Biar Ga Nyasar, Coba Instal 7 Aplikasi Petunjuk Jalan Ini

Petunjuk Jalan – Sering bepergian keluar kota sendiri dengan kendaraan pribadi? Pusing dengan jalan mana yang harus ditempuh karena tak familiar? Apalagi kamu perginya di malam hari, hmmm pasti susah liatin jalan.

Alhasil nyasar ke tempat yang jauh dari tujuan sering terjadi. Apakah kamu tipe yang sering seperti ini? Jika iya, maka kamu perlu menginstal aplikasi petunjuk jalan. Instal itu gratis kok jadi biar kamu nggak nyasar lagi.

7 Aplikasi Petunjuk Jalan Buat Perjalanan Nyaman

aplikasi gps
Image: Google Play Store.

Baik naik motor atau mobil petunjuk jalan itu sangat penting. Jika kamu pergi dengan seseorang yang memang terbiasa dengan jalan tersebut mungkin akan lebih mudah. Tapi bagaimana jika tidak? Perjalanan pasti jadi kacau.

Apalagi jika kamu pergi karena perjalanan dinas untuk bertemu klien. Karena nyasar bisa jadi klien keburu pergi. Untungnya di zaman modern ini gak perlu lagi harus membuka peta atau bergantung pada orang lain yang jadi penumpang.

Cukup dengan menggunakan aplikasi petunjuk arah perjalanan akan lebih lancar. Kamu juga bisa tahu posisi berada saat ini. Nah sebagai anjuran, berikut ini beberapa aplikasi peta yang akan membantu kamu dalam perjalanan.

1. Google Maps

Aplikasi pertama yang pastinya sudah tak asing lagi. Biasanya sudah tersematkan langsung tanpa harus instal karena Google Maps adalah aplikasi bawaan smartphone. Jika belum ada kamu bisa langsung mencarinya di Google Play dan instal.

Ada banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi Google Maps. Pertama kamu bisa mengaksesnya tanpa kuota atau sedang offline. Jadi perjalanan ke tempat-tempat yang jarang sinyal pun bukan suatu kendala.

Kedua kamu bisa dilihat estimasi waktu perjalanan ke tempat yang dituju sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Baik itu dengan berjalan kaki, naik motor, bus, mobil atau kereta. Waktu perkiraan ini akan berubah sesuai dengan padatnya lalu lintas.

Ketiga, memiliki fitur add stop di mana kamu bisa menambahkan lokasi lain yang ingin dituju seperti supermarket atau pom bensin. Soal peta kamu bisa melihat dengan jelas dengan memperbesarnya bahkan titik-titik belokan mana yang harus ditempuh.

Menggunakan aplikasi Google Maps sebagai petunjuk arah jalan dapat dipastikan kamu gak bakal kesulitan mencapai tempat tujuan tepat waktu.

Baca Juga  Ini Syarat Bayar Pajak Mobil Tahunan, Yuk Segera Lengkapi

2. Waze

Aplikasi lain sebagai alternatif Google Maps juga ada namanya Waze yang bisa di instal melalui Google Maps. Apa yang menarik dari aplikasi Waze?

Pertama adalah tampilan real time atau keadaan jalan yang sedang terjadi. Biasanya ini paling dibutuhkan untuk kamu yang melakukan perjalanan di wilayah kota. Penting sekali untuk tahu jalan mana yang macet dan tidak.

Kedua, pengguna jalan lain yang juga memanfaatkan aplikasi Waze bisa saling bertukar informasi saat itu juga. Apalagi jika jalan macet karena kecelakaan atau bencana. Update laporan ini sangat cepat didapatkan.

Ketiga, kamu akan mendapatkan saran alternatif jalan yang bisa ditempuh supaya lebih cepat sampai ke tujuan. Jadi tak perlu bingung lagi soal jalan yang dialihkan karena rekomendasi ini sangat akurat.

Satu lagi, aplikasi ini gratis dan bisa digunakan secara offline. Saat ini aplikasi Waze sudah digunakan hampir oleh 8 juta orang.

3. Voice GPS Driving

Bagi kamu yang berkendara menggunakan mobil, perlu aplikasi petunjuk arah jalan yang menggunakan suara. Supaya tidak terlalu fokus membaca peta dan terjadi kecelakaan, aplikasi GPS berbasis suara sangat dibutuhkan ketika menyetir sendiri.

Untuk bisa menggunakannya bisa langsung menyebutkan alamat tujuan tanpa harus mengetik. Kemudian aplikasi akan mencari secara langsung jalan yang bisa digunakan dengan beberapa pilihan rute.

Sejarah pencarian lokasi atau rute akan tersimpan dan dapat digunakan sewaktu-waktu membutuhkan. Melalui aplikasi ini juga akan terlihat berapa jarak tempuh antara dua lokasi. Kamu juga bisa memilih rute mana yang terdekat.

Tambahan fitur kompas membuat aplikasi ini akan memperlihatkan keadaan daerah dalam bentuk peta, satelit, teleskop, kamera, dan suasana malam. Tak perlu sedikit-sedikit berhenti untuk melihat peta jika sudah menggunakan GPS suara ini.

4. Multi Stop Route Planner

aplikasi maps
Image: play.google.com

Bagi kamu yang bekerja sebagai manajer di beberapa toko atau harus bertemu klien di banyak tempat rutin setiap hari, maka aplikasi gps biasa saja tidak cukup.

Karena ada banyak tempat yang harus dikunjungi maka mudah jika aplikasi yang digunakan bisa memasukan banyak tempat sekaligus. Solusinya adalah dengan menggunakan Multi Stop Route Planner ini.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa memasukan beberapa tempat sekaligus bahkan sampai 120 tempat tujuan. Otomatis kamu bisa langsung mengetahui melalui peta rute mana yang tepat tanpa harus merancang sendiri.

Apalagi jika kamu bekerja sebagai jasa pengantar yang harus mengantar paket tepat waktu. Otomatis rute menjadi perjalanan nomor satu. Selain itu perjalanan yang dilakukan bisa dilaporkan dalam bentuk PDF kepada atasan.

Aplikasi ini gratis untuk penggunaan maksimal 10 tempat, tepi jika lebih akan berbayar. Melalui aplikasi ini, kecepatan penghantaran bisa meningkat sampai 30% dan tanpa harus nyasar.

5. Offline GPS

Takut menggunakan aplikasi maps karena boros kuota internet? Apalagi jika kamu ingin bepergian ke tempat yang susah sinyal. Selain boros kuota biasanya aplikasi petunjuk jalan juga kerap kali menghabiskan baterai smartphone.

Tak ingin nyasar saat berkendara di wilayah asing, kamu bisa menggunakan aplikasi offline GPS. Fitur yang dimiliki aplikasi ini juga dilengkapi dengan suara jadi tak perlu khawatir untuk mengingatkan arah jalan mana yang tepat.

Hasilnya sangat akurat dan offline menjadi aplikasi yang sangat membantu untuk menemukan tempat-tempat menarik yang mungkin masih banyak belum diketahui. Aplikasi ini telah digunakan oleh puluhan ribu orang.

Baca Juga  7 Cara Menghilangkan Baret Mobil Biaya Murah Tanpa ke Bengkel

6. Avenza Maps

Bagi kamu yang suka berpetualang atau liburan di alam perlu menggunakan aplikasi petunjuk arah ini supaya tidak salah jalan. Aplikasi offline ini dibuat untuk penggunanya yang suka melakukan lintas alam.

Kamu bisa mengunduh peta yang dibuat sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya rute khusus untuk bersepeda atau berkemah. Setelah mengunduh setiap peta akan terlihat topografi masing-masing tempat secara jelas.

Jalur yang dilintasi bisa direkam dan langsung dibagikan ke orang lain untuk memperlihatkan perjalanan kamu. Ketika tersambung ke internet barulah kamu bisa membagikan rute perjalanan.

7. Route Finder

Aplikasi petunjuk arah jalan yang canggih dengan hasil akurat. Satu hal yang penting adalah history perjalanan tidak akan ditampilkan kepada pengguna lain. Semua akan tersimpan hanya dalam memori smartphone saja.

Kamu bisa menemukan berbagai macam tempat tujuan seperti sekolah, ATM, rumah sakit dan apapun yang dibutuhkan secara cepat. Ada banyak rute alternatif yang bisa dipilih supaya cepat sampai ke tempat yang dituju.

Berikan bookmark pada tempat-tempat yang sering dikunjungi seperti kantor supaya aplikasi akan mengakses langsung ketika dibutuhkan.

Di antara semua aplikasi petunjuk jalan ini, Sahabat Tedas.id bisa memilih manakah yang sesuai kebutuhan. Ditambah lagi masing-masing aplikasi ini tidak membutuhkan ruang banyak di dalam smartphone, jadi ringan untuk diinstal.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.