7 Cara Menghilangkan Baret Mobil Biaya Murah Tanpa ke Bengkel

Cara Menghilangkan Baret Mobil – Punya mobil baru lalu muncul baret setelah pertama kali digunakan? Pasti pusingnya bukan main. Eits tapi nggak perlu buru-buru ke bengkel loh untuk mengatasinya.

Ada banyak cara menghilangkan baret mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah, sehingga Anda tidak perlu langsung khawatir. Baret adalah masalah umum yang paling terjadi pada mobil dan akan sangat terlihat pada mobil yang memiliki cat warna hitam.

Munculnya baret atau lecet bisa disebabkan oleh kesalahan pengendara lain atau bahkan Anda sendiri yang tidak berhati-hati. Bagaimana cara untuk menghilangkan masalah baret atau lecet yang terlanjur merusak tampilan mobil? Yuk simak di sini cara-caranya.

Macam-Macam Cara Menghilangkan Baret Mobil Tanpa ke Bengkel

penghilang baret mobil

Sebelum mulai memilih cara yang tepat untuk menghilangkan baret, Anda perlu tahu tipe kerusakan seperti apa yang muncul.

Misalnya jika baret diakibatkan benda kasar seperti busa saat mencuci mobil maka masih mungkin untuk memperbaikinya sendiri. Artinya luka goresan hanya sampai pada permukaan cat saja dan tak perlu pendempulan di bengkel untuk memperbaikinya.

Beda cerita jika kerusakan bukan hanya sekedar lecet tetapi sampai merusak permukaan mobil. Contohnya saja bumper mobil yang penyok akibat tabrakan. Luka baret biasanya cukup dalam hingga memperlihatkan lapisan logam dari mobil belum lagi kerusakan peyok.

Jika kerusakan sudah sampai ke tahapan ini mau tak mau Anda harus pergi ke bengkel. Apabila kerusakannya masih dalam kategori aman, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara menghilangkan baret mobil berikut ini.

Baca Juga  Manfaat Bio Oil: Bahan, Kegunaan, Harga dan Cara Pakainya

1. Kompon, Senjata Ampuh Atasi Goresan

Kompon bisa dibilang senjata utama yang paling ampuh untuk mengatasi segala goresan yang terjadi pada kendaraan baik itu motor maupun mobil. Anda bisa membeli kompon di banyak tempat seperti toko aksesoris otomotif.

Biasanya kompon juga digunakan untuk mengembalikan tampilan kendaraan supaya kinclong. Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu bagian mobil yang baret dengan kain kering. Fungsinya supaya debu atau pasir tidak akan menambah luka goresan saat dipoles.

Kemudian ambil bahan kompon menggunakan kain katun bersih dan kering, usapkan pada permukaan yang tergores. Usap tanpa harus digosok terlalu kuat supaya cat tidak terkikis, goresan akan hilang seketika.

2. Tak Disangka Pasta Gigi Juga Bisa Menghilangkan Baret

Cara menghilangkan baret mobil yang kedua adalah memanfaatkan pasta gigi di rumah. Masalah baret yang bisa diatasi seperti baret ringan atau cat yang sedikit mengelupas.

Pasta gigi akan bekerja mengatasi lecet layaknya kompon. Jadi jika Anda tidak menemukan kompon di sekitar rumah alternatifnya bisa menggunakan pasta gigi.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, bersihkan terlebih dahulu permukaan mobil yang tergores menggunakan kain kering. Kemudian oleskan sedikit pasta gigi pada goresan baru ratakan menggunakan kain katun.

Pastikan juga kainnya bersih sehingga tak menambah goresan. Gosok ringan melingkar supaya cepat merata dan baret menghilang.

3. Minyak Rem Tak Hanya Berfungsi Sebagai Pelumas

Minyak rem juga berfungsi sebagai bahan penghilang baret mobil. Bedanya jika menggunakan kompon atau pasta gigi baret bisa cepat hilang, Anda perlu kesabaran di sini.

Perlu langkah berulang hingga hasilnya tampak, tapi pastikan bahwa minyak rem yang digunakan masih baru ya.

Mulailah dengan membersihkan bagian baret pada mobil menggunakan kain yang dibasahi. Setelah itu bersihkan dengan kain kering supaya tidak tertinggal noda air. Baru mulai usapkan minyak rem yang sudah dituang ke kain microfiber.

Jika sudah merata, bersihkan menggunakan kain microfiber yang baru dan kering. Ulangi langkahnya sampai baret hilang.

Baca Juga  Kucing Caracal: Ketahui 9 Hal Sebelum Memeliharanya

4. Lotion Anti Nyamuk Bisa Memulihkan Tampilan Mobil

Siapa sangka bahwa obat nyamuk cair yang biasanya dioleskan pada kulit memiliki manfaat lain untuk mengatasi baret pada mobil.

Lotion anti nyamuk adalah bahan yang sangat efektif untuk mengatasi baret dengan lebih cepat. Namun dalam penggunaannya juga harus berhati-hati karena cat bisa saja rusak karena cara yang salah. Lotion ini memiliki kandungan keras dan bisa merusak cat.

Cara menghilangkan baret mobil dengan obat nyamuk adalah dengan membersihkan bagian lecet menggunakan kain kering. Kemudian oleskan lotion anti nyamuk pada bagian baret di mobil dan hanya diamkan selama 10 sampai 20 detik saja.

Sesegera mungkin bilas lotion dengan air bersih. Bisa juga menggunakan kain yang dibasahi dan pastikan tak ada lotion yang tertinggal. Lotion anti nyamuk bekerja dengan cara menghilangkan lapisan coating paling atas pada mobil.

Jika dibiarkan terlalu lama akan merusak warna cat, jadi hanya cocok pada baret tipis yang muncul saja. Bahkan beberapa jenis cat mobil akan rusak karena tidak cocok dengan obat nyamuk cair ini, jadi berhati-hatilah dalam menggunakannya.

5. Cairan Amonia untuk Baret Pada Kaca Mobil

cara menghilangkan baret mobil yang dalam

Masalah baret tak selalu muncul pada bagian mobil yang berlapis cat tetapi juga bisa bagian kaca. Padahal kaca mobil biasanya sangat sulit untuk diperbaiki dan harganya tentu lebih mahal.

Baret pada kaca biasanya muncul karena wiper yang kotor, namun jika luka baret tidak parah Anda masih bisa mengatasinya dengan cairan amonia.

Pertama campurkan cairan amonia sebanyak 15 ml dengan air ½ liter. Semprotkan pada kaca yang tergores dan usapkan merata dengan kain yang kering. Biarkan cairan meresap beberapa saat kemudian bersihkan dengan kain baru yang kering.

Anda bisa mengulanginya hingga baret menghilang. Pastikan larutan air dan cairan amonia pas supaya tidak menimbulkan kerusakan.

6. Memanfaatkan Kain Microfiber yang Dibasahi

Bahan penghilang baret mobil paling sederhana lainnya adalah air. Pada saat musim hujan biasan lumpur dan pasir akan menempel pada body mobil dan mengering.

Inilah yang menyebabkan luka gores. Sebaiknya Anda langsung membersihkannya dengan menggunakan air bersih yang bertekanan tinggi.

Semprotkan air untuk melunakkan gumpalan lumpur bercampur pasir hingga hilang. Kemudian memanfaatkan kain microfiber atau kanebo yang sudah dibasahi untuk mengusap baret yang muncul.

Cara ini tak hanya mengatasi goresan tipis tetapi juga membersihkan mobil.

7. Mengamplas dan Mengecat Ulang

Keenam cara di atas lebih pada luka baret yang ringan, lalu bagaimana jika kerusakannya cukup dalam? Jika Anda masih tak ingin ke bengkel maka cara satu-satunya adalah dengan mengecat ulang asalkan tak ada kerusakan penyok ya.

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam bahkan ketika tampak lapisan logam pada mobil. Cukup dengan mengamplas dan menyemprotkan cat.

Kuncinya supaya mulus adalah memilih warna cat sesuai mobil. Pertama bersihkan bagian baret mobil dengan kain kering. Setelah itu lanjutkan dengan mengamplas permukaannya dan pastikan hati-hati.

Anda bisa menggunakan amplas halus kemudian dan cukup mengamplas di sekitar goresan saja. Jika perlu gunakan lakban untuk membuat area yang perlu di amplas.

Bersihkan semua debu bekas pengamplasan dan setelah bersih baru semprotkan cat mobil dengan warna yang sama. Cara ini perlu ekstra hati-hati, namun jika Anda sudah terbiasa maka tak perlu khawatir hasilnya.

Inilah berbagai macam cara menghilangkan baret mobil tanpa harus pergi ke bengkel. Sahabat Tedas.id bisa dengan tenang mengendarai mobil lagi dan jangan lupa selalu berhati-hati.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *