Senam Aerobik: Pengertian, Gerakan dan 8 Manfaatnya

Senam Aerobik – Olahraga adalah sebuah kegiatan positif yang harus dilakukan oleh setiap individu untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat dan juga bugar. Selain itu, olahraga juga membantu untuk menyegarkan otak. Bagi sebagian orang, olahraga menjadi langkah yang tepat untuk mendapatkan tubuh ideal.

Jadi, tidak heran jika banyak orang yang melakukan berbagai jenis olahraga ketika sedang dalam program diet. Salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah senam. Biasanya senam dilaksanakan pada pagi hari di sebuah ruangan besar, baik indoor maupun outdoor.

Ada banyak sekali jenis senam yang bisa Anda lakukan. Namun, jenis senam yang kini sedang banyak diminati adalah senam aerobik. Aerobik merupakan sebuah nama yang berasal dari kata “aero” yang artinya adalah oksigen. Jadi, dapat dikatakan jika senam aerobik adalah senam yang fokus menggunakan oksigen.

Pada intinya, setiap gerakan yang ada senam ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kadar oksigen yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Ya, oksigen mempunyai peran vital dalam kehidupan manusia dan untuk proses pembakaran di dalam tubuh. Oleh karena itulah, setiap orang membutuhkan oksigen agar tetap hidup.

Pengertian Senam Aerobik

pengertian senam aerobik

Senam aerobik adalah salah satu cabang olahraga senam yang bertujuan untuk meningkatkan kesegaran jasmani. Jadi, senam ini tidak dijadikan sebagai ajang perlombaaan tertentu dan sifatnya hanya untuk kesehatan tubuh saja. Dapat dikatakan pula jika aerobiik adalah jenis olahraga preventif yang dapat dilakukan secara massal.

Kemudian menurut Dr. Kenneth Cooper, aerobik adalah sebuah kegiatan menggerakan anggota tubuh tertentu untuk memperbaiki sistem pada tubuh tersebut. Aerobik ini dapat meningkatkan ritme detak jantung serta memompa oksigen karena gerakan aerobik yang teratur dan menggunakan konsep musik.

8 Manfaat Senam Aerobik

manfaat senam aerobik

Selain mampu meningkatkan detak jantung dan memompa oksigen dalam tubuh, aerobik juga memiliki sejumlah manfaat lainnya. Jika Anda gemar melakukan aerobik secara rutin, maka Anda akan merasakan manfaatnya secara langsung. Berikut ini adalah beberapa manfaat aerobik yang dapat Anda rasakan.

1. Memperkuat Otot pada Tubuh

Otot adalah salah satu bagian tubuh yang selalu digunakan ketika seseorang beraktivitas ataupun bergerak. Oleh karena itu, diperlukan otot yang kuat agar aktivitas dapat berjalan dengan baik. Dengan melakukan aerobik secara rutin, maka hal tersebut akan memperkuat otot yang ada di dalam tubuh.

Otot perlu dilatih secara rutin agar dapat bekerja dengan maksimal. Anda harus melakukan aerobik setidaknya seminggu sekali agar kinerja otot semakin kuat. Intensitas senam yang Anda lakukan nantinya akan berpengaruh pada kekuatan otot di dalam tubuh.

2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh dan Jantung

Melakukan aerobik secara rutin dan berkala akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan juga kuat. Selain itu, aerobik juga dapat membuat daya tahun jantung menjadi lebih kuat. Irama jantung yang stabil akan membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Jadi, lakukan aerobik ini secara teratur agar kinerja jantung tetap stabil.

3. Senam Aerobik Menurunkan Berat Badan

Melakukan aerobik dengan teratur dan diimbangi dengan pola hidup sehat dapat membuat berat badan Anda turun secara perlahan. Hal ini karena tubuh Anda akan terhindar dari adanya kelebihan lemak dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dapat melakukan aerobik secara rutin.

4. Senam Aerobik Mengecilkan Perut

Tidak hanya mampu menurunkan berat badan saja, dengan melakukan aerobik secara rutin maka lingkar perut Anda juga akan mengecil. Hal ini dikarenakan pembakaran lemak yang dilakukan secara terus-menerus. Jadi, berat badan Anda tidak hanya menurun, tetapi juga mampu mengecilkan lingkar perut.

Baca Juga  Sepele Namun Penting, Ini 7 Perbedaan Jalan dan Lari

5. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

senam aerobik menurunkan berat badan

Gerakan-gerakan yang ada pada aerobik bertujuan untuk merenggangkan otot di dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan kelunturan pada tubuh. Dengan begitu, maka peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Otot manusia bersifat seperti pita karet, jadi semakin kuat mengangkat beban, maka semakin elastis otot tersebut.

Kemudian jika Anda sering melatih otot dengan cara berolahraga dan sebagainya, maka otot yang ada pada persendian akan berkembang. Dengan begitu, elastisitas otot pada tubuh semakin kuat dan membuat tubuh semakin kuat serta lentur.

6. Meningkatkan Energi Tubuh

Meskipun terbilang jenis olahraga ringan, namun aerobik mempunyai segudang manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan energi tubuh. Banyaknya suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan membuat energi dalam tubuh meningkat sehingga Anda dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa hambatan yang berarti.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia, jika seseorang melakukan senam kurang lebih selama dua puluh menit sehari, maka dapat meningkatkan energi di dalam tubuh sebanyak dua puluh persen.

7. Mengendalikan Gula Darah

Gula darah dapat dikendalikan jika kadar kolesterol baik dalam tubuh mencukupi. Selain itu, kolesterol baik juga dapat membantu tubuh supaya terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi. Dengan melakukan aerobik secara rutin, maka dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Akan lebih baik lagi jika melakukan aerobik setiap hari. Namun, perlu diingat jika olahraga yang teratur juga harus dibarengi dengan pola makan sehat supaya resiko kolesterol jahat bertambah semakin kecil.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Setiap olahraga yang dilakukan secara rutin tentu akan memberikan dampak positif pada tubuh dalam bidang kesehatan. Manfaat yang paling Anda rasakan dengan rutin melakukan aerobik adalahh meningkatnya kekebalan tubuh. Hal ini membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit-penyakit tertentu.

Agar tubuh Anda kebal terhadap serangan penyakit, maka harus melakukan aerobik secara teratur dengan cara membuat jadwal rutin dan selalu konsisten dalam berolahraga. Dengan begitu, maka kekebalan tubuh Anda akan meningkat.

3 Gerakan Senam Aerobik

manfaat senam aerobik1. Pemanasan

Gerakan pemanasan dilakukan selama lima sampai sepuluh menit. Adapun gerakannya antara lain adalah jalan di tempat serta melangkah ke arah kanan dan kiri sembari menggerakan lengan. Gerakan lengan ini bisa dibuat memutar ataupun gerakan ke atas dan bawah.

Baca Juga  Selain Menyehatkan, Ini 11 Manfaat Skipping Lainnya

2. Latihan Inti

Gerakan selanjutnya merupakan gerakan dengan intensitas yang lebih tinggi dengan durasi antara 25 sampai 55 menit. Adapun gerakan inti terdiri dari pelemasan, penguatan, dan pelepasan, keseimbangan, keterampilan, ketangkasan, jalan dan lari, kelincahan, lompat dan loncat serta kombinasi.

Jenis gerakan aerobik yang yang bisa dilakukan oleh pemula antara lain adalah jogging, marching, double step, kicking, leg curl, grapevine, heel touch, dan lain sebagainya. Semakin Anda rutin melakukan aerobik, maka intensitas waktu dan gerakannya dapat semakin ditingkatkan.

3. Pendinginan

Pendinginan merupakan tahap terakhir dari aerobik. Fase ini bertujuan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung agar kembali ke ritme normal secara bertahap. Gerakan pendinginan dapat dilakukan selama 10 menit dan harus diiringi dengan gerakan peregangan agar otot kembali ke kondisi normal.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *