Tidak Sulit, Ini 5 Teknik Dasar Bola Basket Untuk Pemula

Teknik Dasar Bola Basket – Di masa pandemi COVID-19, menjaga kesehatan sangatlah penting bagi anda supaya imunitas tubuh anda tetap terjaga.

Menjaga kesehatan bisa mudah untuk anda lakukan dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang bisa anda lakukan adalah basket. Salah satu olahraga yang paling sering dimainkan ini memang sudah populer sejak dulu.

Olahraga basket biasa dilakukan oleh 10 orang pemain yang dibagi menjadi 2 tim, satu tim nya di isi oleh 5 pemain. Kedua tim akan bertanding untuk memasukkan bola ke ring dan tim yang paling banyak memasukan bola atau memiliki nilai terbanyak akan memenangkan pertandingan.

Olahraga basket adalah salah satu olahraga yang mudah dipelajari. Untuk memainkannya, terlebih dahulu anda harus mengerti teknis dasarnya.

Teknik Dasar Bola Basket Untuk Pemula

Teknik Dasar Bola Basket Untuk Pemula

Setiap jenis olahraga, tentu saja memiliki teknik dasar yang dari yang lain. Teknik dasar harus dikuasai oleh pemain agar bisa memainkan suatu olahraga dengan maksimal.

Khususnya bagi olahraga basket, ada beberapa teknik dasar yang harus anda kuasai sebelum bermain basket. Dengan menguasai teknik dasar tersebut akan membuat permainan anda menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.

Menguasai teknik dasar basket juga penting supaya anda bisa bekerjasama dengan tim anda. Kerjasama dengan tim memang sangat penting dalam olahraga basket supaya tim bisa memenangkan pertandingan. Bagi anda yang belum tahu teknik dasar bermain basket, berikut merupakan penjelasannya.

1. Teknik Dasar Bola Basket Memegang Bola

Walaupun terdengar sepele, namun ternyata memegang bola basket ternyata tidak bisa sembarangan. Supaya basket bisa dalam kontrol dan tidak mudah lepas, ada teknik dasar bola basket tertentu yang harus anda kuasai. Teknik memegang bola basket yang benar adalah sebagai berikut.

• Pegang bola dengan kedua tangan anda.

• Buka lebar telapak tangan anda seperti memegang mangkok.

• Letakkan kedua telapak tangan anda di sisi kiri dan kanan bola serta agak belakang bola.

• Lekatkan bola ditelapak tangan anda dan rentangkan jari-jari tangan anda.

• Buka lebar kedua kaki dan salah satu kaki sedikit ke kedepan.

• Condongkan sedikit badan kedepan.

Baca Juga  Teknik, Ukuran dan Cara Permainan Rounders yang Benar

2. Teknik Melempar Bola

Teknik Melempar Bola

Passing adalah teknik dasar dalam bermain bola basket yang sering dipakai dalam suatu pertandingan bola basket. Passing juga merupakan teknik mengoper bola ke sesama pemain dalam satu tim.

Teknik dasar bola basket ini menjadi bukti jika permainan bola basket adalah permainan beregu yang membutuhkan kerjasama antar pemain agar bisa memenangkan pertandingan, tentu saja jika kita egois bermain tanpa mengoper bola akan mudah direbut oleh tim lawan.

Hal penting yang harus anda ketahui saat mengoper bola adalah melakukan passing dengan akurasi dan timing yang tepat supaya passing benar-benar bermanfaat untuk tim kita. Teknik mengoper juga menjadi bagian dari komunikasi antar pemain saat sedang bertanding pada pertandingan bola basket.

Umumnya operan atau passing dilakukan dengan keras, cepat dan juga terarah. Kekurangan menggunakan teknik passing keras adalah bola sangat sulit didapatkan oleh penerima. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa teknik passing pada permainan bola basket.

a) Chest Pass

Chest pass adalah teknik mengoper bola basket setinggi dada. Operan chest pass ini sangat sering dilakukan dalam suatu pertandingan bola basket karena sifat operan chest pass yang sangat simple dan juga mudah dilakukan

Jadi jika anda bertanya teknik yang digunakan untuk mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah Chest pass. Untuk cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:

• Bola basket harus dipegang dengan dua tangan di depan dada

• Selanjutnya dorong ke depan sembari anda lecutkan kedua pergelangan tangan ke arah pemain yang akan dituju.

b) Bounce Pass

Bounce Pass merupakan teknik mengoper bola dengan memantulkan terlebih dulu ke lantai. Operan bounce pass ini sangat efektif digunakan untuk melawan pemain yang bertubuh tinggi.

Cara melakukan bounce pass adalah dengan memegang bola seperti teknik bola basket chest pass, namun bola didorong atau dilepaskan ke arah lantai agar memantul terlebih dahulu.

Untuk melakukan teknik ini, pastikan bahwa titik pantulan tidak terlalu jauh dengan penerima bola dan juga jangan terlalu memberikan banyak putaran atau spin pada bola karena bisa membuat arah bola menjadi tidak stabil.

c) Overhead Pass

Sesuai dengan namanya teknik bola basket over head pass adalah teknik mengoper bola dengan posisi kedua tangan berada tepat di atas kepala.

Operan jenis ini umumnya sering dipakai oleh pemain yang mempunyai postur tubuh tinggi sehingga akan menyulitkan lawan bisa menggapai bola ketika akan dioper.

Untuk cara melakukan teknik ini adalah kedua tangan harus memegang bola tepat berada di atas kepala dengan posisi kedua siku harus ditekuk. Selanjutnya anda ayunkan bola ke depan dan dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan.

Usahakan saat anda melakukan teknik ini kedua tangan jangan sampai kaku dan juga cengkeraman tangan harus bisa menutupi seluruh permukaan bola. Supaya arah bola tidak mudah diambil oleh pemain musuh.

d) Baseball Pass

Teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket adalah base ball pass. Dimana Baseball Pass merupakan teknik mengoper bola dengan cara mengoper seperti kita mengoper bola baseball.

Jika anda menggunakan teknik ini, anda harus melempar bola dengan satu tangan seperti mengayunkan bola dari samping. Biasanya teknik bola basket yang satu ini digunakan untuk melakukan serangan balik cepat dimana teman kita sudah berlari jauh di area lawan.

e) Hook Pass

Hook Pass adalah teknik operan pamungkas yang menjadi pilihan terakhir ketika teknik operan lain tidak mungkin bisa dilakukan. Biasanya teknik ini digunakan ketika situasi sulit karena terdapat penjagaan lawan yang sangat ketat.

Operan ini bisa sangat ampuh dan efektif bagi pemain yang memiliki tubuh pendek yang ingin mengoper bola melewati pemain lawan yang bertubuh tinggi.

Cara melakukan teknik ini adalah dengan memegang bola menggunakan tangan kanan dan juga kaki kiri sedikit maju. Posisi badan harus membelakangi pemain lawan, kemudian kita ayunkan lengan yang membawa bola lurus sehingga bola bisa melewati atas kepala pemain lawan yang menjaga kita tersebut.

Baca Juga  Senam Aerobik: Pengertian, Gerakan dan 8 Manfaatnya

3. Teknik Dribbling Atau Menggiring Bola

Menggiring bola pada permainan bola basket adalah gerakan untuk membawa bola yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai kemudian kita akan berlari ke tempat atau sisi kubu lawan

Berdasarkan definisi tersebut maka bisa disimpulkan jika dribbling dalam bola basket adalah cara membawa bola basket dengan cara memantulkan bola ke lantai yang bisa dilakukan menggunakan satu tangan atau dua tangan secara bergantian entah itu sambil berlari cepat atau setengah berlari dan hal ini merupakan salah satu teknik dasar bola basket yang perlu dikuasai.

Poin penting yang wajib diperhatikan pada gerakan menggiring bola atau dribbling adalah harus bisa menjaga kontrol tangan pada bola sehingga bola tidak bisa direbut oleh lawan main.

Cara melakukan teknik bola basket dribbling adalah :

• Pertama anda pegang bola basket menggunakan kedua tangan anda, pastikan tetap rileks

• Berdiri dengan dua kaki dibuka sedikit

• Selanjutnya condongkan badan agak kedepan

• Mulailah memantulkan bola dengan menggunakan tangan kanan. Sebaiknya ketika anda memantulkan tangan, bola jangan dipukul namun dipantulkan dengan jari tangan yang kemudian dibantu menggunakan gerakan pergelangan tangan.

Saat memantulkan bola dengan mengikuti gerakan bola ke atas sedikit menggunakan jari dan juga pergelangan tangan, selanjutnya dorong lagi ke bawah.

Seorang mendrible yang handal pada tim basket diharapkan mempunyai kemampuan agar bisa mengatur strategi yang sudah diberikan oleh pelatih.

Dengan begitu strategi yang diberikan pelatih tentu saja bisa berjalan dengan lancar dan juga berjalan sesuai rencana. Seorang pendribel yang handal juga harus memiliki kemampuan yang hebat untuk bisa melepaskan penjagaan yang ketat dari lawan. Dengan begitu kita bisa menciptakan peluang guna mencetak angka.

Namun dampak buruk adanya teknik bola basket dribbling ini adalah akan muncul kecenderungan terhadap permainan yang lebih individualistis. Kemungkinan akan ada pemain yang terlalu banyak melakukan dribble bola dan akan melupakan temannya sehingga bisa merusak kekompakan dalam tim.

Oleh sebab itu pendrible yang handal juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan dribble dan kapan waktunya harus mengoper sehingga tim tidak akan sering kehilangan bola.

Dalam pola latihan dribbling diperlukan waktu khusus agar bisa melatih seseorang menjadi pendrible yang handal dan terampil.

Biasanya seorang pelatih akan meluangkan waktunya untuk melatih satu orang saja agar bisa lebih berfokus.

Dalam teknik bola basket dribbling ini juga akan diterapkan tentang beberapa variasi-variasi dalam menggiring bola. Tujuan adanya variasi ini adalah supaya permainan tidak monoton dan hanya mengandalkan passing yang cepat.

4. Teknik Bola Basket Menangkap Bola

Teknik Bola Basket Menangkap Bola

Pada dasarnya teknik bola basket menangkap bola ini termasuk dalam satu kesatuan dengan teknik mengumpan bola yang merupakan teknik dasar bola basket. Karena pada dasarnya juga jika ada yang pengoper tentu saja juga akan ada yang menerima bola.

Menangkap bola merupakan teknik menerima operan yang diberikan oleh rekan satu tim kita. Teknik biasa dilakukan menggunakan satu atau dua tangan tergantung situasi. Cara melakukan teknik bola basket menangkap bola adalah:

• Berdiri tegap menghadap pemain yang melakukan operan.

• Pastikan kedua tangan rileks dengan jari yang sudah direnggangkan.

• Saat bola datang, jemput bola jangan malah menunggu bola datang ke kita.

• Selanjutnya setelah bola mengenai telapak tangan, pastikan jangan ditahan tapi tangan mengikuti arah gerakan bola.

Baca Juga  Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Aturannya

5. Teknik Menembak Bola Basket

Teknik Menembak Bola Basket

Teknik dasar bola basket yang terakhir adalah teknik menembak. Tujuan dari adanya teknik ini tentu saja adalah untuk bisa menghasilkan poin. Tanpa adanya shooting atau menembak tentu saja tidak akan tercipta poin pada pertandingan bola basket.

Dimana sudah kita ketahui bersama bahwa tim yang memiliki poin terbanyak yang akan memenangkan pertandingan. Namun untuk bisa membuat pemain menjadi penembak yang baik tentu saja juga diperlukan latihan yang serius. Penembang juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menembak dan kapan waktu yang tidak tepat untuk menembak.

Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan dalam menembak, berikut adalah beberapa teknik menembak dalam bola basket.

a) One Handed Set Shot

Seperti namanya, One Handed Set Shoot merupakan teknik menembak bola menggunakan satu tangan sementara tangan lainnya berfungsi untuk penyeimbang supaya arah dan juga laju bola tidak melenceng dari sasaran.

Cara melakukan teknik menembak ini adalah diawali dengan melakukan posisi stance kedua tangan memegang bola.

Selanjutnya anda angkat bola ke depan atas sepenuhnya menggunakan tangan yang paling kuat, sementara tangan lainnya berguna untuk memegang bola supaya bola tidak jatuh. Terakhir anda lepaskan bola dengan cara mendorong tangan paling kuat yang dibantu dengan lecutan pergelangan tangan.

b) Two Handed Set Shot

Selanjutnya ada Two Handed Set Shoot yang merupakan teknik menembak bola basket menggunakan dua tangan.

Cara melakukan teknik ini harus diawali dengan posisi stance dan juga kedua tangan memegang erat bola yang diletakan di depan dada. Selanjutnya bola harus didorong ke arah depan atas yang harus dibantu menggunakan lecutan pergelangan tangan menuju arah ring basket.

c) Jump Shoot

Jump Shoot merupakan salah satu teknik menembak yang paling banyak dilakukan oleh para pemain basket profesional.

Untuk bisa melakukan teknik menembak yang satu ini, pemain harus menguasai dua unsur gerakan yaitu keseimbangan badan dan juga loncatan. Jika pemain bisa menguasai dua gerakan dasar tersebut bisa dipastikan pemain bisa melakukan teknik jump shoot dengan sempurna.

Dengan memiliki loncatan kaki yang kuat, tentu kita akan bisa dengan mudah melakukan jenis teknik tembakan ini tanpa ada yang bisa menghalangi tembakan kita.

Untuk itu anda harus bisa menguasai teknik dasar permainan basket seperti menembak dan juga melatih kekuatan otot kaki. Terakhir anda gabungkan kedua gerakan tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga  Senam Lantai: Sejarah, Gerakan dan 12 Manfaatnya

d) Lay up Shoot

Teknik menembak dalam bola basket yang terakhir adalah Lay up Shoot. Lay up Shoot biasanya dipadukan dengan teknik gerakan lainnya dalam bola basket seperti gerakan mendrible bola mendekati ring, kemudian melompat dan melakukan tembakan ke arah ring tujuan.

Teknik ini membutuhkan koordinasi yang baik ketika kita ingin melakukannya. Pada dasarnya teknik ini memakai prinsip lompat langkah lompat, dan lompatan terakhir akan dibarengi dengan teknik mengayunkan tangan guna melakukan tembakan.

Berdasarkan jenisnya, teknik Lay up Shoot ini dibagi menjadi dua jenis yaitu Under Hand Lay up Shoot dan juga Overhead Lay Up Shot. Dimana Underhand lay up shoot merupakan teknik lay up yang menggunakan ayunan tangan dari bawah keatas.

Sementara untuk overhead lay up shoot merupakan teknik lay up yang menggunakan ayunan tangan dari atas untuk memasukan bola kedalam ring.

Nah itulah beberapa teknik dasar bola basket yang wajib anda ketahui. Dengan mengetahui beberapa teknik dasar bola basket yang sudah saya jelaskan diatas semoga Sahabat Tedas.id bisa menjadi lebih tahu tentang bagaimana cara belajar bermain bola basket dengan baik dan benar, bagaimana cara latihan bola basket dari yang paling dasar hingga tingkat mahir. Selamat mencoba.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *