Selain Menyehatkan, Ini 11 Manfaat Skipping Lainnya

Manfaat Skipping – Memiliki tubuh yang sehat merupakan impian bagi setiap orang. Khususnya mereka yang mempunyai aktivitas segudang. Waktu yang sempit tentunya akan menjadi penghalang utama untuk berolahraga.

Tapi tahukah kalian bahwa ada olahraga ringan yang bisa dilakukan kapan saja serta dapat membuat tubuh tetap fit dan bugar? Ya! Skipping atau olahraga lompat tali.

Olahraga skipping atau yang sering disebut juga dengan olahraga lompat tali ini merupakan olahraga yang dilakukan dengan bantuan tali. Olahraga jenis ini tentunya sangat digemari karena termasuk mudah untuk dilakukan.

Walaupun demikian, jangan pernah menyepelekan olahraga yang satu ini karena diam-diam ia menyimpan begitu banyak manfaat saat dilakukan dengan teratur. Mau tau apa saja yang bisa didapatkan dari olahraga ini? Simak penjelasannya!

11 Manfaat Skipping untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

manfaat lompat tali
Ada banyak sekali informasi mengenai manfaat lompat tali yang sudah tersebar luas di kalangan masyarakat, salah satu manfaat yang paling terkenal dari olahraga ini ialah untuk meningkatkan tinggi badan. Tetapi sebenarnya ada begitu banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari skipping. Ini dia beberapa manfaat olahraga skippingbagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat yang pertama ialah untuk menjaga kesehatan jantung. Saat melakukan skipping, denyut jantung akan meningkat secara otomatis yang kemudian berakibat pada semakin bugarnya sistem kardiovaskular kita. Mempertahankan sistem kardiovaskular tentunya sangat penting bagi tubuh manusia.

Sistem kardiovaskular yang sehat akan mempertahankan kualitas serta kuantitas cairan yang ada di dalam tubuh kita dengan baik agar tidak terkena gangguan. Apabila sirkulasi terhambat karena sebuah gangguan, hal ini akan menjadi sangat fatal karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Baca Juga  Teknik, Ukuran dan Cara Permainan Rounders yang Benar

2. Membakar kalori

Lompat tali merupakan olahraga yang termasuk dalam jenis kardio karena dapat membakar banyak kalori dalam waktu yang singkat. Ini tentunya akan sangat berguna bagi mereka yang sedang dalam masa diet sehat karena olahraga ini dapat menghilangkan 10 kalori permenit bagi mereka denganukuran tubuh sedang.

Namun perlu diingat bahwa seberapa banyaknya kalori yang terbakar juga bergantung kepada intensitas serta durasi yang kita curahkan. Jika ingin membakar lebih banyak kalori, maka yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan durasi saat berolahraga.

3. Pembentukan otot tubuh

Manfaat selanjutnya adalah terbentuknya otot dibeberapa bagian tubuh seperti kaki, lengan, dan perut. Itu semua bisa didapatkan dengan mudah jika kita rutin melakukan olahraga ini.

Jika anda baru memulai olahraga lompat tali, maka hal yang paling sering dirasakan adalah nyeri di ketiga bagian tersebut mengingat tubuh belum terbiasa dengan aktivitas yang baru saja dilakukan. Namun tidak perlu khawatir, seiring berjalannya waktu maka rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya.

4. Mengurangi cedera

Saat disebutkan bahwa olahraga lompat tali dapat membantu mengurangi cedera, maka ini bukanlah sebuah kebohongan belaka. Aktivitas melompat tentunya akan membuat sendi-sendi kaki kita semakin kuat. Maka saat terjadi benturan dengan suatu hal, kaki akan lebih terbiasa menerimanya karena sudah terlatih.

5. Melatih pernapasan

manfaat olahraga skipping
Manfaat yang bisa dirasakan selanjutnya adalah peningkatan efisiensi pernapasan. Melompat merupakan aktifitas yang akan membuat nafas kita ngos-ngosan. Namun jika kita terus-menerus melakukan olahraga ini maka pernapasan kita akan terlatih secara berangsur-angsur.

6. Membantu peningkatan kepadatan tulang

Olahraga skipping merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepadatan tulang yang ada didalam tubuh. Terkhusus untuk para atlet serta lansia yang ingin meningkatkan kepadatan tulangnya.

Tetapi perlu dicatat bahwa para lansia yang memiliki riwayat osteoporosis atau patah tulang sebaikanya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga  Mengenal Sejarah Bola Basket, Peraturan Sampai Tekniknya

7. Melatih kelenturan tubuh

Tanpa kita sadari, rutinitas lompat tali yang dilakukan secara berulang-ulang ternyata akan melatih kelenturan tubuh. Gerakan melompat ini memang terkesan monoton dan membosankan, tetapi percayalah bahwa ini merupakan salah satu latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kelenturan tubuh.

8. Meningkatkan fokus atau konsentrasi

Manfaat skipping ini merupakan salah satu dari banyaknya manfaat yang mungkin saja terabaikan oleh orang banyak. Pada dasarnyasaat akan melompati tali yang menjadi alat bantu olahraga, tanpa disadari kita memfokuskan gerakan kaki agar tidak menginjak tali. Ini merupakan salah satu bukti bahwa fokus atau konsentrasi dapat meningkat saat kita rutin melakukan olahraga ini.

9. Meningkatkan keseimbangan dan refleksi tubuh

Selain meningkatkan fokus atau konsentrasi, manfaat skipping secara rutin juga dapat melatih keseimbangan dan refleksi tubuh. Terkadang saat tengah melakukan kegiatan melompat, tiba-tiba kita merenungkan suatu hal lain dan tidak lagi fokus pada lompatan. Namun tenyata tidak terjadi masalah apa-apa saat kesadaran kita sudah kembali.

Ini kemudian menunjukkan bahwa kesimbangan serta refleksi tubuh akan terlatih dan meningkat dengan sendirinya saat kita melakukan olahraga ini secara teratur.

10. Meningkatkan kebugaran

manfaat olahraga skipping untuk kesehatanSetiap olahraga tentunya bertujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih fit dan bugar. Begitu juga dengan manfaat skipping  ini. Dengan melakukannya secara berkala maka tubuh kita akan terasa semakin fit, bugar, dan sehat.

11. Hemat uang

Seperti yang telah kita ketahui, olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang murah karena tidak membutuhkan peralatan mahal untuk menunjang kegiatannya. Cukup alat bantu tali saja maka kita sudah bisa berolahraga kapan pun dan dimana pun.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan saat melakukan olahraga lompat tali. Namun, perlu diperhatikan bahwa melakukan sesuatu yang berlebihan juga bukan hal yang baik. Jadi aturlah jadwal berolahraga dan istirahat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita ya gengs. Jangan terlalu memaksakan diri dan selamat ber-skipping ria!

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *