Ingin Memelihara Ikan Komet? Pahami Hal Berikut

Memelihara ikan hias atau membudidayakannya untuk dijadikan bisnis memang menjadi favorit banyak orang. Salah satu yang paling diminati adalah memelihara ikan komet.

Mungkin bagi yang bukan pecinta ikan hias akan asing mendengar nama ikan ini. Namun, banyak pecinta ikan hias yang begitu mengagumi karakteristik ikan komet yang unik dan indah ini. 

Ikan komet merupakan salah satu varian ikan mas koki yang tertua dan paling terkenal. Ikan ini pertama kali dikembangbiakkan pada akhir tahun 1800-an di Amerika Serikat.

Sejak dikembangbiakkan pertama kalinya itu, ikan ini sudah menjadi salah satu jenis ikan mas koki yang paling terkenal dan kemudian cepat tersebar luas di kalangan pecinta ikan hias hingga kini.

Beberapa sumber mengatakan, bahwa pada masa awal pengembangbiakkannya, ikan mas komet dikembangbiakkan pada kolam terbuka milik pemerintah Amerika dan bukan di aquarium tertutup.

Namun, ada pula yang menyebutkan, bahwa awal mulanya ikan ini dikembangbiakkan oleh bangsa China sudah sejak abad ke-18. 

Bagaimanapun sejarahnya, ikan mas komet saat ini sudah menjadi buruan para pecinta ikan mas hias. Ikan ini menjadi cepat populer, tentu saja karena berbagai hal yang mendasarinya.

Mulai dari kemudahan dalam pemeliharaannya yang bisa dilakukan di kolam tanah atau kolam terbuka maupun di dalam aquarium. Selain itu, karakteristiknya yang unik dan indah dipandang juga membuatnya begitu digemari.

ikan komet
image: cometgoldfishcare.com

Karakteristik Ikan Komet

Jika dilihat dari fisiknya, mungkin masyarakat awam akan cukup familiar. Sebab, ikan komet sering kali dijumpai di aquarium toko hias di mana saja.

Ekornya yang panjang dan melebar berwarna putih menjadi cirinya yang paling kuat. Terlebih, ekor ini anggun gemulai saat berenang.

Ciri khas inilah yang membuatnya dinamakan ikan mas komet dan menuai popularitasnya dalam waktu yang begitu singkat.

Ciri fisik lainnya yang membuat ikan ini begitu banyak digemari adalah warnanya yang mencolok khas.

Meski memiliki warna dan pola yang beragam, namun sebagian besar ikan komet berwarna kuning berpadu jingga dengan putih atau jingga kemerahan dengan putih. Sisiknya begitu halus dan rata, kecuali ada bagian sisik yang terinfeksi oleh parasit.

Ikan mas komet memiliki sifat yang sangat agresif, sehingga sangat jarang melihatnya dalam keadaan diam, melainkan selalu bergerak menggemulaikan ekornya yang panjang dan lebar.

Selain itu, ikan ini juga sangat produktif. Oleh karenanya, harga jualnya pun tidak terlalu tinggi. Namun, jangan sampai salah dalam perawatannya, karena bisa membuat umur ikan ini begitu pendek.

Keindahannya dan harganya yang murah, kerap membuat ikan ini banyak dibeli dan dimasukan ke dalam satu akuarium yang padat isi. Padahal, hal ini bisa menyebabkan masa hidup komet lebih pendek dan bisa menyebabkannya memiliki parasit dan penyakit.

Jika komet dirawat dengan baik dan sehat, maka ia dapat tumbuh hingga 33 cm panjangnya, bahkan bisa lebih besar. Masa hidupnya pun bisa mencapai 15 tahun.

jenis ikan komet
image: howtotakecareofgoldfish.com

Jenis-jenis Ikan Komet yang Populer

Bagi orang awam, mungkin ikan komet akan sama saja semuanya. Padahal, ada banyak jenisnya yang biasa dipilih untuk dijadikan ikan hias di rumah. Tentu saja, setiap jenis ikan ini memiliki pembeda, yaitu dari motif dan coraknya.

Perbedaan ini berasal dari campur tangan manusia yang mengembangbiakkanya dengan kawin silang dari berbagai jenis komet hingga muncul jenis-jenis ikan mas komet yang baru.

Pasti sudah penasaran kan seperti apa ragam jenis ikan komet? Nah, langsung saja kita simak bersama seperti apa perbedaan dari masing-masing jenis ikan mas komet yang menjadi kegemaran para pecinta ikan hias. Yuk, simak!

Ikan Mas Komet Sara

Baca Juga  5 Cara Memandikan Kucing dengan Benar Agar Wangi Bersih

Jenis ikan mas komet yang satu ini pasti sudah banyak sekali yang tahu. Apalagi, saat berkunjung ke pasar ikan hias, jenis yang satu ini hampir menghiasi seluruh aquarium.

Ciri khas yang paling mencolok adalah perpaduan warna sisiknya antara merah dan putih, serta bercorak belang. Kemudian, badan dan siripnya agak memanjang.

Ikan Mas Komet Sarasa

Jenis ikan mas komet yang satu ini agak menyerupai ikan komet sara, yaitu memiliki warna merah dan putih. Namun, warna merah pada komet sarasa ada pada bagian atas dan putih pada bagian bawahnya. Bedanya, komet sarasa lebih bantet dan berekor lebih pendek.

Ikan Mas Komet Harimau

Jika dilihat sepintas mungkin banyak yang mengira ini adalah ikan mas komet jenis sar, namun sebetulnya perbedaan yang mencolok, yaitu pada perpaduan belangnya. Ikan mas komet harimau berwarna belang oranye dan putih atau hitam teratur.

Ikan Mas Komet Slayer

Ikan yang satu ini cukup populer, sepopuler ikan mas komet sara. Warnanya pun serupa dengan komet sara dan sarasan yang memiliki 2 warna, namun ikan komet jenis ini coraknya berwarna merah pada bagian atas dan bawah dengan ekor yang panjang, juga gemulai saat berenang. Posturnya lebih ramping dengan sirip yang panjang.

Ikan Mas Komet Yellow

Sesuai dengan namanya, jenis ikan mas komet yang satu ini berwarna kuning di seluruh tubuhnya. Bagian sirip dan ekornya begitu indah karena berukuran panjang dan transparan.

Sehingga, saat digerakkan begitu menawan. Ikan ini juga termasuk dalam ikan komet double tail dengan perawatan dan pemeliharaan yang mudah.

ikan komet hitam
image: marinelifeinfo.blogspot.com

Ikan Mas Komet Hitam

Sepintas jenis yang satu ini mungkin banyak yang mengira ikan sapu-sapu. Sebab, sesuai dengan namanya, ia memiliki warna hitam yang pekat pada seluruh tubuhnya.

Namun, perbedaannya dengan ikan sapu-sapu bisa terlihat jelas saat melihat bentuk sirip dan ekornya yang cantik menawan. Ikan mas komet hitam cukup sulit ditemukan, karenanya harganya pun cukup tinggi.

Ikan Mas Komet Hitam Putih

Baca Juga  Hati-Hati, 5 Jenis Ular Sawah ini Perlu Diwaspadai

Jenis ikan mas komet yang tak kalah menarik adalah ikan mas komet hitam putih. Dinamakan demikian, karena memang warna sisiknya hitam dan putih dengan sedikit bagian oranye, biasanya pada bagian sekitar mata.

Tidak semua penjual ikan hias menjual jenis ini, karenanya memang tergolong sulit dicari. Namun, harganya lebih murah dibanding ikan mas komet hitam.

Ikan Mas Komet Tancho

Ikan mas komet jenis ini sering disamakan dengan ikan mas komet albino (rain garden). Namun, sebetulnya ia memiliki perbedaan yang cukup terlihat, yaitu ikan mas komet tancho memiliki corak merah atau oranye kemerahan pada bagian kepalanya. Selain itu, pada bagian perutnya juga memiliki bercak merah.

Ikan Mas Komet Pancawarna

Ini dia ikan mas komet yang paling khas di antaranya jenis yang lainnya. Jika jenis lainnya memiliki satu atau dua warna, jenis ikan mas komet yang satu ini memiliki banyak warna.

Ragam warna ini dihasilkan oleh perkawinan silang berbagai jenis ikan mas komet.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *