Kucing Caracal: Ketahui 9 Hal Sebelum Memeliharanya

Kucing Caracal – Caracal, juga disebut dengan Desert Lynx, atau Persian Lynx. Sementara itu nama latinnya yaitu Felis caracal.

Merupakan sebuah kucing berekor pendek (famili Felidae) ditemukan di perbukitan, gurun, dan dataran Afrika, Timur Tengah, dan Asia tengah dan barat daya. Caracal adalah kucing ramping berambut pendek dengan bulu coklat kemerahan.

Kucing karakal memiliki jambul panjang rambut hitam di ujung telinganya yang runcing. Berkaki panjang dan berekor pendek.

Ukuran panjang bahunya berkisar antara 40–45 cm (16–18 inci). Sementara panjang tubuhnya bervariasi kurang lebih 66 hingga 76 cm, tidak termasuk ekor 20–25 cm.

Fakta-fakta Terkait Kucing Karakal

Fakta-fakta Terkait Kucing Karakal

Caracal sangat suka menyendiri dan aktif di malam hari. Ia memangsa burung dan mamalia, seperti rusa, kelinci, dan merak. Di Asia, kucing ini termasuk binatang langka.

Banyak yang telah melatihnya sebagai hewan berburu. Caracal betina biasanya mengandung satu sampai empat anak, yang mirip dengan caracal dewasa.

1. Makna Caracal

Kata ‘caracal’ ternyata berasal dari istilah Turki karakulak, yang berarti ‘telinga hitam’. Telinga kucing caracal bisa dibilang merupakan ciri yang paling khas. Bentuknya mencuat dan bisa berputar ke segala arah, seperti periskop di kapal selam.

2. Kerabat Terdekat Caracal

Dari segi penampilan, banyak kesamaan yang bisa dicatat antara caracal dan kucing rumahan. Kedua jenis kucing ini memiliki kepala yang kecil, hampir bulat dengan mata kecil seperti kelereng.

Namun, caracal lebih dekat hubungannya dengan Serval. Bahkan banyak orang mengira Caracal sebagai Serval, dan sebaliknya.

Meskipun bentuk dan struktur tubuh hampir identik, perbedaan yang terlihat antara Serval dan Caracal sebenarnya cukup mencolok. Caracal tampak seperti Serval yang belum mengembangkan bintik hitamnya.

Cara termudah untuk membedakan keduanya adalah dengan telinga mereka. Serval tidak memiliki jumbai telinga yang merupakan khas kucing caracal.

Baca Juga  7 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

3. Ukuran Kucing Caracal

Caracal bisa mencapai panjang 1 meter dan berat sekitar 18 kg. Caracal jantan memiliki ukuran yang lebih besar dari Caracal betina. Selain itu secara fisik juga lebih sehat dan tangkas.

Caracal termasuk jenis kucing yang mampu menjaga dirinya sendiri dan memiliki kekuatan untuk melawan kompetitornya. Namun kemampuannya itu tidak cukup besar jika harus melawan kekuatan predator puncak.

4. Telinga Kucing Caracal

Seekor caracal memiliki telinga yang selalu terlihat waspada sepanjang waktu. 20 otot yang luar biasa mengontrol detektor suara pada telinga yang panjang dan runcing tersebut.

Dengan telinga uniknya ini, Caracal memiliki sensitivitas terhadap suara yang jauh lebih tinggi. Sekecil apapun suara, ia bisa menangkap suara tersebut.

5. Seberapa Tinggi Caracal Bisa Melompat?

Sebagai bagian dari kucing liar, Caracal memiliki kekuatan fisik dan kelincahan yang di atas rata-rata kucing lainnya. Bahkan Kucing Caracal bisa melompat setinggi 4 meter. Seringkali setelah diam-diam mengintai mangsanya, ia kemudian akan berlari ke arah mangsanya tersebut dan menerkamnya.

Kondisi yang paling sering dilihat yaitu ketika Caracal menerkam burung yang di dari langit. Dengan ukurannya yang cukup besar dibandingkan kucing rumahan, tentu saja banyak burung ketakutan dengan ulahnya.

6. Seberapa Cepat Caracal?

makanan caracal

Meski ukuran tubuhnya besar, bukan berarti ia kehilangan kelincahannya. Caracal mampu berlari hingga mencapai kecepatan 80 kpj (50 mph) saat dalam kondisi terbaiknya.

Kucing liar ini tak begitu pandai berburu, namun Caracal memiliki trik berburu yang dianggap cukup licik oleh pesaingnya. Trik itulah yang seringkali menjadi kunci keberhasilan perburuannya.

7. Apa yang Dimakan Kucing Karakal?

Seperti halnya dengan semua anggota keluarga kucing lainnya, dari jenis kucing terkecil hingga harimau Siberia terbesar, Caracal memakan makanan yang sebagian besar berbasis daging.

Karena keterbatasan ukuran dan kekuatan, tentu akan terlalu berambisi bagi Caracal untuk bisa menyantap seekor zebra atau kijang seperti sepupunya yang lebih besar, singa atau macan tutul.

Oleh karenanya Caracal cukup harus puas dengan campuran potongan daging yang lebih kecil, seperti tikus, burung, dan kelinci. Namun Caracal liar yang tinggal di Afrika sanggup pula menjadi pemangsa Gazelle dan Antelop terkecil.

8. Daya Tahan Caracal Tanpa Minuman

Jika dianalogikan dengan sebuah mobil, Caracal ini seperti mobil hemat bahan bakar. Ia tidak perlu sering berhenti untuk mengisi bahan bakar. Caracal dapat bertahan jauh lebih lama dibandingkan jenis kucing lainnya walau tanpa proses rehidrasi.

Caracal memiliki sistem penyimpanan air di yang canggih di dalam tubuhnya. Ia juga memiliki kemampuan untuk memeras sisa-sisa cairan terakhir dari makanannya. Oleh karenanya Caracal dapat bertahan hidup lebih lama meski berhenti minum dalam waktu yang panjang.

Kemampuan khusus ini memungkinkannya untuk menopang diri sendiri sepanjang perjalanan jarak jauh melintasi lahan kering dan gersang untuk mencari nutrisi.

Baca Juga  Pencinta Kucing Masuk, Ini 7 Cara Merawat Kucing Persia

9. Kucing Liar yang Seharusnya Tidak Dipelihara

Sepanjang sejarah, ada saja orang kaya dan terkenal yang suka membeli dan mengurung hewan paling liar di dunia sebagai simbol status.

Sepertinya ada kebutuhan dan kepuasan diri untuk menunjukkan rasa kekuatan yang lebih tinggi dengan mengambil makhluk paling menakjubkan di alam semesta dan memelihara mereka. Kucing Caracal adalah salah satu hewan yang kini sedang banyak dicari sebagai hewan peliharaan.

Salah satunya mungkin dipicu sejak artis Baim Wong membagikan video YouTubenya tentang Caracal peliharaannya. Padahal Kucing caracal bukanlah hewan peliharaan. Kucing ini terlalu buas dan berbahaya untuk tinggal di rumah. Jadi sebaiknya pikirkan berulang kali jika Anda memiliki keinginan untuk memelihara kucing asal Afrika ini.

Kesamaan fisik antara caracal dan kucing rumahan telah menyebabkan banyak kucing caracal dijadikan sebagai hewan peliharaan. Meskipun tidak seganas harimau atau singa, para ahli hewan tidak gentar memberikan kritik terhadap siapa pun yang berpikir seekor caracal dapat hidup dengan tenang dalam pemeliharaan yang terkendali.

Memang benar bahwa caracal bisa menjadi kucing kecil yang lucu, berguling-guling dan berpelukan dengan pemiliknya seperti kucing rumahan.

Namun kita juga tidak boleh lupa bahwa mereka memiliki jiwa liar di dalam dirinya. Sebagai makhluk yang eksotis, terkurung terlalu lama di dalam rumah bisa menjadi sumber kesedihan dan stres yang luar biasa bagi Caracal.

Meskipun Caracal juga tidak mungkin menunggu melukai pemiliknya sejak hari pertama. Namun yang perlu kita ingat bahwa seekor caracal memiliki susunan genetik dan alat untuk menyerang apa pun dan siapa pun yang dianggapnya berbahaya.

Seekor caracal memiliki taring tajam dengan kemampuan menggigit, merobek, mencabik, dan bahkan membunuh. Cakarnya yang bisa ditarik bukan untuk menggaruk bagian belakang telinga yang gatal. Cakar itu bisa digunakan untuk menebas ancaman yang mengganggunya. Masih terpikir untuk memeliharanya?

Kisaran Harga Kucing Caracal

harga kucing caracal

Setelah mengetahui pro kontra mengenai memelihara kucing ini, namun Anda tetap berniat memilikinya sebagai hewan peliharaan. Anda perlu tahu bahwa untuk membeli Caracal secara legal dengan semua prosedur dan dokumentasi yang benar, biayanya kurang lebih $7000 – $10.000, atau sekitar Rp 147 jutaan.

Sebuah harga kucing caracal yang cukup fantastis ya? Namun kalau boleh memberikan saran tempat terbaik untuk melihat kucing Caracal tentu saja hanyalah di habitat aslinya, dalam safari Afrika.

Sebaik-baiknya kita menyiapkan tempat tinggal untuk Caracal. Benarkah kita tega mengurung hewan liar yang sangat cantik ini terus-terusan di dalam rumah, sementara jiwanya adalah petualang di alam liar?

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *