Sepele Namun Penting, Ini 7 Perbedaan Jalan dan Lari

Perbedaan Jalan dan Lari – Bagi sebagian orang, olahraga adalah aktivitas yang dinilai mampu membuat badan lebih segar dan bugar. Bahkan banyak dari mereka yang menjadikan olahraga ini sebagai mata pencaharian, sebagai seorang atlet. Sekarang ini profesi atlet menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi bagi para atlet yang telah berprestasi di berbagai ajang olahraga.

Ada banyak sekali cabang olahraga yang bisa digeluti oleh siapa saja. Salah satu yang paling populer adalah cabang atletik, dimana terdapat jalan dan lari sebagai wujud olahraganya. Bahkan untuk kategori lari juga memiliki cabang olahraganya tersendiri.

Jalan dan Lari Menjadi Jenis Olahraga yang Murah Namun Menyehatkan

perbedaan jalan dan lari
Dari semua jenis olahraga yang ada, mungkin jalan dan lari menjadi jenis olahraga yang murah dan mudah serta tidak membutuhkan teknik-teknik tertentu. Setiap orang bisa melakukan kedua olahraga ini tanpa skill tertentu. Selain itu, jalan dan lari juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jadi, sangat fleksibel bagi Anda yang sibuk.

Baca Juga  Teknik, Ukuran dan Cara Permainan Rounders yang Benar

Hanya dengan jalan ataupun lari secara rutin, maka tubuh Anda akan lebih bugar dan juga sehat. Seringnya olahraga ini dilaksanakan pada pagi atau sore hari. Paling sedikit selama seminggu sekali. Dengan melakukannya terus menerus, maka Anda akan merasakan dampak positif pada tubuh Anda.

Kedua olahraga ini menjadi jenis olahraga yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Hal ini karena dapat dilakukan sembari berbincang dengan partner olahraga Anda. Tentunya hal tersebut akan membuat olahraga Anda menjadi lebih menyenangkan.

Perbedaan Jalan Dan Lari

perbedaan lari dan jalan
Namun, sering kali beberapa orang tidak mengerti mengenai arti dari olahraga jalan dan juga lari. Maka dari itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai perbedaan jalan dan lari sesuai dengan definisinya pada cabang olahraga atletik. Inilah pengertian jalan dan lari yang terlihat sepele namun sangat penting untuk Anda ketahui.

A. Jalan

Jalan merupakan sebuah gerakan dimana individu melangkahkan kakinya ke berbagai arah, mulai dari kanan, kiri, belakang, dan juga depan.

B. Lari

manfaat lariLari adalah suatu cabang olahraga dimana individu menggunakan ujung kaki untuk menjadi tumpuan ketika berlari.
Berdasarkan dua pengertian di atas, dapat diambil kesimpulan mengenai perbedaan perbedaan jalan dan lari sebagai berikut.

1. Kecepatan

Perbedaan jalan dan lari yang pertama adalah jalan menggunakan kecepatan yang konstan dan cenderung lambat sehingga membuat perpindahan memakan waktu yang cukup lama. Berbeda dengan lari yang menggunakan kecepatan tidak konstan sehingga perpindahan menjadi lebih cepat.

2. Kontak dengan Tanah

Perbedaan jalan dan lari selanjutnya jika kita berjalan, maka kaki akan langsung melakukan kontak dengan tanah dan terasa jelas. Namun, ketika berlari kontak dengan tanah tidak terlalu berasa karena hanya menggunakan ujung kaki dengan waktu yang singkat. Hal ini karena langkah pada saat berlari hanya menempel pada tanah dalam waktu sepersekian detik saja.

3. Anggota Badan

Ketika seseorang berjalan, maka tubuh hanya menggunakan kaki untuk bergerak secara aktif. Bagian tubuh lainnya hanya bergerak pasif. Berbeda dengan lari yang menggunakan hampir seluruh anggota tubuhnya untuk bergerak. Hal itulah yang membuat olahraga lari menjadi lebih berat dibandingkan jalan.

Baca Juga  Mengenal Sejarah Bola Basket, Peraturan Sampai Tekniknya

4. Tumpuan

Tumpuan menjadi perbedaan yang paling menonjol pada olahraga jalan dan lari. Jika kaki menjadi tumpuan pada saat berjalan, maka ketika berlari hanya menggunakan ujung jari kaki saja sebagai tumpuannya.

5. Sudut Lutut

cara berlari
Ketika berjalan, lutut tidak menekuk terlalu banyak. Akan tetapi, ketika berlari lutut akan lebih menekuk dan meletakkan beban yang lebih besar pada lutut. Pada saat berlari, maka otot quadriceps akan bekerja lebih aktif. Oleh karena itu, Anda akan merasa lebih letih ketika berlari daripada ketika berjalan.

6. Kecepatan

Perbedaan jalan dan lari selanjutnya adalah rata-rata kecepatan yang digunakan ketika berjalan adalah 5 km/jam, meskipun Anda melakukan jalan cepat kecepatan maksimalnya hanya 8 km/jam. Sedangkan kecepatan lari dapat dua kali lebih cepat.

Bahkan kecepatan lari bisa mencapai 44 km/jam. Untuk dapat mencapai kecepatan maksimal, maka Anda harus memakai sepatu yang tepat.

7 Cidera

Olahraga jalan menjadi satu-satunya olahraga yang paling minim mengakibatkan resiko cedera. Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih, maka dapat memilih olahraga jalan agar kaki tidak mendapatkan beban yang terlalu berat. Jika memilih olahraga lari, maka hal tersebut akan bisa menimbulkan resiko cedera kaki.

Berdasarkan penjelasan tersebut, sudah terlihat jelas perbedaan jalan dan lari. Tentu Anda dapat memilih olahraga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Baik itu lari ataupun jalan dapat dilakukan dengan waktu yang fleksibel. Bahkan Anda juga dapat melakukan olahraga jalan ketika pergi ke kantor atau sekolah.

Lari dan jalan ini merupakan jenis olahraga tradisional yang sudah ada sejak dahulu. Tidak hanya itu, lari dan jalan juga kerap diujikan oleh guru olahraga di sekolah-sekolah. Jadi, pasti sudah asing lagi bagi Anda untuk melakukan kedua olahraga ini. Bagi Anda pecinta olahraga pun tidak jarang melakukan jalan atau lari ketika ada waktu senggang.

Selain tubuh menjadi lebih sehat, rutin melakukan olahraga jalan dan lari juga mampu meningkatkan kesehatan pada kardiovaskular dan membuat sendi Anda bergerak lebih aktif sehingga meminimalisir terjadinya peradangan pada sendi. Sistem imun dapat lebih terjaga apabila Anda berolahraga secara rutin, baik itu lari ataupun jalan.

Bagi Anda yang senang berpetualang di alam, maka jalan dan lari akan memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi alam dan membuat Anda lebih dekat dengan alam. Udara alam yang masih asri dan sejuk akan menyegarkan otak Anda setelah penat menjalankan aktivitas yang melelahkan. Jadi, jangan ragu untuk melakukan olahraga jalan dan lari dengan rutin, ya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *