Cantik, Ini Jenis dan Ciri Ciri Bunga Mawar yang Mempesona

Ciri Ciri Bunga Mawar – Bunga mawar atau yang disebut dengan bunga cinta ini, memang memiliki keistimewaan tersendiri. Bunga ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari famili Rosacea yang memiliki beberapa warna varian.

Selain bentuk dan warnanya yang menawan, bunga ini juga memiliki aroma yang wangi, sehingga sering dijadikan bahan parfum. Bunga ini dapat tumbuh di berbagai negara yang memiliki iklim tropis maupun subtropis.

Karena termasuk bunga semak, membuatnya dapat tumbuh secara liar maupun ditanam. Sebagai bunga yang memiliki makna yang menyentuh hati, membuatnya menjadi bunga yang lebih banyak dicari dibanding dengan bunga lainnya.

ciri ciri bunga mawar

Ciri Ciri Bunga Mawar yang Mempesona

Karena memiliki beberapa warna hasil silangan, membuat banyak orang terkadang tidak percaya jika itu adalah bunga mawar. Ada banyak ciri khusus yang dimiliki oleh bunga ini, karena setiap jenis mawar memiliki ciri tersendiri.

1. Memiliki 5 Helai Kelopak

Ada beberapa ciri umum yang harus diketahui tentang bungan mawar yang indah ini. Pada bagian batang, bunga mawar memiliki batang berwarna hijau dan berduri. Pada umumnya, ciri-ciri bunga mawar memiliki 5 helai kelopak.

2. Warna Kelopak yang Khas

Bunga ini juga dapat menghasilkan buah dari putik yang saling berkembang, yang dinamakan buah agregat. Warna-warna kelopak yang khas seperti merah pekat, kuning, biru, putih, pink bahkan ada yang berwarna kombinasi merah dan putih.

Warna-warna tersebut memiliki makna dan filosofi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Itulah ciri-ciri bunga mawar yang harus diketahui.

Jenis Jenis Bunga Mawar yang Beraneka Ragam

mawar merah
1. Bunga Mawar Merah

Bunga mawar merah merupakan salah satu bunga favorit sebagai lambang cinta dan kasih sayang. Tentu sering kita lihat, bunga ini dijadikan lambang romantis untuk menyatakan cinta dan rasa sayang seseorang.

Untuk menyatakan hati dan perasaan kepada pasangannya, terkadang mereka menggunakan satu kuntum atau 12 kuntum bunga. Mengapa demikian, jika menggunakan 1 kuntum itu artinya hanya ada satu hati yang dia inginkan.

Dan jika menggunakan 12 kuntum itu artinya 12 bulan dimana setiap bulannya dia selalu mengingat akan kehadiran pasangan yang diinginkan. Banyak mitos yang muncul karena ini, bahkan jika 13 kuntum maka akan mendapatkan sial.

Tidak hanya itu, warna merah pada bunga ini juga memiliki makna yang dalam. Seperti ketulusan, kekaguman, pengabdian dan juga rasa hormat terhadap siapapun. Maka tidak jarang jika banyak yang
menggunakannya kado untuk wisuda seseorang.

Baca Juga  Lucu, Ini 3 Jenis Kelinci Anggora Berikut Kisaran Harganya

2. Bunga Mawar Putih

Berbeda dengan bunga mawar merah, bunga mawar putih memiliki makna yang lebih mendalam. Warnanya yang netral dan putih bersih, memiliki makna sebagai lambang kesucian, kemurnian dan cinta sejati.

Maka tidak heran, jika dalam sebuah pernikahan sering ditemukan buket mawar putih yang menandakan kemurnian dan cinta sejati dari sepasang pengantin. Tidak hanya itu, bunga mawar putih juga mengandung makna sebagai persahabatan sejati.

Oleh karenanya, bunga ini cocok untuk dijadikan permohonan maaf. Terkadang, mawar ini juga dijadikan sebagai tanda spiritualitas.

3. Bunga Mawar Biru

Karena memiliki banyak varian hasil silangan, membuatnya dapat tumbuh dengan berbagai warna. Bunga mawar biru sendiri, di Indonesia sangat jarang dan langka. Mawar ini memiliki makna yang dalam dan penuh imajinasi serta misteri.

Makna biru menandakan bahwa pemberi memendam rasa kekaguman yang sukar untuk diungkapkan. Biasanya bunga ini juga dijadikan sebagai ungkapan cinta pertama atau cinta jarak jauh yang tidak mungkin tercapai olehnya.

4. Bunga Mawar Pink

Pada bunga mawar pink memiliki 2 tipe warna yakni warna pink muda dan pink tua. Keduanya memiliki makna yang sama yaitu ungkapan emosi yang penuh dengan kelembutan, halus dan mengandung perasaan kagum, syukur dan suka-cita.

Mawar pink muda yang merekah sangat cocok untuk mengungkapkan rasa simpati dan kagum. Sedangkan mawar pink tua yang merekah melambangkan peghargaan yang mendalam serta ungkapan terima kasih terhadap seseorang.

macam macam bunga mawar
Macam-macam Bunga mawar

Selain berdasarkan warnanya, macam-macam bunga mawar juga sangat banyak. Bahkan di beberapa negara, bunga ini dijadikan sebagai bunga nasional seperti di Inggris. Bunga ini memiliki beragam macam atau jenis yang perlu di ketahui.

1. Bunga Mawar Old Garden Roses

Bunga ini memiliki aroma yang wangi dengan berbagai jenis yang dihasilkan seperti Mawar Alba yang memliki warna putih dan hanya berbunga satu tahun sekali.

2. Mawar Damask

Kemudian, mawar Damask yang merupakan hasil persilangan antara rosa phoenicea dan galica. Mawar galica sendiri juga memiliki warna yang sangat menakjubkan dan segar jika dipandang. Mawar centifolia juga bagian dari old garden roses.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

3. Centifolia

Centifolia merupakan mawar yang memikili mahkota yang berbeda dari yang lainnya. Mawar ini memiliki lebih dari seribu kelopak dan hanya berbunga dan mekar satu kali dalam setahun. Tidak lupa mawar moss, china, portland, bourbon dan lainnya.

4. Wild roses

Di samping jenis bunga mawar Old Garden Roses, Wild Roses juga termasuk kelompok bunga mawar yang populer dan banyak dinanti. Wild roses ini merupakan mawar yang tumbuh secara liar.

5. Modern Garden Roses

Walaupun bentuknya sederhana, mawar ini memiliki warnanya cukup bagus. Dan sudah dikenal dari zaman dahulu kala. Satu jenis mawar yang tergolong dari kelompok besar lagi adalah Modern Garden Roses.

Modern garden roses terdiri atas mawar yang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Bunga mawar ini terdiri menjadi 2 kelompok yakni Hybrid tea dan Floribunda. Hybride tea merupakan jenis mawar potong yang sering digunakan untuk acara.

Karena mawar ini memiliki kelopak mahkota yang bagus, lebar, rapat dan besar. Oleh karenanya, sering digunakan untuk hiasan pada saku jas bagian depan. Cocok juga untuk hiasan kebun rumah karena, satu batang bisa menghasilkan 5 sampai 6 bunga.

Berbeda dengan Floribunda, jenis ini memiliki ukuran bunga yang kecil. Untuk satu batang, bisa menghasilkan 10 bunga, sehingga bagus untuk hiasan pada ruang atau taman terbuka.

Karena bunga mawar ini sangat menyebar luas hampir di seluruh belahan dunia. Maka dari itu, setiap jenis mawar memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

harga bunga mawar

Mengenal Nama Latin Bunga Mawar

Nama latin bunga mawar yang sering diucapkan adalah Rosa. Pemberian nama latian bunga mawar berbeda-beda antara satu negara dengan negara lainnya.

Misalnya di Amerika serikat, penyebutan bunga mawar adalah Rosa Cinnamomea (kayu manis), Rosa Californica dan Rosa Nitisia (Mawar yang berkilau).

Berbeda dengan sebutan mawar di negara Eropa. Bunga ini dinamakan sesuai dengan jenisnya misal, rosa wichuraiana, rosa cenina yang kaya akan vitamin C, rosa spinosissima (mawar putih berukuran
kecil) dan kelompok mawar old garden roses.

Berbeda lagi dengan spesies asal Timur Tengah nama latin bunga mawar antara lain rosa felicia, rosa demacena dan rosa foetida. Rosa foetida juga terbagi menjadi 3 maxam yaitu rosa foetida, rosa foetida bicolor dan foetida perciana.

Di Jepang juga memiliki beberapa nama latin seperti rosa rugosa, multiflora, uchiyamana, jasminoides, roxburghii yang dapat dijadikan ramuan obat kanker. Selain tu juga terdapat rosa acicularis nopponensis dan rosa fujisanesis.

Tiongkok juga tidak kalah dengan yang lainnya, berbagai spesies juga ikut tumbuh di bumi Tiongkok. Di antaranya yaitu Rosa Primula yang termasuk mawar liar yang terbaik. Selain itu jga ada rosa mulliganii yang kecil dan tumbuh 1 dalam sebatang.

Nama latin lain antara lain seperti rosa gigantea, hugonis, dan banksiae lutea. Itulah beberapa nama yang digunakan untuk menamai bunga mawar. Nama-nama tersebut memiliki makna yang berbeda.

nama latin bunga mawar
Kisaran Harga Bunga Mawar

Harga bunga mawar yang ditawarkan tergantung pada jenis dan media yang digunakan. Bunga ini dijual dalam bentuk tanaman, potong maupun bibit atau benih. Harga setangkai bunga mawar merah dibandrol dengan harga 15 ribu rupiah.

Sedangkan bijinya dijual mulai dengan harga 15 ribu rupiah per 5 gramnya. Dan jika menginginkan dalam bentuk buket, harganya bisa mencapai 125 ribu rupiah. Harga tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, harga bunga mawar yang lainnya, seperti mawar putih, biru, kuning, pink, orange juga berbeda. Salah satunya mawar biru terbilang cukup mahal. Karena jarang mawar biru yang tumbuh alami.

Para florist mencampurkan cairan tertentu dengan menggunakan mawar putih untuk menciptakan warna biru.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *