Sudah Idealkah Ukuran Garasi Mobil Anda? Cek Dulu Di Sini

Ukuran Garasi Mobil – Berencana membeli mobil baru? Apakah soal garasi sudah dipikirkan? Belum lagi jika ingin tukar tambah mobil ukuran kecil ke yang lebih besar. Soal garasi ini biasanya sering terlupakan pemilik rumah.

Padahal jika tidak mempertimbangkannya akan menjadi masalah yang sulit diatasi. Apalagi jika lahan yang dimiliki terbatas seperti di perumahan. Lahan sempit perlu perombakan besar jika Anda membeli mobil dengan ukuran besar.

Otomatis ruangan yang lain pun akan ikut bergeser dan perlu uang yang cukup banyak untuk renovasi. Maka ukuran garasi mobil harus dipertimbangkan sejak awal bahkan sebelum membeli mobil.

Mengetahui berapa ukuran garasi yang ideal tentu menjadi prioritas. Yuk ketahui berapakah ukuran idealnya.

Ukuran Garasi Mobil Standar yang Ideal

Ukuran Garasi Mobil Standar yang Ideal

Cara paling tepat untuk mengetahui berapa ukuran garasi yang tepat adalah dengan mencari tahu dimensi dari mobil. Namun karena setiap mobil berbeda-beda ada patokan khusus yang bisa dijadikan sebagai standar garasi.

Pertama adalah standar garasi dengan ukuran panjang 4,8m dan lebar 2,4m yang cocok untuk jenis mobil kecil. Misalnya saja mobil Karimun atau Honda Jazz. Kedua adalah standar ukuran panjang 6m dan lebar 3m.

Khusus untuk ukuran garasi mobil kedua adalah pilihan aman untuk mobil yang berukuran kecil dan juga sedang. Contohnya saja mobil tipe SUV seperti Grand Livina atau Kijang LGX. Namun kedua ukuran tersebut termasuk terlalu ngepres karena cukup untuk satu mobil dengan garasi kosong.

Baca Juga  Morris Mini dari Masa ke Masa hingga Menjadi Mini Cooper

Kebanyakan garasi biasanya tak hanya difungsikan sebagai tempat penyimpanan mobil saja, tetapi juga perkakas lain. Misalnya peralatan bengkel untuk memperbaiki mobil, maka dibutuhkan tambahan space untuk penyimpanan.

Oleh karena itu pertimbangan soal ukuran garasi perlu dipikirkan dengan matang, apalagi jika Anda berencana sekaligus merenovasi rumah.

Macam-Macam Ukuran Mobil

ukuran mobil

Langkah pertama yang bisa dilakukan selain menggunakan ukuran standar adalah mengetahui dan menyesuaikan dimensi mobil. Ukuran standar di atas adalah pilihan aman, tetapi akan lebih baik jika Anda mengetahui berapa dimensi mobilnya.

Berikut ini beberapa ukuran pada mobil yang paling banyak dimiliki masyarakat Indonesia :

1. Honda Brio : 3.640 mm x 1680 mm x 1.485 mm

2. Honda Jazz : 3.955 mm x 1.694 mm x 1.524 mm

3. Toyota Agya : 3.660 mm x 1.600 mm x 1.520 mm

4. Daihatsu Espass : 3.835 mm x 1.560 mm x 1.860 mm

5. Suzuki Ertiga : 4.395 mm x 1.735 mm x 1.690 mm

6. Mitsubishi Xpander : 4.475 mm x 1.750 mm x 1.695 mm

7. Nissan X Trail : 4.640 mm x 1.820 mm x 1.720 mm

8. Toyota Avanza : 4.190 mm x 1.660 mm x 1.695 mm

9. Toyota Fortuner : 4.795 mm x 1.855 mm 1.835 mm

10. Kijang Innova : 4.585 mm x 1.775 mm x 1.750 mm

Baca Juga  Mau Cuci Mobil Tak Boleh Asal, Ini 6 Langkah yang Tepat

Untuk ukuran mobil sudah sangat jelas dimensinya, namun untuk tinggi garasi yang paling aman adalah 2,5 sampai 3 meter. Berapapun panjang dan lebar mobil untuk tingginya rata-rata tidak jauh berbeda.

Contohnya saja untuk ukuran mobil Avanza, pada daftar diatas dimensinya adalah 4.190 mm x
1.660 mm x 1.695 mm. Maka ukuran garasi yang bisa diperkirakan adalah 6 meter x 3 meter x 2,5 meter. Ukuran ini cukup pas dengan mobil.

Unsur-Unsur Penting dalam Garasi Mobil

Unsur-Unsur Penting dalam Garasi Mobil

Selain dimensi mobil ukuran yang harus diperhatikan adalah kenyamanan jarak antara mobil dengan dinding. Belum lagi jika ingin menempatkan rak sebagai tempat perkakas. Perlu dipertimbangkan berapa ukuran rak yang digunakan.

Jika panjang mobil adalah 4 meter ke atas, maka dibutuhkan sisa 2 meter setidaknya supaya leluasa dalam bergerak di dalam garasi. Jika ingin memasang rak maka panjang atau lebar garasi bisa diperluas sesuai ukuran rak.

Pastikan perangkat yang dipasang di dinding tidak mepet dengan mobil. Selain ukuran garasi mobil, ada beberapa unsur yang harus diperhatikan agar garasi nyaman dan aman digunakan.

1. Desain

Desain garasi sangat bervariasi dan perlu disesuaikan dengan desain rumah. Namun ada dua jenis garasi yang paling sering digunakan yaitu bentuk ruang di dalam rumah dan juga carport.

Garasi yang berbentuk ruangan mampu memberikan perlindungan pada mobil secara lebih. Seperti melindungi dari kelembaban, debu atau kotoran serta lebih aman. Berbeda dengan carport yang merupakan garasi semi terbuka.

Biasanya carport dibuat ketika terdapat sisa tanah dan cukup menambahkan pintu gerbang serta atap. Perlindungan terhadap kelembaban tidak maksimal, tetapi setidaknya lebih aman daripada mobil diparkir di luar rumah.

Manakah desain yang akan dipilih bisa disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki.

2. Pintu Garasi

Selanjutnya adalah pintu garasi, ada banyak pilihan jenis sesuai bahan dan desain. Tapi untuk pintu yang perlu diperhatikan adalah adanya lubang angin. Sirkulasi udara dibutuhkan supaya ruangan tidak lembab dan muncul jamur.

Pintu bisa dipilih semenarik mungkin dengan model dan warna yang unik. Karena pintu garasi akan tampak menonjol sebagai bagian dari rumah. Pintu juga sebaiknya dipilih yang ukurannya paling lebar.

Perhatikan cara melipat pintu, baik itu pintu yang didorong atau dilipat. Khusus pintu lipat biasanya akan menghabiskan beberapa ruang. Pastikan ukurannya lebih dari lebar mobil sehingga memudahkan parkir.

3. Lantai Garasi

Unsur lain yang tak kalah penting adalah lantai pada garasi. Pemilihan jenis lantai akan menentukan ketahanan dan kenyamanan penggunaannya. Beberapa lebih memilih lantai beton yang dilapisi epoxy supaya kuat.

Lantai epoxy memang kuat, namun untuk membuatnya perlu biaya yang lebih mahal. Jika ingin lebih murah gunakan jenis lantai keramik atau granit yang memiliki pori kecil. Selain itu pilih juga lantai yang bertekstur.

Tujuannya adalah supaya lantai tidak mudah licin dan membuat tergelincir ketika sedang memarkirkan mobil. Belum lagi lantai pastinya akan sering kotor terkena oli yang perlu perawatan lebih banyak.

Baca Juga  Ini Syarat Bayar Pajak Mobil Tahunan, Yuk Segera Lengkapi

4. Akses Jalan Masuk

Bagi Anda yang berencana untuk membuat garasi baru maka pertimbangkanlah akses jalan masuk. Apalagi jika di depan rumah adalah gang yang cukup sempit. Maka panjang mobil dan memperkirakan bagaimana mobil dapat masuk ke garasi adalah hal penting.

Akses jalan ini nantinya juga akan menentukan desain serta peletakan garasi pada bagian rumah. Bukan masalah jika di depan rumah adalah akses jalan yang cukup lebar tetapi jika sempit maka perhatikan ukurannya.

Setidaknya untuk akses jalan harus lurus dan disesuaikan dengan diameter mobil. Mobil memiliki diameter putaran yakni 12,2 meter hingga 15,2 meter. Lebar jalan hingga pintu masuk garasi setidaknya memiliki ukuran tersebut.

Perawatan Garasi Mobil yang Perlu Diperhatikan

ukuran mobil avanza

Selain ukuran garasi mobil, Anda perlu memperhatikan soal perawatannya. Garasi boleh saja dibuat luas dan lengkap dengan rak atau lemari penyimpanan perkakas.

Akan tetapi perawatan yang tepat akan membuat garasi bersih dan nyaman digunakan. Ada beberapa perawatan yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

1. Hindari mencuci mobil dalam garasi

Perawatan pertama yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah mencuci di dalam garasi. Mencuci mobil di dalam garasi akan membuat lantai dan dinding menjadi kotor. Air mampu merembes ke dalam dinding dan lantai sehingga menimbulkan jamur.

Ditambah lagi mencuci mobil di dalam ruangan tentu tak akan membuat pergerakan leluasa. Kotoran tetap masih menempel dan mobil tidak bersih sempurna.

2. Membersihkan secara rutin

Bersihkan garasi secara rutin sama seperti membersihkan rumah. Apalagi jika terdapat tetesan oli maka harus segera dibersihkan. Supaya mudah dibersihkan dan tidak muncul genangan air, lantai seharusnya dibuat miring ke depan.

Rapikan semua perkakas segera setelah digunakan supaya tidak ada perkakas yang hilang atau rusak. Buka pintu garasi beberapa hari sekali supaya sirkulasi udara dan cahaya masuk ke dalam ruangan.

Soal ukuran garasi mobil cukup simpel untuk dipilih karena sudah ada dimensi mobil sebagai patokan. Sisanya adalah bagaimana Sahabat Tedas.id ingin mendesain dan merawat garasi agar selalu bersih dan aman untuk parkir kendaraan di rumah.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.