Menilai 9 Karakteristik Kucing Sebelum Mulai Memelihara

Karakteristik Kucing – Berencana memelihara kucing di rumah? Apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk pemeliharaan yang baik? Apalagi jika ingin memilih kucing ras seperti bengal, persia atau anggora.

Pemeliharan ekstra perhatian sangat dibutuhkan, bahkan nantinya mereka bisa dijadikan sebagai teman. Demi kesehatan tetap terjamin dan keberlangsungan hidup mereka, pemeliharaan sesuai karakteristik kucing pun dibutuhkan.

Jadi akan lebih baik sebelum memulai memelihara perlu mengetahui seperti apakah karakteristik mereka. Karena karakteristik satu jenis kucing dengan yang lainnya bisa saja berbeda.

Mengenal Karakteristik Kucing untuk Persiapan Sebelum Memelihara

mengenal karakteristik kucing

Kucing terkenal sebagai hewan pemalas, tetapi tidak semuanya sama. Contohnya saja kucing domestik, mereka termasuk hewan malam yang akan berburu di malam hari. Sedangkan siang hingga sore harinya dihabiskan untuk tidur.

Ruang gerak dan perlakuan manusia kepada kucing bisa menentukan sifat mereka. Apakah mereka nantinya akan menjadi hewan yang agresif atau pemalas. Hal ini tidak jauh berbeda ketika merawat anak dari kecil.

Ada beberapa karakteristik kucing yang bisa diperhatikan sebagai berikut ini agar proses pemeliharaan menjadi lebih mudah.

Baca Juga  Kucing Caracal: Ketahui 9 Hal Sebelum Memeliharanya

1. Memiliki sifat yang penyendiri

Kucing adalah hewan mandiri, bukan tipe hewan yang hidupnya berkelompok. Setelah selesai makan biasanya mereka akan menyendiri untuk membersihkan diri atau tidur. Jadi mereka cenderung tidak suka diganggu ketika memulai menyendiri.

Beberapa kucing yang memiliki sifat bawaan pemalu bahkan akan melakukan kegiatan menyendiri dari sang pemilik. Kucing pemalu bahkan tidak mau didekati oleh orang asing. Sedangkan kucing agresif biasanya akan marah saat diganggu ketika mereka sedang menyendiri.

2. Tidak suka pendatang baru

Jika berencana untuk memelihara kucing lebih dari satu atau hewan peliharaan lainnya seperti anjing dan tinggal dalam satu rumah, biasanya kucing akan marah dan menjadi agresif.

Bagi si kucing pendatang baru mereka biasanya akan takut dengan kucing si pemilik rumah. Butuh waktu adaptasi yang cukup lama bagi kucing bahkan sampai berminggu-minggu untuk bisa saling akrab dan mengenal.

3. Suka dengan alam

Layaknya seperti hewan yang hidup di alam, kucing sangat suka dengan alam. Kucing kecil suka sekali belajar memanjat pohon dan berlari-larian. Jadi jika ingin memeliharanya akan lebih baik mempersiapkan lahan yang sangat luas.

Siapkan tempat berlindung dan sebaiknya lepaskan kucing agar leluasa bergerak. Hindari mengurung kucing di dalam kandang terlalu lama. Nantinya akan menciptakan sifat malu dan penakut pada kucing.

4. Memiliki masalah dengan cacing

Kucing harus rutin diberikan obat cacing, hal ini disebabkan cacing dalam tubuh kucing tidak akan mati. Mereka hanya akan bersembunyi di dalam otot dan akan muncul selama beberapa bulan.

Setidaknya pemberian obat cacing setiap tiga bulan sekali. Apalagi kucing kecil yang memiliki cacing bawaan dari ibunya. Ketika jumlah cacing dalam kucing kecil tidak di atas bisa mengakibatkan kematian.

5. Memiliki gerak yang sangat aktif

kucing bergerak lincah

Ingin memiliki kucing yang selalu bergerak lincah? Tentu saja perlu latihan sejak kecil. Walaupun lahan sudah luas untuk mereka memanjat pohon dan juga berlarian tetap dibutuhkan interaksi dengan sang pemilik.

Kucing bisa aktif hingga dewasa jika sering diajak bermain oleh pemilik. Cobalah untuk bermain lempar tangkap kertas. Saat ini sudah banyak mainan yang dijual di pet shop dengan bentuk unik dan tidak terlalu mahal untuk dipilih.

6. Memiliki kebiasaan spraying

Kucing memiliki kebiasaan untuk memberikan marking sebagai teritorialnya apalagi pada saat musim kawin. Fungsi dari mereka melakukan spraying adalah untuk memberikan tanda wilayah. Sehingga kucing lain yang menciumnya harus pergi dari area tersebut.

Bagi yang ingin memelihara kucing dalam ruangan, akan lebih baik menyediakan tempat pasir yang selalu bersih. Setidaknya kebiasaan spraying mereka dapat dilakukan di kotak pasir.

Namun jika di dalam rumah hanya memiliki satu ekor kucing kebiasaan ini biasanya tidak akan terlalu bermasalah.

Baca Juga  8 Jenis Kucing Hutan: Ketahui Ciri-Ciri dan Sifatnya

7. Karakter berdasarkan ras

Tidak semua kucing ras memiliki karakter atau sifat yang sama, walaupun sebagian besar kucing selalu ingin perhatian yang lebih dari sang pemilik. Contohnya saja kuci persia, ras ini paling suka jika disayang dan tidur di atas pangkuan pemiliknya.

Kucing Siam adalah jenis kucing yang sangat suka berkomunikasi. Mereka akan menggunakan gerak tubuh untuk menyampaikan keinginannya. Sedangkan Maine Coon adalah kucing besar dan atletik yang selalu mengikuti tuannya kemanapun pergi.

8. Karakter kucing putih

Suka dengan kucing yang berbulu putih? Kucing ini memiliki karakter yang sangat sensitif dan pemalu. Khususnya untuk kucing betina, mereka juga memiliki kekurangan sedikit tuli. Maka akan lebih baik jika tak membiarkannya untuk keluar sendirian.

Kucing berwarna putih tidak memiliki kepekaan terhadap predator lain dan juga lalu lintas. Sangat mudah bagi mereka mengalami kecelakaan karena tulit.

9. Memiliki gigi taring yang harus dijaga

Gigi bagi kucing adalah senjata pertahanan diri sekaligus membantu untuk memangsa. Tapi pada kucing rumahan mereka menggunakan gigi hanya untuk makan. Gigi kucing kecil akan digantikan dengan gigi kucing dewasa setelah berumur 7 bulan.

Pada saat mereka berumur tiga tahun, pasti ada banyak sisa makanan yang menempel pada gigi menjadi plak. Sama seperti manusia, plak yang terlalu banyak akan menimbulkan sakit gigi.

Demi menghindari kerusakan pada gigi kucing, akan lebih baik untuk melakukan perawatan rutin seperti menggosok gigi serta scaling.

Kucing adalah salah satu jenis hewan predator yang jinak, sehingga tidak sedikit orang yang suka memeliharanya. Mengenal karakteristik kucing dengan tepat akan membantu Sahabat Tedas.id memelihara dengan mudah.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *