Tak Disangka, Ternyata Ini Ciri & Manfaat Pohon Kelapa

Siapa yang saat ini tidak mengetahui pohon kelapa? Tentunya semua orang memahami bahwa ada salah satu pohon dengan sejuta manfaatnya yaitu pohon kelapa.

Memang benar bahwa bagian dari pohon ini yang cukup populer adalah buahnya. Sebab, di dalam buah kelapa ini ada air kelapa yang begitu menyegarkan untuk diminum. 

Padahal, apabila Anda mengetahuinya, ada cukup banyak manfaat dari pohon kelapa bukan hanya buahnya saja. Semua bagian-bagiannya bisa digunakan untuk beragam keperluan.

Mulai dari akarnya, batang, daun, buah sampai dengan bunganya. Adapun beberapa manfaat dari masing-masing bagiannya yang cukup penting untuk Anda ketahui. 

Mengenal Seputar Pohon Kelapa

Pohon yang hampir sama dengan palem ini nama ilmiahnya yaitu Cocos Nucifera. Kelapa sendiri diperkirakan berasal dari pantai Samudera Hindia di sisi benua Asia.

Akan tetapi, saat ini tanaman ini bahkan sudah ada bahkan di seluruh pantai tropis yang ada di dunia termasuk juga di seluruh Indonesia. 

Sumber daya alam seperti pohon serta tanaman memang memainkan peran utama di dalam kehidupan kita semua.

Bahkan pada zaman nenek moyang dahulu, menggunakan pohon-pohon dalam rangka untuk membuat makanan, rumah, dan beberapa keperluan maupun kebutuhan yang lainnya. Di India sendiri, pohon kelapa ini sendiri adalah pohon yang menyediakan seluruh kebutuhan hidup. 

ciri ciri pohon kelapa

Mengenal Ciri-Ciri Pohon Kelapa

Pada tanaman yang biasanya mampu beradaptasi dengan baik di area berpasir seperti pantai, memiliki ciri-ciri umum yang cukup mudah untuk dikenali. Beberapa contoh akan ciri-ciri pohon kelapa ini diantaranya adalah:

  • Pohon kelapa ini terdiri atas batang tunggal, memiliki akar dengan bentuk serabut yang juga memiliki struktur yang tebal serta berkayu, berkerumun dan juga membentuk bonggol. 
  • Batang pohon beruas dan jika pohon sudah tua, ruas-ruas tersebut semakin lama akan semakin berkurang. Batang kelapa adalah jenis kayu yang bisa dibilang cukup kuat. Hanya saja, kurang baik untuk dijadikan bangunan. 
  • Daun kelapa ini jenisnya adalah daun tunggal dengan pertulangan yang menyirip. 
  • Bunga kelapa ini adalah bunga majemuk serta terletak pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea. Bunganya juga terdiri dari bunga jantan dan juga bunga betina. 
  • Bunga betina letaknya berada di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan letaknya di bagian yang jauh dari pangkal. 
  • Daun kelapa adalah daun tunggal dengan pertulangan yang menyirip. 
  • Pada buah kelapa yang umurnya besar, memiliki diameter sekitar 10 cm sampai dengan 20 cm, bahkan juga bisa lebih. Warna dari buah kelapa ini juga akan tergantung dari jenis pohonnya sendiri. Dapat berwarna kuning atau hijau. Sedangkan buah yang sudah tua akan berubah warna menjadi coklat. 

Mengenal Manfaat Pohon Kelapa 

Di beberapa negara-negara seperti China, akar pohon kelapa ini dijadikan bahan untuk mengecilkan selaput lendir.

Sedangkan di Indonesia, akar dari pohon kelapa ini dijadikan bahan untuk menurunkan demam. Akar kelapa ini sendiri menyediakan karbohidrat, lipid, asam laurat, miristat, dan juga kaprilat. 

Nah, untuk beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pohon kelapa ini bermacam-macam sesuai dari pohonnya, akarnya, daunnya dan lain sebagainya.

Untuk lebih mengetahuinya, maka simaklah beberapa manfaatnya sebagai berikut ini:

Manfaat Buah Kelapa

Adapun beberapa manfaat dari pohon kelapa yang pertama adalah buahnya yaitu:

  • Bahan obat-obatan dan minuman
Baca Juga  Selain Tanaman Hias, Ini Manfaat Daun Miana Lainnya

Saringan akar kelapa yang telah direbus mampu mengobati sejumlah gangguan pencernaan baik itu diare, disentri dan lain sebagainya. Bahkan air kelapa mampu mengobati sejumlah gejala gatal-gatal.

Akar kelapa sendiri juga memiliki peran untuk bahan pembuatan sikat gigi dan pencuci mulut.

  • Bahan konstruksi bangunan

Akar kelapa sendiri memiliki struktur yang kuat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai penyangga sebuah bangunan. 

  • Mampu mencegah banjir

Air kelapa ini sendiri memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyerap jumlah air yang banyak sehingga dipercaya mampu untuk mencegah banjir. 

  • Bahan pembuatan kerajinan tangan 

Akar kelapa sudah sejak lama digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan seperti dibuat menjadi kalung yang tentunya akan bernilai tinggi. 

batang kelapa

Manfaat Batang Kelapa

Batang kelapa sendiri memiliki tekstur yang kasar serta memiliki serat. Kayunya sendiri memiliki sifat fisik yang bervariasi terutama untuk kerapatannya. Sedangkan untuk beberapa manfaat dari batang kelapa adalah:

  • Pengganti kayu konstruktif

Batang kelapa yang memiliki kerapatan yang tinggi bisa diolah menjadi bahan pembuatan furnitur, komponen bangunan rumah, balok lantai, dan lain sebagainya. 

  • Barang kerajinan

Batang kelapa tidak hanya sebatas bahan konstruksi, akan tetapi juga bisa diolah menjadi beberapa produk unik dengan harga jual yang tinggi. Sebagai contohnya adalah mainan anak-anak, souvenir, dan beberapa perlengkapan rumah tangga lainnya.

  • Bahan pembuatan kertas

Ekstrak dari batang pohon kelapa ini sendiri juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kertas. 

  • Bahan pembuatan kriket dan arang

Meskipun pemanfaatan batang kelapa ini masih cukup terbatas dalam bahan kimia, namun sejauh ini sudah dikembangkan sebagai sebuah sumber energi untuk pembuatan arang. 

Manfaat Daun Kelapa

Bukan hanya akar dan juga batangnya yang bermanfaat bagi kita semua, akan tetapi daunnya juga cukup bermanfaat bagi kehidupan kita setiap harinya. Nah, beberapa manfaat dari daun kelapa diantaranya adalah:

  • Ketupat
Baca Juga  Cantik, Ini Jenis dan Ciri Ciri Bunga Mawar yang Mempesona

Daun kelapa yang masih muda saat ini sering digunakan sebagai ketupat. Daunnya yang masih kuning atau hijau muda ini sudah digunakan sejak zaman dahulu menjadi bagian serta tradisi pembuatan ketupat terutama ketika ada beberapa perayaan di hari-hari besar. 

  • Pembuatan atap

Di sejumlah daerah yang ada di Indonesia terutama di beberapa kampung, penggunaan daun kelapa sebagai atap memang masih sering ditemui. Daun kelapa yang setengah kering ini dianyam rapi kemudian dimanfaatkan sebagai atap. 

  • Hiasan pernikahan

Biasanya pemanfaatan akan daun kelapa ini memang dijadikan hiasan pada saat pernikahan khususnya janur kuning.

Hiasan janur kuning ini sendiri biasanya diletakkan di tepi jalan yang memberi makna bahwa ada sebuah pesta yang sedang diadakan. 

  • Pakan ternak

Daun kelapa muda yang sudah diambil lidinya juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pakan ternak baik itu kerbau maupun sapi. 

  • Bahan kerajinan tangan

Daun kelapa seringkali dijadikan kerajinan tangan yang cukup menarik seperti tikar, bakul, anyaman dan lain sebagainya. 

Manfaat Buah Kelapa

Buah kelapa memiliki bentuk yang bulat dengan ukuran yang cukup besar. Buah kelapa ini juga memiliki kulit buah yang bervariasi, mulai dari hijau, kuning dan juga cokelat. Buah kelapa pun terbagi menjadi 3 bagian penting yang semuanya bermanfaat baik dari air kelapa, daging kelapa, tempurung dan juga sabut kelapa. 

  • Air kelapa

Air kelapa ini memiliki rasa yang lezat. Kandungan nutrisi yang melimpah pada air kelapa seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, vitamin, dan lain sebagainya. 

  • Daging kelapa

Manfaat dari daging kelapa ini sendiri tentunya sudah cukup jelas karena sering dikonsumsi secara langsung maupun dicampurkan pada beberapa es buah maupun jenis minuman yang lainnya. Bahkan daging kelapa ini sendiri memiliki rasa yang cukup segar dan juga lezat. 

  • Tempurung kelapa

Tempurung maupun cangkang kelapa ini seringkali dijadikan sebagai arang untuk memasak. Bahkan batoknya sendiri juga diolah menjadi filter rokok serta dibuat menjadi beberapa kerajinan baik itu gayung, sendok nasi, dan lain sebagainya. 

  • Sabut kelapa

Sabut kelapa banyak dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan seperti pembuatan tali, bahan industri karpet, boneka, keset dan lainnya. Bahkan sabut kelapa ini juga bisa diolah menjadi media tanam yang bermanfaat. 

Manfaat Bunga Kelapa 

Beberapa orang bahkan tidak menyadari apabila buah kelapa yang bisa menghasilkan bunga ini memiliki cukup banyak manfaatnya.

Bunga kelapa yang mekar ini akan berusia 4 sampai dengan 6 tahun. Memiliki warna kuning dengan aroma yang manis, bunga dari buah kelapa ini memiliki banyak manfaat. 

Di mana untuk manfaatnya sendiri dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan baik itu tas dan juga topi. Bahkan bunga kelapa ini dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional. 

Mengenal Jenis Produk Olahan Kelapa 

Baca Juga  Cantik, Ini Jenis Jenis Bunga Putih Indah dan Artinya

Ada cukup banyak produk olahan kelapa yang nantinya bisa Anda temui bahkan bisa Anda konsumsi setiap harinya. Nah, untuk beberapa jenis produk olahan kelapa diantaranya sebagai berikut ini:

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa sendiri adalah salah satu bagian paling penting dari buah kelapa. Bahkan minyak kelapa ini banyak digunakan sebagai bahan baku industri dan yang lainnya. Untuk salah satunya adalah minyak goreng. Minyak ini dapat diekstraksi dari daging buah kelapa atau daging yang akan dikeringkan. 

  • Nata de Coco

Nata de coco sendiri adalah salah satu krim yang berasal dari air kelapa. Krim ini bahkan dibentuk oleh sebuah mikroorganisme Acetobacter Xylinum yang diproses menggunakan sebuah proses fermentasi. Mikroorganisme ini membentuk sebuah gel pada permukaan larutan dengan berbagai kandungan gula di dalamnya. 

Nantinya, bakteri ini bisa tumbuh dan juga berkembang sehingga membentuk nata de coco. Didalamnya juga terkandung beberapa nutrisi seperti sukrosa, dekterose, fruktose, dan juga vitamin B kompleks yang tentunya baik untuk merangsang pertumbuhan. 

  • Cuka Air Kelapa

Untuk memproduksi cuka dan juga air kelapa akan membutuhkan penambahan gula hingga mencapai 10 sampai dengan 12%. Sebab, kandungan gula yang rendah pada air kelapa ini hanya sekitar 2,6% gula. 

  • Kecap Air Kelapa

Air kelapa ini adalah bagian dari buah kelapa yang memiliki kandungan nutrisi maupun zat gizi yang cukup lengkap khususnya untuk kesehatan manusia.

Pembuatan kecap ini bahkan mengandung cukup banyak protein yang juga diperoleh dari rebusan kedelai yang sudah diberikan ragi dengan tambahan gula, garam, dan rempah-rempah lainnya. 

Jadi, itulah sejumlah informasi tentang pohon kelapa yang ada di dunia termasuk juga di Indonesia. Bahkan di dalam pohon kelapa ini juga memiliki banyak manfaat yang cukup baik dan penting.

Manfaat pohon kelapa tersebut mulai dari akarnya, batangnya, daunnya, dan lain sebagainya. 

Anda juga bisa mengetahui beberapa ciri-ciri pohon kelapa sampai dengan berbagai jenis produk olahan yang bisa Anda konsumsi.

Bahkan berbagai jenis produk olahan dari pohon kelapa ini bisa Anda temukan di sejumlah toko dengan mudahnya. 

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *