Selain Tanaman Hias, Ini Manfaat Daun Miana Lainnya

Manfaat Daun Miana – Mayana atau miana merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai hiasan. Namun, ternyata tanaman ini memiliki segudang manfaat. Daun miana yang mempunyai warna dan bentuk indah ini banyak dijadikan sebagai tanaman obat.

Pada umumnya, tanaman miana dibudidayakan di daerah dataran rendah dan dekat area rumah. Tanaman ini mempunyai daun dingin dan berbau harum. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun tanaman ini yang wajib untuk Anda ketahui.

Manfaat Daun Miana yang  Luar Biasa

Manfaat Daun Miana
Image: Carabuas.

1. Mengatasi Mata Merah

Beraktivitas seharian penuh akan membuat mata menjadi lelah. Apalagi jika beraktivitas di luar ruangan dan terkena debu, tidak menutup kemungkinan mata akan menjadi merah. Di samping itu, mata yang lelah akan menjadi gatal. Akibatnya, jika mata dikucek akan menjadi berwarna merah.

Mengobati mata merah dapat dilakukan dengan menggunakan bahan herbal yang mudah didapat. Salah satunya adalah dengan menggunakan tumbuhan miana yang sering tumbuh di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Untuk membuat obat mata herbal dari tumbuhan miana, Anda harus memetik daunnya. Selanjutnya daun tersebut dicacah hingga mengeluarkan air.

Lalu dikompreskan obat ini ke mata yang memerah. Daun tumbuhan miana yang dicacah ini akan menimbulkan sensasi dingin yang membuat mata menjadi rileks.

Mengompres mata menggunakan daun tanaman ini tidak perlu dilakukan dengan durasi yang sangat lama. Cukup biarkan mata menjadi rileks dan ototnya merasa tidak tegang lagi. Setelah dirasa cukup, maka bisa dibersihkan dan dibilas dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga  Pohon Mahoni: Manfaat dan Kisaran Harganya

2. Membantu Menurunkan Demam

Manfaat daun miana yang selanjutnya adalah berguna untuk membantu menurunkan demam. Apabila sedang mengalami demam, sebaiknya berusaha untuk menyembuhkan dengan obat herbal terlebih dahulu. Salah satu obat herbal ini bisa dibuat dari tanaman miana.

Cara mengolah tanaman miana untuk menjadi obat tergolong cukup mudah. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah memetik batang dan daun tanaman ini. Selanjutnya, rebus daun dan batang yang sudah dipetik dengan 3 gelas air.

Apabila rebusan daun dan batang miana sudah mendidih, maka Anda bisa menuangkan airnya pada gelas. Lalu, tunggu sampai air rebusan tersebut hangat, kemudian bisa diminum. Ini merupakan cara ampuh untuk menurunkan demam tanpa menggunakan obat kimia.

Pengobatan demam menggunakan tanaman miana ini akan membantu membuat tubuh tidak ketergantungan obat kimia. Di samping itu, air rebusan dari daun tanaman ini tidak menyebabkan kerusakan pada organ yang lain, sehingga sangat aman untuk dijadikan sebagai obat demam.

3. Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Sudah banyak obat yang dibuat untuk menyembuhkan penyakit ini. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa obat untuk menyembuhkannya ada di sekitar.

Tahapan yang harus dilakukan untuk membuat obat diabetes dari tanaman miana sangat sederhana. Pertama adalah memetik daun dan batang tanaman ini, beserta bunganya jika ada. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih.

Air rebusan ini harus diminum secara rutin agar manfaat daun miana benar-benar memberi efek yang baik bagi tubuh. Kadar gula darah pada tubuh dipercaya akan turun apabila rutin dan tidak merasa bosan menerapkan cara ini.

Banyak para penderita diabetes yang tidak berhasil saat melakukan jenis pengobatan apapun karena tidak telaten ataupun terkendala biaya. Dengan tumbuhan miana yang bisa didapatkan dengan cuma-cuma, penderita diabetes harus lebih rajin mengkonsumsi ramuan ini agar cepat sembuh.

4. Mengatasi Batuk Berdahak

Batuk berdahak sering dianggap menjadi sesuatu yang mengganggu, baik saat berlangsung sebentar maupun lama. Bahkan, ada orang yang mengalami batuk berdahak hingga dadanya sesak ataupun sakit.

Obat untuk menyembuhkan batuk berdahak dapat dibuat dengan menggunakan daun miana. Caranya, pertama-tama adalah menumbuk daun tanaman ini yang sudah dipetik. Selepas itu, peras dan saring daun yang sudah ditumbuk.

Sari daun tadi lalu diseduh menggunakan air hangat. Tambahkan madu secukupnya untuk membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Minum obat ini secara rutin setiap hari pada pagi dan sore sampai merasa batuk berdahak mereda.

Air rebusan daun dari tumbuhan miana tidak hanya mampu mengobati batuk berdahak saja, melainkan juga menyembuhkan gejalanya. Bahkan, air rebusan daun tanaman ini mampu mengobati batuk kering yang biasanya dialami.

Baca Juga  Eceng Gondok: Ciri-ciri, Habitat dan 5 Manfaatnya

5. Menangkal Radikal Bebas

Daun tumbuhan miana tidak hanya berfungsi untuk mengobati penyakit saja, namun juga berguna untuk menangkalnya. Salah satunya adalah untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Radikal bebas bisa menembus kulit tubuh dikarenakan oleh beberapa hal. Salah satu penyebabnya adalah tubuh yang sering terpapar sinar matahari. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara untuk menagkal radikal bebas ini, yaitu menggunakan tanaman miana.

Mengkonsumsi air rebusan daun pada tumbuhan miana bisa dilakukan secara rutin, meskipun tidak setiap hari. Minumlah air rebusan ini beberapa hari sekali agar tubuh bisa terlindungi dari paparan radikal bebas.

Menggunakan cara ini akan membuat tubuh akan menjadi lebih sehat. Tubuh bisa menjadi lebih kebal dari paparan radikal bebas dan Anda tidak perlu khawatir akan terserang kanker. Meminum air rebusan daun tumbuhan miana merupakan salah satu langkah mudah agar badan menjadi lebih sehat.

6. Melancarkan Siklus Haid

Bagi para kaum wanita, salah satu manfaat daun miana adalah bisa dijadikan sebagai obat untuk melancarkan siklus haid. Permasalahan haid yang biasanya sering dikeluhkan ini bisa diselesaikan dengan mengolah daun tersebut.

Cara untuk membuat obat pelancar haid dengan tanaman miana adalah dengan cara merebus daunnya. Selanjutnya, air rebusan disaring dan diminum secara rutin. Selain itu, ada beberapa manfaat lain daun tanaman ini untuk siklus haid para wanita.

Manfaat air rebusan daun miana yang lain adalah mencegah nyeri yang biasanya terjadi saat haid. Mengkonsumsi ramuan dari tanaman ini juga akan membuat siklus haid lebih terkontrol dan rutin. Di samping itu, ramuan ini aman dikonsumsi daripada obat atau pil yang beredar di pasaran.

Supaya siklus haid lancar dan rutin, usahakan meminum air rebusan daun tumbuhan ini beberapa hari menjelang datang bulan. Lalu, pada saat terjadi datang bulan Anda juga harus meminumnya saat mengalami nyeri.

7. Mengatasi Tipes

khasiat Daun Miana

Salah satu penyakit yang sering diderita baik oleh anak-anak maupun orang dewasa adalah tipes. Penyakit tipes biasanya disebabkan oleh adanya kuman yang bersarang pada tubuh penderita. Pada umumnya penderita tipes akan mengalami panas atau demam yang akan turun selama berhari-hari.

Ada obat alami penyakit tipes yang selama ini dikenal masyarakat, yaitu dengan hewan cacing. Tetapi banyak yang tidak mau mengkonsumsi karena merasa jijik. Selain hewan, ternyata ada tumbuhan yang bisa menyembuhkan penyakit tipes yang diderita.

Tidak jarang banyak orang yang bingung untuk mengobati penyakit ini. Padahal obatnya bisa dibuat dengan memanfaatkan tanaman di sekitar, yaitu daun miana. Salah satu jenis tanaman hias ini bisa dijadikan alternatif pengobatan penyakit tipes.

Untuk mengolah tanaman ini agar bisa dijadikan obat adalah dengan merebus daunnya yang sudah dipetik. Selanjutnya air rebusan tersebut disaring untuk diminum.

Waktu yang tepat untuk meminumnya adalah saat akan tidur di malam hari dan ketika bangun pagi. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

8. Mengatasi Ambeien

Kesehatan pencernaan tidak cukup dengan mengkonsumsi makanan sehat. Tidak jarang banyak orang yang mengalami gangguan pencernaan, namun tidak menyadarinya. Salah satu penyakit pencernaan yang banyak dialami adalah ambeien.

Agar penyakit ambeien bisa segera sembuh, Anda bisa memanfaatkan tanaman miana. Caranya adalah dengan memetik beberapa lembar daun tanaman ini dan merebusnya dengan kunyit. Air yang dibutuhkan untuk merebus kira-kira sekitar 5 gelas.

Setelah mendidih, saring airnya dan biarkan hingga dingin. Selepas itu, air rebusan tadi bisa diminum secara rutin satu gelas per hari. Air rebusan daun tanaman ini yang diminum secara rutin dipercaya akan menyembuhkan ambeien dan membuat pencernaan menjadi lancar.

Agar penyakit ambeien bisa sepenuhnya sembuh, maka harus dilakukan pola makan yang sehat pula dengan tetap di dampingi dengan mengkonsumsi obat ini. Kesadaran penderita ambeien tentang pentingnya pola hidup sehat juga akan membantu proses penyembuhan.

Baca Juga  Cara Membuat Bonsai Kelapa untuk Koleksi Taman di Rumah

9. Mengatasi Bisul

Mengalami bisulan memang menjadi hal yang menjengkelkan. Meskipun dengan ukuran yang kecil dan terkadang berada di bagian tubuh yang tidak terlihat, bisul tetap saja menjadi masalah. Bisul bisa menimbulkan rasa sakit bagi penderita.

Sudah banyak obat ataupun salep oles untuk menyembuhkan bisul tersedia di apotek, tetapi banyak di antaranya yang tidak mempan. Untuk itu, Anda perlu mencoba memanfaatkan tanaman miana untuk menyembuhkan bisulan.

Membuat obat bisul dari tanaman miana sangat sederhana. Caranya adalah memetik beberapa lembar daun miana dan kemudian membakarnya. Namun harus hati-hati, jangan sampai gosong ketika membakarnya. Selanjutnya tempelkan daun yang sudah dibakar ke bisul.

10. Mengatasi Sakit Perut

Rasa sakit di perut biasanya ditimbulkan oleh adanya gangguan pencernaan. Penyebab pada umumnya adalah pola makan yang tidak baik ataupun adanya bakteri yang masuk ke perut melalui mulut. Bentuk gangguan pencernaan tersebut bisa beragam.

Beberapa diantaranya sakit perut yang dialami adalah karena kesulitan maupun terlalu sering buang air besar. Susah buang air besar biasanya disebabkan kurangnya makanan berserat atau kandungan cairan dalam tubuh yang tidak cukup.

Sementara, terlalu sering buang air besar pada umumnya dikarenakan makanan yang dikonsumsi tidak sehat atau sudah tertempel bakteri. Untuk bisa mengobatinya bisa menggunakan tanaman miana yang tumbuh bebas di dekat rumah.

Bagian tanaman miana yang dimanfaatkan tak lain adalah daunnya. Langkah yang harus dilakukan adalah memetik daun tumbuhan ini dan merebusnya. Selanjutnya air hasil rebusan daun ini harus diminum secara rutin agar pencernaan menjadi lancar kembali.

Sudah paham bukan mengenai manfaat daun miana ini? Memanfaatkan tanaman di sekitar untuk menjadi alternatif pengobatan berbagai macam penyakit akan membuat Anda tidak ketergantungan obat kimia. Dengan demikian, kesehatan organ di dalam tubuh menjadi lebih terjaga.

Tumbuhan miana yang tumbuh di sekitar area rumah sebaiknya dijaga agar tetap lestari dan berkembang biak. Sehingga, bisa dimanfaatkan ketika membutuhkan dan diolah menjadi obat herbal yang bermanfaat mengatasi beberapa penyakit seperti ulasan di atas akan tetapi tetap saja jika sakit sangat disarankan untuk mengobatinya di dokter.

Referensi:

– https://www.deherba.com/amandel-sembelit-atau-sakit-perut-atasi-dengan-manfaat-daun-miana.html, Diakses Pada 18 Agustus.

– https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bolehkan-minum-air-miana-dan-daun-dadap-bila-kankker, Diakses Pada 18 Agustus.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *