16 Jenis Ikan Mas Koki yang Populer, Mana Favoritmu?

Ikan Mas KokiMemelihara hewan seperti ikan dapat menjadi hobi yang menyenangkan untuk beberapa orang. Konon katanya memelihara ikan dapat menghilangkan stress pikiran. Melihat ikan berenang di dalam aquarium atau kolam dapat memberikan efek yang menenangkan, ditambah dengan melihat indahnya corak ikan peliharaan.

Banyak jenis ikan hias yang menjadi favorit banyak orang untuk dipelihara, salah satunya adalah ikan Mas Koki. Ikan ini sangat dikenal oleh banyak orang mulai dari yang gemar memelihara ikan bahkan orang yang awam tentang ikan tau jenis ikan ini.

Saking populernya, ikan ini banyak dijadikan sebagai properti shooting iklan atau film maupun objek untuk digambar. Ikan mas koki yang banyak dikenal adalah ikan mas koki berwarna oranye dengan sirip yang menjuntai indah bagaikan gaun pakaian, dan tonjolan di kepalanya yang nampak seperti mahkota.

16 Jenis Ikan Mas Koki Populer dan Kisaran Harganya

jenis ikan koki
Ikan mas koki tidak hanya berwarna oranye seperti yang biasa Kamu lihat, akan tetapi ikan koki memiliki banyak jenis. Selain jenisnya yang beragam, harga ikan Mas Koki juga beragam.

Bahkan ada yang mencapai harga tinggi. Namun bagi para penggemar ikan Mas Koki tentu harga yang mahal tidak menjadi masalah. Berikut jenis-jenis ikan Mas Koki yang populer di kalangan penggemar ikan hias.

1. Ikan Mas Koki Mini

Ikan Mas Koki Mini adalah jenis terkecil dari Ikan Mas Koki. Ikan mas koki mini adalah ikan yang paling dikenal di pasaran.

Warna oranyenya dengan perutnya yang agak mengembung menjadi ciri khas dari ikan Mas Koki jenis basic ini. Harga mas koki ini di pasar adalah 15 ribu per ekornya.

2. Ikan Mas Koki Jumbo

Ikan Mas koki Jumbo sama dengan Ikan Mas Koki Mini dari segi bentuk dan warnanya. Hanya saja ukurannya lebih besar.

Ukuran ikan Mas Koki Jumbo adalah dua kali lipat ikan Mas Koki pada umumnya. Harga ikan Mas Koki Jumbo seharga 60 ribu rupiah per ekornya.

Baca Juga  5 Cara Memandikan Kucing dengan Benar Agar Wangi Bersih

3. Komet

Ikan Mas Koki jenis Komet adalah ikan mas koki yang cukup populer. Ikan Mas Koki jenis Komet berasal dari Amerika Serikat dan memiliki ekor tunggal .

Ikan Koki jenis Komet ini sangat mirip dengan jenis ikan mas koki mini. Akan tetapi perut pada ikan Koki Komet tidak mengembung. Komet lebih lincah dari ikan Mas Koki jenis lain. Harga satu ekornya adalah 5 ribu rupiah.

4. The White Telescop

Sesuai dengan namanya The White Telescop adalah jenis ikan Koki berwarna putih. Selain itu ciri lain dari The White Telescop adalah matanya yang menonjol.

Ukuran ikan Koki ini sekitar 5-10 cm. Sedangkan di habitat aslinya bisa mencapai 20 cm. Harga per ekor ikan Mas Koki The White Telescop adalah 10 ribu per ekornya.

5. The Black Teleskop

makanan ikan mas koki

Ikan Mas Koki The Black Teleskop memiliki nama lain Black Moor atau Broadtail Moor. Ikan Mas Koki berwarna hitam ini dapat tumbuh hingga mencapai 15 cm atau 6 inci. Usia hidup The Black Teleskop adalah 6 hingga 25 taun. Harga The Black Teleskop perekornya adalah 25 ribu rupiah per ekornya.

6. Fancy Telescope Goldfish

Fancy Telescope Goldfidsh memiliki nama lain Mata Naga atau Mata Globe. Sesuai dengan namanya jenis ikan Koki ini memiliki mata yang menonjol seperti naga.

Bentuk ikan Mas koki ini bulat dan berwarna hitam dengan warna kuning pucat di perutya. Harga ikan Mas Koki ini dihargai 20 ribu rupiah per ekornya.

7. Fancy Panda

Sesuai dengan namanya, ikan Mas Koki Fancy Panda memiliki perpaduan warna hitam dan putih seperti seekor panda. Namun warna ikan Koki ini kerap berubah, sehingga membuat ikan Koki Fancy Panda sulit ditemukan di pasaran.

Jenis ikan Koki ini dapat tumbuh hingga 20 sampai 30 cm. Ciri lain dari ikan Mas Koki jenis Fancy Panda adalah ekornya yang lebar. Harga 1 ekor Fancy Panda cukup mahal yaitu 100 ribu perekornya.

8. Fancy And Hardy Japanese Shubunkins

Dilihat dari namanya, sangat jelas bahwa jenis ikan Koki ini berasal dari negara Jepang. Fancy And Hardy Japanese Shubukins juga memiliki nama lain yaitu Brokat Merah. Ikan Mas Koki ini dikenal sangat lincah dan kuat. Selain itu ikan Koki ini memiliki corak yang ramai yang menjadi keunggulan dari jenis ikan Koki ini.

Tubuh Fancy And Hardy Japanese Shubukins jika dilihat nampak seperti ikan Koki jenis Komet. Ukuran tubuhnya berkisar 3 sampai 10 cm. Selain itu keungguan lain ikan Koki ini adalah sisiknya yang berkilau bagai mutiara. Satu ekor ikan Koki jenis ini dihargai 7 ribu rupiah perekornya.

9. The Fancy Pearlscale or Chinshurin

Di indonesia jenis Ikan Koki ini disebut ikan Mas Koki Mutiara. Hal ini karena ikan Koki jenis ini memiliki keunikan pada sisiknya yang timbul seperti Mutiara.

Warna ikan mas koki jenis ini beragam, mulai dari warna putih polos, merah putih, kuning, dan belang. Ukuran ikan mas koki ini mulai dari 5 sampai 7 cm, sedangkan harganya adalah 25 ribu per ekor.

10. The Curled-Gill

Nama lain dari jenis ikan Koki The Curled-Gill adalah ingsang keriting, hal ini lantaran ikan koki ini memiliki bentuk tutup ingsang yang terbalik. Selain itu Ikan Koki jenis Ingsang keriting juga memiliki nama lain Reversed-Gill Goldfish.

Bentuk ingsang yang terbalik menjadi sebuah keunikan sekaligus daya tarik bagi penggemar ikan hias. Selain itu keunikan lain dari jenis Ikan Koki ini adalah corak silver pada tubuhnya yang menambah kecantikannya. Harga The Curled-Gill per ekornya adalah 50 ribu rupiah.

Baca Juga  Jangan Tertukar, Ini 6 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

11. Ryukin

Ryukin adalah jenis ikan Koki yang berasal dari negeri Sakura, Jepang. Sebutan lain dari Ryukin adalah Ribbontail Jepang, Veilteil, Fantail, dan Fringetail. Ikan Koki ini berbentuk bungkuk dan pendek serta tidak memiliki punuk di punggungnya dan dapat tumbuh hingga 21 cm.

Ciri-ciri lain dari ikan jenis ini adalah memiliki moncong berbentuk lancip dan memiliki sirip berukuran jumbo, bahkan ukuran sirip Ryukin dapat mencapai 2 kali lebih besar dari besar tubuhnya. Warna Ryukin juga bervariasi dan indah. Satu ekor ikan Mas Koki jenis Ryukin dihargai cukup murah yaitu 10 ribu per ekornya.

12. The Tamasaba

The Tamasaba atau Ekor Mackerel juga merupakan jenis ikan Koki dari Jepang. Bentuk tubuh The Tamasaba mirip dengan Ryukin, tubuhnya pun berukuran 5 sampai 10 cm.

Sedangkan bentuk ekornya yang merupakan ekor tunggal mirip dengan ikan Mackerel. Untuk membawa pulang ikan Koki jenis ini Kamuhanya harus merogoh kocek 45 ribu rupiah perekornya.

13. Fantail Goldfish

ikan koki

Ikan Mas Koki jenis Fantail Goldfish merupakan varietas versi barat dari jenis ikan Koki Ryukin. Bentuk dari jenis ikan koki ini menyerupai telur. Sebutan lain dari Fantail Gold fish adalah Ekor Kipas. Panjang tubuhnya bisa mencapai 10 sampai 15 cm.

Fantail Goldfish memiliki sirip punggung yang tinggidan juga sirip yang 4 kali lebih panjang dari tubuhnya. Oleh karena itu disebut ekor kipas. Ekornya yang menjuntai panjang memberikan keindahan tersendiri bagi ikan Koki jenis ini. Bahkan beberapa penggemar ikan hias menyebutnya sebagai primadona ikan hias.

Untuk merawat dan mengembangbiakan Fantail Goldfish termasuk cukup mudah. Warna yang dimiliki Fantail Goldfish biasanya didominasi warna perak keeemasan atau warna kuning. Harga Fantai Goldfish per ekornya adalah 30 ribu rupiah saja.

14. Curly Fantail Goldfish

Ekor kipas keriting adalah nama lain dari Curly Fantail Goldfish, selain itu juga ada yang menyebut ikan Mas Koki Tosakin.

Bentuk ikan Mas Koki ini sangat cantik karena memiliki ekor yang mengembang seperti kipas dan berbentuk keriting. Panjang ikan Koki ini mulai dari 5 hingga 7 cm. Harga ikan mas koki jenis ini adalah 10 ribu per ekornya.

15. Hana Fusa

Warna dari ikan Hana Fusa atau Pompoms hampir sama sama dengan ikan Koki jenis lain hanya saja sedikit lebih pucat dan tidak terang. Keunikan lain dari Hana Fusa adalah terdapat daging yang tumbuh di sekitar hidungnya, bahkan daging itu tumbuh hingga kerahangnya. Satu ekor Hana Fusa dihargai 30 ribu rupiah.

16. Bubble Eye

Bisa dibilang jenis ikan Koki Bubble Eye merupakan salah satu jenis ikan Koki yang unik. Itu karena bentuk mata ikan Koki ini menyerupai sebuah gelembung besar. Hal ini menyebabkan mata Bubble Eye sangat sensitif terhadap benturan. Jika terkena benturan, mata Bubble Eye akan mudah terinfeksi.

Ikan Mas Koki Bubble eye dapat memiliki panjang dari mulai 7 hingga 10 cm. Warna ikan Bubble eye biasanya berwarna cerah, seperti putih, kuning, oranye, atau campuran dari ketiga warna tersebut. Satu ekor ikan Mas Koki Bubble Eye dihargai 40 ribu rupiah.

Bagaimana Cara Merawat Ikan Mas Koki?

cara merawat ikan mas kokiItulah jenis-jenis ikan Mas Koki yang populer di kalangan pecinta ikan hias. Dalam merawat ikan Mas Koki cukup susah-susah gampang. Pada akuarium pastikan memiliki gelembung udara. Kamu bisa menggunakan air pump untuk menghasilkan gelembung udara.

Jika Kamu ingin memberikan hiasan pada akuarium Mas Koki Kamu , maka Kamu harus mencuci terlebih dahulu hiasan maupun aksesoris sebelum dimasukan ke akuarium untuk menjaga kebersihan akuarium Kamu .

Baca Juga  Lucu, Ini 3 Jenis Kelinci Anggora Berikut Kisaran Harganya

Beri makan ikan Mas Koki Kamu cukup satu kali saja sehari agar ikan koki Kamu menjadi agresif. Makanan ikan Mas Koki biasanya berupa pelet yang mengandung lemak, protein, karbohidrat dan kalori.

Biasanya pelet untuk ikan Mas Koki dihargai 4 ribu sampai 40 ribu rupiah per gramnya. Untuk makanan ikan Mas Koki yang alami, Kamu bisa menggunakan cacing sutra, kutu air, dan cacing darah.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *