Ikan Aligator: Profil, Fakta dan Jenis-Jenisnya

Ikan Aligator – Mendengar nama aligator pastilah membayangkan buaya yang memiliki mulut lebar yang menutupi gigi. Selain spesies yang mirip buaya, ada juga jenis ikannya.

Ikan aligator lebih terkenal disebut dengan Alligator Gar yang asalnya dari sungai Amazon Amerika Utara. Kebanyakan orang yang pertama kali melihatnya akan kaget karena tampilannya yang cukup menyeramkan.

Alligator Gar berukuran sangat besar dan terlihat seperti hewan yang seharusnya berenang di zaman dinosaurus. Seperti apakah profil dari Alligator Gar dan apakah bisa dijadikan hewan peliharaan?

Profil Umum Ikan Aligator

harga ikan aligator
Image: en.wikipedia.org

Ikan yang memiliki nama ilmiah Atractosteus spatula sangat berbeda dengan spesies ikan lainnya. Yang membedakan adalah bentuknya yang sangat panjang bahkan bisa mencapai 8 kaki untuk ikan dewasa.

Selain panjang, tubuhnya juga langsung dengan mulut panjang dan kepala yang menyerupai aligator spesies buaya. Memiliki gigi yang tajam dan berukuran kecil di sepanjang mulut.

Panjang Alligator Gar yang mencapai 8 kaki bisa memiliki berat hingga 350 pound. Warna tubuhnya kecoklatan zaitun dan sisiknya berbentuk diamond yang berkilau. Bagian ekor dan siripnya berbentuk bulat.

Baca Juga  16 Jenis Ikan Mas Koki yang Populer, Mana Favoritmu?

Disebut juga sebagai euryhaline karena memiliki kemampuan beradaptasi di berbagai jenis air seperti danau air tawar, muara hingga teluk. Tampilannya yang unik seperti fosil inilah yang membuatnya tampak seperti spesies yang hidup bersama dinosaurus.

Aligator dewasa mencari mangsanya dengan gerakan yang sangat cepat. Ketika mangsa didapatkan mereka akan menusuk dengan gigi-giginya yang tajam. Makanan ikan aligator adalah unggas air, burung, kepiting biru bahkan kura-kura kecil.

Masa hidup Alligator Gar jantan di alam liar rata-rata adalah 12 tahun dan betinanya bisa hidup sampai 22 tahun. Spesies ini banyak ditemukan di Amerika Utara dan Tengah.

Fakta Menarik dari Ikan Jenis Aligator

fakta aligator

Selain dilihat dari profil baik itu habitat, makanan dan bentuk fisiknya, ada beberapa fakta menarik dari ikan Aligator. Fakta menarik ini akan membawa kita lebih dekat dengan ikan purba yang satu ini.

1. Memiliki beberapa fitur primitif

Alligator Gar yang termasuk dalam famili ikan purba memiliki beberapa fitur primitif. Seperti struktur tulangnya yang lebih didominasi oleh tulang rawan. Ditambah lagi dengan tulang punggungnya yang lebih banyak ditemukan pada reptil.

Mereka juga memiliki swim bladder yang membuat air tertelan tidak langsung ke paru-paru. Swim bladder adalah antung renang yang memiliki fungsi seperti paru-paru dan inilah yang menciptakan daya apung sang ikan.

2. Sisiknya yang sangat keras

Sebagai hewan purba, Alligator Gar memiliki jenis sisik yang sangat keras. Sisik ganoid yang langka ini sering dimanfaatkan manusia zaman dahulu sebagai pelindung dada dan mata panah.

Sempat terjadi pada tahun 1950 populasi ikan ini dianggap sebagai hama oleh manusia. Sehingga perburuan terus terjadi dan pemanfaatan sisiknya pun dilakukan besar-besaran.

Akibatnya populasi dari Alligator Gar terus menurun hingga sekarang dan justru kini menjadi jenis ikan yang dilindungi karena kelangkaannya.

3. Pertumbuhannya yang melambat

Pada waktu masih muda, Alligator Gar memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Namun dengan bertambahnya usia pertumbuhannya pun melambat. Ikan yang berumur 2,5 tahun biasanya memiliki panjang sampai 3 kaki.

Sedangkan mereka yang memiliki panjang 4 hingga 7 kaki bisa berusia 40 tahun. Ikan terpanjang yang menjadi rekor dunia pernah ditangkap di sungai Missisipi di tahun 2011.

4. Mulai mengalami kepunahan

Merupakan berita yang kurang enak didengar ketika salah satu spesies mulai mengalami kepunahan salah satunya Alligator Gar. Alasan berkurangnya populasi yang terutama adalah karena perburuan yang pernah dilakukan manusia.

Alasan lainnya karena mereka hanya menghasilkan sedikit keturunan dalam waktu yang bertahun-tahun. Ditambah lagi aliran sungai yang rendah dan kekeringan membuat spesies ini tidak bisa bertahan lama.

5. Dapatkan dijadikan hewan peliharaan?

Pertanyaan ini terus muncul di kalangan kolektor ikan. Di Indonesia sendiri pemerintah telah membuat undang-undang mengenai larangan memelihara Alligator Gar. Aturan ini diatur pada UU 45 tahun 2009 serta Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 41 tahun 2014.

Siapa saja yang memelihara ikan ini akan dikenai denda sebesar Rp. 1,5 milyar dan hukuman pidana penjara selama 6 tahun. Spesies ini juga tidak boleh dilepaskan di sungai atau danau.

Alasan dilarangnya ikan Aligator dijadikan hewan peliharaan karena pertama spesies ini dilindungi. Kedua bisa mengancam habitat ikan lain karena termasuk ikan karnivora yang bisa memangsa ikan lainnya.

Jenis-Jenis Ikan Aligator

jenis ikan aligator
Image: en.wikipedia.org

Alligator Gar adalah salah satu jenis ikan aligator yang berasal dari Amerika, namun masih ada jenis lainnya. Bahkan beberapa jenis lainnya inilah yang justru aman dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Apa saja jenis ikan aligator? Simak daftarnya berikut ini.

1. Tropical Gar

Memiliki nama ilmiah Atractosteus Tropicus. Walaupun bernama tropical namun bukan berasal dari daerah tropis. Ikan ini berada di perairan selatan Meksiko. Panjangnya bisa mencapai 1,25 meter.

Ciri yang membedakan dengan jenis lainnya adalah bagian moncongnya yang lebar dan juga pendek.

2. Cuban Gar

Nama ilmiahnya adalah Atractosteus Tristoechus dan berasal dari wilayah Kuba. Ikan ini bisa memiliki panjang hingga 2 meter saat dewasa. Makanannya adalah burung serta ikan kecil lainnya.

Cuban Gar bukanlah spesies yang bisa dijadikan peliharaan karena termasuk spesies yang langka.

3. Longnose Gar

Memiliki nama ilmiah Lepisosteus Osseus, merupakan ikan dari Amerika Utara dan Tengah. Dulunya sempat jadi makanan manusia dan kini dijadikan buruan bagi para pemancing.

Jika di Amerika jadi berapa, Longnose Gar di Indonesia adalah jenis ikan yang bisa dijadikan peliharaan. Banyak kolektor ikan yang memeliharanya dalam akuarium terpisah.

Di alam liar makanannya adalah ikan kecil dan serangga. Telur yang dihasilkan beracun bagi manusia namun tidak untuk ikan lainnya. Umurnya bisa mencapai 39 tahun paling lama, namun rata-rata hanya 20 tahunan.

Harga ikan aligator dewasa jenis ini adalah 150 ribu hingga 350 ribu. Sedangkan anakannya adalah 30 ribu hingga 50 ribu.

4. Florida Gar

Nama ilmiahnya Lepisosteus Plathyryncos yang memiliki bintik hitam di atas kepalanya yang tidak beraturan. Ketika dewasa panjangnya bisa sampai setengah hingga satu setengah meter.

Warnanya coklat olive seperti Alligator Gar hanya saja memiliki warna putih atau kuning di bagian perut. Saat muda, mereka memiliki garis gelap di belakang dan samping tubuhnya.

Sama seperti Longnose, Florida Gar juga sering dijadikan hewan peliharaan. Harga ikan dewasa di pasaran adalah 350 ribu sampai 900 ribu rupiah.

5. Spotted Gar

Memiliki nama ilmiah Lepisosteus Oculatus dan sangat mirip dengan Florida Gar. Ikan ini tidak mudah didapatkan dan tidak dipasarkan. Umurnya cukup pendek yaitu 18 tahun.

6. Shortnose Gar

Jenis ikan aligator yang paling kecil dengan panjangnya hanya satu meter. Ikan ini yang paling sering dijadikan mangsa ikan besar lainnya. Memiliki nama ilmiah Lepisosteus Platostomus.

Apabila berencana memelihara ikan Aligator siapkan aquarium panjang. Selain itu jangan campur dengan jenis ikan lainnya karena ikan ini termasuk predator.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *