Teknik, Ukuran dan Cara Permainan Rounders yang Benar

Berolahraga merupakan sebuah aktifitas yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan para sahabat dan orang tercinta, akan tetapi sayangnya banyak orang yang merasa tidak memiliki waktu luang untuk melakukan kegiatan ini.

Padahal berolahraga memiliki segudang manfaat salah satunya adalah untuk kesehatan tubuh Kita, sehingga sangat disarankan untuk melakukan aktifitas ini secara rutin untuk memberikan hasil yang maksimal.

Jenis olahraga juga ada banyak dan Kamu bebas untuk memilihnya akan tetapi pilihlah jenis olagraga yang Kamu sukai sehingga nantinya Kamu tidak merasa berat saat melakukan olahraga dan kali ini Saya akan membahas mengenai permainan rounders.

Apa Itu Permainan Rounders?

Mungkin kebanyakan dari Kita masih terasa asing bukan jika mendengar rounders? Ya permainan ini adalah adalah salah satu jenis permainan yang termasuk kedalam kategori olahraga tim dan masuk kedalam jenis olahraga bola kecil.

Dimana permainan rounders akan dimaninkan dengan bola kecil yang hampir terlihat mirip dengan bola kasti, dan permainan ini dimainkan secara beregu diman setiap regunya terdiri dari 12 pemain dan terdapat juga pemain cadangan.

Sejarah Permainan Rounders

Menurut berbagai macam sumber, permainan ini ditemukan oleh seseorang yang bernama George Hancock pada tahun 1887 di Chicago, Negara Amerika Serikat.

Hingga saat ini permainan rounders sudah tersebar di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan permainan ini telah berkembang dan menjamur dengan ditandai oleh banyaknya klub-klub dan banyaknya kejuaraan-kejuaraan rounders.

Untuk di Negara Indonesia kejuaraan permainan rounders ini diadakan awalnya pada tahun 1967 di Kota Jakarta dalam tingkat Olahraga tingkat Nasional, kemudian pada tahun 1969 diadakan di Kota Surabaya.

Teknik-Teknik Dasar Permainan Rounders

teknik permainan roundersAda baiknya sebelum Kamu bermainan permainan ini ketahui lebih dahulu teknik-tekni dasar permainan rounders, diantaranya:

1. Teknik Memukul

Ternyata teknik memukul merupakan salah satu teknik yang paling penting dalam permainan ini, sehingga nantinya tim Kamu dapat menguasai permainan rounders dengan baik dan bisa memenangkan pertandingan.

Dimana teknik memukul bisa juga untuk memberikan tipuan kepada tim lawan untuk mengelabui regu penjaga dan ada unsur gerak dasar yaitu memang tongkat pemukul, ayunan tongkat pemukul dan dilanjutkan dengan memukul bola.

Dan terdapat beberapa cara atau teknik memukul dalam permainan ini, diantaranya:

– Pertama berdiri dengan posisi kaki dibuka lebar sebahu dari arah datangnya bola.

– Kemudian usahakan posisi lutut sedikit ditekuk.

– Kemudian posisi telapak kaki harus sejajar dengan bagaian lutuh dan menyentuh tanah.

– Perhatikan juga posisi tubuh karena harus condong kedepan dan pandangan mata harus fokus ke arah bola.

– Pegang pemukul dengan kuat.

– Selalu fokus ke arah datangnya bola.

Baca Juga  Lucu, Ini 3 Jenis Kelinci Anggora Berikut Kisaran Harganya

2. Teknik Berlari

Tak hanya saja teknik memukul yang perlu Kamu kuasai dalam permainan rounders ini akan tetapi teknik berlaripun sangat pentingnya dalam permainan ini.

Karena Kamu harus berlari setelah pemukulan bola menuju base sehingga lari kencang sangat diperlukan untuk memeprcapat datang ke garis base, dan ada beberapa hal penting yang diperhatikan saat Kamu berlari, diantaranya:

– Cara untuk menuju tempat garis hingga.

– Penting untuk memastikan bawah tempat garis hinggap belum tersentuh oleh tim lawan.

Berikut dibawah ini adalah beberapa teknik berlari yang harus dilakukan, diantaranya:

– Teknik berlari secepat-cepatnya atau sprint.

– Teknik meningkatkan otot-otot kaki dan perut.

– Tekbik berlari menuju tempat garis hinggap agar tidak didahulu oleh lawan.

– Teknik untuk menghidar dari sentuhan bola dari tim lawan.

3. Teknik Menangkap Bola

Selain teknik memukul dan teknik berlari ada teknik lain yang juga sangat penting dalam permainan yaitu teknik menangkap bola dengan baik dan benar, berikut dibawah ini adalah 3 cara menangkap bola dalam pemainan rounders.

– Cara menangkap bola dari arah yang lurus.

– Cara menangkap bola dari arah yang bergulir ditanah atau groundball.

– Cara menangkap bola dari arah yang melambung.

4. Teknik Memegang Bola

Selain dari ketiga teknik diatas ada satu teknik lainnya yang sangat diperlukan saat bermain rounders yaitu teknik memegang bola, sehingga nantinya para pemain akan mudah untuk menangkap bola dari lemparan lawan, berikut dibawah ini adalah beberapa cara memegang bola:

– Teknik memegang bola menggunakan 5 jari tangan kanan atau kiri.

– Teknik memegang bola menggunakan 4 jari tangan kanan atau kiri.

– Teknik memegang bola menggunakan 3 jari tangan kanan atau kiri.

Bentuk, Ukuran Lapangan, Tongkat dan Bola Rounders

lapangan rounders

A. Ukuran Lapangan Rounders

Ternyata lapangan rouders berbentuk persegi lima dan dimana setiap home base terdiri dari empat titik dengan ukuran 1,2 meter pada setiap sudut.

– Jarak antara setiap homebasenya berukuran 8,5 meter.

– Jarak antara pelempar dan pemukul bola 7,5 meter

– Area pelempar bola memiliki ukuran 2,5 meter x 2,5 meter

– Area pemukul permaian bola ini memiliki ukuran 2 meter x 2 meter.

B. Bentuk Tongkat Rounders

Tongkat roundres teryata terbuat dari bahan kayu yang memiliki bentuk bulat dengan memiliki berat 70 gram hingga 85 gram dan panjang 46 centimeter.

C. Bola Rounders

Sedangkan bola yang digunakan dalam permainan rounders adalah bola yang berukuran kecul dengan memiliki berat sekitar 70 gram sampai 80 gram.

Cara Bermain Permainan Rounders yang Benar

cara permainan rounders

Setelah mengetahui teknik dasar dan ukuran lapangan sampai tongkat rounders ini saatnya Kamu mengetahui cara bermain permainan yang benar, diantaranya:

Baca Juga  Mengenal 5 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

– Sebelum memulai permainan akan diadakan terlebih dahulu semacam undian atau tos yang berfungsi tim mana yang akan melakukan pukulan terlebih dahulu.

– Dalam setiap tim rounders terdiri dari 9 orang yang akan bermain.

– Masing-masing tim rounders akan mendapatkan dua kali kesempatan saat melakukan pukulan dan mejaga lapangan.

– Penting untuk Kamu ketahui bahwa pemain rounders dilarang untuk berlari sebelah dalam tiang pembatas dan dilarang berada dalam homebase.

– Pemain penjaga lapangan harus segera berusaha untuk mengahalangi pukulan bola pada saat pemukul berlari.

– Seluruh anggota tim dapat keluar secara bersamaan jika seorang penjaga lapangan belum mencapai tiang keempat

Sistem Penilaian Permainan Rounders

Perlu Kamu ketahui bahwa terdapat sistem peniain dalam permainan ini yaitu:

– Sebelum bola jatuh kearah tanah atau menyusur si pemukul dapat berlari melewati 4 homebase, maka tim tersebut akan memiliki atau mendapatkan angka dalam 1 ronde.

– Langkah si pemukul bola yang dilakukan secara sempurna tanpa melakukan pukulan bola maka si pemukul tersebut akan mendapatkan poin dalam setengah ronde.

Sekianlah pembahasan mengenai permainan roundres mulai dari sejarahnya sampai cara bermainnya secara benar dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Sahabat Tedas.id yah, selamat bermain.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *