Pohon Tabebuya: Cantik Menghipnotis Pemandangan

Pohon Tabebuya – Tabebuya atau Handroanthus chrysotricha, bisa juga dikenal dengan Tabebuya kuning atau disebut juga Pohon terompet emas. Pohon ini adalah sejenis dari tumbuhan yang diketahui berasal dari sebuah negara Brasil serta termasuk juga jenis pohon besar.

Seringkali tumbuhan ini dikira oleh kebanyakan orang sebagai tanaman bunga Sakura. Hal ini karena ketika pohon ini berbunga maka bentuknya sangat mirip seperti halnya bunga sakura. Namun untuk kedua tumbuhan ini sebenarnya tidak ada hubungan kekerabatan.

Tumbuhan tabebuya ini mempunyai kelebihan yaitu di antaranya untuk daunnya dikenal tidak mudah rontok,. Pada saat musim akan berbunga maka untuk bunganya akan terlihat sangat indah dan juga lebat. Akarnya diketahui tidak akan merusak rumah ataupun tembok walau pohon ini berbatang keras.

Mengenal Pohon Tabebuya yang Cantik

bunga tabebuya

Setiap jenis pohon tabebuya mempunyai warna yang beragam. Pada saat ini untuk warna yang cukup banyak dikenal yaitu putih, merah muda, merah dan kuning. Terdapat berbagai motif garis yang berwarna ungu yang ada di dalam bunganya.

Tanaman tabebuya ini pada musim berbunga akan mampu menghasilkan banyak jumlah bunga yang cukup sangat banyak. Bunganya ini tidak akan putus sejak awal mulai musim kemarau sampai menjelang akhir musim hujan.

Habitat asli tumbuhan Tabebuya ini berada di daerah dengan kondisi iklim yang kering, sehingga tumbuhan ini mempunyai ketahanan hidup yang sangat tinggi dalam kondisi cuaca kering. Hal tersebut memang sangat sesuai karena tumbuhan penghijauan pada umumnya dihadapkan ketika kurangnya penyiraman pada saat musim kemarau.

Tanaman Tabebuya merupakan pohon hias yang sangat populer yang bisa tumbuh di berbagai macam jenis tanah yang ada di daerah subtropis serta tropis. Tabebuya merupakan pohon dengan cara pemeliharaan yang rendah. Yang mana untuk pemangkasan dibutuhkan itu hanya untuk bisa menghilangkan tangkai yang telah mati ataupun rusak.

Pohon bunga Tabebuya ini sering juga disebut sebagai tumbuhan bunga Sakura. Hal ini karena bila pohon ini berbunga, maka bentuknya sangat mirip seperti halnya bunga sakura yang sedang mekar dalam jumlah yang besar.

Pohon Tabebuya ini mempunyai kelebihan diantaranya daunnya diketahui tidak mudah rontok. Pada saat musim bunga bermekaran, maka bunganya terlihat memang sangat indah serta juga lebat.

Baca Juga  Eceng Gondok: Ciri-ciri, Habitat dan 5 Manfaatnya

Selain itu, akar tanaman ini tidak merusak rumah ataupun tembok bangunan walau berdekatan. Oleh karena itu, tanaman bunga tabebuya ini memang sangat cocok sebagai tumbuhan peneduh jalan tanpa akan merusak perumahan ataupun pertokoan yang ada di sepanjang jalan.

Genus dari bunga Tabebuya ini meliputi sekitar 74 species yang sangat diakui kebenarannya. Bunga dari tumbuhan Tabebuya ini berbentuk seperti terompet dengan panjang sekitar 3 –11 cm. Sehingga untuk tanaman ini dimasukkan ke dalam genus Bignoniaceae.

Wujud dari bunga tumbuhan tabebuya ini pun berbeda dengan sakura yang mana mahkota bunganya saling berlepasan. Bila dilihat dari wujud batang, maka tanaman tabebuya ini bisa menjadi sebuah pohon yang besar, sedangkan untuk sakura hanya jadi sebuah pohon kecil.

Bunga pohon Tabebuya ini bisa mekar hampir seluruh sepanjang tahun berbunga serta juga mencapai puncaknya ketika musim kemarau. Sementara itu untuk bunga sakura hanya akan mekar sekali dalam setahun yaitu ketika musim semi.

Dilihat dari segi manfaatnya, maka bunga tumbuhan tabebuya ini bisa digunakan sebagai sebuah tumbuhan peneduh serta juga tanaman hias. Lain halnya dengan bunga sakura yang mana bisa dibuat menjadi sebuah minuman teh, es krim, sampai makanan.

Bunga Tanaman Tabebuya ini tersebar di negara tropis serta juga subtropis yang ada di kawasan Amerika. Seperti halnya Meksiko, Karibia, sampai Argentina. Tapi kini, tabebuya ini sudah tersebar terutama yang ada di berbagai negara tropis.

Pohon tabebuya adalah salah satu pohon dengan bunga tercantik yang ada di dunia. Bentuknya seperti pohon sakura, tetapi bisa untuk ditanam di sebuah daerah tropis seperti halnya Indonesia. Anda bisa lihat cara untuk menanam pohon Tabebuya serta tips supaya bunganya bisa terlihat tumbuh lebat!

Pohon dengan tampilan bunga yang indah seperti halnya pohon sakura yang ada di Jepang ini memang termasuk sebagai pohon yang bisa melindungi Anda dari sinar matahari.

Biasanya untuk tanaman ini akan ditanam dan terlihat di sepanjang jalan, tetapi Anda juga bisa untuk menanam pohon tersebut di pekarangan rumah Anda. Dengan menggunakan perawatan yang baik dan benar maka pohon ini bisa berbunga dengan sangat cantik serta juga lebat.

Cara Untuk Menanam Tumbuhan Tabebuya

Cara Untuk Menanam Tumbuhan Tabebuya

* Penyemaian Benih

Untuk ini Anda bisa membeli bibit ini langsung dari para pedagang tanaman ataupun memperoleh bijinya dari pohon yang sudah terlihat tua. Ambillah biji yang telah terlihat kering serta jatuh dari pohon, untuk biji itu biasanya dibungkus dengan kulit biji.

Kemudian keringkan biji tersebut di tempat yang terbuka minimal selama 1 minggu. Pengeringan tersebut dilakukan untuk bisa mempermudah biji untuk berkecambah ketika akan disemai.

Selanjutnya siapkan media untuk penyemaian yaitu dengan campuran kompos serta juga pasir dengan melakukan perbandingan 1:1. Lalu upayakan untuk media penyemaian tetap terlihat lembab dengan cara menyiramnya secara merata setiap hari.

Semaikan biji tersebut kedalam 3 kali dari diameter biji serta letakkan di sebuah tempat dengan pancaran sinar matahari yang cukup. Setelah itu pindahkan biji tersebut ke polybag dengan menggunakan campuran kompos serta juga tanah dengan cara perbandingan sekitar 1:1 hal ini dilakukan bila sudah keluar 3 sampai 4 daun.

Biarkan tanaman bunga Tabebuya sampai setinggi sekitar 50-70 cm yang ada di polybag sebelum akan dipindahkan ke taman.

* Penanaman Bibit

Langkah selanjutnya siapkan lubang yang berukuran sekitar 50x50x50 cm kemudian masukkan kompos tersebut ke dasar lubang. Lalu sirami kompos tersebut sampai basah dan merata, setelah itu pindahkan pohon Tabebuya tersebut ke dalam lubang.

Kemudian timbun lubang tersebut dengan campuran kompos tadi serta tanam dan juga sirami tumbuhan tersebut setiap hari. Disini Anda bisa untuk memangkas cabang yang memang tidak Anda inginkan untuk bisa mengurangi dari penguapan tanaman yang memang baru akan ditanam.

Baca Juga  Cantik, Ini Jenis Jenis Bunga Putih Indah dan Artinya

* Pemupukan

Biarkan tumbuhan tersebut tumbuh secara alami dulu selama sekitar 1 tahun sebelum mulai untuk pemupukan. Disini ada 2 cara untuk bisa melakukan pemupukan yang terdapat pada tumbuhan ini.

Pertama, untuk pupuk disebar dengan cara melingkar yang ada di sekitar pohon. Kedua, dengan membuat lubang yang ada di sekitar pohon dengan menggunakan kedalaman sekitar 20 cm, kemudian isi dengan menggunakan pupuk organik.

* Pemangkasan

Selanjutnya lakukan pemangkasan terhadap tanaman tersebut secara teratur. Bisa dilakukan setiap tahun pada akhir musim kemarau atau bisa juga menjelang musim penghujan. Kanopi akan bisa berbentuk lebih cukup teratur jika telah dipangkas dengan rajin.

Pangkas daun ataupun cabang yang tidak anda inginkan supaya pohon bisa tumbuh sesuai dengan keinginan Anda.

Tips Supaya Pohon Tabebuya Bisa Berbunga Lebat

Tips Supaya Pohon Tabebuya Bisa Berbunga Lebat* Beri Pupuk

Melakukan pemberian pupuk pada tanaman ini sebanyak 3 bulan sekali bisa membantu pohon Tabebuya ini berbunga dengan lebih cepat. Pemberian pupuk yang diketahui mengandung unsur nitrogen yang cukup tinggi sangat berguna untuk bisa membentuk sebuah tunas cabang baru.

* Perhatikan Struktur Tanah

Untuk hal ini pastikan tanah ataupun lahan tanaman Tabebuya ini selalu dalam keadaan gembur. Jika kurang gembur ataupun strukturnya kurang baik, maka Anda bisa memperbaikinya dengan cara menambahkan pupuk secukupnya, sekam padi, serta juga kompos ke dalam tanah.

* Jangan Terlalu Sering Untuk Disiram

Dalam hal ini Anda pasti mengira kalau semakin sering untuk menyiram tanaman ini, maka akan semakin cepat tumbuhan tersebut akan tumbuh serta juga berbunga. Namun Anda jangan salah, kalau tumbuhan tabebuya yang terlalu sering untuk disiram justru akan sangat menghambat perkembangan dari akar di tumbuhan ini.

Baca Juga  Cara Membuat Bonsai Kelapa untuk Koleksi Taman di Rumah

* Pemangkasan Pohon

Untuk hal ini perhatikan pohon yang Anda miliki dengan baik-baik, jika memang ada bagian yang terlihat rusak ataupun busuk maka segeralah pangkas pada bagian tersebut.

Pemangkasan ini juga dilakukan untuk bisa menjaga performa dari kanopi daun supaya lebih bagus untuk dipandang mata.

* Cahaya Matahari

Pohon tersebut sangat membutuhkan cukup banyak cahaya matahari. Oleh karena itu pastikan untuk bisa menempatkan pohon dari Tabebuya ini di tempat yang cukup terkena banyak cahaya matahari.

Manfaat Pohon Tabebuya

Manfaat Pohon TabebuyaBerikut ini ada beberapa manfaat yang dihasilkan dari pohon Tabebuya, yaitu :

* Membuat Kondisi Udara Menjadi Lebih Bersih

Bunga tabebuya yang terlihat bermekaran pada bulan November ini mempunyai struktur akan ranting rindang, serta kondisi pohon yang tidak terlalu tinggi. Pohon tersebut terlihat berfungsi untuk bisa melakukan penyerapan karbon, serta juga polusi kendaraan. Jadi, hal ini membuat udara sekitar akan bisa lebih terasa bersih.

* Sebagai Tanaman Hias

Dilihat dari bentuknya yang memang tidak begitu besar serta tinggi, maka pohon bunga Tabebuya ini disebut cocok untuk dijadikan tanaman hias yang ada di halaman rumah Anda. Warna bunganya yang mulai bermunculan ketika telah mekar akan menjadi bonus lain.

Baca Juga  Serba Serbi Merangkai Tanaman Aquascape

* Penyembuh Luka

Daun dari pohon tumbuhan Tabebuya ini memang sering kali dimanfaatkan untuk bisa mengobati luka, bahkan untuk menurunkan panas. Tumbuhan ini merupakan sumber dari tanaman herbal. Pohon ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sebuah penambah sel darah yang bisa dilakukan secara alami bagi para pasien pengidap anemia.

Inilah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai pohon Tabebuya yang sangat cantik dan mengandung banyak manfaat. Keindahan akan tanaman ini mampu menghipnotis setiap mata yang memandangnya.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *