Mengenal 5 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Hewan Metamorfosis Sempurna – Salah satu ciri makhluk adalah mengalami pertumbuhan dan terus berkembang. Salah satu pelajaran saat di bangku sekolah yang lebih detail mempelajari tentang tumbuh kembang makhluk hidup adalah dalam pelajaran Biologi.

Tentunya Anda sering melihat berbagai hewan di sekitar Anda, seperti capung, katak, kupu-kupu, berbagai serangga dan lain-lain. Namun tahukah Anda bahwa serangga mengalami pertumbuhan dengan cara yang berbeda dari hewan biasanya?

Serangga mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang disebut dengan metamorfosis. Metamorfosis adalah berbagai perubahan yang dialami oleh serangga, mulai dari perubahan anatomi, morfologi dan fisiologis, perubahan yang dialami mulai dari sebuah telur hingga menjadi hewan dewasa.

Baca Juga  Tanaman Pucuk Merah, Tanaman Pagar Kaya Akan Manfaat

Melalui pertumbuhan tersebut, sebagian serangga akan mengalami perubahan dalam setiap siklunya. Metamorfosis pada serangga terbagi menjadi dua, yaitu terdapat sebagian hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan sebagian lagi mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Beberapa serangga dan amfibi mengalami perubahan bentuk fisik dari berbentuk telur hingga menjadi hewan dewasa. Metamorfosis sempuran dan tidak sempurna kemudian sebagai dasar adanya pengelompokkan serangga. Sebelum mengetahui kelompok hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna, ada baiknya Anda mengetahui dan memahami definisi dari kedua macam metamorfosis ini.

Metamorfosis sempurna atau dalam bahasa sainsnya disebut sebagai Holometabola adalah proses pertumbuhan hewan yang mengalami perubahan fisik atau bentuk dari hewan mudah hingga menjadi hewan dewasa. Pada proses ini terjadi perubahan bentuk hewan mulai dari berbentuk larva hingga menjadi hewan dewasa.

4 Tahap Metamorfosis Sempurna

 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna
Phewan yang mengalami metamorfosis sempurnaada metamorfosis sempurna, hewan mengalami 4 tahap, mulai dari telur, berkembang menjadi larva, pupa dan kemudian menjadi imago atau hewan dewasa dan berikut penjelasan tentang tahap perkembangan metamorfosis sempurna

1. Telur

Fase ini merupakan fase terbentuknya embrio hewan yang merupakan hasil bertemunya sel telur dan sel sperma yang hasilnya kemudian akan mengalami pembelahan sel hingga membentuk organ utama.

Dalam fase ini, induk hewan memiliki peran utama dalam proses pembentukan telur. Induk hewan akan menghasilkan telur yang nantinya akan diletakkan atau disimpan di tempat yang sesuai dengan kebutuhan telur untuk berkembang.

Salah satu contohnya adalah hewan kupu-kupu. Sang induk akan menempatkan telur-telurnya pada permukaan daun. Saat telur berkembang menjadi larva kemudian menetas menjadi kupu-kupu, maka saat menetas mereka akan lansung mengkonsumsi daun untuk bertahan hidup.

Baca Juga  Cantik, Ini Jenis dan Ciri Ciri Bunga Mawar yang Mempesona

2. Larva

Fase ini biasanya terjadi pada beberapa hewan eksoskeleton atau hewan yang memiliki penutup kaku pada bagian luar tubuh hewan, seperti belalang. Pada fase ini hewan eksoskeleton akan mengalami perubahan fisik yang ditandai dengan pergantian kulit karena adanya proses pertumbuhan.

Pada fase ini, hewan muda akan mengalami peningkatan nafsu makan yang tinggi. Hal ini untuk menunjang pertumbuhan organ-organ tubuh mereka. Hewan seperti ulat saat menetas akan langsung memakan dedaunan.

Sedangkan pada hewan eksoskeleton, mereka akan mengalami pergantian kulit karena semakin berkembang, maka mereka membutuhkan rangka yang lebih besar pula.

3. Pupa

Pada fase terjadi peralihan secara total dimanan hewan larva berubah menjadi bentuk yang baru. Biasanya pada fase ini hewan akan mengurangi aktivitas makannya, namun tetap tumbuh dan berkembang hingga menjadi dewasa.

Dalam fase ini, hewan akan diam dan berpuasa. Meski demikian, setiap hewan dalam fase ini memiliki durasi waktu yang berbeda-beda.

4. Imigo

Fase ini merupakan tahap terakhir di mana hewan akan mengalami perubahan bentuk fisik yang berbeda dengan bentuk fisik sebelumnya saat masih menjadi hewan muda.

Pada tahap ini hewan sudah menjadi hewan dewasa yang siap untuk memproduksi telur baru sebagai cara untuk berkembang biak dan akan mengalami fase yang sama seperti induknya.

Setelah mengetahui tahap demi tahap dalam proses hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, tentunya sudah terlintas di benak Anda mengenai hewan apa saja yang mengalami fase ini. Di antara hewan serangga atau amfibi yang mengalami metamorfosis sempurna adalah nyamuk, kupu-kupu, katak, lalat, tawon dan lain sebaginya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna

hewan metamorfosis sempurna1. Katak

Katak merupakan hewan yang sangat umum dijumpai di sekitar lingkungan tempat tinggal. Tidak jarang pula anak-anak sering menjadikan telur katak sebagai bahan mainan. Jika Anda perhatikan, telur katak biasanya tersimpan secara berkelompk dan dilapisi oleh cairan yang berbentuk seperti gel.

Sebagai jenis amfibi atau makhluk hidup yang hidup di dua tempat, katak adalah hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Meski demikian, banyak perdebatan mengenai apakah katak tergolong ke dalam hewan holometabolan atau tidak. Hal ini karena katak tidak mengalami fase pulpa. Meski katak tidak mengalami fase pulpa, namun hewan satu mengalami porses perkembangan dan terjadi perubahan pada organ katak.

Fase telur yang dialami oleh katak biasanya berlangsung selama 21 hari. Pada fase ini, setiap embrio mendapatkan makanan dari kuning telur. Pada masa larva atau biasanya disebut dengan berudu atau kecebong. Pada fase ini, berudu telah memiliki ekor kecil dan panjang yang berfungsi untuk membantu pergerakan larva.

Larva katak bernafas dengan menggunakan insang. Setelah 5 minggu, larva akan mengalami perubahan morfologis dan fisiologis, yaitu munculnya kaki depan dan belakang serta sistem pernafasan yang berubah menjadi menggunakan paru-paru. Fase pupa ini biasanya berlangsung selama 3 minggu hingga terbentuk katak dewasa.

Baca Juga  Lucu, Ini 3 Jenis Kelinci Anggora Berikut Kisaran Harganya

2. Kupu-kupu

Kupu-kupu adalah hewan yang mengalami metamorfosa sempurna dan mengalami 4 tahapan, mulai dari telur, larva, pupa hingga imago. Pada fase telur, dibutuhkan waktu 3 hingga 5 hari untuk telur dapat menetas menjadi larva. Larva pada kupu-kupu berbentuk ulat.

Pada fase larva, ulat akan bertahan hidup dengan memakan daun-daunan. Pada fase ini pula ulat akan mengalami hingga 6 kali proses pergantian kulit yang disebut dengan instar.

Setelah proses ini, larva akan mencari dedaunan sebagai tempat menempel untuk memasuki fase pupa. Dibutuhkan waktu 7 hingga 20 hari untuk pupa berubah menjadi imago atau kupu-kupu.

3. Lalat

Tidak sedikit orang yang merasa jijik dengan hewan satu ini. Meski demikian, hewan yang biasa hidup di tempat yang kotor ini adalah hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Pada fase telur, telur lalat akan disimpan di tempat yang kotor. Hal ini karena tempat kotor mengandung banyak protein untuk perkembangan lalat.

Lalat adalah hewan yang melewati 4 tahapan perkembangan dalam waktu yang singkat. Telur akan menetas menjadi larva hanya dalam waktu 1 hari saja.dari larva menuju ke tahap pupa, katak hanya membutuhkan waktu 2 hari dan mencari tempat yang aman untuk berlindung menuju ke tapap pupa. Pada hari ke-3 hingga ke-6, sayap lalat akan mulai muncul dan lalat tumbuh menjadi lalat dewasa.

4. Nyamuk

Sebagian besar serangga memang merupakan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, contohnya adalah nyamuk. Pada fase telur, nyamuk akan menyimpan telur-telurnya pada tempat yang lembab. Itulah sebabnya saat musim hujan atau musim dingin pengeraman telur nyamuk akan terjadi secara sempurna. Telur nyamuk akan menetas dalam waktu 2 hari.

Larva atau jentik nyamuk akan mengalami pergantian kulit sebelum memasuki fase pupa. Proses perubahan ini terjadi dalam waktu 7 hari. Nyamuk telah memiliki organ yang lengkap saat memasuki fase pupa. Pupa yang telah berumur 12 hari akan berubah menjadi nyamuk dewasa. Pada tahap imago, nyamuk telah siap untuk mencari makan sendiri dengan cara menghisap darah manusia.

5. Tawon

Tawon pada dasarnya adalah hewan yang mengalami metamorfosis sempurna karena melewati 4 tahap yaitu, telur, larva, pupa dan imago. Telur tawon yang menetas menjadi larva umumnya masih diberi makan oleh induknya.

Hal ini karena larva tawon belum memiliki mata, rahang dan kaki. Larva tawon akan mengalami pergantian kulit hingga akhirnya berubah menjadi kepompong. Setelah menetas, imago akan menunggu beberapa waktu agar sayapnya kering dan siap untuk mencari makan sendiri.

Baca Juga  Mengenal Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya Bagi Tumbuhan

Itulah tadi pembahasan mengenai hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Masih banyak hewan lainnya yang termasuk ke dalam hewan holometabola Sebagian besar hewan holometabola memang jenis hewan serangga. Meski demikian proses ini dialami juga oleh sebagian besar hewan amfibi.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *