berbeda. Pajak tahunan lebih murah daripada pajak lima tahunan karena mobil akan ganti plat nomor dan di cek kelayakannya.

Dasar soal tarif ini sudah diatur dalam Undang Undang pasal 6 mengenai Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Ada dua peraturan yang ditetapkan sebagai berikut sesuai kepemilikannya :

1. Kendaraan bermotor pertama

Jika Anda hanya memiliki satu mobil maka akan dikenakan tarif sebesar 1% dan paling tinggi 2% saja.

2. Kendaraan bermotor kedua

Jika Anda memiliki dua kendaraan bahkan lebih maka biayanya ditetapkan progresif paling rendah 2% dan maksimal 10%. Jadi jika semakin banyak kendaraan yang dimiliki dalam satu nama atau KTP maka jumlah pajak juga meningkat.

Karena didasarkan dari undang undang daerah maka besaran biaya akan disesuaikan dengan aturan daerah masing-masing. Bisa lebih mahal bahkan jauh lebih murah.

Cara Menghitung Tarif Pajak Mobil

Cara Menghitung Tarif Pajak Mobil

Pajak yang dibayarkan setiap tahun sekali lebih mudah dihitung, jadi Anda bisa mempersiapkan besaran biayanya secara tepat. Khusus untuk pajak tahunan, rumus perhitungannya adalah :

PKB + SWDKLLJ + Administrasi pengesahan STNK

Cukup tiga hal tersebut yang juga telah tertera di STNK saat ini bisa dihitung. SWDKLLJ adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). PKB yang dibayarkan cara menghitungnya adalah 2% dikali nilai jual mobil.

SWDKLLJ untuk mobil adalah sebesar 143 ribu rupiah, sedangkan biaya administrasi sebanyak 50 ribu. Biaya PKB sendiri akan berubah-ubah setiap tahunnya karena nilai jual mobil yang juga berubah.

Sedangkan untuk menghitung pajak lima tahunan rumusnya adalah :

PKB + SWDKLLJ + Administrasi TNKB + Pengesahan STNK + Penerbitan STNK + Biaya lain

PKB dan SWDKLLJ cara menghitungnya sama seperti pajak tahunan. Sedangkan administrasi TNKB atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor adalah 100 rupiah. Pengesahan dan penerbitan STNK sebesar 250 ribu.

Siapkan uang lebih karena biasanya biaya administrasi seringkali berubah. Jangan lupa untuk membayarkan semua pajak ini secara rutin karena jumlah dendanya sangat tinggi yaitu 25% per tahunnya.

Dimanakah Bisa Membayar Pajak Mobil?

cara bayar pajak mobil

Setelah mengetahui semua syarat pajak mobil saatnya membayar. Tapi kemanakah Anda harus membayarkan pajak kendaraan bermotor? Saat ini sudah banyak sekali tempat yang melayani pembayaran pajak.

Bahkan Anda tidak perlu repot mengantri dan bisa melakukannya di rumah untuk perpanjangan STNK tahunan. Berikut ini beberapa tempat yang bisa jadi pilihan.

1. Kantor Samsat

Samsat atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap adalah tempat untuk melakukan registrasi identifikasi kendaraan bermotor dan pembayaran pajak kendaraan bermotor lengkap.

Samsat diciptakan untuk memudahkan administrasi yang terjadi antara Kepolisian, Dinas Pendapatan Provinsi serta Jasa Raharja. Karena sekali membayar pajak aliran dana bisa langsung masuk ke pos masing-masing.

Nah tempat pembayaran pertama yang bisa Anda lakukan adalah datang langsung ke kantor samsat. Setiap daerah pasti memiliki kantor samsat, datanglah ke lokasi terdekat pagi hari karena biasanya banyak yang mengantri.

Kantor ini juga memiliki jam buka berbeda-beda biasanya buka dari hari Senin sampai Sabtu.

2. Layanan Samsat Drive Thru

Lokasi untuk membayar yang kedua adalah menggunakan layanan Drive Thru dari samsat jadi tidak perlu turun dari mobil. Layanan ini biasanya berada di kota-kota besar saja. Namun supaya perpanjangan lancar, perlu diperhatikan untuk mengumpulkan syarat pajak mobil lengkap.

Jika kelengkapannya sudah diperhatikan maka prosesnya tidak akan memakan waktu berjam-jam hanya beberapa menit saja.

3. Samsat Keliling

Apabila lokasi Anda jauh dari kantor samsat atau layanan Drive Thru, sebaiknya pilih layanan samsat keliling. Layanan ini diadakan rutin setiap hari namun memiliki jadwal yang berbeda-beda.

Anda bisa mengecat jadwal samsat keliling setiap minggunya melalui koran dan akun media sosial dari kantor samsat. Karena tidak lewat di lokasi yang sama setiap hari Anda harus memperhatikan tanggal pembayaran pajak supaya tidak terlambat.

4. Kecamatan

Lokasi ini baru bisa diterapkan di wilayah Jakarta saja mengingat ada begitu banyak masyarakat yang juga rutin membayarkan pajaknya. Jika membayar di kecamatan Anda hanya bisa membayarkan pajak tahunan saja.

Biasanya kecamatan tidak terlalu ramai dikunjungi jadi Anda tidak perlu takut mengantri dan bisa datang di pagi hari.

5. E-Samsat

Tempat terakhir adalah bayar pajak mobil online di e-samsat. Cukup dengan datang ke laman yang sudah tersedia kemudian mengecek berapa biaya yang harus dibayarkan.

Jangan lupa isi formulir pembayaran dan proses bayar bisa dilakukan dengan transfer di ATM atau mbanking. Proses pembayaran melalui online kini telah banyak dilakukan, apalagi jika Anda sangat sibuk untuk meluangkan waktu sehari pergi ke kantor samsat.

Langkah-Langkah Pembayaran Pajak Mobil

Langkah Pembayaran Pajak Mobil

Baik itu pembayaran di samsat keliling, kantor samsat, kecamatan dan drive thru langkahnya kurang lebih sama. Yang berbeda adalah pembayaran secara online. Sedangkan untuk pembayaran pajak 5 tahunan hanya bisa dilakukan di kantor samsat saja.

Berikut ini langkah pembayaran pajak mobil tahunan di kantor samsat dan sejenisnya yang bisa dilakukan.

1. Lengkapi syarat dan ambil nomor antrian

Jika datang ke kantor samsat pagi hari, Anda bisa mendapatkan nomor antrian awal. Nah caranya cek dulu kelengkapan syarat-syaratnya dari rumah. Sesampainya di kantor, Anda bisa mengambil nomor antrian.

Jika melalui layanan drive thru dan samsat keliling Anda bisa melewati tahapan ini. Cukup cek kelengkapan berkas dari rumah.

2. Memberikan berkas-berkas

Jika nomor antrian sudah dipanggil, datang ke loket pertama untuk pengumpulan berkas-berkas. Di sini Anda tinggal menyerahkan berkas langsung ke petugas dan akan langsung dicek.

Jika data sudah lengkap maka petugas akan mempersilahkan Anda menunggu sampai nama sesuai pada kendaraan dipanggil.

Baca Juga  Overhaul : Pengertian, Fungsi, dan Ciri-Cirinya

3. Membayar pajak

Jika tiba giliran, nama pemilik mobil akan segera dipanggil untuk segera melakukan pembayaran. Anda bisa mendatangi loket kasir yang diberitahukan pada pengumuman.

Petugas akan memberitahu berapa jumlah biaya yang harus dibayarkan dan Anda tinggal membayar dengan uang tunai. Selesai membayar, Anda akan mendapat bukti pembayaran yang digunakan untuk mengambil STNK. Setelah selesai, Anda hanya perlu menunggu untuk pengambilan.

4. Pengambilan STNK

Setelah semua selesai tak lama nama pemilik kendaraan akan dipanggil untuk menuju ke loket pengambilan STNK. Di sini Anda bisa menyerahkan nota pembayaran yang tadi diberikan di kasir.

STNK yang sudah diperpanjang akan diserahkan baik yang lama dan yang baru beserta plastik tempat STNK secara gratis.

Langkah pembayaran pajak kendaraan di kantor samsat cukup simpel, namun pada kenyataannya antrian cukup panjang. Karena biasanya pada loket penyerahan berkas dan pembayaran akan jadi satu dengan pajak lima tahunan dan inilah yang membuat lama.

Cara Bayar Pajak Online 

cara bayat pajak online

Jika tak ingin antri bisa memilih bayar pajak mobil online dengan cara berikut ini.

1. Instal aplikasi Samolnas

Prosesnya dilakukan dengan menginstal Samolnas (Samsat Online Nasional). Aplikasi in gratis dan bisa langsung di instal ke smartphone.

2. Masukan data

Buka aplikasi yang selesai di instal kemudian masukan data dari nomor polisi kendaraan, NIK dari pemilik kendaraan sesuai BPKB. Terakhir adalah 5 digit terakhir dari nomor rangka kendaraan. Klik lanjutkan, sistem akan memproses selama satu jam jika data sudah benar.

3. Proses pembayaran

Selesai proses maka akan muncul tarif pajak serta kode yang digunakan untuk pembayaran. Kode ini hanya berlaku dua jam jadi harus dibayarkan secara langsung. Anda bisa membayar langsung ke bank atau transfer ATM.

4. Mendapatkan STNK baru

Bagaimana dengan STNKnya? Pemilik kendaraan yang sudah bayar pajak akan mendapat e-TBPKB atau pengesahan STNK elektronik yang berlaku selama 30 hari. Nantinya bisa digunakan untuk bukti bahwa sudah membayar pajak.

STNK yang sudah disahkan dalam pembayaran pajak nantinya akan dikirim langsung ke alamat yang diberikan oleh pemohon.

Perlu diketahui juga, pembayaran secara online hanya bisa dilakukan untuk pajak yang tidak terlambat dan pajak tahunan saja. Jika surat tidak lengkap serta terlambat bayar tetap harus ke kantor samsat.

Pembayaran telah dipermudah dengan berbagai cara, tinggal manakah cara tepat untuk dipilih. Jadi jangan lupa terus membayar pajak kendaraan bermotor Sahabat Tedas.id yah..

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *