Daftar Harga 7 Merk Helm Cakil yang Ada di Indonesia

Helm Cakil – Helm adalah alat pelindung kepala yang wajib digunakan untuk pengendara sepeda dan juga sepeda motor. Bedanya helm untuk pengendara sepeda motor ada beragam jenisnya.

Dari waktu ke waktu ada banyak jenis helm yang diciptakan dan bentuknya pun sangat bervariasi. Saat ini, helm yang wajib digunakan di Indonesia harus memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Helm SNI dipercaya telah diuji coba kualitasnya dan memenuhi standarisasi yang dibutuhkan. Salah satu jenis helm yang tergolong unik dan disukai oleh kalangan tertentu adalah helm cakil.

Helm yang memiliki bentuk lebih tertutup pada bagian muka ini sebenarnya adalah helm bergaya retro yang pernah booming di jamannya. Namun saat ini beberapa pengendara lebih suka menggunakannya, apalagi pengendara motor trail. Mau tahu berapa harganya?

Daftar Harga Helm Cakil Berbagai Merk di Indonesia

Harga Helm Cakil

Berapakah harga helm berbentuk cakil? Jika dibandingkan dengan helm biasa, helm jenis ini harganya lebih mahal. Dilihat dari bentuknya saja, sudah terlihat bahwa helm ini tidak murah.

Jika helm biasa dijual dengan harga mulai dari 100 ribu, helm cakil bisa di harga 300 ribu rupiah dan itu yang paling murah. Harga yang lebih mahal tentu saja menentukan kualitasnya, semakin mahal semakin berkualitas.

Baca Juga  Fungsi Alternator Pada Mobil dan Indikasi Terjadinya Masalah

Bagaimana dengan keamanannya? Tentu saja lebih aman dibandingkan helm biasa. Ketika pengendara jatuh helm tidak mudah terlepas. Bentuknya yang menutup kepala hampir menyeluruh inilah penyebabnya.

Ditambah lagi desain yang menarik selalu dihadirkan pada helm cakil. Desainnya sangat berbeda dengan helm biasa yang hanya memiliki perbedaan warna saja. Ada beberapa model tertentu yang bahkan bisa dipesan.

Sebagai gambaran, sebelum Anda membeli helm model cakil, berikut ini daftar harga helm cakil dari beberapa merk yang ada di Indonesia.

1. Helm HBC cakil polos

helm cakil hbc
Image: otoflik.com

Merk helm yang pertama yaitu HBC adalah merk asli Indonesia tetapi sudah memenuhi SNI. Jadi tak masalah jika ingin menggunakannya. HBC sendiri mengeluarkan cakil polos tanpa ada kaca penutup.

Jenis bahan batok helm adalah ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) yang dilapisi busa tebal and dibungkus kain nylex. Menghadirkan warna-warna polos seperti white metallic, polos army, black doff, dll.

Harga cakil polos keluaran HBC ini adalah Rp. 365.000.

2. Helm HBC cakil pilot

Helm HBC cakil pilot
Image: otoflik.com

Masih dari helm merk HBC bentuk cakil, mengeluarkan desain helm pilot. Terdapat pelindung akrilik dengan beberapa pilihan warna serta motif. Khusus untuk helm model pilot, ada tiga desain yang tersedia.

Pertama desain captain america, warna polos seperti polos army, dan terakhir dengan stripe atau multiline. Harga helm ini berkisar Rp. 435.000.

3. Helm HBC cakil motif

Helm HBC cakil motif
Image: otoflik.com

Kalau yang satu ini banyak diminati oleh anak muda. Modelnya sama seperti cakil polos hanya saja ada beragam motif yang dibuat. Seperti motif scrambler, california, chopper, just ride, dll.

Sama seperti helm yang modelnya polos, helm ini tidak dilengkapi dengan penutup akrilik di bagian depan. Harganya yang pun sama seperti helm polos yaitu Rp. 365.000 untuk semua motif.

4. Helm INK cakil

Helm INK cakil
Image: Blibli.com

Merk helm yang kedua adalah INK, pasti sudah tidak asing lagi dengan merk ini. INK tak hanya memproduksi helm model cakil tetapi juga model biasa. Untuk model cakil, INK mengeluarkan satu model yaitu pilot.

Walaupun hanya tersedia satu model saja, namun INK memberikan varian motif. Ada yang motif polos hingga banyak motif. Untuk helm polos variannya gloss dan doff, sedangkan untuk yang bermotif memiliki tampilan gloss.

Harga helm INK cakil di pasaran adalah sekitar Rp. 465.000.

5. Helm KYT cakil

Helm KYT cakil
Image: otomotifo.com

Merk yang bersaing dengan INK adalah KYT. Merk KYT di Indonesia sudah sangat terkenal khususnya untuk helm biasa. Bagaimana dengan helm cakil? KYT juga mengeluarkan model cakil dan sama seperti INK, KYT hanya mengeluarkan model pilot saja.

KYT mengeluarkan model cakil dengan nama full face dan soal motif kebanyakan yang dijual adalah penuh motif. Baik itu warna biru, merah atau hitam pasti tersedia dalam banyak motif.

Soal harga, KYT full face dijual dengan harga Rp. 395.000.

6. Helm Cargloss cakil

Helm Cargloss cakil
Image: bukalapak.com

Helm merk cargloss menyediakan cakil dengan model retro. Ada yang menggunakan penutup akrilik dan tidak. Sesuai dengan merknya, helm ini tersedia dalam warna-warna polos dan glossy.

Jika ingin mencari cakil dalam merk ini bisa mencarinya dengan nama helm cargloss MXC. Namun untuk mendapatkan yang model ini cukup jarang dan beberapa harus memesan terlebih dahulu.

Untuk harga, biasanya dijual dengan harga Rp. 345.000.

Baca Juga  Ini Syarat Bayar Pajak Mobil Tahunan, Yuk Segera Lengkapi

7. Helm MDS cakil

Merk MDS ini cukup banyak diminati karena paling menarik dan harganya terjangkau. Ada dua pilihan model yaitu pilot dan juga retro. Keduanya juga tersedia dalam warna polos serta bermotif.

Semua model helm merk ini dilengkapi dengan kaca akrilik di bagian depan jadi pengendara akan aman menggunakannya. Harga helm cakil MDS model pilot sekitar Rp. 390.000 dan untuk model retro di harga Rp. 427.000.

Kebanyakan helm cakil biasanya dijual dalam satu ukuran, jadi akan lebih baik untuk membelinya harus mencoba terlebih dahulu. Pada saat membeli perhatikan kenyamanan penggunaan karena itulah yang terpenting dan juga harga diatas sewaktu waktu bisa saja berubah.

Dan ada baiknya menghindari untuk membeli helm model cakil yang tidak ada merknya apalagi tidak memiliki logo SNI. Helm yang murah dan tidak SNI tidak teruji keamanannya dan bisa membahayakan pengendara.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *