Ini Dia Kucing Ashera Peliharaan Termahal Hasil Hibrida

Kucing Ashera – Para pecinta kucing pasti kenal dong dengan berbagai ras kucing. Ada kucing persia, anggora, bengal, british shorthair sampai kucing kampung. Rata-rata jenis kucing tersebut adalah ras asli, bukan persilangan.

Nah kalau yang satu ini adalah jenis kucing hibrida yang dihasilkan dari campur tangan manusia. Disebut juga dengan kucing hibrida karena merupakan campuran berbagai macam ras. Kucing Ashera, salah satu kucing hibrida yang berasal dari macan tutul, kucing savannah dan kucing domestik.

Bisa membayangkan bagaimana kucing ini menjadi hewan peliharaan? Jika menginginkannya, butuh kocek yang sangat besar. Apalagi di tahun 2020 ia dinobatkan sebagai kucing termahal di dunia.

Profil tentang Kucing Ashera

harga kucing Ashera

Berencana untuk memelihara kucing hasil hibrida ini? Tentu sebelum memelihara ada banyak hal yang harus diketahui. Mulai dari harganya, bagaimana profil lengkap hingga sifatnya. Yuk simak penjelasannya di sini.

Ashera merupakan jenis kucing hibrida yang paling besar. Bentuk tubuhnya tinggi dan juga langsung. Bentuk tubuhnya tidak memperlihatkan sama sekali bobotnya yang bisa mencapai 12 kg.

Ukurannya tergantung dengan jenis kelamin dan juga generasi penciptaan. Kucing jantan hibrida F1 adalah yang paling besar. Hal ini disebabkan besarnya pengaruh genetik dari kucing Africa.

Baca Juga  Kucing Caracal: Ketahui 9 Hal Sebelum Memeliharanya

Kemampuannya sangat banyak, khususnya loncatan yang tinggi. Mereka mampu loncat ke atas pintu, lemari es hingga kabinet yang tinggi. Jika diukur, loncatannya bisa mencapai 8 kaki dari posisi mereka berdiri.

Kontroversi soal Ashera pun sempat terjadi. Seorang peternak kucing di Pennsylvania sempat mempertanyakan soal hibrida Ashera. Beberapa kucing yang bernama Ashera justru merupakan kucing Savannah.

Selain itu pemerintah Australia melarang impor Ashera, dikarenakan bentuk tubuhnya yang sangat besar bisa membahayakan kehidupan hewan asli di sana. Walaupun banyak kontroversi, Ahsera tetap banyak dinantikan kalangan kelas atas untuk dijadikan hewan peliharaan.

7 Fakta Kucing Ashera sebelum Dijadikan Peliharaan

Fakta Kucing Ashera

Berikut ini fakta mengenai kucing ashera yang perlu dipertimbangkan sebelum Sahabat Tedas.id memeliharanya, lalu apa sajakah itu?

1. Termasuk kucing langka

Walaupun bukan termasuk jenis kucing yang sudah ada sejak lama, Ashera termasuk jenis yang langka. Mengapa? Karena Lifestyle Pets selaku perusahaan teknologi yang memiliki hak dan tanggung jawab penuh dalam menciptakan Ashera hanya bisa mengembangkannya 5 ekor setiap tahun.

Proses yang tidak mudah dan membutuhkan dana besar menjadi alasan utamanya. Satu ekor kucing membutuhkan data sebanyak 37 ribu dolar atau setara dengan 500 jutaan rupiah.

2. Menjadi hewan termahal di dunia

Dilihat dari dana yang dibutuhkan begitu besar untuk menciptakan satu ekor saja, maka tak heran jika Ashera dijual dengan harga yang sangat tinggi. Harganya hampir tiga kali lipat dari kucing Savannah yang juga merupakan kucing hibrida dari kucing Afrika dan Persia domestik.

Harga kucing ashera mencapai 125 ribu dolar, jumlahnya setara dengan 1,8 milyar rupiah. Jadi sudah siapkah untuk memelihara kucing termahal di dunia ini? Banyak orang yang berpikir ulang untuk melakukannya.

3. Bukan masalah bagi mereka yang alergi

Kebanyakan orang sangat menyukai kucing, namun karena masalah alergi dengan bulu maka mengurungkan niat untuk memeliharanya. Nah, perusahaan pencipta Ashera memberikan jaminan bahwa siapa saja yang memeliharanya tidak perlu takut dengan alergi yang dimiliki.

Ashera merupakan jenis kucing hypoallergenic yang artinya tidak akan menimbulkan alergi, bahkan bagi orang yang sensitif terhadap bulu kucing. Jelas saja kelebihan ini didapatkan, mengingat harganya yang begitu mahal.

Baca Juga  8 Jenis Kucing Hutan: Ketahui Ciri-Ciri dan Sifatnya

4. Merupakan kucing cerdas

tips memeliharga kucing Ashera

Banyak yang mengatakan bahwa kucing adalah hewan pemalas dibandingkan anjing. Anjing mendapatkan julukan ‘pintar’ karena termasuk mudah diajari oleh manusia. Jangan salah, Ashera adalah hewan yang sangat cerdas.

Mereka sangat mudah diajari bahkan melebihi kemampuan anjing. Ada banyak permainan yang bisa diajarkan kepada Ashera dengan sangat mudah. mereka bisa membuka pintu sendiri, disuruh duduk bahkan berjabat tangan.

5. Memiliki usia yang panjang

Memiliki hewan peliharaan yang berusia lebih panjang tentu sangat menyenangkan. Sang pemilik bisa terus bermain dengan hewan peliharaanya. Rata-rata kucing domestik memiliki panjang usia maksimal 12 hingga 15 tahunan.

Ashera sebagai kucing hibrida memiliki usia yang lebih lama yakni hingga 25 tahun. Jumlah yang sangat lama dibandingkan kucing ras lainnya. Sang pemilik bisa menghabiskan waktu lebih lama bersama Ashera.

6. Kucing besar yang tak takut air

Sifat alami kucing adalah takut dengan air, namun tidak dengan Ashera. Kucing ini sama sekali tidak takut dengan air. Perawakannya yang tinggi serta langsing justru membuat hewan ini memiliki kemampuan berenang yang sangat baik.

Kemampuan berenangnya sangat cepat bahkan mirip seperti anjing. Padahal bobot kucing ini bisa mencapai 12 kg untuk kucing dewasa. Keistimewaannya inilah yang menarik banyak perhatian.

7. Aman sebagai peliharaan

Mengingat asal usul kucing yang merupakan hasil hibrida antara macan tutul hingga beberapa kucing domestik pasti banyak pertanyaan soal keamanan sebagai peliharaan. Tenang saja, karena kucing besar ini aman sebagai hewan peliharaan.

Kelayakannya terbukti dengan sifatnya yang jinak bahkan mudah diajari. Mereka tidak menerkam seperti macan tutul. Ashera sangat suka berdekatan dengan pemiliknya, bahkan protektif terhadap orang asing.

Bagaimana, dengan harga yang fantastis dan langka, Ashera memang patut dijadikan hewan peliharaan. Membayangkan hewan pintar sebagai teman di rumah pasti akan mengisi hari-hari dengan menyenangkan.

Tapi kembali lagi, siapkan biaya yang besar untuk membelinya ya Sahabat Tedas.id belum lagi perawatannya yang juga tak murah, lalu bagaimana apakah berminat untuk memeliharanya?.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.