Lucu, Ini 3 Jenis Kelinci Anggora Berikut Kisaran Harganya

Kelinci Anggora – Mungkin telinga kita sudah tidak asing dengan yang namanya kucing angora, kan? Bulunya yang lebat, badan mungil yang membuat siapapun ingin memilikinya. Akan tetapi, yang akan dibahas bukanlah kucing jenis anggora melainkan kelinci jenis anggora.

Kelinci jenis ini tergolong sebagai kelinci yang langka dan tertua di dunia. Tidak hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan, akan tetapi di berbagai negara seperti Eropa dan Amerika, dapat dijadikan bisnis wool yang menguntungkan.

Jenis kelinci ini berasal dari negara Ankara, Turki, daerah ini memang terkenal dengan berbagai hasil anggora seperti kucing, kambing dan kelinci. Dari daerah inilah kelinci anggora mulai menyebar sampai ke penjuru dunia.

Baca Juga  Tempat Makan di Bogor dan 5 Makanan Legendaris

Kelinci ini memiliki ciri seperti bulunya yang tebal dan lebat, sehingga dapat dibudidayakan untuk dijadikan wool. Bulu-bulu kelinci dipanen setiap 4 sampai 5 bulan sekali. Bulu tersebut berfungsi untuk melindungi dari cuaca dingin.

Sangat disayangkan, bulu yang cantik harus dipotong. Tidak hanya itu, dengan cara menyisir sampai rontok atau bahkan dengan dicabut. Hal ini membuat banyak kontravensi bagi para pecinta hewan, khususnya kelinci, karena dianggap menyakiti.

Di Indonesia sendiri, binatang ini dijadikan sebagai hewan kesayangan yang memiliki nilai jual-beli yang tinggi. Selain bulunya yang mencapai 2 cm setiap bulan, teksturnya juga lembut. Telinga yang panjang dan lebar membuat semakin menggemaskan.

kelinci anggora

Jenis-Jenis dan Sifat Kelinci Anggora

Jenis kelinci anggora memang sangat lucu dan menggemaskan dan yang paling sering ditemui di Indonesia adalah jenis kelinci anggora Inggris, Satin, Giant dan anggora Prancis. Kelinci jenis ini memiliki beberapa spesies hasil silangan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

1. Kelinci Anggora Inggris

Jenisnya sangat bayak seperti anggora Inggris, kelinci ini merupakan kelinci yang paling banyak diminati oleh para pecinta kelinci. Mengapa demikian? Karena kelinci yang satu ini memiliki bulu yang lebih panjang dari jenis yang lainnya.

Tidak hanya itu, kelinci anggora Inggris juga memiliki sifat yang jinak dan mudah untuk dibawa dan diajak bermain. Walaupun berat dari kelinci ini tergolong besar yakni mencapai 4 Kg, tidak membuat pecinta kelinci kewalahan untuk menggendongnya.

Karena memiliki bulu yang lebat termasuk pada bagian telingga, maka tidak heran jika mata kelinci yang cantik dan bening itu tertutup oleh bulunya. Ciri lain yang dimiliki oleh anggora Inggris adalah telingga yang panjang dan dapat berdiri tegak.

2. Kelinci Anggora Giant

Berbeda dengan jenis anggora inggris, pada anggora Giant memiliki ciri dengan berat badan mencapi 6 Kg. Kelinci ini diciptakan oleh seorang pecinta kelinci bernama Louise Walsh dengan cara silang satu jenis anggora dengan jenis lainnya.

Penyilangan itu dilakukan dengan cara menggabungkan lebih dari 3 jenis varietas yakni, jenis anggora Giant Flemish, Lop Prancis, Jerman Korea selatan dan lain sebagainya. Jenis kelinci ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan wool.

Pasalnya, selain memiliki bulu yang tebal, juga bulu yang panjang berwarna putih bersih. Mata kelinci ini juga terlihat sangat jernih, oleh karena itu tidak heran jika banyak pecinta kelinci yang berani membayar mahal untuk mendapatkannya.

3. Kelinci Anggora Perancis

Tidak hanya anggora Inggris dan Giant, jenis Prancis juga termasuk salah satu yang banyak dinanti oleh para pecinta kelinci termasuk di Indonesia. Ciri-ciri yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan kelinci Giant.

Hanya saja postur tubuh dan beratnya lebih kecil dari Giant. Bobot maksimal hanya mencapai 4 Kg. Pada bagian telinga tidak ditumbuhi bulu yang lebat, sehingga tidak menutupi mata indahnya. Selain itu, juga memiliki rumbai pada bagian kaki belakang.

Tidak hanya bulu kelinci anggora Giant atau yang sering disebut kelinci anggora raksasa yang sering dijadikan wool. Akan tetapi, jenis kelinci jenis anggora Satin juga lebih banyak diminati karena teksturnya yang lembut dan mudah dipintal.

Berapakah Kisaran Harga Kelinci Anggora?

harga kelinci anggora
Di samping kelinci anggora yang populer di Indonesia seperti yang telah di jelaskan di atas. Ada beberapa kelinci jenis ini yang kurang populer, akan tetapi memiliki ciri yang khas dan unik. Seperti Kelinci jenis Anggora Jerman, Korea Selatan dan Swiss.

Untuk anggora Jerman sendiri memiliki ciri yang centil, ceria dan lincah. Walupun begitu, tidak berarti kelinci ini susah untuk di pelihara. Bulunya yang lebat dan lembut membuatnya sering dijadikan bahan pembuatan wool anggora.

Bobot anggora Jerman mencapai 5 kg dengan warna bulu keabu-abuan. Kelinci jenis ini banyak diemui di negara beriklim dingin seperti Amerika dan Kanada.

Karena termasuk salah satu binatang peliharaan yang unik dan langka, membuat harga kelinci jenis ini terbilang cukup mahal setiap ekornya. Selain itu, bulunya yang dijadikan wool dan perhiasan menambah lebih mahalnya kelinci jenis ini.

– Kisaran Harga Kelinci Anggora Inggris

Harga kelinci anggora yang ditawarkan bervariatif tergantung dengan jenis yang dipilihnya. Misalnya, harga jenis anggora Inggris tentu berbeda dengan jenis yang lainnya, seperti Giant, Prancis, Swiss atau Jerman. Tidak hanya jenis, umurpun ikut mempengaruhi harga.

Untuk jenis anggora Inggris merupakan yang paling populer di Indonesia. Harga yang ditawarkan juga bervariatif, mulai dari 500 ribu rupiah sampai dengan 4 juta rupiah. Untuk kelinci yang memiliki umur anata 1 sampai dengan 3 bulan, harga yang ditawarkan sekita 600 ribu rupiah.

Dan pada jarak usia yang dekat yaitu sekitar 4 bulan, harga kelinci sudah hampir mencapai 2 juta rupiah. Tidak hanya itu, untuk memeliharannya juga mudah, Anda hanya perlu memperhatiakan asupan nutrisi dan peralatan perawatan yang memadai.

Baca Juga  5 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

– Kisaran Harga Kelinci Anggora Giant

Berbeda dengan kelinci jenis anggora yang lainnya, kelinci Giant ini menjadi populer juga di kalangan pecinta kelinci di Indonesia. Sebab, kelinci ini memiliki bulu yang indah, bersih, putih, dan bulu yang panjang. Harga yang ditawarkan juga bervariatif tergantung dengan umur pada saat pebelian.

Walaupun terbilang langka, harga jenis anggora Giant ini lebih murah atau sama dengan jenis Inggris. Untuk kelinci umur 1 sampai dengan 3 bulan, harga yang ditawarkan sekitar 300 ribu sampai dengan 400 ribu rupiah.

Di samping itu, harga anggora Prancis jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kedua jenis tersebut. Kelinci jenis ini mempunyai nilai jual yang cukup terjangkau, yaitu 200 ribu rupiah sampai dengan 500 ribu rupiah.

– Kisaran Harga Kelinci Anggora Prancis

Untuk kelinci Prancis dengan usia 1 sampai dengan 3 bulan dipatok harga 200 ribu rupiah. Dengan harga yang demikian, sudah bisa memiliki kelinci yang dikenal karena sangat menggemaskan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelinci jenis anggora yang populer, lucu dan menggemaskan. Selain itu, cara perawatan dan pemeliharaan kelinci ini tidak begitu rumit, asalkan memperhatikan petunjuk yang ada.

Karena bulunya yang lembut, lebat dan panjang sehingga membuatnaya susah untuk disisir, terlebih bulunya yang mudah rontok. Selain itu, juga harus selal menjaga kebersihan kandang, sehingga kelinci terurus dan bersih. Dengan memiliki salah satu variasi kelinci jenis ini, akan lebih senang menemani waktu santai dan hari libur.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *