Jangan Tertukar, Ini 6 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora – Berbicara mengenai kucing adalah hewan yang sangat menggemaskan. Hewan ini sering menjadi hewan peliharaan yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat di seluruh dunia. Terlebih kucing persia dan kucing anggora. Kedua kucing ini merupakan kucing yang memiliki bulu lebat, halus dan indah.

Sekilas kucing ini memiliki fisik yang sama yaitu badannya tertutup bulu yang panjang dan lebat, sehingga banyak sekali orang salah dan terukar antara kucing anggora dan kucing persia.

Namun pada kenyataannya, banyak sekali perbedaan kucing Persia dan Anggora. Untuk membedakannya tentu tidak semua orang bisa, terlebih orang awam. Akan tetapi bisa dilihat di berbagai aspek yaitu:

6 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

kucing persia dan anggora
1. Kondisi Fisik

Antara kucing Anggora dan kucing Persia memiliki perbedaan diberbagai sisi mulai dari tubuhnya, bentuk wajah, blunya serta ekornya. Ukuran tubuh dari kucing Persia ini lebih gemuk dan terlihat lebih bulat dari Anggora. Selain itu, lebih pendek karena memiliki kaki yang tidak setinggi Anggora dan bentuk cakarnya yang membulat.

Kemudian, untuk kucing Anggora, tubuhnya lebih ideal dengan otot-otot yang kuat dan tidak segemuk kucing Persia, kakinyapun panjang sehingga lebih tinggi dan jenjang dari Persia. Selanjutnya, dari sisi bentuk wajah antara kedua kucing tersebut juga memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Kucing Persia memiliki bentuk wajah yang bulat, hidung tidak terlalu mancung. Jika dilihat dari sisi samping, kucing Persia akan terlihat datar antara hidung, dahi dan juga dagu. Yang menarik darinya adalah memiliki warna mata yang bervariasai. Dengan begitu kucing Persia akan sangat menggemaskan.

Baca Juga  Lucu, Ini 3 Jenis Kelinci Anggora Berikut Kisaran Harganya

Lain halnya dengan bentuk wajah kucing Anggora yang memiliki bentuk wajah hampir seperti kucinng biasa. Hidungnya sedikit lebih mancung dan telinggannya yang panjang serta runcing. Dari kondisi fisik, perbedaan kucing Persia dan Anggora juga dapat di lihat dari sisi bulunya.

Untuk jenis kucing Persia, dia memiliki bulu yang tebal di seluruh bagian tubuhnya termasuk di bagian wajah dan ekor. Sedangkan pada kucing Anggora, bulu di bagian tubuh sampai wajah memaang lebat namun tidak selebat Persia. Bulunya cenderung lebih panjang bahkan sampai di bagian wajahnya sekalipun.

Tidak hanya itu, pada bagian ekor kucing Anggora memiliki bulu yang tebal dan panjang seperti kemoceng. Jadi ketika dia berjalan akan semakin berkibar. Kucing Persia, ekornya memiliki bulu yang tebal tetapi tidak setebal dan sepanjang kucing persia. Itulah perbedaan kucing persia dan anggora dari keadaan fisiknya.

2. Asal-Usul

Kedua kucing yang lucu ini memiliki tempat asal yang berbeda. Sama halnya dengan namanya, kucing Persia merupakan kucing yang pertama kali muncul di negara Persia. Negara yang saat ini bernama Iran dan mulai dibawa serta dikenalkan di Italia pada tahun 1620an.

Berbeda dengan Kucing Anggora yang berasal dari wilayah Ankara (Anggora) di Turki sejak tahun 1600an. Hingga saat ini, kehadiran Kucing Persia dan Kucing Anggora sudah di kenal di dunia bahkan di Indonesia dan banyak yang memeliharanya.

3. Kepribadiannya

Berbicara kepribadian, sama halnya dengan manusia, kucingpun memiliki kepribadian yang berbeda. Kucing Persia dengan tubuhnya yang bulat memiliki kepribadian yang lebih manja. Kucing ini akan sedikit lebih kalem, lembut, penurut namun lebih suka bermalas-malasan.

Lain halnya dengan ras kucing Angora yang memiliki kepribadian yang lebih aktif. Selain itu juga sangat berenergik, mudah beradaptasi, cerdas, senang bermain, mudah untuk dilatih, ramah dengan manusia dan suka berinteraksi. Inilah kepribadian dari masing-masing jenis baik Anggora ataupun Persia secara umum.

Baca Juga  Pencinta Kucing Masuk, Ini 7 Cara Merawat Kucing Persia

4. Aktivitasnya

kucing anggora dan persia
Dari kepribadiannya tadi, aktivitas kedua kucing juga sudah cukup jelas. Kucing Persia dengan sifatnya yang sedikit lebih malas terlihat dari aktivitasnya yang lebih kalem. Selain itu juga kurang energik dan lebih memilih tidur serta berdiam diri di tempat. Cara berjalannyapun lambat sehingga sering digendong oleh pemiliknya.

Kucing Anggora jauh lebih energik dan suka bermain dengan pemilik atau teman-temannya. Kucing ini memilih tempat yang tinggi untuk bermain atau beristirahat. Selain itu, cara berjalannyapun sangat luwes dan sangat menggemaskan. Maka dari itu tidak heran jika kucing ini memiliki sifat yang cerdas dan adaptif.

5. Masalah Kesehatan dan Grooming

Kucing Persia merupakan kucing yang rentan terhadap kesehatan. Daya tahan tubuhnya lemah dan sering kali mengalami susah nafas, Cherry Eye, Heat Sensitivity, Seborhea Oleosa, Ringworm, Entropian dan masih banyak lagi. Karena bulunya yang tebal dan rentan kesehatannya membuat harus perawatan atau grooming ekstra.

Untuk kucing Anggora, daya tahan tubuhnya tinggi dan masalah kesehatan yang biasa, kucing ini akan mampu bertahan. Dengan begitu, kucinng ini akann jarang sakit jika dibandingkan kucing Persia. Namun tetap harus diperhatikan seperti pernyakit Hypertrophic Cardiomyopathy dan Ataxia. Groomingnya juga tidak ribet.

6. Harga

Perbedaan kucing Persia dan Anggora tidak akan lepas dari harga. Di lihat dari sisi harga, kucing Anggora jau lebih mahal dari pada kucing Persia. Maka dari itu, Kucing Anggora lebih banyak dipelihara sebagai teman bermain dan sekaligus hobi atau pecinta kucing.

Itulah beberapa perbedaan kucing Persia dan Anggora yang perlu diketahui. Walaupun demikian, banyak dari mereka yang sering menyilangkan diantara keduanya. Bahakan orang awam akan menilai kedua kucing tersebut sama padahal sangat berbeda.

Walaupun memiliki sejumlah perbedaan, hewan lucu ini menjadi hewan peliharaan yang paling banyak dimiliki. Tingkahnya, bentuk tubuhnya dan lain sebagianya seringkali membuat kegembiraan orang-orang sekitar. Bahakan banyak juga yang mengabadikannya dan membangikan tingkah lucu mereka di akun media sosial.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *