Serba-serbi Kucing Persia Himalaya dan Kisaran Harganya

Kucing Persia Himalaya – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan populer. Di antara berbagai jenis kucing yang ada, kucing persia himalaya merupakan jenis kucing yang memiliki karakteristik khas dengan bulu yang indah dan unik. Selain itu, kucing jenis ini juga memiliki fitur wajah yang imut. Karena itulah kucing jenis persia himalaya ini banyak diminati oleh pecinta kucing.

Sejarah kucing jenis persia himalaya terbagi dalam dua pendapat. Pendapat pertama adalah banyak peneliti yang menyebutkan bahwa jenis kucing yang satu ini sudah sangat dikenal di penjuru dunia. Sebaliknya pendapat kedua menyebutkan bahwa jenis kucing yang awalnya dikenal dengan nama colour point persiaan ini mulai dikenal di Benua Eropa pada tahun 1950-an.

Kucing jenis persia himalaya memiliki ciri-ciri fisik yang unik yaitu tubuhnya besar atau gemuk dengan kaki-kali yang pendek seperti kucing persia pada umumnya. Karena karakteristik inilah kucing jenis persia himalaya tidak seperti jenis kucing lain yang ahli melompat. Meski begitu, kucing ini juga memiliki ras dengan karakter fisik yang anggun dan ramping seperti halnya kucing siam.

Anatomi Tubuh Kucing Persia Himalaya

harga kucing persia himalaya

Informasi rinci terkait jenis kucing persia himalaya mulai dari berat badan rata-rata, hingga deskripsi lengkap bagian-bagian tubuhnya seperti kepala, mata, kaki, dan telinga akan diulas lengkap sebagai berikut:

1. Berat badan

Berat badan rata-rata kucing persia himalaya adalah sekitar 4 hingga 6 kilogram. Dengan berat badan tersebut, kucing jenis persia himalaya merupakan jenis kucing yang dikenal dengan tubuh dan tulangnya yang kuat.

2. Kepala

Kepala kucing jenis persia himalaya berbentuk bulat dengan karakteristik khas yaitu hidungnya yang pesek. Hidung kucing jenis ini yang pesek masih dapat dikategorikan atau dikelompokkan.Berdasarkan kepesekan hidungnya, dikenal 2 jenisyaitu jenis tradisional dan ekstrim.

Warna bulu pada kepala kucing jenis ini didominasi warna kecoklatan seperti kucing siam. Meskipun bulu pada bagian kepala didominasi warna kecoklatan, tetapi warna bulu pada kepala kucing jenis ini juga bercampur dengan bulu yang berwarna putih.

Baca Juga  7 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

3. Mata

Kucing jenis persia himalaya ini memiliki mata yang bulat dan agak besar. Ciri khas lain dari kucing jenis ini selain hidungnya yang pesek juga warna matanya yang biru dan indah.

4. Kaki

Kucing persia himalaya memiliki kaki yang pendek dengan warna bulu yang jauh lebih gelap dibanding warna tubuhnya. Kaki kucing jenis ini tidak hanya dilapisi oleh bulu-bulu yang lebat tetapi juga dilengkapi dengan cakar yang kuat dan besar.

5. Telinga

Bagian telinga kucing jenis persia himalaya ini memiliki warna yang gelap seperti halnya kucing siam dengan ukuran telinga yang pendek.

Cara Merawat Kucing Persia Himalaya

cara merawat kucing persia
Sebelum memilih kucing jenis persia himalaya sebagai hewan peliharaan, alangkah baiknya jika berusaha untuk mengenal dan mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk merawat jenis kucing yang satu ini. Berikut ulasan cara merawat kucing persia himalaya:

1. Perhatikan kandang

Kandang atau tempat tinggal kucing haruslah menjadi perhatian utama karena di tempat inilah kucing akan tinggal. Karena itulah kandang harus dibuat sedemikian rupa agar kucing dapat tinggal dengan nyaman.

Apabila kandang yang disediakan tidak bisa memberikan kenyamanan untuk kucing, maka kesehatan kucing pun akan ikut terpengaruh. Karena itulah kandang yang disediakan untuk kucing harus dibuat senyaman mungkin.

2. Perhatikan kualitas makanan dan minuman

Ketersediaan makanan dan minuman akan mempengaruhi kesehatan kucing. Sangat disarankan untuk menyediakan stok makanan dan minuman yang cukup untuk kucing. Jangan sampai lalai sehingga kehabisan stok makanan dan minuman karena hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan kucing.

Selain menyediakan stok makanan dan minuman yang cukup, memilih produk makanan yang disukai kucing juga penting karena tidak semua kucing memiliki preferensi yang sama terhadap suatu produk makanan kucing.

Jika perlu luangkanlah waktu untuk melakukan percobaan dan pengamatan terhadap beberapa produk makanan kucing untuk mengetahui produk makanan kucing mana yang disukai oleh kucing yang bersangkutan.

Baca Juga  Mengenal 5 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

3. Perhatikan kebersihandan kesehatan kucing

Menjaga kebersihan kucing persia himalaya sangat penting terlebih karena jenis kucing yang satu ini memiliki bulu yang lebat. Jika kebersihan kucing jarang diperhatikan, resiko kucing terkena penyakit akan semakin tinggi. Karena itulah kesehatan kucing harus selalu dijaga dan diperhatikan agar kucing selalu sehat.

Demi menjaga kucing agar tetap sehat dan bersih, pemilik kucing harus memiliki kesabaran dan ketelatenan dalam memandikan dan membersihkan kucing. Apabila Anda tidak memiliki waktu maupun kesabaran yang cukup untuk membersihkan dan memandikan kucing, Anda bisa mengambil alternatif dengan memakai jasa grooming kucing pada petshop terdekat.

4. Siapkan pasir kucing

Pasir kucing harus disediakan sebagai media tempat kucing membuang kotoran. Sebelum ditempatkan di dalam kandang, sebaiknya saring pasir kucing terlebih dahulu agar pasir kucing yang digunakan bertekstur lebih halus dan lembut untuk kucing. Selain itu, menyaring pasir kucing juga dapat menghindari terbawanya kotoran kucing di dalam pasir kucing.

5. Hindarkan kucing dari stres

Sebisa mungkin kucing harus dihindarkan dari stres. Jangan biarkan kucing terus menerus di dalam kandang karena hal itu akan membuat kucing merasa stres. Sesekali biarkan kucing keluar untuk bermain-main sambil dielus-elus agar kucing merasa nyaman. Jika perlu, ajaklah kucing untuk jalan-jalan sehingga kucing bisa terhindar dari stres.

Tips Memilih Kucing Persia Himalaya

harga kucing himalayaJika sudah mengenal kucing persia himalaya dan merasa ingin menjadikannya hewan peliharaan, lakukan beberapa tips berikut ini saat akan memilih kucing jenis ini dan menjadikannya hewan peliharaan:

1. Siapkan budget

Menyiapkan budget merupakan langkah awal dan yang paling utama sebelum merealisasikan rencana untuk memelihara kucing. Budget yang harus disiapkan harus diperhitungkan sedemikian rupa. Tidak hanya harga kucing himalaya yang perlu diperhitungkan, tetapi juga harga kandang serta makanan yang dibutuhkan kucing.

2. Cari toko yang legal

Sebelum membeli kucing persia himalaya pada suatu toko hewan, pastikan bahwa toko hewan tersebut merupakan toko hewan yang legal. Dengan membeli kucing pada toko yang legal, tidak hanya toko tersebut dapat dipercaya oleh para pelanggan, tetapi toko tersebut juga akan merawat dan menjaga hewan-hewan yang ada di toko tersebut sebelum sampai ke tangan pembeli.

Baca Juga  Mengenal 5 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

3. Cari informasi tentang kucing

Sebelum membeli, sangat disarankan untuk mencari informasi yang rinci terkait kucing jenis persia himalaya yang bersangkutan. Seperti apa ciri-cirinya, umurnya, dan berbagai informasi lainnya. Informasi tersebut dapat ditanyakan pada pemilik toko hewan maupun pada pemilik kucing sebelumnya. Informasi tersebut juga bisa didapatkan melalui surat imunisasi kucing.

4. Cari tahu harga kucing himalaya

Mencari tahu harga pasaran kucing jenis persia himalaya merupakan hal yang penting. Ini karena harga kucing persia himalaya tersebut akan sangat membantu dalam memperhitungkan budget yang dibutuhkan saat akan memelihara kucing. Selain itu, mengetahui dan melakukan update harga pasaran juga akan menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya penipuan.

Harga kucing himalaya sangat dipengaruhi oleh umur kucing dan kondisi kucing apakah sudah divaksin atau belum. Selain itu, sudah atau belum divaksin juga berpengaruh terhadap harga jenis kucing yang satu ini. Kisaran harga kucing jenis persia himalaya adalah antara 3 hingga 10 juta rupiah tergantung umur dan status vaksinasi kucing yang bersangkutan.

Kucing jenis persia himalaya yang berumur kurang lebih 3 bulan dalam kondisi belum divaksin dipatok dengan harga 3 hingga 4 juta rupiah sementara kucing jenis ini dengan umur yang sama dalam kondisi sudah divaksin dihargai lebih mahal yaitu 5 hingga 6 juta rupiah.

Untuk kucing persia himalaya yang berumur sekitar 6 bulan dan belum divaksin, harganya 7 hingga 8 juta rupiah. Sementara kucing dengan jenis dan umur yang sama dengan kondisi sudah divaksin dihargai lebih tinggi yaitu sekitar 9 hingga 10 juta rupiah.

5. Buat bukti pembelian

Membuat bukti pembelian sangat penting karena hal ini akan menghindarkan dari unsur penipuan yang mungkin dilakukan oleh penjual. Karena itulah saat melakukan transaksi pembelian, sangat disarankan untuk membuat bukti pembelian serta bukti tertulis. Dengan melakukan langkah tersebut, Anda bisa mencegah terjadinya unsur penipuan oleh penjual.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *