7 Olahraga Mengecilkan Paha, Salah Satunya Sering Dilakukan

Olahraga Mengecilkan Paha – Padatnya rutinitas harian terkadang membuat Kita malas untuk melakukan olahraga secara rutin, padahal dengan melakukan olehraga secara rutin dengan intensititas yang tepat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Kita.

Berbicara mengenai olahraga nih banyak orang di luar sana yang mengingikan untuk mengecilkan area tubuh bagian tertentu dengan melakukan jenis olahraga tertentu, misalkan saja olahraga mengecilkan paha, mengecilkan perut yang buncit sampai mengecilkan bagian tubuh lainnya yang dirasa kelebihan lemak.

Sehingga dengan mengecilkan bagian area tubuh tertentu dapat membuat tingkat rasa kepercayaan diri Kita semakin bertambah dan yang lebih penting adalah tubuh Kita selalu bugar dan tidak lesu karena melakukan olahraga secara rutin.

Penyebab Ukuran Lingkar Paha Lebih Besar Dibandingkan Ukuran Normal

penyebab paha besar

Olahraga mengecilkan paha banyak dilakukan oleh kaum wanita maupun pria, dan banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa ukuran lingkar paha seseorang berukuran lebih besar dibandingkan dengan orang lain.

Untuk saat ini belum ada penelitian yang mengaitkan lingkar paha seseorang dengan kondisi kesehatan, seperti yang Saya kutip dari laman Hipwee.com.

Akan tetapi sebaiknya ukuran lingkar paha jangan besar-besar ya Sahabat Tedas.id, karena walau bagaimanapun di bagian tubuh tersebut menyimpan lemak yang kemungkinan besar nantinya bisa menimbulkan penyakit dan berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut.

1. Faktor Genetik

Faktor penyebab ukuran linkar paha lebih besar dibandingkan ukuran normal adalah karena adanya faktor genetik atau faktor turunan, dimana jika misalkan orang tuamu memiliki lingkar paha yang besar kemungkinan besar juga Kamu dapat mengalami hal tersebut.

2. Akibat Penumpukan Lemak

Faktor penyebab yang selanjutnya adalah karena akibat penumpukan lemak pada bagian paga dan paha merupakan salah satu bagian pada tubuh dimana sering kali terjadinya penimbunan lemak pada area ini.

Dan akibar konsumsi makanan berlemak yang dikonsumsi secara berlebihan kemungkinan besar akan memicu pertumbuhan lemak pada bagian paha semakin besar.

Baca Juga  Senam Aerobik: Pengertian, Gerakan dan 8 Manfaatnya

3. Faktor Jenis Kelamin

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa faktor jenis kelamin bisa menyebabkan lingkar paha seseorang berukuran besar, karena disebababkan oleh perbedaan hormon pada pria dan wanita.

Dan mengapa wanita bisa memiliki lingkar paha yang lebih besar dibandingkan dengan pria? Hal tersebut karena disebbekan oleh adanya hormon esterogen yang memicuk penimbunan lemak pada area paha, pantat, sampai pada bagian pinggul, seperti yang dikutip dari laman Galena.co.id.

Sedangkan pada pria biasanya mengalami lemak berlebihan pada bagian perut hingga bagian perut terlihat buncit.

7 Olahraga Mengecilkan Paha yang Bisa Dicoba Di Rumah

cara mengecilkan paha

Walaupun terkadang ukuran paha yang lebih besar dapat membuat rasa percaya diri Kita berkurang, akan tetapi Kamu tak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan melakukan pola hidup sehat dan salah satunya adalah dengan melakukan olahraga mengecilkan paha yang bisa Kamu coba di rumah.

1. Squat

Olahraga mengecilkan paha yang pertama adalah dengan melakukan olahraga yang bernama squat dan tidak hanya saja bisa mengecilkan paha gerakan ini juga yang dilakukan secara rutin bisa mengencilkan lingkar pahamu.

Caranya adalahcoba beridir dengan posisi kaki terbuka kira-kira selebar bahu dengan kedia tangan yang lururs kedepan, kemudian turunkan pantatmu secara perlahan hingga mendekati lantai.

Kemudian tahan posisi ini kurang lebih selama 15 hingga 30 detik, lalu kembali ke posisi semua dan ulangi latihan ini hingga 10 kali dalam satu kali latihan.

2. Jogging

Selain untuk kesehatan jantung ternyata jogging juga bisa Kamu manfaatkan sebagai olahraga mengecilkan paha, karena salah satu dari sekain banyaknya kunci untuk merampingkan bagian tubuh adalah dengan melakukan aktifitas fisik di bagian kaki dan jogging adalah salah satunya.

Dan tak hanya disini saja karena jogging juga bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan yang berlebih atau obesitas dan Kamu dapat melakukan jogging secara rutin setiap pagi 10 hingga 15 menit untuk membakar lemak pada area paha.

Baca Juga  Peraturan dan 4 Gaya Teknik Dasar Lompat Jauh Untuk Pemula

3. Bersepeda

bersepda untuk mengecilkan paha

Siapa sahabat Tedas.id yang memiliki hobi untuk bersepeda nih? Ternyata bersepeda tidak hanya saja dijadikan hobi terlebih dengan bersepeda secara rutin maka Kamu akan menggerakan bagian paha dan betis saat mengayuhnya dan tentunya hal tersbeut dapat membakar lemak.

Untuk memanfaatkan bersepeda sebagai olahraga menggecilkan paha maka Kamu dapat melakukan bersepeda minimal 1 hari dalam sehari, untuk waktunya Kamu bisa menyesuaikan ya sahabat Tedas,id.

4. Lunges

Mungkin Sahabat Tedas.id masih asing dengan olahraga lunges ini, perlu Kamu ketahui bahwa jenis olahraga ini adalah salah satu jenis olahraga yang berfungsi untuk pembentukkan otot bagian paha yang paling sederhana tapi lunges sangat efektif.

Tak hanya disini saja karena ada banyak manfaat lunges yang dilakukan secara rutin, diantaranya adalah bisa memperkuat area bokong,

Cara melakukannya pun sangat sederhana Kamu tinggal berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu lalu langkagkan atau letakkan salah satu kakumu agak jauh kea rah depan, kemudian secara perlahan turunkan tubuhmu sampai setinggi lutut sheingga membentuk sudut 90 derajat.

Kemudian pertahankan posisi ini selama beberapa detik, dan Kamu kembali ke posisi semua yaitu posisi berdiri tegak dan ulangi gerakan ini pada kaki yang satunya, ada baiknya lakukan gerakan ini kurang lebih selama 5 hingga 10 menit dalam sekali latihan dan menyesuaikan dengan kondisi tubuhmu.

5. Naik Turun Tangga

Siapa sangka ternyata naik turun tangga bisa sangat menyehatkan apalagi bisa Kamu manfaatkan untuk mengecilkan lingkar pahamu, namun jika Kamu akan melakukan hal ini usahakan untuk menggunakan sepatu yang tidak licin dan hati-hati karena dikhawatirkan bisa terpeleset atau terjatuh.

Cara olahraga naik tangga adalah dengan menaikini 2 anak tangga secara sekaligus dan ketika turun tangga lakukan dengan cara ynag normal yaitu turun dengan 1 anak tangga, dan jika dilakukan secara rutin dipercayai dapat meguruskan paha Kamu dan membuatnya semakin mengencang.

6. Lompat Tali

Pastinya Kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan olahraga lompat tali ini? Nah Kamu bisa memanfaatkanya sebagai olahraga mengecilkan perut yang bisa Kamu lakukan di rumah ataupun di luar rumah.

Caranya pun sangat mudah, lakukan olahraga ini kurang lebih selama 20 hingga 30 menit secara rutin setiap harinya dan Kamu bisa lihat hasilnya yang akan membuat Kamu senang.

Baca Juga  Lempar Cakram: Sejarah, Teknik, Gaya dan Lapangannya

7. Leg Lift

Olahraga mengecilkan paha yang terakhir adalah leg lift dan olahraga ini sangat bermanfaat untuk mengencangkan bagian paha terutama bagian paha dalam.

Caranya pun sangat mudah untuk dilakuakn pertama Kamu siapkan matras atau kasur lalu Kamu tinggal berbaring di atasnya, kemudian rapatkan kedua kakimu dan angkat kira-kira setinggi 45 derajat.

Lalu tahan kurang lebih selama 15 detik, kemudian kembalikan kakimu ke tempat semua dan untuk hasil yang maksimal ulangi kegiatan ini hingga 10 kali dalam satu kali latihan.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai penyebab sampai 7 jenis olahraga mengecilkan paha yang bisa Kamu lakukan di rumah, selamat mencoba Sahabat Tedas.id, semoga berhasil.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *