Peraturan dan 4 Gaya Teknik Dasar Lompat Jauh Untuk Pemula

Teknik Dasar Lompat Jauh – Lompat jauh merupakan cabang olahraga atletik untuk nomor lompatan yang tujuannya menguji kemampuan daya gerak tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain.

Cabang olahraga yang satu ini tentu dilakukan sesuai dengan peraturan, baik untuk teknik dasar dan juga peraturan tempat permainannya.

4 Teknik Dasar Lompat Jauh

teknik lompat jauh
Mendapatkan hasil lompatan dengan jarak yang sejauh-jauhnya adalah tujuan dari olahraga ini. Jika ingin melakukan gerakannya dengan baik, maka sudah seharusnya seseorang mengetahui terlebih dahulu seperti apa teknik dasar untuk melakukan gerakan lompat jauh.

Lompat jauh sendiri menjadi salah satu cabang olahraga atletik dengan gerakan melompat serta mengangkat kaki ke depan tubuh. Gerakan tersebut bertujuan untuk membawa berat tubuh selama mungkin saat melayang di udara. Pada prinsipnya, lompat jauh memiliki empat teknik dasar.

1. Teknik Awalan

Salah satu dari empat teknik dasar lompat jauh yang harus dilakukan dalam olahraga lompat jauh, yaitu adalah teknik dasar awalan. Tujuan gerakan ini dilakukan oleh peserta adalah untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi sebelum melakukan gerakan tolakan pada papan tumpu.

Untuk yang masih pemula, gerakan awalan ini dapat dilakukan dengan mengambil jarak awalan yang tidak terlalu jauh. Jarak yang dipilih untuk melakukan gerakan awalan dapat berbeda-beda tergantung dari kemampuan masing-masing atlet atau orang.

Adapun posisi kaki untuk awalan pada teknik dasar lompat jauh tergantung kebiasaan setiap peserta dan yang paling penting adalah kenyamanan bagi setiap atlet. Ada yang menggunakan posisi kaki kanan di depan, ada yang kaki kiri di depan, dan bahkan ada melakukan awalan dengan dua kaki sejajar.

Saat melakukan awalan pada cabang olahraga atletik lompat jauh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut:

– Jarak awalan

Dalam cabang atletik lompat jauh, awalan dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan atlet itu sendiri. Ada yang bisa mencapai kecepatan maksimal hanya dalam jarak pendek dengan jarak awalan kurang lebih 30-35 meter.

Sementara itu, ada pula atlet lompat jauh yang membutuhkan jarak relatif jauh untuk bisa mencapai kecepatan maksimal dan jarak awalan biasanya harus lebih jauh sekitar 30-45 meter.

– Posisi berdiri

Posisi berdiri untuk teknik dasar lompat jauh sebagai awalan dapat dilakukan dengan posisi kaki sejajar atau bisa juga dengan posisi salah satu kaki berada di depan. Masing-masing atlet dapat memilih posisi berdiri sesuai kebiasaan dan kenyamanan.

Cara pengambilan awalan untuk nomor atletik lompat jauh adalah dengan lari perlahan-lahan dan kemudian lari cepat atau sprint. Masing-masing atlet harus dapat mempertahankan kecepatan ini hingga mendekati waktu untuk melakukan tumpuan/tolakan.

– Mengurangi kecepatan sebelum menumpu

Sekitar 3-4 langkah terakhir untuk mencapai papan tumpu, gerakan lari dilepas secara spontan dan tanpa mengurangi kecepatan yang sudah berhasil dicapai. Atlet harus dapat konsentrasi, menyiapkan tenaga, dan fokus untuk persiapan menumpu atau menolak di papan tumpu.

Baca Juga  Sepele Namun Penting, Ini 7 Perbedaan Jalan dan Lari

2. Teknik Menumpu

Menumpu merupakan salah satu teknik dasar lompat jauh yang gerakannya penting dan menentukan hasil lompatan yang sempurna. Pada teknik menumpu ini, atlet melakukan tolakan menggunakan kaki yang terkuat pada sebuah papan atau balok tumpuan.

Posisi badan tidak boleh terlalu condong pada saat melakukan tumpuan. Gerakan ini juga harus kuat, cepat dan aktif. Atlet perlu memperhatikan keseimbangan badan supaya tidak goyang. Untuk menjaga keseimbangan dan menambah ketinggian dibantu dengan gerakan ayunan lengan

Ada beberapa unsur dalam teknik dasar lompat jauh yang harus diperhatikan untuk melakukan gerakan tolakan, antara lain adalah sebagai berikut:

– Kaki yang kuat digunakan untuk tumpuan atau tolakan dalam lompat jauh

– Menumpu dengan tumit terlebih dahulu dan kemudian diakhiri di bagian ujung kaki

– Usahakan badan condong ke belakang, sesaat sebelum melakukan tumpuan

– Bertumpu tepat di papan tumpuan tanpa melewati batas

– Ketika bertumpu sebaiknya kedua lengan ikut diayun ke depan atas

– Kaki diangkat dan diayun ke depan hingga sejajar dengan pinggul

– Menumpu dengan posisi lutut ditekuk.

3. Teknik Melayang

Teknik dasar lompat jauh yang selanjutnya adalah melayang untuk lompat jauh dilakukan setelah meninggalkan papan tumpuan. Keseimbangan badan harus tetap terjaga saat melakukan gerakan ini. Ayunan kedua tangan juga dapat membantu atlet untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Teknik lompat jauh untuk gerakan melayang dapat dilakukan dengan 2 cara sebagai berikut:

– Sikap jongkok

Saat menumpu, atlet perlu mengayunkan kaki dengan mengangkat lutut setinggi-tingginya, dan kemudian disusul dengan kaki tumpu. Sebelum melakukan pendaratan, posisi kedua kaki dibawa ke depan untuk persiapan mendarat.

– Sikap menggantung

Dalam sikap ini, kaki ayun dibiarkan tergantung lurus pada waktu menumpu. Tubuh diusahakan tegak, disusul oleh kaki tumpu dengan lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan. Lalu, kedua lengan direntangkan ke atas.

4. Teknik Mendarat

Dalam melakukan gerakan mendarat, atlet harus berupaya untuk bisa mendarat dengan sebaik mungkin. Bagian badan atau lengan jangan sampai jatuh ke belakang agar tidak mengurangi jarak lompat.
Pendaratan pada bak lompat dilakukan dengan kedua kaki dalam posisi rapat dan dimulai dari kedua tumit.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat mendarat adalah posisi kedua kaki harus mendarat secara bersamaan. Kemudian diikuti dengan dorongan pinggul sedikit ke arah depan. Hal tersebut dapat mengantisipasi agar badan tidak jatuh ke belakang yang bisa berbahaya untuk tubuh atlet itu sendiri.

3 Jenis Gaya dalam Lompat Jauh

lapangan lompat jauh
Secara umum terdapat 3 jenis gaya dalam olahraga cabang atletik lompat jauh, seperti gaya jongkok, gaya menggantung, dan gaya berjalan di udara.

1. Lompat Jauh Gaya Jongkok

Gaya jongkok atau Tack Style atau gaya Ortodock adalah jenis gaya yang paling tua. Gaya jongkok ini juga menjadi yang paling mudah untuk dilakukan. Sesuai dengan namanya, saat melompat atlet melakukan gerakan menekuk kedua kakinya seperti posisi sedang jongkok.

Saat melakukan jenis gaya ini, tumpuan yang dilakukan harus tepat dan kuat. Pada saat tubuh melayang di udara, tekuk kaki layaknya orang yang sedang berjongkok. Jenis gaya ini membuat badan condong ke depan. Saat mengatur pendaratan, atlet perlu mengibaskan tangan ke belakang.

2. Gaya lompat jauh berjalan di udara

Jenis gaya berjalan di udara atau walking in the air dilakukan dengan mengayun kaki belakang dengan kuat saat berada di udara. Gerakan kaki ke atas ini seperti seseorang yang sedang melangkah atau berjalan di udara. Gaya berjalan di udara termasuk salah satu yang banyak dilakukan oleh para atlet.

Saat melayang di udara, peserta dapat menggerakan kaki seperti saat berjalan di tanah. Kemudian untuk mendarat, bagian lengan dan tubuh bertumpu ke arah depan dengan kaki dijulurkan untuk sesaat.

Baca Juga  Selain Menyehatkan, Ini 11 Manfaat Skipping Lainnya

– Gerakan awalan

Cara melakukan awalan untuk gaya lompat jauh ini dapat dengan lari cepat pada lintasan berjarak 40-45 meter. Lakukan tolakan menggunakan kaki yang terkuat agar dapat mengubah kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal.

– Gerakan saat melayang

Gerakan dilakukan dengan mengayun kaki ke belakang sekuat-kuatnya. Kemudian gerakan kaki yang digunakan untuk tumpuan untuk melangkah di udara sehingga menciptakan gerakan berjalan di udara sesuai nama jenis gaya dalam lompat jauh walking in the air.

– Gerakan pendaratan

Cara melakukan pendaratan yang aman adalah dengan meluruskan kedua kaki dan tangan ke depan, badan condong ke depan, dan kedua lutut ditekuk segera saat tumit menyentuh pasir.

3. Gaya menggantung

Gaya menggantung atau hang style dilakukan dengan membiarkan kaki tergantung lurus saat melakukan tolakan. Atlet harus bisa mengusahakan agar posisi tubuh selalu tegak.

Gaya lompat jauh menggantung atau melayang dilakukan dengan kaki terkuat untuk tumpuan. Bagian lutut ditekuk dan pinggul didorong ke depan untuk menyeimbangkan tubuh. Saat melayang, posisi tangan direntangkan lurus ke atas seperti sedang bergantung.

– Gerakan awalan

Awalan dilakukan dengan lari hingga kecepatan maksimal dan kemudian melakukan tolakan dengan kuat pada papan tolakan.

– Gerakan saat melayang

Pada saat badan di udara, gaya lompat jauh yang satu ini dilakukan dengan posisi badan seimbang dan melayang selama mungkin di udara. Kedua tangan di atas kepala, seperti sedang berayun.

– Gerakan pendaratan

Usahakan mendarat dengan sebaik-baiknya, dengan posisi badan jangan sampai tangan jatuh ke belakang karena berpotensi cedera dan dapat merugikan atlet. Posisi kedua kaki saat pendaratan diarahkan ke depan dan juga untuk kedua tangan.

Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Lompat Jauh

gaya lompat jauh
Selain jenis gaya dalam lompat jauh, sebaiknya perhatikan juga beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan teknik dasarnya. Bagi pemula tentu membutuhkan banyak latihan untuk bisa memperoleh lompatan yang jauh dan memuaskan.

Baca Juga  Mengenal Sejarah Bola Basket, Peraturan Sampai Tekniknya

Kemampuan atlet yang perlu terus dilatih agar mampu memperoleh lompatan yang sempurna antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menentukan jarak awalan yang pas dan sesuai kemampuan

2. Memperhatikan kecepatan lari awalan hingga tolakan

3. Gerakan kaki yang kuat saat di papan tolakan dan melompat

4. Mempertahankan gaya atau gerakan saat melayang di udara

5. Sikap yang benar saat melakukan pendaratan di bak pasir

Peraturan Tempat atau Lapangan Lompat Jauh

gaya dalam lompat jauh
1. Lintasan untuk Awalan

Lintasan awalan untuk olahraga lompat jauh memiliki ukuran panjang 40m hingga 45m dengan lebarnya 1,22m. Namun setiap atlet dapat mengambil jarak awalan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

2. Papan tolakan

Papan tumpuan atau papan tolakan dibuat dengan panjang 1,22m seperti lebar lintasan awal, lebar papan tumpuan adalah 20cm dan ketebalan papan adalah 10cm.

Papan untuk tumpuan harus diletakkan pada papan plastisin yang dapat mencatat bekas kaki atlet. Jadi jika ada kesalahan saat melakukan tolakan, dapat diketahui. Papan tolakan dicat putih dan kemudian ditanam sekitar satu meter dari tepi depan bak pendaratan.

3. Bak pendaratan

Tempat untuk pendaratan adalah bak pasir yang ukuran panjang 9m atau minimal 10m dari jarak papan tolak sampai akhir bak pendaratan. Lebar bak pasir adalah minimal 2,75 meter. Permukaan pasir pada bak pendaratan harus sama tinggi dengan posisi permukaan papan tolakan.

Itulah beberapa peraturan lapangan lompat jauh dan aturan mengenai teknik dasar yang perlu diperhatikan oleh setiap atlet yang ingin melakukan olahraga lompat jauh, baik untuk pribadi maupun untuk acara perlombaan.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *