11 Jenis Ikan Manfish yang Cantik Penghias Aquarium

Ikan Manfish – Suka memelihara ikan di aquarium? Pasti akan mengenal dengan ikan angelfish atau yang lebih sering disebut dengan ikan Manfish. Nama ilmiah dari ikan ini ini adalah Pterophyllum scalare dan merupakan ikan air tawar.

Baik itu penghobi ikan aquarium pemula dan berpengalaman pasti akan melengkapi aquarium mereka dengan Manfish. Ikan ini memiliki begitu banyak jenis dan inilah yang menjadi daya tariknya.

Kira-kira manakah jenis ikan Angelfish yang menarik untuk dipilih? Yuk kenali ciri ikan ini dan jenis-jenisnya lebih lengkap.

Ciri-Ciri Umum Ikan Manfish

Ciri-Ciri Umum Ikan Manfish

Asal usul ikan ini sebenarnya berasal dari sungai Amazon dengan sifat semi agresif dengan pilihan banyak silver, hitam dan biru. Masa hidupnya adalah 8 hingga 10 tahun dan termasuk ikan omnivora.

Pakan ikan manfish pun tidak terlalu sulit seperti cacing beku atau kering, jentik nyamuk hingga pelet. Jika ikan ini kekurangan pakan maka mampu mengkonsumsi ikan kecil yang lainnya.

Perlu kehati-hatian dalam mengkombinasikan dengan ikan lainnya, yang cocok adalah ikan tetra, guppy dan molly.

Dari segi fisik, Manfish memiliki bentuk yang ramping serta tinggi. Siripnya berbentuk segitiga dan bentuknya tersebut yang menjadi ciri khas. Panjang badannya bisa mencapai 7,5 cm. Mereka dapat hidup di aquarium dengan suhu 23-27 derajat Celcius.

Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) di Sukabumi adalah tempat pengembangkan jenis-jenis ikan Manfish yang ada di Indonesia. Sedangkan kelompok masyarakat yang banyak membudidayakan ikan ini ada di Lampung Selatan.

Satu hal yang membuat Manfish istimewa adalah mereka akan menciptakan perlindungan bagi anak-anaknya. Jika sebagian besar ikan lain justru memakan telur mereka, Manfish tidak akan melakukannya apalagi ikan yang baru menetas.

Baca Juga  Ikan Koi: Karakteristik, Jenis dan Cara Memeliharanya

Keunikan Manfish dari segi fisik adalah bentuknya yang diamond dan pipih sehingga mampu bersembunyi di tanaman dalam aquarium. Ditambah dengan garis vertikal pada tubuhnya bisa berbaur dengan latar belakang dalam aquarium.

Manfish adalah ikan monogami dan hidup berpasang-pasangan. Pada saat musim kawin mereka akan sangat agresif dan bersifat teritorial. Demi mendapatkan ikan yang memiliki banyak warna, perkawinan silang pun telah dilakukan selama bertahun-tahun. Hingga saat ini ada beberapa jenis ikan Manfish yang banyak diminati.

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Manfish

Jenis-Jenis Ikan Manfish

Sebagai ikan hias ada begitu banyak jenis Manfish yang bisa dipilih. Setidaknya ada 11 pilihan ikan dengan warna dan motif menarik berikut ini:

1. Manfish Veil

Jenis yang satu ini paling terkenal adalah Manfish Veil karena keindahannya. Manfish ini memiliki bentuk sirip yang paling panjang.

Karena sirip yang panjang inilah yang harus maka perlu berhati-hati jika digabungkan dengan jenis ikan lainnya. Ikan lain yang agresif bisa menggigit sirip Manfish Veil. Belum lagi suhu air juga harus diperhatikan karena perubahan suhu akan mempengaruhi kesehatan ikan ini.

2. Manfish Zebra

Disebut sebagai Manfish Zebra karena terdapat belang pada tubuhnya yang tampak seperti Zebra. Terdapat empat atau lima garis pada bagian tubuhnya, sedangkan jenis Manfish lainnya memiliki tiga garis.

Ukurannya juga cenderung kecil sehingga pergerakannya sangat gesit dibandingkan ikan lainnya. Hindari untuk menghindari memelihara Manfish Zebra dengan ikan yang berukuran lebih besar.

3. Manfish Albino

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna putih dengan mata merah. Manfish Albino merupakan ikan hasil mutasi genetik, tak ada warna hitam sama sekali yang muncul. Menggantikan warna hitam, di beberapa jenisnya terdapat garis berwarna emas atau kuning. Ketahanan tubuhnya cukup lemah sehingga perlu perawatan yang ekstra.

4. Manfish Marble

Marble Manfish adalah jenis ikan yang paling banyak ditemukan. Warna dasarnya adalah perak dan motif hitam acak ditambah dengan beberapa corak orange di bagian kepalanya. Dibandingkan Manfish Albino, Manfish Marble lebih tahan terhadap serangan penyakit sehingga perawatannya pun lebih mudah.

5. Manfish Ghost

Jenis ikan manfish yang selanjutnya bernama unik yaitu Ghost. Disebut dengan Ghost karena seluruh tubuhnya berwarna perak. Bentuknya pun kecil seperti Manfish Zebra, hanya saja sirip bagian atas dan bawahnya berukuran panjang.

Baca Juga  16 Jenis Ikan Mas Koki yang Populer, Mana Favoritmu?

6. Manfish Leopard

harga Ikan Manfish

Ikan jenis ini memiliki keunikan tersendiri, jadi dijual tidak dengan harga yang murah. Perlu organisir aquarium yang bagus supaya corak seperti macan tutul nantinya dapat terlihat. Bintik-bintik hitamnya tampak terlihat seperti motif bulu macan tutul.

Untuk bisa memperlihatkan motifnya, perlu penjagaan pemeliharaan yang terbaik. Pencahayaan yang pas dibutuhkan supaya mampu memperlihatkan motifnya.

7. Manfish Black Lace

Jika Manfish Ghost memiliki warna perak secara penuh, Black Lace memiliki warna yang lebih gelap yakni hitam. Karena warnanya yang hitam tidak banyak orang yang menyukai jenis ini.

Namun jika mampu memberikan pencahayaan yang tepat pada aquarium maka Manfish Black Lace akan menampakkan keindahannya.

8. Manfish Koi

Bernama Manfish Koi karena memang memiliki motif yang seperti ikan koi. Ada tiga warna menarik yang menjadi keunikannya yaitu putih, orang dan hitam. Ikan ini memiliki ukuran sedang dan bisa dipadukan dengan ikan kecil lainnya supaya aquarium tampak lebih menarik lagi.

9. Manfish Blushing

Keunikan dari Manfish Blushing karena warna pada bagian pipinya yang memerah. Warna tersebut menggambarkan ikan tampak seperti sedang tersipu.

Warna merah ini tampak sangat terang karena warna seluruh tubuhnya yang berwarna perak ketika masih muda. Saat dewasa Manfish Blushing memiliki warna keemasan dengan warna merah yang terus terjaga.

10. Manfish Gold

Warna keemasan dari Gold Manfish ini hampir seperti transparan sehingga tulang ikan pun sedikit terlihat.

Pada saat muda, warna ikan lebih keperakan dan saat dewasa sesudah berumur satu tahun warna keemasan muda akan sangat terlihat. Warnanya yang cukup mewah ini juga lebih menarik ditambah dengan kemudahan perawatannya.

11. Manfish Smokey

Warna dari Manfish Smokey hampir mirip seperti Ghost Manfish, hanya saja bentuk tubuhnya lebih besar. Warna perak mendominasi pada bagian tubuhnya, sedangkan sirip ikannya memiliki warna semburat gelap sehingga disebut sebagai Smokey Manfish.

Ikan Manfish bisa dijadikan peliharaan dalam aquarium yang tidak terlalu sulit perawatannya. Ditambah lagi ukurannya yang tidak terlalu besar bisa membuatnya dipelihara dengan jenis ikan lainnya. Harga ikan yang cukup terjangkau juga menjadi salah satu faktor banyak dipilih.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *