Pohon Mahoni: Manfaat dan Kisaran Harganya

Pohon Mahoni – Mahoni merupakan salah satu jenis kayu tropis yang khas. Di Indonesia mahoni sangat digemari apalagi di berbagai daerah di pulau jawa, dikenal sebagai jenis pohon kayu yang bernilai komersial tinggi sehingga banyak ditanam masyarakat dan dapat dijual di pasar komoditas dalam negeri.

Di Jawa pun untuk mensuplai mahoni tidak perlu khawatir karena jumlahnya masih sangat banyak, mulai dari yang masih berupa pohon maupun yang sudah berupa kayu yang sudah dipotong atau diolah.

Pasalnya, jenis pohon kayu ini memiliki masa pertumbuhan yang pesat yaitu kira-kira dalam rentang waktu 7 sampai 15 tahun.

Kayu Mahoni

Kayu mahoni memiliki ciri khas dan memiliki ciri khusus yang dapat membedakan jenis kayu tropis lainnya. Warna kayu mahoni di bagian tengah teras kebanyakan berwarna merah muda (bisa dibilang pucat), tetapi ada juga mahoni yang warnanya merah tua mirip hati.

Biasanya bisa ditemukan pada mahoni yang sudah berumur benar-benar tua, mungkin pohonya tumbuh lebih dari 25 tahun. Sedangkan ujung gubal atau kayunya selalu berwarna putih.

Kayu mahoni memiliki serat yang lurus dan menyatu. Teksturnya halus dan sedikit terlihat sedikit renggang, namun tetap kuat.

Kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki kualitas yang baik, namun tingkat kekokohan dan keawetannya sedikit di bawah kualitas kayu jati. Kayu mahoni kurang tahan terhadap rayap sehingga tidak disarankan penempatannya langsung bersentuhan dengan tanah.

Manfaat Pohon Mahoni

Manfaat Pohon Mahoni

Dalam dunia industri, mahoni dikenal sebagai jenis kayu yang baik. Kayu ini mudah dipotong dan dibentuk sehingga banyak digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai macam produk kerajinan dan furniture seperti kerajinan tangan, aneka furniture ukir, lemari, kursi, meja, furniture anak dll.

Mahoni dapat mengatasi masalah kelangkaan bahan baku kayu jati sehingga kelangsungan proses produksi tetap terjaga dan lancar, serta dapat menekan biaya produksi menjadi lebih murah.

Furniture mahoni Indonesia termasuk yang paling banyak dicari selain furniture berbahan kayu jati. Alasannya karena tahan lama, tapi harganya jauh lebih terjangkau. Warnanya yang coklat kemerahan membuat kayu ini sangat cocok untuk relief (ukiran) karena memiliki finishing yang bagus.

Bagi anda penggemar furniture, perlu anda ketahui bahwa kayu mahoni sangat menarik jika menggunakan warna natural. Tapi bagaimana Anda bisa menampilkan warna alami mahoni?

Anda bisa menggunakan cat kayu berwarna mahoni mulai dari bagian pengisi atau sebagai pewarna kayu. Sedangkan untuk lapisan bening, warna doff menjadi pilihan terbaik untuk menampilkan sisi indah dari kayu mahoni.

Baca Juga  Cantik, Ini Jenis Jenis Bunga Putih Indah dan Artinya

Untuk menjaga daya tahan furnitur berbahan mahoni, berikut tips yang perlu Anda ketahui. Furniture yang terbuat dari kayu mahoni memang memiliki serat yang indah dan tekstur permukaan yang sangat halus walaupun dengan kualitas finishing yang standar. Mahoni termasuk kayu dengan kelas awet III dan kelas kuat II, III.

Furniture mahoni tidak cocok untuk furnitur luar ruangan, jadi hindari membeli furnitur luar ruangan yang terbuat dari kayu mahoni. Furniture yang terbuat dari kayu mahoni berusia muda sangat rentan terhadap gangguan hama kayu. Untuk mengatasinya, maka pastikan Anda harus rajin membersihkan dan sesekali disemprot dengan hama kayu.

Oleh karena itu sangat penting memilih penjual furniture mahoni indonesia yang terpercaya agar dapat dipastikan bahwa kayu mahoni yang digunakan adalah kayu mahoni yang sudah tua sehingga umur perabotan bisa lebih awet.

Harga Kayu Mahoni

Harga kayu mahoni sangat beragam tergantung pada ukuran kayunya. Kayu mahoni yang tersedia di pasaran biasanya berupa gelondongan dan kayu mahoni per meter kubik. Kayu mahoni gelondongan merupakan kayu mahoni yang dijual dalam bentuk log sehingga harganya jauh lebih murah dari pada kayu mahoni per meter kubik yang telah diolah.

Untuk kayu mahoni gelondongan berukuran 2 – 3 meter dijual pada kisaran Rp 500.000,- sampai dengan Rp. 1.700.000, tergantung ukuran diameternya. Sementara kayu mahoni per meter kubik harganya berkisar Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000,-.

Kandungan Buah Mahoni

Kandungan Buah Mahoni
Bukan hanya kayunya saja yang bermanfaat, buah mahoni pun memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Sebelum kita mengetahui lebih lanjut, yuk kita cari tahu terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada di dalam buah mahoni.

Setidaknya ada tiga kandungan aktif dalam biji buah mahoni yang bermanfaat bagi kesehatan: flavonoid, saponin, dan alkaloid.

1. Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa fenolik yang mengandung banyak pigmen tumbuhan. Flavonoid bermanfaat bagi manusia terutama karena merupakan antioksidan yang dapat membasmi radikal bebas dan racun serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sifat antioksidan yang terdapat pada kandungan flavonoid membuat khasiat biji mahoni efektif melawan berbagai penyakit, seperti penumpukan LDL, tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

Flavonoid dapat memperlancar peredaran darah, membantu meningkatkan sistem kardiovaskular, membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan oleh kolesterol, dan mencegah arteriosklerosis.

Flavonoid memiliki sifat anti inflamasi yang mencegah terjadinya peradangan jaringan. Flavonoid bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit pada saat cedera ringan.

Baca Juga  Cara Membuat Bonsai Kelapa untuk Koleksi Taman di Rumah

2. Saponin

Manfaat biji mahoni selanjutnya didapatkan dari saponin, saponin merupakan glikosida yang membentuk busa sabun jika dicampur dengan air. Saponin ini merupakan sabun alami yang berasal dari tumbuhan dan memiliki sifat hipoglikemik jika digunakan sebagai makanan ringan.

Kandungan saponin pada biji mahoni menjadikannya sebagai obat alami yang kuat untuk penderita diabetes mellitus. Meskipun saponin adalah sabun, tidak akan meracuni hewan berdarah panas ketika tertelan, termasuk pada manusia.

Berdasarkan penelitian Smith et al dari Ekiti State University, Nigeria yang dipublikasikan dalam Journal of Drug Delivery & Therapeutics, mengungkapkan bahwa efek hipoglikemik saponin bahkan lebih kuat daripada obat antidiabetik generik terutama metformin.

Oleh karena itu kita dapat menyimpulkan salah satu khasiat biji mahoni yang terbukti sebagai obat diabetes alami untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

Penelitian yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health menyebutkan bahwa saponin juga mengandung efek anti alergi dan antihistamin, menjadikan biji mahoni ini sebagai obat yang ampuh untuk berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan alergi, terutama asma.

Penelitian juga menunjukkan bahwa saponin memiliki potensi untuk mengatasi disfungsi ereksi, terutama yang berkaitan dengan diabetes.

Percobaan pada tikus menunjukkan bahwa pemberian saponin dosis tinggi pada tikus berhasil meningkatkan rasio tekanan intracavernosa tikus. Banyak tumbuhan yang mengandung saponin, terutama ginseng, telah diambil secara teratur oleh pria untuk meningkatkan maskulinitas mereka. Saponin adalah obat yang efektif untuk pembekuan darah dan insomnia.

3. Alkaloid

Manfaat penting lain dari biji mahoni dimediasi oleh kandungan basa. Diketahui bahwa kebanyakan penyakit terjadi ketika tingkat pH tubuh terlalu rendah atau asam. Segala sesuatu yang mencemari tubuh, termasuk racun dan radikal bebas, bersifat asam. Kandungan alkaloid biji mahoni efektif untuk mendetoksifikasi tubuh dan mencegah oksidasi dan efek merusak dari sifat asam.

Mengkonsumsi biji mahoni secara rutin akan membuat tubuh lebih kebal terhadap kanker, ditambah lagi daya tahan tubuh akan meningkat secara signifikan.

Manfaat Buah Mahoni

Manfaat Buah Mahoni
Penjelasan mengenai kandungan dan kegunaan biji mahoni di bawah ini masih sebatas konsep teoritis. Selama ini petunjuk yang mengkonfirmasi khasiat biji mahoni hanya berdasarkan laporan anekdot. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengklasifikasi manfaat biji mahoni ini serta efek sampingnya.

1. Hipertensi

Khasiat biji mahoni yang pertama mampu mengobati hipertensi. Cukup dengan mengumpulkan 8 gram biji mahoni, lalu diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin kemudian saring dan bagi menjadi dua bagian / gelas.
Minum pagi dan sore hari.

2. Mengontrol Gula Darah

Manfaat lainnya adalah biji mahoni dapat digunakan untuk mengobati kencing manis atau kadar gula darah tinggi. Makan 1/2 sendok teh bubuk mahoni dengan air hangat sebelum makan, akan membantu Anda menurunkan dan menstabilkan gula darah. Zat saponin dalam mahoni, paling berperan dalam membantu menurunkan kadar darah agar normal.

3. Pengusir Serangga

Khasiat biji mahoni ketiga adalah sebagai pengusir serangga. Biji mahoni bila dijadikan bubuk dapat berfungsi sebagai semprotan serangga.

Bagi yang tinggal di daerah tropis atau yang terdapat cukup banyak serangga dapat menggunakan serbuk mahoni sebagai asupan tambahan untuk membantu memperkuat tubuh terhadap penyakit yang disebabkan oleh serangga. atau ditularkan melalui serangga.

4. Mengobati Sembelit

Biji mahoni juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sembelit. Konsumsi buah ini (haluskan) kemudian dicampur dengan air hangat untuk meredakan sembelit

5. Nyeri Haid

Salah satu cara mengatasi nyeri saat haid adalah dengan menggunakan jamu dari biji mahoni. Mengkonsumsi biji mahoni pada awal siklus haid akan mengurangi rasa nyeri tersebut.

Baca Juga  Tak Disangka, Ternyata Ini Ciri & Manfaat Pohon Kelapa

6. Membuat Wanita Lebih Subur

Bagaimanapun, mengkonsumsi 1 buah mahoni setiap hari akan meningkatkan kesuburan anda. Apalagi jika Anda seorang wanita yang belum punya anak dan ingin merasakan kehamilan.

7. Menambah Nafsu Makan

Jika Anda sering kehilangan nafsu makan, maka mahoni bisa menjadi solusinya. Cukup konsumsi 1 biji setiap hari, hingga nafsu makan Anda pulih kembali.

8. Menyembuhkan Demam dan Pilek

Khasiat biji mahoni juga mampu menyembuhkan flu (masuk angin) dan demam. Ambil 1/2 sendok teh bubuk mahoni yang dicampur dengan 1/4 gelas air panas dengan satu sendok makan madu. Minum selagi masih hangat, minum 2-3 kali sehari.

9. Eksim dan Rematik

Ambil 1/2 sendok teh bubuk mahoni dan masukkan 1/2 gelas air panas, tambahkan satu sendok madu. Minumlah selagi masih hangat. Lakukan tiga kali sehari. Ekstraksi buah mahoni dan bijinya merupakan suplemen nutrisi yang kaya nutrisi.

10. Menangkal Radikal Bebas

Menghilangkan radikal bebas dengan antioksidan Mengurangi lemak dalam aliran darah Mampu menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mengkonsumsi biji mahoni secara teratur akan membantu meningkatkan kesehatan, yang membuat hidup lebih berkualitas.

Efek samping dari Biji Mahoni

efek samping biji mahoni
id.wikipedia.org

Di balik segala manfaatnya, buah mahoni juga menyimpan efek samping jika digunakan berlebihan. Kunci untuk menghindari efek samping adalah mengkonsumsi dengan tingkat aman yang dianjurkan.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa mahoni mengandung saponin. Terlalu banyak mengkonsumsi saponin akan menyebabkan timbulnya batu empedu. Saponin juga berperan sebagai steroid.

Sementara itu kandungan flavonoid dalam mahoni juga bisa memberikan efek tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Maka, konsumsilah flavonoid dalam jumlah tidak lebih dari 200 mg.

Umumnya menurut tradisi dan adat istiadat mengkonsumsi biji mahoni cukup 1 biji setiap hari. Dari jumlah tersebut sudah cukup mendapatkan efek kesehatan seperti yang diharapkan. Selalu konsultasikan dengan praktisi kesehatan untuk informasi lebih lanjut, keluhan dan bantuan medis.

Karena relatif tidak adanya penelitian konklusif tentang mahoni dan efek kesehatannya, efek samping mahoni ini sama tidak jelasnya dengan manfaatnya.

Baca Juga  Serba Serbi Merangkai Tanaman Aquascape

Namun saat ini belum ada laporan konsumen yang mengatakan buah ini menyebabkan efek samping, berdasarkan teori yang diuji secara ilmiah, ada efek yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi jika bahan aktif flavonoid dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Free Radical Biology and Medicine, flavonoid memiliki kecenderungan untuk memiliki sifat mutagenik dan genotoksik.

Pada dosis normal, sifat berbahaya ini tidak akan muncul dan flavonoid tetap bermanfaat. Jika dikonsumsi berlebihan, antioksidan ini akan berubah menjadi prooksidan dan mutagen. Konsumsi flavonoid yang berlebihan akan menyebabkan bumerang yang lebih berbahaya bagi tubuh.

Manfaat Lain Pohon Mahoni

kayu mahoni
id.wikipedia.org

Manfaat pohon mahoni tidak berhenti sampai disini. Selain bisa diolah menjadi kerajinan tangan dan furniture yang menawan, serta buah mahoni yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, bagian dari pohon mahoni lainnya juga mengandung banyak manfaat.

Daun mahoni biasa digunakan sebagai makanan ternak. Para peternak beranggapan bahwa daun mahoni memiliki banyak khasiat yang dibutuhkan oleh hewan-hewan ternak.

Tidak hanya daunnya, kulit pohon mahoni juga bisa digunakan sebagai pewarna alami pakaian. Kain atau pakaian yang direbus bersama kulit mahoni akan menghasilkan warna kuning dan tidak mudah luntur.

Biji pohon mahoni yang pipih dan bersayap juga bermanfaat buat anak-anak. Biasanya biji-biji itu digunakan sebagai mainan oleh anak-anak. Jika dilempar ke atas, biji bersayap ini akan turun dengan berputar-putar. Hal ini tentunya akan terasa menyenangkan ketika dimainkan oleh anak-anak.

Getah pohon mahoni atau yang biasa disebut blendok juga memiliki kegunaan bagi kehidupan sehari-hari. Yaitu dapat diolah sebagai bahan baku lem.

Sementara itu secara keseluruhan, pohon mahoni telah dikenal luas sebagai pohon peneduh. Manfaat ini hadir karena daun-daun pohon mahoni mampu menyerap polutan-polutan di sekitarnya.

Menurut berbagai penelitian, pohon mahoni bahkan mampu mengurangi polusi udara sekitar 47%-69%. Pohon mahoni juga berfungsi sebagai penahan air pada daerah tangkapan air. Akar pohon mahoni sangat kuat sehingga dapat mengikat air yang meresap ke dalam tanah.

Baca Juga  Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas dan Cara Perawatannya

Pohon mahoni sudah dimanfaatkan sebagai pohon peneduh jalan sejak masa pemerintahan Gubernur Hindia Belanda di Indonesia, Jendral Herman Willem Daendels. Jalan yang dibangun dari Anyer hingga Panarukan oleh Daendels menggunakan pohon mahoni dan pohon asem sebagai pohon penghias sekaligus pohon peneduh di sepanjang pinggir jalan.

Sampai saat ini pohon mahoni masih banyak dimanfaatkan sebagai peneduh pohon di daerah Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Pulau Lombok. Pohon mahoni tidak mudah terkena hama/ penyakit dan struktur kayunya kuat sehingga tanaman ini memang sangat cocok digunakan sebagai pohon peneduh.

Bahkan di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah terdapat jalan setapak yang di sisi kanan kirinya diberi pohon mahoni. Pohon itu tumbuh besar dan rindang sehingga membuat jalan ini terlihat teduh dan menyejukkan. Lokasi tersebut dikenal sebagai “Lorong Mahoni”. Saking teduh dan instagrammable, lokasi ini sering dijadikan lokasi swafoto para remaja dan foto prewedding oleh para calon pengantin.

Itulah beberapa informasi mengenai pohon mahoni yang memiliki banyak manfaat. Semoga menambah wawasan sahabat Tedas ya!

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *