30+ Jenis Anjing Yang Patut Kamu Ketahui

Memiliki binatang peliharaan adalah salah satu alternatif yang dapat dipertimbangkan untuk menghilangkan rasa stres.

Di antara berbagai binatang peliharaan, anjing adalah salah satu yang populer karena sifatnya yang bersahabat dengan manusia.

Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis anjing dengan karakteristik fisik serta sifat yang berbeda-beda yang akan diuraikan sebagai berikut.

husky

1. Siberian Husky

Ras anjing dengan ukuran tubuh besar serta bulu yang tebal mudah ditemukan pada daerah yang dingin.

Siberian Husky adalah salah satu jenis anjing dengan perawakan yang besar serta bulu-bulu yang tebal.

Anjing yang sering digunakan untuk menarik kereta salju ini secara fisik tampak seperti serigala. Selain itu, anjing Siberian Husky juga dapat melolong. 

Anjing Siberian Husky memang terlihat menyeramkan karena ciri fisiknya yang sangat mirip dengan serigala, tetapi anjing jenis ini sebenarnya sangat ramah bahkan kepada orang asing.

Kelebihan anjing jenis ini adalah kecepatan lari dan ketahanan tubuhnya yang tinggi, sikapnya yang lembut dan bersahabat serta tingkat kecerdasannya yang tinggi.

Anjing Siberian Husky dapat hidup hingga umur 12 sampai 15 tahun. Selain perawakannya yang sangat mirip dengan serigala, anjing jenis ini memiliki corak bulu dengan warna hitam, putih, belang-belang, perak dan tembaga.

Ukuran anjing jenis ini cukup besar sehingga beratnya pun dapat mencapai 27 kilogram. 

2. Malamut Alaska

Malamut Alaska adalah salah satu ras anjing berukuran besar yang dimanfaatkan untuk menarik kereta salju sama halnya seperti anjing Siberian Husky.

Jenis anjing yang satu ini selain dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan, anjing yang satu ini juga sering dimanfaatkan untuk pertunjukkan. 

Anjing Malamut Alaska tampak seperti serigala dan memiliki bulu ganda yang tebal berwarna hitam, abu-abu, putih dan merah. Anjing jenis ini meskipun terlihat menyeramkan namun anjing yang satu ini sangat bersahabat, pengasih dan berbakti. 

Anjing Malamut Alaska dapat hidup hingga 12 tahun dengan tinggi berkisar 56 hingga 61 cm pada Malamut Alaska betina dan 61 hingga 66 cm pada Malamut Alaska jantan.

Bobot anjing yang satu ini dapat mencapai 38 kg pada anjing betina dan 43 kg pada anjing jantan. 

doberman

3. Doberman

Di antara banyaknya ras anjing yang berasal dari Jerman, anjing Doberman adalah salah satunya. Jenis anjing yang juga disebut Dobie ini termasuk anjing domestik Jerman yang memiliki moncong panjang. Anjing Doberman memiliki tanda pada bagian kaki, bawah ekor, moncong, dada dan di atas mata. 

Ukuran anjing Doberman terbilang sedang dengan bobot tubuh sekitar 32 hingga 35 kg pada anjing Doberman betina dan 40 hingga 45 kg pada anjing Doberman jantan.

Tinggi anjing Doberman dapat mencapai 68 cm pada anjing betina, sedangkan anjing Doberman jantan tingginya dapat mencapai 72 cm. 

Anjing Doberman termasuk kelompok anjing penjaga yang waspada namun setia. Anjing jenis ini memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga mampu belajar dengan cepat dan sangat mudah dilatih. 

Anjing yang masa hidupnya berkisar antara 9 hingga 12 tahun ini memiliki karakteristik fisik yang tegap dan berotot dengan kepala panjang. Warna bulu anjing Doberman bervariasi mulai dari hitam, merah, biru, hingga coklat kekuningan. 

4. Dalmatian

Anjing Dalmatian dianggap berasal dari Provinsi Dalmatia, Kroasia. Jenis anjing yang satu ini sangat unik karena memiliki corak tubuh yang tidak biasa, yaitu warna dasar putih dengan corak yang berupa noda hitam meskipun ada juga yang coraknya berupa noda coklat walaupun sangat jarang. 

Anjing Dalmatian dikenal sebagai anjing penjaga, pemburu dan retriever dengan masa hidup yang dapat mencapai 13 tahun.

Anjing yang bobot tubuhnya bisa mencapai 24 kg pada betina dan 32 kg pada jantannya ini termasuk anjing yang ramah. Namun, anjing ini juga dapat bersikap agresif dan temperamental karena sifatnya yang sensitif. 

Anjing Dalmatian termasuk ramah dan enerjik. Anjing Dalmatian terkadang diikutkan dalam acara fashion meskipun anjing jenis ini kurang dalam hal kecerdasan. 

5. Labrador Retriever

Salah satu ras atau jenis anjing yang disukai karena keramahannya adalah anjing Labrador. Tak hanya ramah, anjing Labrador juga termasuk hewan yang pandai dan enerjik.

Anjing jenis ini sering membawa barang menggunakan mulutnya sehingga sering dimanfaatkan sebagai anjing pekerja baik untuk memungut barang maupun untuk memungut buruan. 

Tubuh anjing Labrador termasuk seimbang atau proporsional dengan warna bulu hitam, coklat dan kuning. Anjing asal Newfoundland Kanada ini memiliki masa hidup sekitar 10 hingga 14 tahun dengan tinggi sekitar 55 hingga 62 cm. Sebaliknya, bobot anjing Labrador berkisar antara 25 hingga 32 kg pada anjing betina dan 29 hingga 36 kg pada anjing Labrador jantan. 

rottweiler

6. Rottweiler

Anjing Rottweiler termasuk jenis anjing domestik dari Jerman. Ciri khas dari anjing Rottweiler adalah ukuran tubuhnya yang sedang dengan leher dan tengkorak yang panjang sehingga tubuh anjing jenis ini tampak kokoh dan kuat. Selain memiliki tubuh yang kuat dan kokoh, anjing Rottweiler juga memiliki kecerdasan yang tinggi. 

Anjing Rottweiler sering dimanfaatkan sebagai penjaga serta penggembala ternak di negara asalnya. Selain dimanfaatkan sebagai penjaga serta penggembala ternak, anjing Rottweiler juga banyak dimanfaatkan oleh penegak hukum atau kepolisian sebagai anjing pelacak serta sebagai anjing penyelamat. 

Anjing Rottweiler dapat hidup hingga usia 8 atau 10 tahun. Tinggi anjing jenis Rottweiler berkisar 56 hingga 69 cm, sedangkan beratnya antara 35 hingga 60 kg. Warna bulu anjing jenis ini terbilang unik yaitu kombinasi antara warna biru, hitam dan mahogany. Karakteristik anjing yang satu ini adalah tenang, pemberani, patuh, percaya diri dan siaga.

7. Shiba Inu

Salah satu ras anjing paling tua dan primitif yang berasal dari Jepang adalah Shiba Inu. Jenis anjing ini muncul sebagai salah satu ras unggulan yang menjadi ikon dari simulasi game ‘Nintendogs’. 

Ukuran tubuh anjing yang satu ini termasuk sedang dengan warna bulu coklat kemerahan. Selain itu, ada juga anjing Shiba Inu yang warna bulunya hitam, abu-abu atau coklat muda.

Anjing jenis ini sering dimanfaatkan untuk berburu hewan kecil yang ada di lembah gunung serta sebagai binatang peliharaan. 

Masa hidup anjing Shiba Inu dapat mencapai 15 tahun. Anjing yang bobot tubuhnya dapat mencapai 11 kg ini termasuk kelompok anjing yang tidak mudah akrab dengan orang asing. Namun, anjing Shiba Inu sangat setia, percaya diri, tajam dan menawan.  

8. Akita Inu

Selain Shiba Inu, ada satu lagi jenis anjing yang berasal dari Jepang yaitu Akita Inu. Anjing Akita Inu memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding anjing Shiba Inu sehingga sering dimanfaatkan untuk menarik kereta barang. 

Anjing yang sering disebut Akita Ken ini memiliki tubuh yang besar dan kekar sehingga anjing jenis ini mampu berburu hewan besar seperti babi hutan, rusa bahkan beruang. Anjing Akita Inu mampu hidup hingga 15 tahun dengan bobot tubuh sekitar 32 hingga 59 kg. 

Warna bulu anjing Akita Inu umumnya adalah putih, loreng, merah kecoklatan dan coklat kekuningan. Sebagai anjing penjaga, anjing Akita Inu memiliki karakteristik yang setia, cerdas, agresif dan bersahabat. 

9. Pekines

Baca Juga  Ikan Koi: Karakteristik, Jenis dan Cara Memeliharanya

Anjing Pekines atau anjing Peking termasuk salah satu ras anjing tertua di dunia yang berasal dari Tiongkok. Anjing yang diyakini sebagai lambang agama Budha ini memiliki leher serta kaki yang pendek dan tebal. Jenis anjing yang satu ini juga memiliki ekor yang terangkat serta melengkung ke belakang. 

Anjing Pekines memiliki mata yang lebar, moncong yang pendek serta daun telinga yang menjuntai ke bawah. Anjing yang dapat hidup antara 12 hingga 15 tahun ini termasuk anjing yang berukuran kecil. Berat anjing Pekines dewasa hanya berkisar 3,2 hingga 6,4 kg. 

Warna bulu anjing Pekines adalah krem, coklat kekuningan atau coklat kemerahan. Anjing jenis ini memiliki karakter yang agresif, berpendirian dan keras kepala meskipun ukurannya terbilang kecil. Namun, anjing jenis ini juga memiliki sifat pengasih dan pandai. 

10. Samoyed

Anjing Samoyed adalah salah satu ras anjing termurni di dunia. Anjing yang berasal dari Siberia ini memiliki bulu yang tebal berwarna putih yang dikombinasikan dengan sedikit warna krem pada bagian wajah dan telinganya.

Jenis anjing yang satu ini dikenal dengan ekspresi wajahnya yang sangat ramah sehingga anjing ini mendapat julukan ‘anjing tersenyum’. 

Di negara asalnya, anjing Samoyed sering digunakan sebagai anjing penjaga serta sebagai penarik kereta salju. Selain itu, anjing ini juga digunakan untuk menggembala rusa kutub. Anjing ini memiliki karakter yang siaga, keras kepala, lincah, suka bermain dan bersahabat.

Anjing Samoyed memiliki masa hidup sekitar 12 hingga 13 tahun. Anjing yang memiliki bulu tebal ini tingginya sekitar 48 hingga 60 cm, sedangkan berat tubuhnya sekitar 16-30 kg. 

11. Dachshund

Anjing Dachshund adalah salah satu jenis anjing dengan karakteristik fisik yang sangat unik. Anjing yang satu ini memiliki tubuh yang panjang dengan kaki-kaki yang pendek. Karakteristik fisiknya yang unik ini menyebabkan anjing Dachshund disebut dalam syair dan puisi. 

Syair dan puisi tersebut menyebutkan bahwa anjing jenis ini memiliki panjang dua kali lipat dari anjing biasa, sedangkan tingginya hanya setengah dari tinggi anjing pada umumnya.

Anjing Dachshund berasal dari Jerman dan sering dimanfaatkan untuk berburu berang-berang. 

Bentuk fisik anjing Dachshund yang unik menyebabkan anjing ini dapat mengendus bahkan mengejar berang-berang hingga ke dalam lubang di tanah. Anjing yang beratnya dapat mencapai 15 kilogram ini dapat hidup hingga 16 tahun. 

Warna bulu anjing yang satu ini adalah krem, hitam, coklat kemerahan, biru, atau kuning kecoklatan. Anjing Dachshund termasuk anjing yang berani, cerdas dan lincah meskipun memiliki kaki-kaki yang pendek. 

12. Boxer

Salah satu jenis anjing yang berasal dari Jerman adalah anjing Boxer. Anjing jenis ini sering difungsikan sebagai anjing pelacak dan anjing penyelamat.

Karakteristik anjing Boxer adalah tubuhnya yang gempal dengan kaki-kaki yang kuat. Karakteristik tersebut menyebabkan anjing jenis ini dapat berlari dalam waktu lama di alam terbuka. 

Anjing Boxer termasuk anjing yang enerjik. Anjing ini bahkan mampu menggunakan kaki depannya untuk memukul lawan sama halnya seperti sedang bertinju. Meski begitu, anjing Boxer adalah anjing yang sangat menyukai persahabatan dan tidak suka sendirian. 

Anjing yang dapat hidup hingga 13 tahun ini memiliki karakteristik yang lincah, siaga, dan keras kepala, namun sangat suka bermain dan bersahabat.

Bobot anjing Boxer berkisar 16 hingga 20 kg pada anjing betina dan 20 hingga 30 kg pada anjing jantan dengan tinggi antara 48 hingga 60 cm.

13. Bulldog

Salah satu ras anjing tertua di dunia adalah bulldog. Jenis anjing dengan ciri-ciri tubuh gempal, padat dan kekar ini berasal dari Inggris dan termasuk dalam kelompok anjing petarung yang tangguh dan agresif.

Sifat anjing Bulldog sebagai anjing petarung tersebut sering dijadikan sebagai simbol ketangguhan serta keberanian dalam militer Inggris. 

Kini, anjing Bulldog banyak dipelihara sebagai anjing keluarga meskipun awalnya dikenal sebagai anjing petarung. Anjing Buldog adalah jenis anjing yang jinak dan suka berkelompok, bersahabat serta berkemauan keras. 

Ras anjing dengan masa hidup antara 8 hingga 10 tahun ini memiliki warna bulu yang bervariasi seperti  belang-belang, coklat kekuningan, putih dan kuning kecoklatan. 

14. Greyhound

Anjing Greyhound adalah jenis anjing yang dibesarkan untuk turnamen balap di Inggris. Anjing Greyhound memiliki tubuh yang tinggi dan kurus. Anjing jenis ini mampu berlari dengan kecepatan 70 km/jam dengan berat tubuh antara 26 hingga 40 kg. 

Setelah pensiun dari turnamen balap, anjing Greyhound akan dipelihara sebagai anjing keluarga. Anjing jenis ini sangat lucu dan sering menghabiskan waktunya untuk tidur di sofa.

Anjing Greyhound dapat hidup hingga umur 10 tahun atau jika beruntung anjing ini dapat bertahan hingga umur 12 tahun. 

Anjing Greyhound memiliki warna kulit hitam, putih, biru, coklat kekuningan,  atau loreng. Karakteristik khas dari anjing jenis ini adalah lehernya yang kurus. 

15. English Mastiff

English Mastiff adalah salah satu jenis anjing terbesar dari Inggris. Anjing jenis ini memiliki kepala yang besar dengan wajah berwarna hitam sehingga tampak seperti memakai topeng.

Anjing ini dikenal sebagai anjing yang sangat lembut, penyayang, penyabar, tenang tetapi juga berani. Sayangnya, anjing ini tidak terlalu pintar sehingga tidak mudah untuk dilatih.

chihuahua

16. Chihuahua

Ukuran tubuh yang kecil adalah salah satu kelebihan dari jenis anjing Chihuahua. Berat anjing jenis ini sangat ringan yaitu antara 1,5 hingga 3 kilogram saja.

Anjing yang berasal dari Meksiko ini memiliki bentuk yang unik selain ukurannya tubuhnya yang kecil. Anjing jenis ini memiliki muka yang pipih dengan telinga yang berdiri layaknya telinga kucing. 

Tekstur bulu anjing Chihuahua sangat tipis dan pendek bahkan terkadang tampak seperti botak. Warna bulu anjing Chihuahua bervariasi seperti putih, hitam, coklat, krem dan kuning.

Masa hidup anjing Chihuahua terbilang cukup lama yaitu sekitar 12 hingga 20 tahun dengan karakteristik gerakannya yang cepat, lincah, siaga, berani serta berbakti.

17. Shar Pei

Anjing Shar Pei adalah jenis anjing asal Tiongkok dengan ciri khas adanya keriput atau kerutan pada kulitnya.

Kerutan pada kulit anjing Shar Pei terlihat sangat jelas saat anjing yang satu ini masih kecil, tetapi uniknya kerutan tersebut akan semakin berkurang dan menghilang seiring dengan bertambahnya usia anjing jenis ini.

Anjing Shar Pei termasuk anjing yang pemalas, tetapi anjing ini termasuk anjing penjaga keluarga yang baik. Anjing yang dapat hidup hingga 11 tahun ini memiliki telinga yang kecil dan mata yang masuk ke dalam. 

Tinggi anjing Shar Pei berkisar 46 hingga 51 cm dengan bobot tubuh antara 18 hingga 30 kg. Warna kulit anjing yang satu ini adalah hitam, coklat kekuningan, krem, kuning kecoklatan dan warna pasir. 

18. Viszla

Baca Juga  Serba-serbi Kucing Persia Himalaya dan Kisaran Harganya

Viszla adalah ras anjing asal Hungaria. Anjing ini termasuk jenis anjing pemburu alami dengan daya penciuman serta tingkat intelegensi tinggi. Anjing jenis ini suka berolahraga dan termasuk ras anjing yang tidak berlemak dengan berat serta tinggi rata-rata.

Sebagai anjing yang senang berolahraga, anjing Viszla merupakan anjing yang enerjik namun memiliki karakter yang lembut, pengasih serta setia terhadap pemiliknya, anak-anak maupun orang asing. 

Anjing Viszla memiliki warna bulu golden rust, red golden maupun keemasan. Tinggi anjing yang satu ini berkisar antara 53 hingga 64 cm dengan berat antara 18 hingga 29 kg. Anjing Viszla memiliki rentang hidup antara 12 hingga 15 tahun. 

cane corso

19. Cane Corso

Cane Corso adalah ras anjing asal Italia yang memiliki tubuh atletis. Jenis anjing yang satu ini termasuk anjing kuno yang sering dijadikan pelindung serta penjaga. Anjing jenis ini juga sering diajak saat berburu hewan besar maupun untuk menjaga ternak. 

Ciri khusus anjing Cane Corso adalah telinga serta moncongnya yang pendek. Anjing ini sangat cocok digunakan sebagai penjaga rumah maupun anjing polisi.

Anjing jenis ini memiliki bulu-bulu yang pendek dan sangat kaku. Warna bulu anjing Cane Corso pada umumnya adalah hitam, coklat dan abu-abu. Anjing ini mudah dilatih dengan karakter yang pendiam, tenang dan stabil. 

20. Whippet

Whippet merupakan jenis anjing yang berasal dari Inggris. Anjing yang biasa dikenal dengan nama Snap Dog ini memiliki postur tubuh yang sedang tanpa lemak.

Anjing yang memiliki postur tubuh sedang ini mampu berlari dengan kecepatan tinggi sehingga sering diikutkan dalam lomba lari sama seperti anjing Greyhound.

Dengan berat tubuh sekitar 6,8 hingga 14 kg, anjing Whippet mampu berlari hingga 56 km/jam. Anjing Whippet mampu hidup hingga 12 sampai 15 tahun dan memiliki karakter yang sangat tenang serta tidak mudah menggonggong. Anjing Whippet memiliki warna kulit hitam, putih, loreng, biru, dan coklat kekuningan. 

21. Papillon

Papillon adalah ras anjing kecil dengan bulu unik sehingga sering diikutkan dalam acara fashion. Jenis anjing yang berasal dari Jepang dan Perancis ini sangat langka di Asia sehingga harganya sangat mahal.

Ciri khas anjing Papillon adalah bulunya yang tumbuh panjang di beberapa bagian tubuh seperti daun telinga, ekor, dada dan dagu. 

Anjing Papillon memiliki warna bulu putih, putih coklat, kombinasi hitam putih dan merah putih. Anjing yang beratnya tak lebih dari 4,5 kg ini memiliki karakter yang enerjik, siaga, kuat, pandai dan bersahabat. 

22. Kuvasz

Anjing Kuvasz adalah anjing yang berasal dari Hungaria. Jenis anjing yang termasuk ras kuno ini memiliki bulu berwarna putih yang tebal dengan tekstur bergelombang atau lurus.

Anjing Kuvasz merupakan anjing yang banyak dipelihara di rumah meskipun pernah dimanfaatkan sebagai anjing penjaga ternak dan kerajaan. 

23. Newfoundland

Anjing Newfoundland adalah anjing asal Kanada yang memiliki ukuran tubuh sangat besar sehingga sering dimanfaatkan sebagai anjing pekerja.

Tak hanya ukuran tubuhnya yang besar, jenis anjing yang satu ini juga memiliki kekuatan yang besar dan kecerdasan yang tinggi. Anjing Newfoundland memiliki kaki dan otot yang kuat yang dapat membantu saat berenang.

Selain kaki dan otot yang kuat, anjing Newfoundland juga memiliki bulu yang tebal sehingga anjing jenis ini dapat dikerahkan untuk upaya penyelamatan di air. Anjing jenis ini dapat hidup hingga usia 10 tahun. 

Ciri fisik anjing Newfoundland adalah tingginya yang berkisar 63 hingga 74 cm dengan bobot tubuh antara 44 hingga 55 kg pada anjing betina sedangkan pada anjing jantan bobot tubuhnya berkisar 60 hingga 70 kg.

Warna bulu anjing Newfoundland cenderung gelap seperti hitam, abu-abu dan coklat meskipun ada juga anjing jenis ini yang bulunya berwarna putih. Anjing ini bersifat tenang, setia, lembut, dan baik hati.  

beagle

24. Beagle

Beagle adalah salah satu jenis anjing yang berasal dari famili pemburu. Anjing Beagle memiliki ukuran tubuh yang kecil meskipun berasal dari famili anjing pemburu.

Anjing yang berasal dari Inggris ini ukurannya hanya 33-38 cm untuk anjing betina, sedangkan anjing Beagle jantan ukurannya sekitar 36-41 cm. 

Ukuran tubuh yang kecil menyebabkan anjing Beagle yang masa hidupnya berkisar 12 hingga 15 tahun ini memiliki bobot tubuh yang terbilang ringan yaitu sekitar 9 hingga 11 kilogram.

Ciri fisik yang menonjol dari anjing Beagle adalah bentuk telinganya yang panjang serta corak bulunya yang terdiri dari tiga warna seperti hitam, putih dan kuning kecoklatan. 

Anjing Beagle sering digunakan sebagai anjing pelacak oleh penegak hukum di beberapa negara karena memiliki indera penciuman yang tajam. Namun di negara asalnya, anjing Beagle lebih sering dimanfaatkan untuk memburu kelinci meski pergerakannya tak terlalu cepat. 

25. Pug

Pug adalah salah satu jenis anjing asal Tiongkok dengan ciri-ciri fisik memiliki moncong yang pendek, ukuran tubuhnya sedang dan berotot serta ekornya melengkung ke atas panggul.

Bentuk telinga anjing jenis ini ada yang dua yaitu seperti mawar atau seperti kancing. 

Anjing Pug memiliki kepribadian yang menawan dan mampu memahami suasana hati pemiliknya dengan baik sehingga sering dipelihara di kalangan artis dan kerajaan. Anjing jenis ini termasuk anjing yang pendiam dan tidak agresif, cerdas, intuitif serta senang bermain. 

Masa hidup anjing Pug rata-rata adalah 12 hingga 15 tahun dengan tinggi sekitar 25 hingga 30 cm. Corak atau warna bulu pada anjing Pug adalah hitam, coklat kekuningan, aprikot, dan silver. 

26. Shih-Tzu

Anjing Shih-Tzu adalah ras anjing tertua yang berasal dari Tiongkok. Anjing ini termasuk jenis anjing singa yang memiliki bulu panjang dengan berbagai corak warna. Bulu panjang anjing Shih-Tzu bahkan mampu menutupi telinga, tubuh dan kakinya. 

Tampilan anjing Shih-Tzu dipercaya sebagai simbol keistimewaan dan kekayaan sehingga anjing yang satu ini banyak dipelihara di kalangan bangsawan.

Anjing Shih-Tzu bahkan pernah menjadi peliharaan keluarga kerajaan pada masa Dinasti Manchu.

Anjing Shih-Tzu mampu hidup cukup lama yaitu antara 14 hingga 18 tahun. Anjing dengan tinggi 20 hingga 28 cm dan berat 4 hingga 7,25 kg ini memiliki warna bulu yang bervariasi seperti hitam, coklat, putih dan emas. 

27. Pudel

Anjing Pudel atau Poodle merupakan adalah salah satu jenis anjing yang sangat fashionable. Anjing jenis ini berasal dari Perancis dan termasuk ke dalam kelompok nonsporting dan utility tetapi banyak dipelihara karena kecantikannya. Ciri khas anjing pudel salah satunya adalah bulunya yang keriting dengan warna hitam, coklat atau putih. 

Pemilik anjing pudel biasanya akan memangkas bulu anjing yang satu ini dan hanya menyisakan bulu pada kaki, leher, pinggang dan atas kepalanya.

Anjing pudel memiliki masa hidup antara 12 hingga 15 tahun. Anjing yang satu ini memiliki tinggi standar antara 45 hingga 60 cm, tetapi ada juga yang tingginya hanya 35 hingga 45 cm. 

Anjing pudel termasuk anjing yang setia dan patuh. Selain itu, anjing jenis ini juga aktif dan siaga serta memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. 

28. Yorkshire Terrier

Baca Juga  11 Jenis Ikan Manfish yang Cantik Penghias Aquarium

Anjing Yorkshire Terrier atau Yorkie merupakan jenis anjing yang suka bermain. Anjing jenis ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan berat tidak lebih dari 3,18 kg.

Anjing yang satu ini sangat lucu, ramah dan bersahabat terhadap anak-anak. Anjing Yorkshire berasal dari Inggris dengan ciri khas bulunya yang sangat panjang dan menjuntai hingga ke tanah. 

Tinggi dan berat anjing Yorkshire tidak spesifik namun anjing jenis ini dapat hidup hingga umur 13 sampai 16 tahun. Warna bulu anjing jenis Yorkshire Terrier cukup bervariasi yaitu coklat kemerahan, biru dan emas. 

Anjing Yorkshire memang bertubuh kecil, tetapi sifat anjing yang satu ini sangat berani, independen serta percaya diri. 

pomeranian

29. Pomeranian

Anjing Pomeranian adalah ras anjing yang berasal dari Jerman. Jenis anjing yang sering disebut dengan nama ‘Pom’ ini memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil dengan bulu-bulu yang lebat dan panjang.

Wajah anjing Pomeranian juga unik karena menyerupai rubah dengan tengkorak pendek, mata gelap, kepala bulat serta daun telinga yang tegak dan berukuran kecil. 

Anjing Pomeranian adalah tipe anjing yang lincah dan protektif.  Anjing yang bobot tubuhnya hanya 1,5 hingga 3,5 kg ini memiliki tinggi hanya sekitar 20 hingga 28 cm saja.

Anjing Pomeranian memiliki warna bulu yang bervariasi seperti krem, cokelat, jingga dan merah. Masa hidup anjing ini cukup lama yaitu antara 14 hingga 16 tahun. 

30. Kangal

Kangal merupakan jenis anjing yang berasal dari Turki. Anjing jenis ini memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dan dapat berlari dengan cepat yaitu mencapai 50 km/jam sehingga sering dimanfaatkan sebagai anjing penjaga ternak.

Anjing jenis ini meskipun sering digunakan sebagai penjaga ternak, namun juga bisa menjadi penjaga anak-anak.

Anjing Kangal dapat menjadi penjaga anak-anak karena sifatnya yang tidak agresif dan tenang namun kuat. Anjing jenis ini juga termasuk anjing yang independen dan mudah dilatih. Anjing jenis ini memiliki bulu yang berwarna coklat pucat atau emas muda. 

31. St. Bernard

St. Bernard adalah jenis anjing yang ukurannya sangat besar. Berat anjing St. Bernard jantan bahkan dapat mencapai 120 kg. Namun, anjing jenis ini termasuk anjing keluarga yang sangat ramah terhadap anak-anak.

Anjing ini memiliki karakter yang sangat lembut, tenang, lincah dan bersahabat. Anjing ini juga memiliki tingkat ketajaman dan kesetiaan yang tinggi. 

Karakter tersebut membuat anjing St. Bernard sering digunakan sebagai penjaga serta saat penyelamatan di pegunungan.

Anjing asal Swiss, Italia dan Perancis ini dapat hidup hingga usia 8 sampai 10 tahun. Anjing ini memiliki bulu yang berwarna merah putih, loreng, merah  coklat, atau coklat kekuningan. 

32. Bulldog Perancis

Bulldog Perancis merupakan ras anjing yang termasuk dalam ras anjing terkecil tetapi masih tergolong dalam jenis Bulldog.

Anjing jenis ini berasal dari Perancis tetapi merupakan turunan dari Bulldog Inggris. Bulldog Perancis memiliki ciri khas yaitu ukuran tubuhnya yang kecil serta memiliki daun telinga yang menyerupai kelelawar. 

Anjing Bulldog Perancis juga memiliki mata yang lebih bulat dengan punggung yang lebih tegak. Jenis anjing ini banyak dipelihara karena sifatnya yang sangat berbeda dengan Bulldog biasa.

Jika Bulldog biasa mempunyai sifat temperamen yang dapat membahayakan anak-anak, anjing Bulldog Perancis ini justru memiliki sifat yang easy going, lincah, cerdas dan atletis. 

maltese

33. Maltese

Maltese adalah salah satu jenis anjing yang penampilannya menyerupai boneka. Tampilan anjing yang satu ini sangat dipengaruhi oleh bentuk matanya yang menyerupai boneka yaitu bulat lebar. Selain itu, bulu anjing Maltese juga panjang dan berkilau. Karakteristik unik inilah yang membuat anjing jenis ini banyak dijadikan model di film-film kartun.

Bulu anjing Maltese berwarna putih bersih dan panjangnya dapat mencapai 22 cm. Bulu anjing yang satu ini juga rasanya lembut seperti sutra, tetapi tidak mudah rontok sehingga sering kali dikuncir atau diikat untuk memudahkan penglihatannya. 

Anjing yang berasal dari Mediterania Tengah ini dapat bertahan hidup hingga usia 12 tahun. Jika beruntung, anjing jenis ini dapat hidup lebih lama lagi yaitu hingga 15 tahun.

Anjing Maltese memiliki bobot yang terbilang ringan yaitu hanya sekitar 3 hingga 4 kg. Anjing ini memiliki karakteristik suka dimanja, lembut, aktif, lincah, lucu dan responsif. 

34. Bichon Hanavais

Bichon Hanavais adalah salah satu ras anjing asal Kuba dengan ukuran tubuh yang kecil dengan bulu halus bergelombang.

Jenis anjing yang juga dikenal dengan nama Bichon Habanero atau Bichon Havanese ini memiliki masa hidup sekitar 13 hingga 15 tahun. Anjing Bichon Hanavais dewasa beratnya sekitar 4,5 hingga 7,3 kilogram. 

Anjing Bichon Hanavais memiliki bulu halus bertekstur ringan yang umumnya berwarna putih, abu-abu, coklat dan krem. Bulu-bulu pada tubuh anjing jenis ini dapat melindungi anjing dari cuaca panas Kuba meskipun kurang bisa melindungi tubuh anjing dari cuaca dingin. 

Anjing jenis ini cukup populer dan banyak dipelihara karena memiliki sifat yang tenang dan responsif. Selain itu, anjing Bichon Hanavais juga mudah dilatih serta dapat bersosialisasi dengan anjing jenis lainnya. 

great dane

35. Great Dane

Great Dane termasuk dalam jenis anjing dari ras penjaga yang berasal dari Jerman. Anjing jenis ini dapat bertingkah agresif seperti pembunuh yang ganas, namun anjing ini dapat dilatih menjadi anjing yang sopan, penyayang serta lembut. 

Anjing Great Dane memiliki kecerdasan yang tinggi, memiliki kepercayaan diri yang tinggi serta berbakti kepada pemiliknya.

Anjing Great Dane memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dengan tinggi sekitar 71 hingga 81 cm pada anjing betina dan 76 hingga 86 cm pada anjing jantan. 

Bobot tubuh anjing Great Dane dapat mencapai 90 kg untuk anjing jantan, sedangkan anjing Great Dane betina beratnya dapat mencapai 59 kg. Anjing yang dapat hidup hingga 10 tahun ini umumnya berwarna hitam, loreng, biru, coklat kekuningan dan harlequin.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *