Ikan Guppy : Manfaat, Jenis dan Cara Merawatnya

Ikan Guppy – Si cantik yang memiliki warna indah, inilah yang bisa menggambarkan karakteristik dari Guppy, salah satu ikan hias yang terkenal. Ikan yang ukuran tubuhnya kecil ini telah menjadi peliharaan favorit penghobi ikan.

Biasanya para pemula akan memilih ikan guppy untuk dipelihara sebelum merambah ke jenis ikan lainnya. Alasan memelihara guppy karena ikan ini murah dan mudah perawatannya. Sebelum memelihara, kenali dulu serba serbi guppy di sini.

Profil Lengkap Ikan Guppy sebagai Peliharaan

harga Ikan Guppy

Guppy memiliki banyak sebutan lain seperti Gupi, ikan cere atau ikan seribu. Nama latinnya adalah Poecilia Reticulata. Siapa sangka ikan ini ternyata banyak ditemukan di parit, karena itulah yang membuat harga ikan guppy cenderung murah.

Ikan hias air tawar ini sangat mudah beradaptasi sehingga untuk berkembang biak cenderung cepat. Jika dipelihara dengan baik bisa menghasilkan puluhan ikan. Ikan betina akan hamil selama 21 hingga 31 hari dengan suhu air 27 derajat Celcius.

Gupi bukanlah ikan yang bertelur tetapi mereka akan melahirkan anaknya. Anak ikan bisa langsung hidup sendiri dan mencari makan. Kemudahannya dalam berkembang biak membuatnya mendapat julukan sebagai Million Fish.

Pembeda antara gupi jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk badannya. Ikan jantan lebih besar dibandingkan betina. Ikan yang sudah dewasa memiliki panjang tubuh 1,5 hingga 6 cm dengan masa hidup kurang lebih 2 tahun.

Baca Juga  11 Jenis Ikan Manfish yang Cantik Penghias Aquarium

Ikan ini adalah ikan tenang yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Gupi pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1920 dan menjadi ikan akuarium. Penemu Guppy pertama kali adalah Robert John Lechmere Guppy. Robert menemukan Guppy pertama kali tahun 1866 di Trinidad.

Ikan Guppy kemudian menyebar ke berbagai kepulauan seperti Barbados, Guyana, Kepulauan Virgin hingga Brazilian. Mereka juga hidup sampai di antartika loh. Selain memiliki anak yang jumlahnya sampai ratusan, keunikannya juga terdapat pada warna.

Guppy memiliki banyak sekali warna sehingga dijuluki sebagai Rainbow Fish. Warna-warna yang menarik inilah menjadi pilihan menarik bagi para penghobi ikan.

Manfaat Memelihara Ikan Hias seperti Guppy

Manfaat Memelihara Ikan Hias seperti Guppy

Sebagai ikan hias, Guppy memberikan banyak manfaat terhadap lingkungan dan juga manusia. Manfaat utamanya tentu saja untuk menghias ruangan. Karena warna warninya yang beragam membuat Guppy akan cocok menghiasi akuarium.

Tapi ingat juga bahwa Guppy tidak sama dengan ikan cupang. Banyak yang mengira bahwa kedua jenis ikan ini sama. Ikan cupang adalah jenis ikan hias asli Indonesia. Perbedaannya terdapat pada sifat, ikan cupang lebih agresif atau galak sehingga cara memeliharanya harus dipisah.

Sedangkan karakter ikan Guppy lebih tenang jadi bukan masalah jika ingin memelihara dalam akuarium besar secara bersamaan. Manfaat lain memelihara Guppy adalah untuk mengurangi stress.

Para pakar dari National Marine Aquarium menyebutkan dari hasil penelitiannya bahwa memelihara ikan hias di dalam akuarium dalam jumlah banyak membuat ritme jantung stabil. Begitu juga untuk mengurangi tekanan darah yang meredakan stress.

Manfaat yang selanjutnya adalah untuk lingkungan. Guppy ternyata di bawah ke Indonesia dulunya untuk mengatasi malaria. Begitu banyak jentik nyamuk sehingga ia dipelihara untuk membasmi jentik nyamuk malaria.

Aneka Jenis Ikan Guppy untuk Dipelihara

Jenis Ikan Guppy

Apabila dilihat dari jenisnya, Guppy memiliki lebih dari 300 jenis yang sangat banyak untuk dijelaskan. Namun di antara 300 jenis tersebut ada beberapa yang paling sering dipelihara di Indonesia.

Inilah beberapa jenis ikan guppy yang biasanya banyak dipelihara dan menjadi incaran.

1. Guppy Cobra

Bernama cobra karena motifnya yang mirip ular cobra. Sedangkan untuk warnanya ikan ini memiliki motif totol hitam dengan latar putih serta kuning. Jika terkena sinar kulitnya tampak seperti kebiruan.

2. Guppy Black Moscow

Jika lebih suka dengan ikan berwarna gelap, Black Moscow bisa jadi pilihan yang tepat. Walaupun berwarna hitam gelap tampilannya tetap indah dan kesan eksotisnya sangat kuat. Apabila dicampurkan dengan Guppy bermotif atau warna terang lainnya, Black Moscow akan tampak mencolok.

3. Guppy Metal Lace Thailand

Tak suka warna hitam? Kamu juga bisa memilih Metal Lace Thailand Guppy yang warnanya dominan putih. Terdapat motif garis padat berwarna keabu-abuan yang sangat unik. Warna putih terangnya akan tampak menarik jika akuarium diberikan cahaya lampu.

4. Guppy Red Singapore

Masih suka dengan ikan yang berwarna polos bebas motif? Red SIngapore adalah jenis yang menarik untuk dipilih karena warnanya merah terang dan tampak berkilau. Ikan yang berasal dari SIngapura ini begitu banyak diincar.

5. Guppy Cherry Grass

Jika ingin mendapatkan ikan dengan motif sangat unik, Cherry Grass bisa jadi pilihanmu. Pada bagian tubuhnya terdapat warna pink metalik serta warna hitam dan kuning di bagian perut samping kanan dan kiri. Pada bagian ekor dan sirip atas warnanya orange dengan tutul hitam. Karena penuh dengan warna ikan ini bernilai ratusan ribu.

6. Guppy Blue Moscow

Warna yang dimiliki Blue Moscow adalah biru gelap yang tidak tampak terlalu berkilau. Pada bagian kepala ikan dan sirip kanan kirinya berwarna hitam. Di bagian akhir sirip ekor tampak semburat hitam yang membuatnya tampak sangat eksotis.

7. Guppy Blue Japan

Jika Blue Moscow berwarna biru gelap, guppy yang satu ini memiliki warna biru muda. Warna biru muda terangnya mendominasi pada bagian ekor dan sirip atas. Ekornya menjuntai berwarna biru terang tampak indah ketika terkena lampu akuarium.

8. Guppy Red Mozaik

Ikan ini memiliki warna merah pada bagian ekor dan motif intik hitam unik di bagian ekor serta sirip atasnya. Pada bagian tubuh depan ikan memiliki warna putih mutiara sedangkan perutnya berwarna biru kehitaman. Bentuk ekornya memang tidak terlalu menjuntai tetapi motifnya yang berwarna merah hitam sangat unik.

9. Guppy Half Moon

Satu lagi jenis guppy yang memiliki warna putih yaitu Half Moon dan harganya sangat mahal. Warna putihnya seperti mutiara di seluruh bagian tubuhnya, inilah yang membuatnya mahal.

10. Guppy Tuxedo

Ikan ini memiliki warna putih keperakan seperti Half Moon, hanya saja pada setengah bagian tubuhnya berwarna gradasi hitam. Kesan kontras yang dihasilkan membuat ikan ini diberi nama Tuxedo.

Baca Juga  Ikan Koi: Karakteristik, Jenis dan Cara Memeliharanya

11. Guppy Metal Yellow Lace

Ikan ini juga berasal dari Thailand dan mirip seperti Metal Lace. Hanya saja warna kekuningan lebih mendominasi pada ikan ini. Warna kuning terdapat pada bagian sirip atas dan ekor. Sedangkan bagian tubuhnya berwarna putih pucat seperti transparan.

12. Guppy Young Pair Champion Purple

Merupakan ikan guppy termahal di dunia karena terdapat gradasi biru di bagian tubuhnya hingga ekor. Warna hitam di bagian akhir ekor juga gradasi dengan semburat garis putih.

Bentuk tubuhnya juga sedikit berbeda karena melengkung dan ekornya sangat lebar bersama sirip bagian atas. Ikan ini mahal karena saat ini sudah mulai langka.

13. Guppy Blue Grass

Motif yang dimiliki hampir mirip dengan Cherry Grass hanya saja yang menjadi pembeda adalah dominasi warnanya. Blue Grass didominasi warna biru di sepanjang tubuhnya. Jika terkena cahaya tubuhnya tampak seperti kehijauan.

14. Guppy Hijau

Bosan dengan warna hitam, merah atau biru? Kamu juga bisa memilih ikan Guppy hijau yang di sepanjang tubuhnya berwarna hijau seperti batu emerald. Pada bagian atas tubuh dan perutnya tampak sedikit gradasi hitam sehingga membuatnya terlihat mahal.

15. Guppy Swordtail

Keunikan dari Guppy jenis ini adalah ekornya. Jika biasanya guppy memiliki ekor lebar, ikan ini justru bentuknya seperti pedang hanya panjang di bagian atas dan bawah. Tengah ekor lebih pendek. Warnanya sendiri didominasi kuning dan hijau semu.

16. Guppy Needletail

Kebalikan dari Swordtail, guppy jenis ini memiliki bentuk seperti kerucut di mana hanya bagian tengah ekornya saja yang panjang. Sirip atasnya juga panjang sampai ke ekor. Baik sirip dan ekor memiliki warna orange yang kontras dengan tubuhnya berwarna keperakan.

17. Guppy Albino

Jenis yang satu ini memiliki warna putih perak mirip dengan Half Moon hanya saja bagian matanya berwarna merah. Penglihatan ikan ini juga tidak terlalu bagus sehingga membutuhkan perawatan ekstra.

18. Guppy Bronze

Disebut dengan Bronze karena hampir 25% dari tubuh ikan ini memiliki warna emas. Sedangkan keunikan terdapat pada bagian ekornya yang merupakan perpaduan warna kuning kehijauan, biru dan garis merah. Motif pada ekor tampak buram yang membuatnya lebih indah.

19. Guppy Yellow

Bosan dengan ikan warna kuning berukuran besar? Guppy bisa jadi pilihan tepat karena ada juga yang berwarna kuning. Pada setengah bagian tubuh hingga ekor berwarna kuning pekat dan setengah bagian tubuhnya berwarna kuning putih.

20. Guppy Ungu

Ada juga guppy yang berwarna ungu di sekujur tubuhnya. Warna ungu solid tampak indah pada bagian ekor mereka. Jika terkena sinar warna ungu tampak keperakan.

Cara Merawat Ikan Guppy

Cara Merawat Ikan Guppy

Perawatan guppy memang sangat mudah tetapi juga perlu perhatian secara khusus. Baik itu dari segi akuarium dan bagaimana jika nantinya ikan berkembang biak.

Jangan lupakan juga soal pemberian pakan yang tepat untuk ikan. Berikut ini beberapa cara merawat guppy dengan tepat.

1. Pengaturan Akuarium

Akuarium adalah tempat tinggal ikan, otomatis harus dibuat nyaman dan bersih. Menguras akuarium akan menjaga pH air tetap seimbang dan air terus segar. Biasanya air yang baik memiliki pH 6,8 dan suhunya 25 derajat Celcius.

Supaya mereka lebih nyaman, buatlah akuarium yang mirip seperti habitat aslinya. Berikan filter air yang bisa menjaga kebersihan air. Tambahkan juga tumbuh-tumbuhan sebagai tempat bersembunyi ikan.

Baca Juga  Ikan Aligator: Profil, Fakta dan Jenis-Jenisnya

2. Pemberian pakan

Makanan ikan guppy tergolong mudah, ada banyak serangga kecil yang bisa diberikan seperti jentik nyamuk, cacing sutra dan kutu air. Jika tak ingin repot beli saja pelet ikan yang ukurannya paling kecil.

Jika ingin menjaga kesehatan mereka maka perlu tambahan nutrisi dari udang air asin.

3. Memadukan dengan ikan lainnya

Kamu juga bisa menambahkan guppy dengan ikan lainnya yang tidak agresif mengingat guppy yang tenang. Hindari mencampurkannya dengan ikan hias seperti cupang. Beberapa ikan tenang yang bisa dipadukan adalah mas koki, ikan niasa atau ikan mas.

Perawatan ikan guppy mudah bukan? Tidak banyak yang harus dilakukan, hanya rutin membersihkan aquarium serta memberi pakan.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.