Mau Cuci Mobil Tak Boleh Asal, Ini 6 Langkah yang Tepat

Cuci Mobil – Selain servis secara rutin, mencuci mobil adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Ada banyak kotoran atau debu yang bisa masuk ke bagian bawah mobil dan menempel langsung pada mesin.

Debu dan lumpur bisa kering dan menjadi kerak sehingga mempengaruhi kinerja mesin. Jika tak ingin mobil baru menjadi rusak hanya gara-gara malas mencuci maka selalu jagalah kebersihan.

Kegiatan cuci mobil juga tak bisa dilakukan sembarangan. Bagian interior dan eksterior perlu dibersihkan secara terpisah. Tak heran jika di tempat pencucian mobil yang bagus perlu waktu lama untuk mencuci satu mobil saja, biayanya pun tidak murah.

Sebenarnya bisa saja melakukan pencucian mobil sendiri di rumah, asalkan alat dan cara yang digunakan tepat. Mau tahu seperti apa caranya? Ikuti langkah-langkahnya di sini.

Peralatan yang Disiapkan untuk Cuci Mobil

alat cuci mobil

 

Sebelum mulai mencuci, tentunya peralatan harus siap sedia. Jangan sampai di tengah-tengah mencuci ada beberapa alat yang kurang dan harus mencarinya. Alat yang dibutuhkan sebenarnya simpel yaitu sponge, air sabun, alat penyemprot dan pengering.

Tapi bukan sekedar air yang dikeluarkan melalui selang, sebaiknya air memiliki jenis tekanan yang berbeda. Tekanan ini yang akan membersihkan debu dan kerak lainnya supaya mudah mengelupas.

Sabun yang digunakan juga tidak bisa sembarangan, ada beberapa jenis sabun atau shampo mobil khusus yang bisa digunakan. Berikut ini alat-alat yang perlu dipersiapkan.

1. Sabun khusus untuk mobil

Sabun yang dijual biasanya memiliki PH yang rendah sehingga membuat cat mobil tetap aman. Beberapa merk shampo mobil bahkan dilengkapi dengan bahan tertentu yang membuat tampilannya mengkilap.

Kamu bisa membeli 3M car wash gold series jika ingin melindungi mobil dari korosif. Formulanya juga dirancang untuk menciptakan hasil tampilan yang mengkilap.

Jika ingin menggunakan yang lebih murah bisa memilih KIT wash dan glow. Sabun merk KIT ini juga ada versi untuk motor dan harganya paling murah. Sabun ini juga akan membuat tampilan mobil menjadi mengkilap.

2. Semprotan air

Alat untuk menyemprotkan air ketika mencuci mobil ada sendiri yang akan memberikan variasi tekanan sesuai dengan apa yang dicuci. Alat ini tak hanya bisa digunakan untuk cuci mobil saja tetapi area rumah dan kendaraan lainnya.

Beberapa alat dijual dengan harga ratusan ribu sampai jutaan. Jika ingin yang ratusan ribu bisa memilih alat H&L QL-1900. Alat ini dilengkapi dengan selang bertekanan tinggi sepanjang 5 meter dan selang air 1 meter.

Alat cuci mobil yang harganya jutaan salah satunya adalah Nilfisk keluaran Jerman yang membutuhkan daya 1.100 watt. Tekanan yang diberikan bisa mencapai 105 bar jadi sangat kencang tapi ini bisa disetel kok.

3. Busa/ Sponge

Tak ketinggalan untuk menggosok ringan kotoran serta debu dibutuhkan busa atau sponge. Busa yang digunakan tidak boleh busa untuk mencuci piring karena termasuk kasar dan bisa menimbulkan baret pada cat.

Pilih jenis busa yang halus dan ukurannya besar. Harganya pun sangat murah paling mahal hanya 50 ribu rupiah. Beberapa merk yang direkomendasikan seperti Microfiber Wash Pad, Smart Sponge, atau Kameko.

Sebenarnya ada banyak jenis busa yang digunakan seperti ada yang terbuat dari kulit bulu domba, selulosa atau urethane. Tapi karena hanya mencuci di rumah tak perlu membeli terlalu banyak. Cukup sediakan dua untuk berjaga-jaga dan pastikan busa masih bersih dan bagus ya.

Baca Juga  7 Cara Menghilangkan Baret Mobil Biaya Murah Tanpa ke Bengkel

4. Kanebo

Alat untuk cuci mobil selanjutnya adalah kanebo. Setelah mobil dibilas dari sabun maka harus segera kering. Jika tidak bekas air akan menempel dan susah dihilangkan. Untuk menyerap air menyeluruh bisa menggunakan kanebo.

Kanebo sebenarnya adalah kain lap merk dari Jepang yang terbuat dari bahan microfiber sintetik. Bentuk kainnya seperti karet dan sangat meresap air, tapi perlu diingat untuk menjaganya tetap lembab supaya tidak mengeras.

5. Wax

Wax dibutuhkan sebagai bahan poles mobil setelah kering dan membuat mobil lebih mengkilap, menyamarkan goresan serta membuat debu tidak mudah menempel. Cara memolesnya cukup dengan kain katun yang kering.

Beberapa merk wax yang direkomendasikan adalah Getf7 Metallic Crystal Wax yang akan membuat mobil mengkilap tahan dua bulan. Merk lainnya adalah Premium Wax yang harganya lebih murah.

6 Langkah Tepat untuk Cuci Mobil Sendiri

Langkah Tepat untuk Cuci Mobil Sendiri

Saatnya mencuci, untuk memulai bisa dilakukan pada bagian eksterior terlebih dahulu. Lakukan kegiatan mencuci di pagi hari supaya terlihat jelas bagian mana yang masih kotor.

Ditambah lagi lakukanlah bersama satu orang lain lagi supaya cepat selesai. Apabila sudah siap cuci mobil lakukan langkah berikut ini.

1. Membersihkan debu dan kerak

Semprotkan mobil dengan alat penyemprot bertekanan. Buat tekanan yang tidak terlalu tinggi supaya tidak merusak cat, tapi pada bagian area ban bisa menggunakan tekanan tinggi. Fungsinya supaya kerak seperti lumpur hilang.

Pastikan semua bagian mobil terbasahi dengan air dan debu serta kerak yang menempel hilang. Pasir juga tidak boleh menempel supaya tidak menimbulkan baret. Arah menyemprot juga sebaiknya dari atas ke bawah supaya kotoran terjatuh.

2. Memberikan sabun

Campurkan shampo mobil ke dalam air di ember kemudian masukan busa dan bersihkan mobil dengan sabun. Tak perlu menggosok terlalu keras karena kotoran nantinya juga akan hilang.

Untuk bagian dalam bemper mobil jangan gunakan busa, tetapi bisa memanfaatkan sikat karena biasanya masih ada lumpur keras yang melekat. Mulai dari bagian atas mobil terlebih dahulu baru bagian area ban.

Baca Juga  Fungsi Alternator Pada Mobil dan Indikasi Terjadinya Masalah

3. Membilas mobil

Selesai memberikan sabun saatnya untuk membilas. Caranya juga sama seperti menyemprotkan air pertama kali, namun sebaiknya kurangi tekanan airnya.

Bilaslah dari bagian atas ke bawah supaya sabun turun dan mobil menjadi bersih. Jangan lupa semprotkan dengan tekanan sedikit tinggi pada bagian dalam bumper.

4. Pengeringan

Jika sudah selesai membilas dan sabun benar-benar bersih, baru gunakan kanebo untuk mengeringkan. Jangan gunakan kain katun kering karena akan meninggalkan debu dan penyerapan tidak merata.

Setiap kali kanebo penuh air segera peras dan pastikan tak ada bekas air yang muncul. Saat mengelap dengan kanebo usahakan bergerak dengan cepat.

5. Pemolesan

Tahapan terakhir adalah memoles seluruh bagian mobil dengan wax. Caranya dengan menggunakan kain katun yang kering, jika bisa yang baru dan masih bersih.

Oleskan sedikit wax dengan kain katun kemudian gosok dengan tekan perlahan. Gosok sampai merata dan tidak menumpuk di satu sisi sehingga warna mobil akan kembali mengkilap.

6. Membersihkan interior

Untuk membersihkan interior mobil, dibutuhkan mesin vakum kecil. Namun perlu diperhatikan, sebelum membersihkan interior sebaiknya tinggi mobil selesai dipoles sehingga air tidak masuk ke dalam.

Beberapa merk vacuum cleaner yang kecil seperti Denpoo, Bolde Hoover, Sayota, atau Heles. Harga mesin vakum ini juga murah hanya ratusan ribu. Bentuknya kecil jadi bisa disimpan di dalam mobil.

Mudah bukan alat cuci mobil yang harus disiapkan sekaligus langkah-langkahnya. Kini tak perlu lagi pergi ke tempat cucian mobil.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.